Cara Main Game Android di PC atau Laptop (Panduan Terbaru)

Posted on

Game mobile android memang tengah naik daun, tapi tidak semua orang bisa menikmatinya. Ini karena tidak semua orang punya HP android dengan spesifikasi bagus. Tapi jangan khawatir, karena ada cara main game android di PC dengan mudah.

Memainkan game Android di PC memiliki banyak keuntungan, selain memberikan kemudahan dari segi pengendalian, kamu juga jadi lebih mudah memahami alur permainan.

Namun untuk memainkan game android seperti PUBG di PC ataupun laptop kamu harus menggunakan bantuan software android emulator. Android emulator adalah software yang berfungsi menjalankan berbagai aplikasi android di pc atau laptop.

Untuk menjalankan android emulator pun kamu harus memiliki spesifikasi yang mencukupi, agar android emulator berjalan dengan lancar. Adapun spesifikasi minimum yang kamu butuhkan untuk menjalankan android emulator adalah:

  • x86/x86_64 Processor (Intel atau AMD CPU)
  • WinXP SP3 / Win7 / Win8 / Win8.1 / Win10.
  • Windows DirectX 11 / Graphic driver with OpenGL 2.0.
  • Hardware Virtualization Technology (Intel VT-x/AMD-V)
  • Minimum 2GB of system memory.
  • Minimum 2GB of hard disk free space.

Setelah kamu memiliki spesifikasi PC atau laptop yang memenuhi, kamu bisa menjalankan software android emulator tanpa hambatan. Ada banyak sekali android emulator terbaik yang bisa kamu gunakan, berikut adalah rekomendasinya untuk kamu.

Android Emulator Terbaik Untuk Main Game Android di PC & Laptop

1. LeapDroid

leapdroid

Cara main game android di PC yang pertama adalah menggunakan Leap Droid Android Emulator.

LeapDroid adalah salah satu android emulator terbaik yang bisa kamu gunakan. Karena kesuksesannya menarik banyak pengguna, akhirnya raksasa intenet Google mengakuisisi LeapDroid.

LeapDroid bukan hanya bisa digunakan untuk bermai game saja, tapi bisa untuk menjalankan aplikasi android lainnya, seperti WhatsApp, Instagram dan masih banyak lainnya.

Untuk kamu yang tertarik menggunakan emulator ini kamu bisa mengunduhnya gratis melalui link ini.

2. Droid4X

Download-DROID4X-Offline-Installer-for-PC

Android emulator yang bisa kamu gunakan untuk bermain game android di PC adalah Droid4x.

Emulator yang satu ini terkenal ringan dan cepat. Menariknya lagi emulator ini sudah mendukung teknologi touch screen apabila PC ataupun laptop kamu memiliki fitur touch screen.

Droid4X juga dibekali dengan fitur menarik seperti screen recording. Droid4X juga memungkinkan kamu untuk melakukan pengaturan keyboard sesuai keinginan kamu. Sehingga aktifitas bermain game menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Untuk menjalankan emulator inipun kamu tidak membutuhkan PC atau laptop dengan spesifikasi tinggi.

Spesifikasi minimum yang dibutuhkan :

  • Windows XP/Vista/Windows 7/Windows 8/Windows 10 (32bit/64bit)
  • RAM 2GB
  • Free disk space 2GB

Tertarik menggunakan emulator android ini, kamu bisa mengunduhnya melalui link ini.

3. MEmu Play

pantalla-memu-play-7

Selanjutnya adalah MEmu Play, android emulator yang satu ini cukup bagus. Bahkan MEmu Play sudah bisa menjalankan berbagai versi android seperti jelly bean, kit kat, dan lollipop. Emulator android yang satu ini memiliki kelebihan yang istimewa, yaitu didukung chipset intel mauoun AMD.

Sangat ringan dan cepat menjadi daya tariknya, juga yang paling penting tidak butuh PC atau laptop dengan spesifikasi tinggi.

Terarik menggunakan emulator ini, kamu bisa mengunduh melalui link ini.

4. Nox Player

nox-player-setting

Selanjutnya ada Nox Player. Emulator ini sangat populer, bahkan karena kepopulerannya, Nox sempat di sisipi virus oleh para hacker. Tapi bagusnya sudah ditangani.

Salah satu fitur yang membuat NOX menjadi populer adalah karena emulator ini bisa digunakan pada beberapa sistem operasi seperti Windows dan Mac.

Selain itu ada fitur multi simulator, yang memungkinkan kamu membuka game atau aplikasi berbeda di setiap emulator.

Spesifikasi minimum yang dibutuhkan :

  • 2.2 GHz processor.
  • Minimal 2 GB of RAM
  • 1 GB Video Memory
  • Minimal 1 GB Graphics Card

Link download Nox Player : Nox Player Android Emulator

5. Bluestack

BlueStacks-for-PC

Diurutan terakhir ada Bluestack. Emulator ini adalah emulator terbaik dibandingkan 4 daftar diatas. Memiliki kelebihan dari sisi performa dan kestabilannya menjalankan berbagai aplikasi android di PC.

Bluestacks dapat dijalankan pada istem operasi Windows dan Mac. Dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti multi instance yang memungkikan kamu bisa memainkan beberapa game secara bersamaan.

Spesifikasi minimum yang dibutuhkan :

  • Microsoft Windows 7 ke atas
  • Processor: Intel or AMD Processor.
  • 2GB of RAM.
  • 5GB Free Disk Space.

Tertarik menggunakan emulator ini? kamu bisa mngunduhnya melalui link ini.

Artikel Lainnya Terkait Trik Laptop: