Game Moba Online Offline Ringan

7 Moba Online Offline Ringan, Hanya Perlu HP Kentang

Artikel ini terakhir diperbarui pada 25 Januari 2023.

Saat ini, pilihan game sudah sangat banyak dan beragam. Jika ingin mendapat banyak keseruan, maka game moba adalah solusinya. Dengan memainkan game moba online offline ringan, maka pemain bisa mendapatkan keseruan serta mengembangkan skill yang dimilikinya.

Konsep game moba memang tidak pernah salah karena sudah merangkum permainan laga, RPG, serta petualangan. Jadi bisa dipastikan segala fitur dan jalan ceritanya tidak akan pernah membosankan untuk dimainkan sendiri atau bersama-sama.

Jika masih belum pernah memainkan game seperti ini dan belum tahu apa saja rekomendasinya, maka pada struktur kali ini akan diberikan uraiannya secara menyeluruh. Simak deretan game berikut ini beserta penjelasannya terlengkap:

1. Garena AOV

Game pertama yang direkomendasikan adalah Garena AOV. Pihak pengembang dari game ini bernama MOBA Games Private Limited. Sedangkan untuk perilisannya sudah dilakukan sejak tanggal 5 Juni 2017, jadi sudah lima tahun hadir dan bisa dimainkan.

Sampai saat ini, Garena AOV masuk jajaran game moba yang paling populer karena fitur dan jalan ceritanya yang menarik. Selain itu, grafis gamenya sangat menarik dan berkualitas sehingga membuat pemainnya bisa nyaman saat memainkan game ini.

Saat memainkan game ini, strategi yang baik sangatlah diperlukan. Semakin baik strateginya, maka pemain bisa lebih mudah memainkan permainan. Apalagi jika dimainkan dengan banyak orang, maka skill yang mumpuni wajib dimiliki.

Sejak awal perilisannya sampai saat ini, Garena AOV sudah diunduh sampai dengan 10 juta kali. Hal ini membuktikan bahwa game ini bisa memikat banyak pengguna. Meski demikian, ukuran gamenya sendiri tidak terlalu berat yaitu hanya sekitar 143 MB saja.

2. Mobile Legends: Bang Bang

Pilihan game moba online offline ringan kedua yang direkomendasikan adalah Mobile Legends. Moonton adalah pengembang game ini dan sudah melakukan perilisan game sejak 24 September 2016. Sejak awal perilisannya sampai sekarang, game ini sudah diunduh 500 juta pengguna.

Banyaknya jumlah pengguna ini bukan tanpa alasan. Pemain tertarik untuk memainkan game ini karena semua unsur yang ada dalam gamenya sangat berkualitas. Mulai dari skin, fitur, hingga item lain pendukung permainan juga sangat menarik.

Fitur yang tersedia di dalam game juga lengkap sehingga proses permainannya tidak akan menyulitkan pengguna baru. Pemain yang ingin memainkan game ini tidak perlu menyediakan ruang terlalu banyak karena ukuran gamenya sangat standar yaitu sekitar 159 MB.

3. Heroes Evolved

Netdragon Websoft Inc juga sudah mengembangkan game moba dengan nama Heroes Evolved. Mungkin game ini tidak sepopuler dua rekomendasi di atas, namun kualitasnya tidak kalah saing. Game yang dirilis sejak 25 Januari 2017 ini sudah menarik perhatian 10 juta pengguna.

Tentu ada banyak aspek yang menjadikan game ini populer. Salah satu aspeknya adalah pilihan mode permainan yang banyak. Dengan mode permainan yang banyak ini, maka pemain bisa merasakan keseruan game dengan banyak cara.

Uniknya, game ini sudah menyediakan banyak bahasa di dalamnya termasuk bahasa Indonesia. Namun untuk memanfaatkan game ini, pengguna harus menyediakan ruang penyimpanan sekitar 409 MB agar permainan bisa dijalankan.

4. MARVEL Super War

Opsi game moba online offline ringan selanjutnya adalah MARVEL Super War. Bagi pecinta superhero Marvel, maka game ini bisa dijadikan pilihan utama yang sangat menarik. NetEase Games adalah pengembang game ini dan sudah melakukan perilisan sejak 17 Desember 2019.

Banyak pengguna yang tertarik untuk memainkan game ini karena kehadiran karakter marvel lengkap. Selain itu, grafis dan jalan cerita yang dihadirkan sangatlah berkualitas dan sayang untuk dilewatkan. Dengan banyaknya kelebihan tersebut, tidak heran jika game ini diunduh 10 juta pengguna.

Sejalan dengan banyaknya kelebihan gamenya, maka ukuran game ini juga tidak kecil. Agar game bisa tersimpan di perangkat, maka pemain harus menyiapkan ruang penyimpanan sebanyak 2,2 GB. Jika ruang penyimpanan tidak mencukupi, maka permainan tidak akan bisa dijalankan.

5. Legend of Ace

Legend of Ace juga masuk jajaran rekomendasi game yang harus dimainkan. Game ini dikembangkan oleh Still Gaming dan sudah dirilis sejak 1 November 2018. Meski perilisannya tidak selama game-game moba lainnya, namun game ini mampu bersaing dengan segala kelebihannya.

Sampai saat ini, game ini sudah diunduh sebanyak 5 juta kali oleh pengguna. Alasan utama kenapa game ini menarik untuk dimainkan adalah konsep permainannya yang berbeda dari game moba lainnya. Jadi, game ini mengandalkan sistem kartu dan bukan sistem item.

Dengan adanya sistem kartu ini, maka konsepnya tidak akan sama dengan game moba yang banyak bermunculan. Agar bisa merasakan game ini, maka pemain harus meluangkan ruang penyimpanan sebesar 0,99 GB.

6. Bed Wars

Game moba online offline ringan lain yang tak kalah menarik adalah Bed Wars yang dikembangkan oleh Blockman GO Studio. Sejak awal perilisannya pada  September 2018 sampai sekarang, game ini sudah diunduh sampai 50 juta kali.

Jumlah pengguna yang membludak ini dikarenakan konsep permainannya yang sangat unik dan menarik. Semua item dan avatar yang ada di dalam game ini berbentuk seperti lego. Jadi jika dilihat secara langsung, tampilannya akan berbeda dengan game moba lainnya.

Karena perbedaan inilah akhirnya Bed Wars menjadi salah satu opsi game yang terkonsep sangat menarik untuk dimainkan. Ukuran gamenya juga tergolong kecil yaitu hanya sekitar 109 MB saja. Jadi pemain tidak perlu menyediakan ruang terlalu banyak untuk game yang satu ini.

7. League of Legends: Wild Rift

Rekomendasi game moba terakhir adalah League of Legends. Game ini juga termasuk game dengan kualitas grafis yang sangat mumpuni. Riot Games Inc sebagai pengembangnya memang sudah menghadirkan game dengan kualitas yang tidak bisa disepelekan.

Mode pertempuran yang tersedia dalam game ini sangatlah banyak. Bahkan ketiga dimainkan dengan mode mobile, kualitasnya tidak menurun. Oleh karenanya, banyak pemain yang tertarik dan merasa puas dengan game yang satu ini.

Dengan banyaknya kelebihan tersebut, maka tidak heran jika game ini sudah diunduh sampai dengan 5 juta kali. Meski ukuran gamenya termasuk besar yaitu sekitar 1,4 GB, namun game ini tetap memikat perhatian banyak pemain baru.

Itulah deretan game moba online offline ringan yang paling direkomendasikan yang wajib dicoba. Semua game tersebut pastinya memiliki jalan cerita, konsep, dan fitur yang tidak sama. Meski demikian, semua gamenya disinyalir bisa memberikan banyak keseruan yang pastinya tidak akan bisa dilewatkan.

Agar bisa merasakan keseruannya secara menyeluruh, maka pastikan untuk mendalami semua gamenya dengan baik. Jangan hanya asal main saja karena jika demikian hanya kekalahan yang akan didapatkan. Jadi segala fiturnya juga harus dipahami.

Apabila tertarik dengan semua game tersebut, maka coba saja satu per satu untuk menemukan yang terbaik. Jika sudah dicoba satu per satu, maka akan diketahui seperti apa susunan serta struktur gamenya secara mendetail dan menyeluruh.