cara menyambung wifi di laptop

Cara Menyambung WIFI Di Laptop dan Penyebab Tidak Bisa Tersambung

Pengguna laptop seringkali mebutuhkan wifi dalam penggunaannya, karena ada sebagian aktivitas pekerjaan yang mengharuskan menggunakan wifi. Cara menyambung wifi di laptop juga tidak sulit untuk diterapkan, beberapa cara bisa dipilih sesuai keinginan. Dalam hal penyambungannya juga tidak diperlukan kabel atau modem.

Sehingga yang diperlukan hanya laptop yang sudah menyala dan wifi yang telah aktif atau on, serta daya baterai yang memadai pada laptop. Namun beberapa orang mengalami kebingungan dalam hal menyambungkan wifi yang tersedia ke laptop yang di miliki. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menyambung wifi pada laptop:

Cara Menyambungkan WIFI

Beberapa cara yang mudah dan simple telah dirangkum pada penjelasan di bawah ini. Para pengguna laptop bisa dengan mudah memilih mana cara yang mudah. Beberapa jenis aptop bisa cocok untuk diterapkan cara dibawah ini.

Bagi yang masih bingung silahkan untuk menyimak uraian berikut ini dengan seksama. Agar proses penyambungan wifi lancar dan menunjang pula pada kelancaran aktivitas. Simak uraian dibawah ini:

1. Memanfaatkan Tombol Wifi

Beberapa jenis laptop memiliki tombol untuk mengaktifkan koneksi WIFI, cara ini bisa dengan mudah dilakukan. Dengan tombol WIFI ini maka bisa dengan mudah untuk melakukan on atau off pada koneksi WIFI. Keberadaan tombol ini bisa ditemukan dengam mudah pada sisi atas keyboard.

Bisa juga ditandai dengan gambar pemancar atau simbol koneksi pada keyboard. Bagaimana cara mengetahui on dan off pada tombil tersebut? Pada tombol tersebut biasanya akan memiliki lampu indikator.

Pada WIFI yang menyala maka lampu indikator akan menyala warna putih, hal tersebut menandakan bahwa WIFI telah aktif. Sebaliknya apabila lampu indikator tidak menyala maka WIFI belum aktif. Akan tetapi hal ini tergantung tipe laptop yang dimiliki.

2. Menyambungkan Lewat Taskbar

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk menyambungkan laptop ke WIFI adalah dengan melewati Taskbar. Taskbar sendiri adalah menu bagian bawah dari sebuah laptop, sebuah laptop akan menampilkan simbol WIFI pada area bawah laptopnya. Sehingga bisa dilihat dengan mudah pada bagian bawah laptop.

Selain itu bagaimana cara menyambung WIFI di laptop melalui taskbar ini? Simak caranya:

  • Maka tinggal klik bagian bawah simbol WIFI.
  • Kemudian pilih jaringan WIFI yang di inginkan untuk terkoneksi dan masukkan passwordnya. Mudah memang untuk menyambungkan wifi menggunakan cara ini.

Beberapa kesalahan tidak muncul ikon atau simbol wifi di taskbar adalah pengguna dengan tidak sengaja atau sengaja mengubah mode airplane. Mode tersebut akan mengubah koneksi menjadi mode pesawat. Sehingga menyebabkan ikon WIFI tidak terlihat, maka dari itu pastikan laptop tidak dalam kondisi mode airplane.

3. Menghubungkan Wifi Lewat Control Panel

Cara menyambungkan wifi ke laptop selanjutnya adalah dengan control panel, dengan menggunakan cara ini biasanya karena symbol tidak terlihat di taskbar. Salah satu langkah atau carany adalah:

  • Klik search pada pojok kiri bawah. Ketik control panel untuk menemukannya.
  • Setelah menemukan lewat kolom pencarian maka pilih network and sharing center.
  • Kemudian pilih LAN and wireless network connection.
  • Selanjutnya akan Nampak koneksi mana saja yang terlihat tinggal pilih mana WIFI yang akan dikoneksikan.

Langkah atau cara ini memang agak sedikit rumit ketimbang kedua cara yang telah dijelaskan diatas. Sehingga memang butuh ekstra sabar dan telaten saja, agar laptop bisa menyambung ke WIFI. Beberapa cara diatas bisa dijadikan pilihan mana yang nyaman untuk dipraktekkan.

