3 Metode Cara Menonaktifkan Touchpad Laptop Dengan Mudah

Untuk kamu yang menggunakan mouse pada laptop sangat disarankan untuk mematikan touchpadnya. Untuk cara menonaktifkan touchpad laptop cukuplah mudah, berikut panduannya.

Sebelum kita bahas lebih jauh, mari kita bahas fungsi dan kegunaan touchpad pada laptop, dan alasan kenapa kita harus mematikannya saat kita menggunakan mouse tampahan.

Fungsi dan Kegunaan Touchpad Pada Laptop

  1. Seleksi dan Klik item: ketuk sekali pada bidang touchpad. Pengguna juga bisa memindahkan suatu item dengan cara mengetuk, menahan, lalu menyeret item tersebut.
  2. Zoom in: letakkan dua jari dalam keadaan rapat di atas touchpad, lalu rentangkan (pinch out).
  3. Zoom out: letakkan dua jari di atas touchpad dalam keadaan terbentang, kemudian satukan. Gestur ini mirip gerakan mencubit (pinch in).
  4. Scroll: pengguna bisa menggulir (scroll) layar ke atas dan ke bawah dengan meletakkan dua jari di atas touchpad, kemudian geser ke atas atau bawah.
  5. Klik kanan: ketuk touchpad sebanyak dua kali. Atau dengan mengetuk dengan satu jari di bagian kanan bawah touchpad.
  6. Melihat seluruh jendela aplikasi yang terbuka: letakkan tiga jari di atas touchpad, lalu geser ke atas. Pengguna bisa melihat seluruh jendela aplikasi yang sedang terbuka serta melihat histori jendela yang pernah dibuka selama beberapa hari ke belakang.
  7. Memunculkan dekstop: Letakkan tiga jari pada touchpad, lalu geser ke arah bawah.
  8. Pindah antar jendela aplikasi yang sedang dibuka: Letakkan tiga jari pada touchpad, lalu geser ke arah kanan atau kiri.
  9. Membuka Cortana/Windows Search: ketuk touchpad menggunakan tiga jari.
  10. Membuka Action Center: Caranya ketuk touchpad dengan empat jari action center akan terbuka.
Sedang Trending:  10 Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Laptop

Alasan Kenapa Touchpad Harus Dimatikan

Sering ada pertanyaan seperti, apa alasan touchpad harus dimatikan saat menggunakan mouse. Alasannya sederhana, ini dimaksudkan untuk mencegah 2 aksi secara bersamaan tentang dua input yang sama.

Sedang Trending:  Ini Penampakan 10 Laptop Termahal di Dunia

Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya eror atau kesalahan, contohnya, kamu sedang menggunakan mouse sebagai input device untuk mengoperasikan laptop, lalu kamu tidak sengaja menyentuh touchpad, yang mengakibatkan kamu mengalami kesalahan saat bekerja.

Sedang Trending:  3 Langkah Mudah Cara Masuk BIOS Laptop HP

Cara Menonaktifkan Touchpad Laptop

1. Melalui Menu Pengaturan

Untuk kamu pengguna Windows 10, kamu bisa mematikan touchpad laptop melalui menu pengaturan atau  Settings. Pertama masuk menu Settings di laptop Windows yang kamu miliki. Klik Start » Settings. Atau untuk cara cepat bisa gunakan kombinasi tombol Windows + I. kemudian pilih Devices (Bluetooth, printers, mouse).

Selanjutnya, pilih menu Touchpad yang ada pada bagian sidebar kiri, kemudian klik centang pada bagian Leave touchpad on when a mouse is connected. Atau pastikan bagian Touchpad dalam keadaan Off (mati).

 

Jika opsi ini tidak tersedia, kamu bisa masuk ke menu Additional Settings, lalu matikan opsi touchpadnya.

Sedang Trending:  3 Cara Menyalakan Kamera Laptop di Windows 10

2. Melalui Menu Device Manager

Cara kedua yang bisa kamu gunakan adalah melalui menu Device Manager, lalu matikan atau disable drive yang berhubungan dengan touchpad.

Metode ini adalah opsi jika melalui menu pengaturan kamu tidak bisa mematikan touchpad pada laptop. Untuk menggunakan langkah ini cukuplah mudah.

Masuk ke Device Manager, ketik Device Manager di Start menu Windows anda, kemudian enter.

Kemudian cari bagian Mice and other pointing devices, kemudian klik kanan pada bagian Touchpad yang terlihat. Kemudian klik Disable device untuk menonaktifkan touchpad tersebut.

 

3. Menggunakan Tombol Shortcut

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk menonaktifkan touchpad laptop adalah menggunakan tombol shortcut atau kombinasi tombol.

Sedang Trending:  5 Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Meeting Online

Setiap merek laptop memiliki shortcut key  yang berbeda tapi pada umumnya sama. Contohnya, untuk laptop Acer kamu bisa menggunakan kombinasi tombol Fn+F6, lalu untuk laptop ASUS dan Toshiba kamu bisa gunakan kombinasi tombol Fn+F9, lalu untuk laptop Lenovo kamu bisa gunakan kombinasi tombol Fn+F6 atau Fn+F8, dan HP dengan kombinasi tombol Fn+F7.

ACER Fn+F6
ASUS Fn+F9
Lenovo Fn+F6
Fn+F8
HP Fn+F7
Toshiba Fn+F9

 

Tinggalkan Balasan