Cara Install Android di Laptop Tanpa Emulator

Posted on

Tertarik menggunakan sistem operasi Android di laptop? tenang saja, kini Android bisa digunakan di PC ataupun laptop. Untuk kamu yang belum mengetahui cara install Android di laptop tanpa bantuan emulator, baca artikel ini sampai habis.

Untuk bisa menggunakan Android pada laptop ataupun PC, kamu membutuhkan Android X86. Android X86 memang khusus dibuat untuk bisa digunakan sebagai sistem operasi pada komputer x86, seperti notebook . Sistem Operasi Android dapat di install ke harddisk.

Untuk bisa menggunakan Android pada laptop, kamu bisa mendownload di website Android-x86.org. Sistem operasi Adnroid X86 memiliki beberapa versi, mulai dari Android X86 2.2 sampai Android versi paling baru.

Sangat disarankan untuk menggunakan ISO file Android X86 versi stabil untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketiga digunakan.

Selain Android x86, kamu juga bisa menggunakan Remix OS yang merupakan sistem operasi Android yang memang dibuat khusus agar bisa berjalan pada perangkat laptop ataupun PC.

Apa Itu Remix OS

Remix OS merupakan sistem operasi Android yang dibuat lebih powerfull saat digunakan di perangkat PC ataupun laptop, sehingga perangkat desktop ataupun laptop yang berbasis Windows bisa menjalankan aplikasi Android dengan mudah.

Ada yang unik dalam hal penggunaan Remix OS pada laptop ataupun PC, ketika Remix OS di install, sistem operasi ini tidak lantas menggantikan sistem operasi Windows.

Bisa dibilang, remix OS ini bisa digunakan sebagai sistem operasi cadangan. Jadi ketika Remix OS telah di Install, kamu akan mendapatkan penawaran saat booting, apakah kamu akan menggunakan Remix OS ataupun sistem operasi Windows.

Perbedaan Remix OS & Android

Secara umum, perbedaan antara Remix OS dan Android tidak lah besar, perbedaan hanyalah dari segi peningkatan fitur supaya produktifitas serta experience pengguna menjadi lebih baik ketika menggunakan Android di PC ataupun laptop.

Peningkatan itu diwujudkan dalam bentuk fitur-fitur seperti, multitasking, taskbar, file manager, singularity dan lain sebagainya. Penjelasan fitur silahkan baca poin berikutnya.

Fitur-Fitur Remix OS (Sistem Operasi Android untuk PC/Laptop)

Preview Remix OS di PC
Preview Remix OS di PC | via Jide.com

1. Menu TaskBar

Menu ini terdapat di bagian bawah dan berfungsi untuk memindah dari aplikasi satu ke aplikasi yang lain atau bisa juga sebagai kontrol aplikasi-aplikasi yang yang sedang berjalan.

2. Multitasking

Multitasking adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk membuka 2 file manager secara langsung atau bersamaan, kita juga bisa nonton video sambil facebookan menggunakan fitur ini. Yang tidak kalah menariknya kita dapat melakukan resize multi windows sesuai keinginan.

3. File Manager

Fitur file Manager dengan tampilan elegan yang dapat memudahkan kita menyimpan dan mengelola berbagai data atau file-file di Remix OS ini.

4. Mendukung Penggunaan Mouse

Fitur Remix OS juga mendukung system menggunakan mouse, baik itu klik kanan, drag atau pun memilih file. Dengan fitur ini semuanya menjadi mudah.

5. Bisa menjalankan aplikasi Office

Yang terakhir adalah fitur di mana kita dapat membuat atau melihat aplikasi mobile office yang sama seperti kita membuka atau melihat di PC.

6. Remix Singularity

Remix Singularity adalah fitur yang cukup mirip seperti fitur yang ada Lumia 950 yakni fitur Continuum. Menggunakan fitur ini, perangkat yang disambungkan ke monitor terpisah, tampilan software-nya berubah menjadi seperti Windows 10 versi desktop.

Oke tidak perlu berlama-lama, kali ini saya akan membagikan tutorial cara install Android di Laptop tanpa emulator menggunakan Remix OS.

Layakkah Remix OS menggantikan Windows?

Remix OS patut di acungi jempol, karena berhasil membawa experience Android Mobile ke perangkat lebih besar seperti PC ataupun laptop.

Namun untuk bersaing dengan Windows ataupun OSX akan terasa sulit sekali. Tapi melalui Remix OS, membuktikan bahwa Android “PC Friendly” juga tidak hanya jago di perangkat mobile saja.

Cara Install Android di Laptop Menggunakan Remix OS

cara-install-remix-os
Cara Install Remix OS Android di Laptop ataupun PC | via jide.com

Persiapan Sebelum Instalasi

  1. Download Remix OS di situs resminya disini
  2. PC atau Laptop untuk instalasi
  3. Ikuti step by stepnya

Proses Installasi

1. Setelah Remix OS selesai didownload, extract file tersebut lalu jalankan Remix_OS_for_PC_Installation_Tool-B2016080802.exe

cara-install-android-di-laptop

2. Setelah file  Remix_OS_for_PC_Installation_Tool-B2016080802.exe dijalankan pilihlah menu Browse kemudian pilih file Remix OS.

cara-install-android-di-laptop-2

3. Setelah file Remix OS dipilih, pilihlah tempat installasi. Saran saya silahkan install di tempat Sistem Operasi Windows di Install. Dengan begitu kamu tetep bisa menggunakan Windows meskipun OS Anddroid Remix OS sudah terinstall.

4. Jadi pilihlah Type : Hardisck Drive: C:\ lalu klik tombol OK

cara-install-android-di-laptop-3

5. Setelah klik OK, kamu akan diminta untuk menentukan alokasi penyimpanan untuk Remix OS. Pilih alokasinya sebesar 32 GB atau bisa lebih. Tapi saran saya jangan dibawah 32. Setelah menentukan besaran alokasi, silahkan klik OK

cara-install-android-di-laptop-4

6.  Proses installasi berjalan, setelah selesai kamu bisa klik Reboot.

cara-install-android-di-laptop-5

cara-install-android-di-laptop-6

7. PC atau Laptop kamu akan otomatis restart setelah kamu klik tombol reebot tadi. Ketika hidup kembali kamu akan melihat layar yang berisi pilihan penggunaan (lihat gambar dibawah)

cara-install-android-di-laptop-7

8. Pilihlah Remix OS untuk menggunakan sistem operasi Android di PC atau laptop kamu.

9. Setelah itu, Remix OS akan menyelesaikan proses kelengkapan installasi.

10. Selesai, kamu sudah selesai install android di laptop dan sudah bisa menggunakan Remix OS (Android) di PC ataupun laptop.

 

cara-install-android-di-laptop-8

Artikel Lainnya Terkait Trik Laptop: