drone-bawah-laut

Drone Bawah Laut: 5 Rekomendasi Terbaik untuk Jelajah Bawah Air

Artikel ini terakhir diperbarui pada 09 April 2023.

Tak hanya jelajah udara, kini drone bawah laut bisa jadi alternatif paling mudah buat kamu yang ingin menjelajah dasar laut. Berikut ini adalah 5 rekomendasi drone bawah air untuk menjelajah laut.

Tahukah kamu bahwa sekitar 3 bulan yang lalu, Indonesia dihebohkan dengan adanya penemuan sebuah benda asing yang diduga berupa drone bawah laut di kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Sejak saat itu, keberadaan drone bawah air menjadi perbincangan hangat dan banyak dicari. Padahal, drone jenis ini sendiri sudah cukup lama eksis.

Mau tahu fakta menarik drone bawah laut?

Baca Juga: Mavic Air 2: Drone Harga Menengah, Performa Gagah (Review)

Fakta Menarik Drone Bawah Laut

Drone bawah laut Remus 100 yang ditemukan di kepulauan selayar | via Kompas.com

Drone bawah laut dikenal juga dengan istilah underwater drone. Drone ini mulai muncul pada tahun 2015.

Meskipun baru hits beberapa tahun terakhir, drone nyatanya sudah ada di dunia sejak tahun 1950-an, hanya saja belum diproduksi masal dan hanya digunakan untuk keperluan militer, atau penelitian.

Salah satu drone paling terkenal adalah ROV yang digunakan pada tahun 1980-an dalam misi menemukan bangkai kapal legendaris, Titanic.

Saat itu, ROV dipakai oleh Robert Ballda yang bekerja sama dengan angkatan laut.

Drone ini menjadi terkenal dan mulai diproduksi untuk banyak kebutuhan, termasuk kebutuhan komersial dan hiburan sejak saat itu.

Fungsinya yang bekerja seperti kapal selam tanpa awak, mampu menyelam sangat dalam dengan kondisi kamera yang luar biasa membuat drone bawh laut atau bawah air ini menjadi primadona dalam sekejap.

Maka dari itu, tidak hanya digunakan oleh militer, drone jenis ini juga banyak digunakan oleh para pegiat usaha minyak dan gas untuk melakukan observasi, hingga melakukan pengecekan berkala pada pipa di area.

Selain itu, para penyelam professional juga banyak menggunakan drone bawah laut dengan tujuan untuk melakukan penyisiran area selam mereka.

Nah, kalau kamu merupakan salah satu orang yang tertarik untuk membeli drone yang mempu digunakan dibawah air dan berniat untuk membeli satu unit, ayo baca dulu 5 rekomendasi drone bawah laut terbaik 2021.

Baca Juga: 8 Drone Terbaik 2020 Buat Konten Kreator, Fotografer, atau Hobbyist

5 Drone Bawah Laut Terbaik

Mengingat harganya yang selangit, tentu kita sebagai operator tidak boleh sampai memilih drone bawah laut yang salah supaya tidak mendapatkan penyesalan atau lebih parah lagi, kerugian.

1. BIKI (Robosea)

BIKI-Underwater-drone
Drone Bawah Air Biki Robosea | via Kickstarter.com

Berbentuk seperti ikan dan berukuran sangat kecil dengan bobot tidak lebih dari 1.1 kg, ternyata BIKI punya kelebihan tidak terkira.

Berbekal kamera 4K dengan dua buah LED, drone bisa menyelam 65 meter, dengan baterai yang bisa tahan selama 1.5 jam. BIKI juga dilengkapi banyak fitur canggih yang sayang untuk dilewatkan para kolektor drone bawah laut.

Saat ini BIKI dibanderol dengan harga sekitar 700 dollar US.

Baca Juga: DJI Mavic Mini, Drone Setara Profesional Tapi Harga Bersahabat

2. NEMO

Underwater-drone-nemo
Nemo-Underwater-drone | via legaleraindonesia.com

Punya bentuk yang pipih, NEMO menjadi salah satu drone yang diincar banyak orang. Hal ini berkat kemampuan menyelam dengan kecepatan 2 meter per detik milik NEMO.

Tak cuma itu, drone bawah laut dengan harga yang lumayan ini juga memiliki 4K UHD Camera kualitas tinggi dengan baterai yang dapat bertahan hingga 3 jam, dengan fitur fast charging yang membuatnya sempurna.

NEMO merupakan drone yang didesain khusus untuk menyelam, hasil penelitian dari Aquarobotman selama bertahun-tahun. Jadi, wajar saja jika drone ini nyaris tak punya cacat di kelasnya.

NEMO saat ini dijual dipasaran dengan harga sekitar 1700 dollar US.

Baca Juga: DJI Mini 2, Drone Kamera Terbaik untuk Pemula & Harga Ramah Kantong

3. IBUBBLE

IBUBBLE DRONE
IBUBBLE DRONE | Via undwonmarine.com

Apakah kamu seorang penyelam profesional atau sangat menyukai scuba? Mungkin, drone ini cocok untukmu karena fitur hands-free yang ia miliki akan mengikuti kamu kemanapun kamu berenang dan menyelam.

IBUBBLE merupakan drone dengan kecepatan 1.5 meter per detik yang mampu menyelam hingga kedalaman maksimum 60 meter.

Meski daya baterainya hanya mampu bertahan selama 1 jam saja, tapi drone ini dilengkapi kamera 4K yang mampu merekam keindahan bawah air dengan sempurna.

Harga IBUBBLE  saat ini adalah 4.499 USD

Baca Juga: 10 Drone Terbaik untuk Pemula yang Ada di Pasaran (2021)

4. POWERRAY

powerray-underwater-drone
PowerRay Underwater Drone | via techcrunch.com

Nah, kalau kamu sangat menyukai memancing, drone ini akan menjadi teman sejatimu. Dibuat khusus untuk memancing ikan, POWERRAY punya berat hingga 3.8 KG, dengan baterai yang mampu bertahan hingga 4 jam lamanya.

Drone ini dibekali kamera yang mampu menghasilkan video 4K, ia juga disempurnakan oleh sensor dan sonar yang fungsinya adalah untuk membantu operatornya memancing ikan, seperti suhu air, lokasi memancing, hingga mendeteksi kehadiran ikan.

POWERRAY dibanderol dengan harga 899 USD – 999 USD.

Baca Juga: Kamera Pertama di Bumi Seperti Apa? Ini Fakta Lengkapnya

5. DTG 2

DTG 2 UNDERWATER DRONE
DTG 2 UNDERWATER DRONE | via worldfishing.net

Drone yang satu ini paling cocok digunakan untuk melakukan penyisiran atau observasi bawah laut/air. Mengapa? Karena DTG 2 merupakan drone yang mampu menyelam hingga 8 jam lamanya.

DTG 2 juga mempunyai kecepatan hingga 2.5 meter/detik dan bisa menyelam hingga kedalaman maksimal 150 meter. Untuk urusan kamera, DTG 2 menghadirkan kamera 4K sony dengan lebar sudut hingga 320°. dan mampu merekam video dengan resolusi UHD.

Dengan semua kecanggihan itu, DTG 2 “cuma” dibanderol seharga 4.873 USD.

Baca Juga: 7 Kamera Digital Terbaik untuk Travelling Kamu