Harga-Mavic-Air-2

Mavic Air 2: Drone Harga Menengah, Performa Gagah (Review)

Artikel ini terakhir diperbarui pada 09 April 2023.

Harga drone Mavic Air 2 ada di angka Rp 12 juta. Dengan harga yang tak bisa dibilang murah, apakah drone Mavic Air 2 bisa memberikan performa sesuai dengan budget yang harus dikeluarkan? Berikut ini adalah review drone Mavic Air 2.

Apakah kamu tertarik membeli dan sedang mencari tahu harga Drone Mavic Air 2? Kalau begitu tetap baca review ini sampai habis untuk mendapatkan informasi paling lengkap mengenai drone keluaran DJI ini.

Mavic Air 2 merupakan drone yang disebut-sebut sebagai penerus dari Mavic Air, dan katanya merupakan drone paling pintar produksi DJI untuk saat ini.

Sebelum memutuskan untuk membeli, mari kita simak bersama apa saja kah perbedaan Mavic Air 2 dengan dua drone lain keluaran DJI yang serupa tapi tak sama.

Baca Juga: 10 Drone Terbaik untuk Pemula yang Ada di Pasaran (2021)

Perbedaan Mavic Air dan Mavic Air 2

Perbedaan-DJIMavic2-MavicAir
Perbedaan DJI Mavic Air dan Mavic Air 2 | via trustedreviews.com

Manakah drone yang lebih cocok untuk kamu, apakah Mavic Air atau Mavic Air 2?

Kamu baru bisa menjawab pertanyaan ini setelah menemukan apakah perbedaan dari dua drone keluaran DJI tersebut, seperti yang sudah dirangkum berikut ini;

#1. Desain

Jika dilihat sekilas, Mavic Air 2 memiliki kemiripan tampilan dengan Mavic Mini dan Mavic 2 zoom, lebih futuristik daripada Mavic Air.

Remote control nya juga jauh berbeda, Mavic Air 2 punya remote yang jauh lebih nyaman digenggam daripada Mavic Air.

Pada Mavic Air, ponsel disimpan di bawah remote sehingga semakin besar ponsel maka menggenggam remote akan menjadi semakin terganggu.

Berbeda dengan Mavic Air 2 yang menyimpan ponsel di bagian atas, sehingga terasa seperti sedang bermain PSP.

Baca Juga: DJI Mini 2, Drone Kamera Terbaik untuk Pemula & Harga Ramah Kantong

#2. Kapasitas Baterai Remote

Mavic Air 2 punya kapasitas baterai yang lebih besar di bandingkan Mavic Air.

DJI sendiri mengklaim bahwa remote Mavic Air 2 punya daya tahan hingga 240 menit, sedangkan  remote Mavic Air hanya bertahan selama 60-90 menit saja dalam kondisi menyala.

#3. Performa Kamera dan Video

Sensor kamera Mavic Air 2 sudah lebih besar daripada Mavic Air generasi pertama. Mavic Air 2 punya kamera 48 MP dengan sensor 1/2″ sedangkan Mavic Air sensornya hanya 1/2.3″ .

Perbedaan ini muncul dengan sangat kentara pada foto malam hari, dimana Mavic Air 2 menghasilkan foto yang lebih tajam dan tanpa noise dengan ISO range maksimal 6400 saat foto manual.

Lebih tinggi daripada Mavic Air (ISO range Max. 3200 saat mode foto).

Mavic Air 2 juga dilengkapi fitur smart photo yang tidak dimiliki oleh Mavic Air generasi sebelumnya.

Smart photo sendiri adalah fitur untuk pemula yang belum mahir melakukan setting manual pada kamera, smart photo memadukan HDR, Scene Imaging dan Hyperlight. 

Baca Juga: DJI Mavic Mini, Drone Setara Profesional Tapi Harga Bersahabat

Fitur ini akan menghasilkan foto yang lebih jernih dengan warna yang lebih tajam, meski tanpa setting khusus.

Sedangkan untuk perekaman video, pada Mavic Air 2 untuk perekaman dengan kualitas FHD berada pada 240fps, sedangkan Mavic Air hanya mampu merekam FHD pada 120fps saja.

Kejutan lainnya adalah, kamu bisa merekam video dengan mode HDR pada Mavic Air 2 yang tidak bisa kamu dapatkan dari Mavic Air sebelumnya.

Mavic Air 2 juga memiliki ISO range 6400 untuk mode video, sedangkan ISO range mode video pada Mavic Air hanya 1600 saja.

#4. Fitur-fitur Pintar

Mavic Air 2 maupun Mavic Air generasi pertama, keduanya memiliki fitur-fitur yang biasa ditemukan pada semua drone produksi DJI. Lalu apa perbedaannya? Tentu saja fitur-fitur baru ataupun upgrade pada Mavic Air 2, seperti di bawah ini ;

Focus track Pada Mavic Air 2 terdapat tiga mode focus track yaitu Active Track 2.0, Spotlight 2 dan POI 3.0 yang kesemuanya sudah jauh lebih baik daripada Mavic air generasi pertama.Seperti mampu melewati halang rintang, yang tidak ada pada Mavic Air.

Hyperlapse – fitur yang tidak ada pada Mavic Air pertama. DJI menambahkan fitur 8K hyperlapse pada Mavic Air 2, yang juga ada di drone Mavic 2 Pro yang jauh lebih mahal daripada Mavic Air 2.

Airsense – Fitur untuk mendeteksi objek terbang seperti pesawat atau helikopter yang berada di dekat drone, setelah dideteksi fitur ini akan mengirimkan informasi tersbut kepada operator.

Ada pula beberapa fitur menarik lainnya.

Baca Juga: 8 Drone Terbaik 2020 Buat Konten Kreator, Fotografer, atau Hobbyst

#5. Flight Performance

Jarak tempuh kedua drone ini sangat berbeda jauh.

Mavic Air 2 sendiri sudah dilengkapi oleh ocusync 2.0 yang artinya, drone ini punya sistem transmisi sinyal terjauh yang dimiliki oleh produk DJI.

Dengan ini, Mavic Air 2 memiliki transmisi sinyal yang baik, sehingga meskipun drone kamu berjalan jauh.

Tetapi, kamu tetap bisa mendapatkan live streaming kualitas FHD di 30fps. Jauh berbeda dengan Mavic Air yang hanya menawarkan kualitas HD.

Untuk waktu terbang, diatas kertas, Mavic Air 2 diklaim dapat terbang selama 34 menit, tiga belas menit lebih lama daripada Mavic Air sebelumnya.

Namun, real time yang didapat adalah, Mavic Air 2 dapat terbang selama 25 menit dalam kondisi 100% sebelum akhirnya kehabisan daya.

Perbedaan kecil lainnya adalah, Mavic Air 2 sudah menggunakan aplikasi mobile terbaru yaitu DJI Fly.

Baca Juga: 5 Kamera Mobil Terbaik dengan Teknologi Terbaru (2021)

Mavic Air 2 vs Mavic 2 Pro

mavic-air-vs-mavic-air-2
Mavic Air Vs Mavic Air 2. | via store.dji.com

Kalau dibandingkan dengan Mavic Air generasi pertama, Mavic Air 2 mungkin lebih baik dari segala sisi, tapi bagaimana kalau dibandingkan dengan Mavic 2 Pro?

#1. Desain

Dari segi dimensi , Mavic Air 2 yang hanya 570gr jelas jauh lebih kompak daripada Mavic 2 Pro yang punya bobot 907gr.

Sebaliknya, remot Mavic 2 Pro justru berukuran lebih kecil daripada Mavic Air 2. Meski berukuran jauh lebih besar, tapi remot Mavic Air 2 tidak dilengkapi layar seperti yang ada pada remot Mavic 2 Pro.

Aplikasi yang digunakan juga berbeda, Mavic Air 2 sudah menggunakan DJI Fly app yang punya lebih banyak fitur dan lebih responsif daripada DJI Go 4 app.

Baca Juga: Kamera Realme C11: Ini Hasil Foto HP Rp 1 Jutaan

#2. Performa Kamera dan Video

Meskipun muncul ke publik dua tahun lebih dulu daripada Mavic Air 2, tetapi Mavic 2 Pro punya performa kamera yang lebih baik dari segi kejernihan dan ketajaman serta kedalaman warna.

Sedangkan untuk kualitas video, meski sama-sama menawarkan rekaman dengan resolusi FHD dan 4K, tapi MAvic 2 pro menghasilkan gambar rekaman yang lebih baik. Namun, Mavic Air 2 punya mode slow motion yang lebih baik.

#3. Fitur

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Mavic Air 2 punya banyak fitur-fitur baru yang lebih menarik daripada Mavic 2 Pro.

Hal ini wajar, karena Mavic Air 2 memang adalah drone keluaran terbaru sehingga tentu memiliki fitur baru maupun fitur lama yang sudah di-upgrade.

Baca Juga: Review Nikon D5300: Spesifikasi, Fitur dan Hasil Kamera

Berapa Harga Mavic Air 2?

Kalau dilihat secara garis besar, Mavic Air 2 adalah drone yang mudah dibawa kemana-mana, punya banyak fitur, menghasilkan foto dan video yang memuaskan, cocok untuk pemula dan professional, serta memiliki harga yang terjangkau di kelasnya.

Harga Mavic Air 2 ini tergolong murah sekali. Mavic Air 2 menawarkan dua paket pembelian.

Paket basic (paket standar pembelian drone) seharga 12 jutaan rupiah dan fly combo (dilengkapi tas bahu, tiga baterai, filter ND, dan hub  pengisi daya dalam paket pembelian) seharga 16 jutaan rupiah.

Bagaimana, apakah harga dan spesifikasi Mavic Air 2 cocok untuk kamu?

Baca Juga: Action Cam Xiaomi: Cocok Untuk Pemula, Ramah Dikantong Pula