Penyebab Wifi Tidak Bisa Menyambung

Setelah melakukan cara menyambung wifi di laptop dilakukan tetapi hasilnya wifi tetap tidak mau tersambung. Maka pastinya ada yang salah dengan laptop yang digunakan. kemungkinan yang muncul juga ada masalah pada koneksi wifi yang digunakan.

Pilihan kedua yakni ada trouble pada wifi bisa dengan mudah dideteksi dengan mengkoneksikan perangkat lain. Apabila tidak ada masalah maka perangkat lain bisa tersambung dengan mudah. Simak beberapa uraian berkaitan dengan penyebab wifi tidak mau menyambung di laptop.

1. Ketidakcocokan Driver WIFI

Ternyata penyebab wifi tidak mau menyambung bisa disebabkan oleh ketidakcocokan driver wifi. Driver pada laptop yang rusak atau corrupt bisa saja mempengaruhi terkoneksinya wifi pada laptop. Biasanya driver yang tidak sesuai dengan windows dan dipaksa dipasang akan menyebabkan corrupt.

Driver bawaan harus sesuai dengan hardware laptop yang digunakan. kesesuaian ini nantinya akan mempengaruhi kinerja sistem laptop. sehingga solusi yang bisa diberikan yakni dengan memulai install ulang driver wifi. Hal tersebut bisa dilakukan pada service komputer terdekat maupun dengan menginstal sendiri lewat CD bawaan laptop saat pertama kali di beli.

2. Permasalahan Pada Router

Router akan terlihat dan terhubung apabila memang terkoneksi oleh laptop, serta terdeteksi keberadaanya. Masalah router yang tidak terpancar akan menyebabkan koneksi tidak dapat terlihat dan wifi tidak bisa tersambung. Sehingga perlu dibuktikan terlebih dahulu apakah ada masalah pada router wifi atau tidak.

Cara yang bisa dilakukan adalah mengecek dengan hape apakah ada koneksi yang terlihat, dengan cara bisa langsung mengaktifkan wifi dan cari hotspotnya. Kemudian apabila terlihat maka memang ada masalah pada laptop yang digunakan. sedangkan apabila tidak terlihat maka berarti ada permasalahan pada router wifi yang digunakan.

3. IP Address Yang Bermasalah

IP address yang salah atau bermasalah akan menghambat proses penyambungan wifi, dapat diibaratkan bahwa IP address ini adalah alamat tujuan. Nah, apabila ada masalah alamat tujuan amaka juga akan menghambat proses koneksi juga. Hal tersebut dikarenakan laptop tidak bisa menerima koneksi yang dipancarkan wifi, Akibatnya penambatan koneksi gagal.

Solusi yang bisa di coba dipraktekkan untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan mengatur ulang IP address, caranya bisa diatur pada control panel. Dengan begitu laptop akan bisa di sambungkan ke wifi, Sehingga proses penyambungan wifi akan lancar. Simak cara berikut ini.

  • Masuk pada bagian setting control panel.
  • Kemudian bisa pilih pada bagian Internet dan koneksi
  • Selanjutnya bisa pilih status koneksi yang terhubung pada laptop.
  • Klik change adapter setting.
  • Lakukan setting pada IP addressnya.
  • Kemudian pilih Local Area Connection.
  • Selanjutnya pilih properties.
  • Akan muncul kotak dialog yang menampilkan IP address.
  • Lalu pilih IP address yang akan dirubah.
  • IP address telah berhasil diubah.

Uraian diatas bisa dijadikan referensi dan tambahan informasi untuk melakukan cara menyambungkan wifi di laptop. Sehingga bisa untuk menunjang segala aktivitas yang membutuhkan koneksi wifi. Selain itu uraian diatas bisa jadi pemahaman bagi pembaca yang kesulitan dalam menyambungkan wifi laptop.

Demikian uraian diatas terkait cara dan penyebab yang bisa digunakan untuk penambah informasi serta berbagai penyebab wifi tidak bisa tersambung. Dengan begitu apabila ada masalah pada laptopnya bisa dengan sesegera mungkin diatasi dengan reparasi. Sehingga kerusakan tidak akan semakin parah.