Drone Terbaik untuk Pemula Pilihan
Pilihan drone terbaik untuk pemula yang ada di pasaran. | teknologi24.com

10 Drone Terbaik untuk Pemula yang Ada di Pasaran (Update 2023)

Artikel ini terakhir diperbarui pada 24 Maret 2023.

Kalau kamu mencari drone terbaik untuk pemula, kamu sudah datang ke tempat yang tepat. Terlepas apakah kamu ingin menambahkan bidikan udara ke fotografi kamu atau mencari drone balap hebat dengan harga terjangkau, semua sudah ada di sini.

Memang, memilih drone terbaik bisa sedikit rumit, terutama kalau kamu seorang pemula.

Ada banyak sekali model drone dengan fungsi dan harga yang berbeda.

Bagaimana cara memilih drone pemula terbaik?

Drone profesional kelas atas alias high-end bisa menghabiskan biaya jutaan atau bahkan puluhan juta.

Wow, nilai investasi yang menakjubkan!

Tapi, ada banyak drone murah yang bisa membangkitkan minat fotografi udara kamu atau bahkan balapan drone.

Cari Drone Terbaik untuk Pemula dengan Harga Murah?

Drone-untuk-Pemula
Kunci memilih drone terbaik untuk pemula adalah menentukan tujuan penggunaan drone. | freepik.com

Menginvestasikan uang dalam bentuk drone yang lebih murah adalah cara bagus untuk mendapatkan pengalaman berharga kalau kamu belum pernah beli atau punya drone sama sekali.

Dengan cara ini kamu tidak akan terlalu banyak keluar uang saat drone kamu tersangkut di pohon atau tercelup ke dalam air.

Di samping itu, drone yang lebih murah juga pilihan yang bagus untuk anak-anak atau remaja yang ingin bereksperimen dengan teknologi menarik dan terbaru ini.

Mungkin akan lebih baik kalau kamu memilih teknologi drone yang lebih ringan. Pasalnya, drone kelas atas menawarkan teknologi canggih yang dapat menyulitkan kontrol dan membahayakan.

Belajar menggunakan kontrol manual drone tingkat dasar akan memberi kamu keuntungan lebih nantinya.

Dasar-dasar Kontrol Drone untuk Pemula

Drone-Terbaik
Memahami kontrol dasar penggunaan drone. | freepik.com

Metode kontrol two-stick hampir universal. Bahkan drone tanpa pengontrol menghadirkan ekuivalen berbasis sentuhan ke layar ponsel kamu.

Ada pengaturan yang hampir universal yang disebut “Mode 2” di mana throttle (naik / turun) dan belok (yaw) berada di tongkat kiri, sedangkan di sisi kanan kamu dapat mengontrol penerbangan (roll & pitch).

Selain “Mode 2”, drone memiliki banyak properti yang sama. Baterai yang dapat diisi ulang, sejumlah baling-baling yang bisa berputar, perangkat penerima perintah remote control, dan prosesor yang mengubah perintah tersebut menjadi perintah untuk menurunkan kecepatan baling-baling yang menggerakkan drone.

Namun, kamu akan menemukan beberapa perbedaan utama saat melihat berbagai drone yang ada di pasaran.

Bergantung pada tujuan drone tersebut, kamu mungkin melihat beberapa desain unik yang unik.

Kecepatan dan kemampuan manuver penting buat kamu yang ingin balapan drone, sementara variasi ukuran dan keamanan sangat penting bagi kamu yang ingin bermain drone di dalam ruangan.

Sebagai alternatif, fotografer dan videografer akan mencari kualitas kamera yang bagus dan stabilitas drone.

Kriteria Drone yang Cocok Untuk Pemula

Tidak hanya berguna untuk membeli drone saja, tips ini juga akan sangat kamu butuhkan ketika hendak membeli aneka gadget lainnya.

Pertanyaan pertama yang diajukan adalah, drone seperti apa yang kamu butuhkan?

Melalui pertanyaan ini, kamu diharuskan menyesuaikan kebutuhan dengan spesifikasi drone.

Untuk pemula, cobalah cari drone dengan fitur auto take-off dan auto landing.

Jadi, meskipun kamu belum betul-betul bisa melakukan take-off dan landing sendiri, kamu tetap bisa menerbangkan drone.

Periksa jangkauan terbang drone. Kebutuhan setiap orang tentu berbeda.

