Ini Ciri WhatsApp Kalian Disadap dan Cara Mengatasinya

Artikel ini terakhir diperbarui pada 15 Januari 2023.

Popularitas WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan dengan jumlah pengguna terbesar di dunia semakin tak terbendung. Karena banyaknya pengguna, tidak mengherankan jika marak terjadi penyadapan WhatsApp di seluruh dunia.

Dengan menyadap WhatsApp, penjahat bisa mengetahui seluruh percakapan korban. Oknum terkait juga dapat menyalahgunakan aplikasi sehingga merugikan pemilik akun asli.

Tanda akun WhatsApp kami disadap

1. Keluar sendiri

WhatsApp yang disadap biasanya memiliki ciri menutup akun dengan sendirinya dari perangkat korban. Hal ini terjadi karena satu nomor kontak tidak dapat digunakan untuk WhatsApp di dua ponsel sekaligus.

Jika nomor WhatsApp tertentu digunakan di perangkat lain, sistem akan meminta kode OTP dari ponsel yang terdaftar. Jika pengguna tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar dari aplikasi WhatsApp, ada kemungkinan oknum jahat ingin mengambil alih akun WhatsApp.

2. Pesan terbaca tanpa dibuka

Akun WhatsApp yang diretas juga dapat ditandai dengan membaca pesan singkat sebelum pemilik akun membuka percakapan terkait. Biasanya pesan yang sudah dibaca ditandai dengan logo biru dengan dua tanda centang.

3. Pesan terkirim sendiri

Penyadapan WhatsApp juga dapat ditandai dengan mengirimkan pesan tanpa sepengetahuan pemilik akun. Jika ini terjadi, kemungkinan besar pihak jahat telah menyadap atau meretas akun WhatsApp.

4. Status online yang menipu

Tampilan status online di WhatsApp menunjukkan bahwa pemilik akun sedang aktif menggunakan aplikasi. Namun jika status muncul saat pemilik akun tidak membuka WhatsApp, ada kemungkinan telah terjadi penyadapan.

Cara mengatasi penyadapan pada akun WhatsApp

1. Verifikasi Dua Faktor

Fitur ini dapat diaktifkan oleh pengguna WhatsApp dengan masuk ke menu pengaturan – pengaturan akun – dan memilih opsi autentifikasi dua faktor. Setelah itu, WhatsApp meminta aktivasi PIN. Pengguna harus memasukkan PIN enam digit dan alamat email yang terintegrasi dengan akun WhatsApp.

2. Gunakan Fitur Pindai Sidik Jari

Fitur ini mengharuskan pengguna untuk memindai sidik jarinya setiap kali membuka akun WhatsApp. Fitur ini mencegah orang jahat menyadap akun jika mereka tidak memiliki sidik jari pengguna.

Cara mengaktifkannya, pengguna bisa mengakses menu Settings > Account > Privacy > fingerprint lock.

3. Keluar dari Perangkat Asing

Perangkat yang terhubung ke akun WhatsApp dapat dilihat melalui menu pengaturan atau pengaturan. Setelah itu, pengguna hanya perlu memilih opsi WhatsApp Web dan melihat daftar perangkat yang terhubung. Setelah mengetahui daftar perangkat, pengguna dapat menghapus akses WhatsApp dari perangkat yang tidak dikenali atau tidak digunakan.

Artikel Lainnya Terkait Trik WhatsApp: