game hp kentang online

7 Game HP Kentang Online, Tetap Bisa Mabar Meski HP Low Spec

Artikel ini terakhir diperbarui pada 25 Januari 2023.

Game memang bisa memberikan kesenangan tersendiri bagi sebagian orang untuk menemai waktu senggang. Sayangnya pemilik ponsel dengan spesifikasi rendah seringkali terkendala ukuran penyimpanan. Namun pemain tidak usah khawatir, karena sekarang cukup banyak game Hp kentang online yang dapat dimainkan.

Dibanding game online, permainan yang bisa dimainkan secara offline memang lebih banyak. Akan tetapi, game yang dimainkan dengan sambungan internet dianggap lebih seru dan menarik.

Salah satunya dapat bermain secara multiplayer sembari mengobrol. Baik melalui chat maupun dengan suara. Bahkan antar pemain bisa saling membantu seperti senjata, nyawa, dan lainnya.

Oleh karena itu, artikel ini akan merekomendasikan game untuk Hp dengan spesifikasi rendah atau RAM 2 GB. Jadinya pemain dapat bermain game tanpa terkendala penyimpanan serta ngelag karena kehabisan memori. Berikut pilihan gamenya yang dapat dicoba:

1. Garena Free Fire

Banyak yang mengenal game PUBG Mobile yang memang sudah populer di mancanegara termasuk Indonesia ini. Meski tak pernah mengunduh gamenya di ponsel, tetapi pasti pada tahu dengan game Free Fire.

Walaupun terkenal dengan penyimpanan yang cukup besar, ternyata ada pula game Hp kentang online yang serupa bernama Garena Free Fire. Sistem bermainnya pun tak jauh berbeda, dimana pemain harus bertarung dengan lawan.

Setiap sesi akan berakhir apabila tiap pemain bisa menumpas seluruh musuh tanpa terkena serangan. Karena jika terkena, maka pasti akan kalah atau mati.

Dalam game satu ini, pemain bisa membeli skin karakter, pakaian, senjata, dan sebagainya dengan menggunakan Diamond. Adapun cara memperoleh diamond yakni dengan melakukan top up atau mengikuti pertandingan.

Rilisan developer Garena International ini dapat pemain unduh dengan spesifikasi ponsel Android minimal 4.0.3 dengan ukuran 63 MB. Cukup ringan dan tidak akan membuat lemot.

Telah di download 100 juta lebih pengguna di Play Store. Tunggu apalagi? Silahkan mainkan juga walau tampilan grafisnya tak sebagus PUBG Mobile.

2. Clash Of Clans

Rekomendasi game Hp kentang online yang juga populer yaitu COC atau Clash of Clans. Game satu ini termasuk game lama, sehingga banyak pengunduhnya.

Cara bermainnya terbilang seru, dimana pemain akan dilatih membuat strategi dalam membuat sebuah kampung. Sekaligus memberikan latihan militer bagi klan di dalamnya, supaya bisa mempertahankan wilayah jika suatu saat ada musuh.

Untuk memperluas wilayah, pemain yang menjadi pemimpin dapat menyerang desa lain. Jika memang, maka daerah kekuasaan akan semakin besar pun bertambahnya pasukan perang.

Terdapat misi yang harus diselesaikan dalam game COC yang membuat ketagihan dan penasaran. Karena mempunyai grafik dan permainan yang sederhana, jadinya tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang banyak. Namun tetap seru bila dimainkan.

Kekurangannya hanya terdapat pada lamanya proses upgrade entah itu bangunan ataupun pasukan apabila secara manual. Apabila punya uang, maka tinggal top up saja.

3. PUBG Lite

PUBG Mobile juga mempunyai versi Lite, yang dapat dimainkan pada Hp dengan spek RAM dibawah 2 GB. Tidak ada perbedaan dari cara bermain gamenya, begitupun dengan karakternya karena memang buatan pengembang yang sama.

Hanya terdapat perbedaan fitur yang ditawarkan seperti maksimal pemain yang hanya 60 orang. Padahal pada versi normal bisa dimainkan multiplayer sampai 100 pemain. Untuk tampilan grafik nya pun kurang bagus.

Namun cukup banyak yang memilih versi Lite sebab yang beragam mulai dari terbatasnya ruang penyimpanan hingga sedikitnya pemakaian internet. Meski memiliki RAM sebesar 1GB, pemain sudah bisa mengunduhnya tanpa kendala.