Beberapa membutuhkan drone yang bisa terbang jauh, beberapa lagi tidak. Maka, pastikan jangkauan terbang drone yang akan kamu beli sesuai dengan kebutuhan kamu.

Tapi, kalau kamu masih pemula sebaiknya pilih drone dengan jangkauan terbang yang tidak terlalu jauh.

Akan lebih membantu lagi kalau kamu bisa membeli drone yang dilengkapi GPS dan auto pilot, sehingga drone bisa secara otomatis kembali ke titik awal saat baterainya mulai rendah.

Pilih kualitas kamera yang sesuai. Saat ini drone sudah dilengkapi mulai dari kamera biasa hingga kamera profesional. Tinggal pilih, sesuai kebutuhan.

Perhatikan bobot dan spesifikasi baterai, karena keduanya menentukan seberapa lama waktu terbang drone kamu.

Satu lagi, cobalah untuk memiliki baterai cadangan supaya kamu tidak harus menunggu lama untuk terbang lagi saat baterai utama drone kamu habis.

Berikutnya, berapakah budget yang kamu miliki? Kalau kamu punya budget di atas 5 juta, mungkin proses memilih drone ini tidak akan terlalu memusingkan.

10 Drone Terbaik untuk Pemula yang Ada di Pasaran

Drone
Berikut ini adalah pilihan drone terbaik untuk pemula. | freepik.com

Pilihan berikut adalah macam-macam drone terbaik untuk pemula. Tetapi, tujuan desain dan harga masing-masing drone ini berbeda.

Mulai dari drone yang harganya terjangkau dengan kamera yang layak hingga yang drone dengan harga lebih murah dari makan di restoran.

Dan kalau kamu terjun ke dunia drone, kamu mungkin ingin melihat 10 pilihan drone terbaik untuk pemula yang ada di pasaran saat ini.

#1. DJI Mini 2

Drone Kamera Terbaik DJI Mini 2 | Via Dorangadget.com

Kamera DJI Mini 2 cocok untuk profesional, namun bobot dan ukuran drone ini sangat ringan dan praktis untuk digunakan oleh pemula.

Dapat dioperasikan hingga sejauh 10km, tahan terhadap angin hingga 24mph, dengan waktu terbang selama 31 menit.

Karena bobot drone ini tidak sampai 250 gram dengan ukuran (terlipat) hanya sebesar 138×81×58mm, drone DJI Mini 2 jadi mudah untuk dibawa kemana saja.

Resolusi kameranya 12MP sedangkan resolusi videonya 4K 30fps / FHD 60fps dengan 3-axis gimbal sehingga video yang dihasilkan menjadi lebih stabil dan memiliki kualitas lebih baik.

Jangan lupakan fitur 4x zoom yang membantu mengambil gambar lebih dekat.

Tidak cuma itu, drone ini juga memiliki beberapa pola penerbangan yang bisa diatur sebelumnya.

Fitur DJI Fly pada DJI Mini 2 ini dapat mengoptimalkan hasil foto dan video kamu, selain itu kamu juga bisa menambahkan filter dan soundtrack ke dalamnya untuk kemudian langsung diunggah ke media sosial.

Sangat cocok untuk pemula yang sudah familiar dengan kamera.

Harga DJI Mini 2 di pasaran saat ini adalah 7.099.000 rupiah.

#2. DJI Mavic Mini

Dji-MAvic-Mini-Drone
Kamera Drone Pemula DJI Mavic Mini | Via tekno.kompas.com

DJI Mavic Mini punya bobot yang sedikit lebih berat dari DJI Mini yaitu sekitar 249 gram. Dimensi drone ini juga tidak jauh berbeda dengan produk sebelumnya. Masih sangat kompak dan mudah dibawa kemana-mana.

Resolusi kamera drone ini juga sama, 12 MP. Perbedaan paling mencolok adalah resolusi videonya yang hanya 2.7K pada 30fps, namun tetap dilengkapi 3-axis gimbal. Waktu penerbangan 30 menit, dan dapat dioperasikan hingga sejauh 4km.

DJI Mavic Mini ini sangat disarankan untuk pemula karena memiliki fitur Quickshot. Fitur ini membantu para pemula yang masih belum percaya diri dalam menerbangkan drone sekaligus merekam atau mengambil gambar.

Fitur Quickshot pada DJI Mavic Mini yang sudah diatur sebelumnya akan membantu kamu melakukan gerakan rumit di udara sembari menghasilkan gambar.

Harga DJI Mavic Mini di pasaran saat ini adalah 5.499.000 rupiah.

