Cara Menyambungkan Bluetooth HP Ke Laptop Windows 10

Posted on

Bluetooth adalah salah satu aplikasi transfer data yang paling mudah digunakan. Tak cuma sesama ponsel, Bluetooth juga bisa digunakan untuk berbagi data dari HP ke Laptop dan sebaliknya. Lalu bagaimanakah cara menyambungkan bluetooth HP ke laptop windows 10?

Menyambungkan bluetooth dari HP ke laptop sebetulnya adalah pekerjaan yang mudah apabila laptop ataupun PC yang kita gunakan sudah dilengkapi perangkat bluetooth di dalamnya. Nah, kalau belum, kamu bisa coba menggunakan usb bluetooth adapter.

USB Bluetooth Adapter adalah perangkat tambahan yang biasanya digunakan apabila PC atau laptop kamu belum dilengkapi perangkat bluetooth bawaan. Bentuknya mungil seperti USB, cara pasangnya pun mudah, cukup ikuti petunjuk yang diberikan.

Laptop ataupun PC windows 10 umumnya sudah memiliki perangkat bluetooth bawaan, sehingga tidak membutuhkan USB Bluetooth Adapter lagi.

Cara Mudah Menyambungkan Bluetooth HP ke Laptop Windows 10

Sebelumnya, silahkan ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini untuk mengaktifkan bluetooth pada perangkat windwos 10 kamu.

  1. Klik start, lalu pilih menu “setting”
  2. Kemudian, pilih “devices”
  3. Cari bar “devices” klik tulisan “bluetooth & other devices”, lalu geser posisi bluetooth ke “ON”

Bluetooth sudah aktif, selanjutnya mari kita hubungkan bluetooth ponsel (android) ke laptop atau PC Windows 10.

  1. Lihat ke bagian kanan bawah, klik simbol ^ alias “show hidden icons”,  kemudian klik “bluetooth”.
  2. Akan keluar menu, lalu pilih “add a bluetooth device” ,
  3. Beralih ke ponsel, aktifkan bluetooth ponsel kamu, pastikan bahwa nama perangkat bluetooth laptop atau PC mu muncul pada opsi “perangkat yang tersedia”, tap nama perangkat bluetooth laptop atau PC mu.
  4. Pada laptop atau PC kamu, kemudian akan muncul notifikasi “add a device”, klik.
  5. Sedangkan pada ponsel akan muncul kunci sandi sebagai kode untuk memasangkan kedua perangkat, klik OK. Tidak lama, kode yang sama juga akan muncul pada laptop atau PC mu, klik YES.
  6. Sebuah notifikasi seperti di bawah ini akan muncul apabila kedua perangkat berhasil terhubung. Pada Android kamu, nama perangkat bluetooth laptop atau PC mu juga akan berada pada opsi “Perangkat Terpasang”.

Sedikit catatan, lakukan langkah nomor 5 dengan cepat, karena apabila terlalu lama jeda, maka proses menghubungkan bluetooth ini bisa gagal.

Pada tahap ini maka perangkat bluetooth pada Ponsel kamu sudah berhasil terhubung dengan bluetooth pada laptop atau PC windows 10 kamu, dan kegiatan transfer data seperti dokumen, foto, musik hingga film pun bisa dilakukan.

Cara Mengirim File Dari HP ke Laptop

Lalu, bagaimana cara mengirim file dari HP ke laptop dan sebaliknya? SImak tutorial di bawah ini.

A. Mengirim file dari Laptop ke HP

  1. Pastikan bluetooth kedua perangkat sudah aktif dan terpasang.
  2. Buka windows explorer, masuk ke folder tempat file disimpan.
  3. Pilih File yang ingin dikirim ctrl + klik file yang hendak dikirim, atau kamu bisa gunakan ctrl + A jika hendak mengirim seluruh file yang ada.
  4. Klik kanan, pilih send to , lalu pilih bluetooth
  5. Lalu, kamu akan menemukan pilihan perangkat yang sudah terpasang dengan laptop mu, pilih nama bluetooth ponselmu.
  6. proses pengiriman dimulai dengan saat bar biru bergerak.
  7. file yang terkirim dari laptop biasanya akan langsung tersimpan di folder bluetooth pada HP.

B. Mengirim file dari HP ke Laptop

  1. Pastikan bluetooth kedua perangkat sudah aktif dan terpasang.
  2. Masuk ke folder tempat file yang akan dikirim, pilih file yang akan dikirim, lalu cari menu berbagi atau kirim.
  3. Pilih ikon bluetooth, lalu cari nama perangkat bluetooth laptopmu.

Berbeda dengan file pada ponsel yang akan langsung tersimpan, pada laptop, akan ada notifikasi dan kamu bisa memilih folder tempat untuk menyimpan file yang akan diterima.

Artikel Lainnya Terkait Trik Laptop:

Keyword Query:

cara menyambungkan bluetooth hp ke laptop,cara menghubungkan bluetooth hp ke laptop,cara menyambungkan bluetooth laptop ke hp,cara menyambungkan bluetooth ke laptop,cara menyandingkan bluetooth hp ke laptop,cara bluetooth hp ke laptop,cara menyambungkan hp ke laptop dengan bluetooth,cara menyambung bluetooth hp ke laptop,cara menyandingkan bluetooth laptop ke hp,cara menghubungkan hp ke laptop dengan bluetooth,cara menyambungkan bluetooth dari hp ke laptop,cara menyambungkan bluetooth hp ke komputer,cara menghubungkan bluetooth laptop ke hp,cara memasangkan bluetooth hp ke laptop,cara connect bluetooth hp ke laptop,cara koneksi bluetooth laptop ke hp,cara menyambungkan bluetooth hp ke laptop windows 10,cara menghubungkan blutut hp ke laptop,menyambungkan bluetooth hp ke laptop,cara mengkoneksikan bluetooth laptop ke hp