4. PES 2019

Jika sebelumnya merupakan game Hp kentang online yang mengangkat tema battle royale, maka rekomendasi keempat ini, cocok untuk pecinta bola. Layaknya bertanding sepak bola di lapangan, para pemain akan membuat strategi untuk memenangkan game.

Tidak hanya dapat dimainkan secara online, secara offline pun tetap bisa dimainkan dengan seru. Dengan spesifikasi ponsel RAM 2 GB, Android minimal 5,0 serta ruang penyimpanan 82 MB, pemain sudah bisa memainkan game PES 2019.

Ikuti setiap kompetesi dalam game untuk menikmati keseruan bermain. Dijamin tidak akan lemot, meski memakai Hp kentang.

5. Asphalt Nitro

Game Hp kentang online yang patut dicoba yakni Asphalt Nitro. Sebuah game balapan mobil yang bisa dimainkan tanpa sambungan internet serta menawarkan grafis yang cukup bagus. Padahal ukuran penyimpanannya sangat kecil, sehingga cocok untuk ponsel spek ringan.

Namun jika dalam permainan terjadi gangguan seperti lemot atau error, maka pemain bisa menurunkan tingkat kualitas grafis. Jadi tidak akan berpengaruh, walaupun dipakai di Hp kentang.

Keseruan game balapan ini yaitu pemain harus menyelesaikan misi balapan dengan ragam rintangan. Nantinya, kunci level akan terbuka setiap kali pemain berhasil melewati tiap balapan dalam level.

Setiap level, pemain pun dapat membeli mobil baru dengan desain serta kecepatan yang berbeda. Gunakan mobil yang sesuai medan supaya bisa memenangkan pertandingan.

6. Mobile Legends: Bang Bang

Ingin bermain Mobile Legends, tetapi spesifikasi ponsel rendah? Tenang, game MOBA ini ternyata masuk daftar rekomendasi game Hp kentang online. Pasalnya pemain dapat mengunduhnya meskipun RAM ponsel 2 GB, karena ukuran penyimpanan hanya 95 MB. Bahkan dapat dipakai di Android 4,0.

Game yang hingga sekarang masih menjadi primadona di seluruh kalangan ini memang menarik untuk dimainkan. Tidak berbeda jauh dengan game PUBG Mobile pada umumnya. ML pun bertemakan peperangan yang mana harus mempertahankan nyawa.

Untuk mempercantik karakter serta memperkuat pertahanan diri, maka para pemain harus membeli skin. Bisa secara gratis maupun top up dengan uang asli. Jangan lupa ajak teman supaya lebih seru.

7. Garena Speed Drifters

Sama seperti namanya, game yang terakhir direkomendasikan ini adalah permainan balapan mobil sekaligus pertarungan. Jika pemain pernah mencoba game Mario Kart series, maka akan mudah memahami game Garena Speed Drifters karena memang hampir mirip.

Dirilis pada tahun 2019 lalu, tetapi cukup bagus sambutannya. Terbukti dengan 10 juta lebih pemain yang mengunduhnya sekarang di Play Store.

Hanya dengan spesifikasi rendah, pemain tidak usah cemas mengalami kendala saat bermain. Sebab ukuran downloadnya hanya 2, 53 GB. Lumayan besar, dibanding game rekomendasi sebelumnya.

Kendati demikian, sebanding dengan kualitas grafis yang ditawarkan. Meskipun tingkat kualitas rendah, tetapi gambarnya tetap bagus dan nyaman dipandang.

Pasti sudah banyak yang mencoba game Hp kentang online yang direkomendasikan di atas. Khususnya untuk game Mobile Legend, Clash Of Clans, Garena Free Fire, dan PES 2019. Meski sebenarnya semuanya pasti pernah dicoba, mengingat permainan tersebut cukup populer.

Hanya saja, perlu pemain ketahui bahwa setiap game diatas khususnya royale battle kurang cocok dimainkan pada Hp spesifikasi rendah. Mengapa? Karena pasti akan mengalami masalah seperti lemot atau ngehang.

Hal tersebut dipicu oleh banyaknya data yang disimpan seiring waktu berjalan. Seperti bertambahnya item karakter, pakaian, senjata, dan sebagainya. Semua item memerlukan ruang penyimpanan dalam aplikasi game tanpa disadari.