#3. Parrot Anafi FPV

Parrot Anafi FPV
Drone Kamera Professional Parrot Anafi FPV Untuk Pemula | Via Cnet.com

Drone yang satu ini nampaknya sukses menggabungkan aspek hiburan dan fungsional sekaligus karena meluncurkan kacamata FPV Cockpitglasses 3 sebagai perangkat tambahan drone mereka.

Kacamata ini akan membuat kamu merasa seolah-olah ikut terbang dan melihat langsung apa yang direkam oleh drone Anafi ini.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat serta melakukan pengaturan manual melalui kacamata FPV Cockpitglasses 3 pada drone Parrot Anafi ini.

Anafi merupakan drone untuk para pemula sekaligus profesional yang menyuguhkan resolusi video 4K dan resolusi kamera 21 MP.

Drone ini juga punya fitur 3-axis image stabilization untuk membantu menghasilkan gambar serta rekaman yang lebih stabil dan jelas.

Bobotnya hanya 310 gram dan punya waktu penerbangan kurang lebih 25 menit, Parrot Anafi juga dapat dioperasikan hingga sejauh 4KM.

Harga Parrot Anafi FPV di Indonesia adalah 11.300.000 rupiah.

#4. Ryze Tello

Ryze Tello, Drone Mini Terbaik | Via XiaomiToday.com

Tak punya cukup dana untuk beli drone yang harganya selangit seperti Anafi atau DJI Mini? Jangan khawatir, DJI menawarkan kamu drone kamera hemat mereka.

Meski punya harga yang miring, nyatanya DJI tidak menyepelekan drone yang mereka beri nama Ryze Tello ini.

Tello dilengkapi teknologi flight stabilization sehingga membuat drone ini dapat terbang dengan aman dan mudah.

Drone ini kecil dan mungil, beratnya saja hanya 80 gram, cukup ditaruh di satu telapak tangan orang dewasa.

Tapi biarpun kecil, drone ini sudah dilengkapi beberapa gerakan akrobatik dan bisa diterbangkan langsung dari telapak tangan kamu.

Resolusi kamera DJI Tello ini adalah 5 MP dengan resolusi video 720p, 30 fps. Mampu terbang selama 13 menit, durasi ini jauh lebih lama dibandingkan drone mungil lain yang cuma mampu bertahan selama 5 – 7 menit.

Kekurangan drone ini adalah, memiliki bodi yang agak ringkih jika dipakai di luar ruangan dengan cuaca berangin. Tetapi sangat praktis digunakan oleh pemula bahkan anak-anak.

Harga DJI Tello atau Ryze Tello di Indonesia adalah sekitar 1.4 jutaan.

#5. Holy Stone HS100 Navigator

Holy Stone HS100 Navigator | Via DronesGlobe.com

Jika kamu seorang fotografer profesional yang kebetulan sedang mencari drone pertamamu, maka Holy Stone HS100 Navigator ini sangat tepat untuk kamu.

Tak cuma “memperkenalkan” pengalaman terbang bersama drone yang mengesankan, Holy Stone HS100 ini juga memberikan serangkaian fitur di bidang fotografi dan videografi yang oke punya.

Tak cuma itu, Holy Stone HS100 ini juga punya beberapa fitur produk high-end misalnya saja, “follow me” yang memungkinkan drone mengikuti lokasi ponsel kamu.

Karena posisi GPS yang super tepat, maka kamu tak perlu khawatir drone kamu tersesat.

Holy stone akan tetap melayang di udara pada ketinggian yang sama dan tetap berada di jalur nya meskipun pada cuaca berangin.

Bobotnya cukup berat, yaitu 700 gram tapi masih cukup ringkas untuk masuk ke dalam ransel kamu. Sayangnya, drone ini hanya mampu terbang selama 15-18 menit saja, namun membutuhkan waktu 3-6 jam untuk satu kali isi daya.

Harga Holy Stone HS100 di Indonesia cukup variatif sekitar 4 hingga 5.8 juta rupiah.

#6. Holy Stone HS510

Drone Kamera Terbaik untuk Pemula Holy Stone HS510 | via Dronesgator.com

Kecil-kecil cabe rawit cocok rasanya untuk drone yang satu ini.

Meskipun memiliki ukuran yang mungil dan bobot ringan, drone ini mampu merekam video 4K walau cuma 16fps, cukup maksimal merekam di 2.7K pada 25fps.

Ya, walaupun resolusi video drone ini kurang memuaskan, setidaknya drone ini menawarkan banyak sisi pengambilan gambar dengan sedikit penyesuaian.

Drone ini juga cukup kokoh dan ringkas, bisa bertahan di luar ruangan.

Kamu juga tidak perlu khawatir karena drone ini bisa otomatis kembali ke titik penerbangan awal meskipun terputus koneksi.

Harga Holy Stone HS510 di Indonesia adalah 2.4 jutaan rupiah.

#7. Simrex X20

Simrex X20, Drone Kamera Pemula Murah | via eDrones.review

Ini adalah salah satu drone dengan harga yang cukup bersahabat. Simrex X20 hadir dengan kualitas video yang cukup baik yaitu 1280P.

Rekaman yang dihasilkan pun mulus, meski tidak setajam yang dijanjikan. Tapi cukup memuaskan, sebanding dengan harga drone ini.

Simrex X20 memiliki bobot yang cukup berat, sekitar 595 gram, mampu terbang selama 30 menit. Dapat dioperasikan sejauh 500m.

Harga Simrex X20 adalah sekitar 3 jutaan rupiah.

#8. JJRC H36

Drone Kamera Murah Untuk Pemula | via Spectrelabs.com

Murah dan seru, sangat cocok disematkan pada produk ini. Ukuran drone ini sangat mungil, hanya sebesar telapak tangan dengan berat 22 gram.

Drone ini juga sangat sesuai jika dijadikan hadiah ulang tahun untuk anak-anak. Sangat aman dipakai di dalam ruangan.

Sesuai dengan harganya, drone ini tidak memiliki kamera. Hanya dilengkapi fitur penerbangan dasar saja seperti 3D flip, atau berputar 360°.

Tapi drone ini sangat cepat dan gesit, juga dapat  terbang selama 8 menitan. Harap diingat bahwa cepat dan gesit drone ini tentu menyesuaikan harganya ya.

Intinya adalah, drone ini sangat cocok digunakan sebagai mainan di dalam ruangan.

Harga JJRC H36 ini cukup variatif di marketplace Indonesia, mulai dari 180 ribuan hingga 200 ribuan saja.

#9. Potensic A20 Mini Drone

Drone Kamera Mini Untuk Anak-anak | via Desertcart.com

Satu lagi drone mungil yang cocok untuk pemula dan anak-anak, Potensic A20 Mini Drone.

Ukuran dan beratnya sedikit lebih besar dari drone yang sebelumnya dibahas. Potensic ini juga punya fitur altitude hold dan one key taking off/landing.

Betul-betul cocok untuk pemula dan anak-anak.

Altitude hold adalah fitur dimana drone tidak akan jatuh ke lantai/tanah dan bertahan melayang di udara meski kamu melepas kontrol dronenya.

Sedangkan one key taking off/landing, adalah fitur dimana cukup tekan satu tombol untuk terbang dan mendarat. Sangat sederhana dan mudah.

Headless Mode nya juga sangat cocok untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara mengemudikan drone.

Sedikit informasi, Headless Mode artinya adalah bagian depan drone merupakan bagian dimana kamu menghadap. Jadi kamu tidak perlu bingung yang mana kah kepala / sisi depan drone nya. Sisi depan kamu adalah sisi depan drone nya juga.

Harga Potensic A20 adalah $25.49 di Amazon, atau setara dengan 370 ribu rupiah.

#10. Attop A11

Drone Mini untuk Anak-anak dan pemula | via Amazon.com

Drone terakhir yang cocok untuk pemula dan juga anak-anak adalah Attop A11 dikenal juga dengan nama cyclone.

Sangat mungil dan ringan. Tapi juga terlihat kokoh saat mengudara.

Salah satu drone yang dibutuhkan untuk para pemula dan anak-anak yang suka bersenang-senang dengan remote control dan mainan bergerak. Sama seperti dua drone sebelumnya di atas.

Punya remote berbentuk seperti joypad yang sempurna untuk anak-anak.

Drone ini juga dilengkapi fitur-fitur dasar yang umumnya ada pada drone seperti altitude hold, 3D flip, hingga headless mode.

Attop A11 juga mudah dioperasikan, cukup lempar ke udara, maka drone ini akan langsung terbang. Durasi terbangnya juga lumayan lama yaitu sekitar 21 menit.

Harga Attop A11 adalah $34.99 di Amazon atau sekitar 500 ribuan rupiah.