REVIEW-CANON-EOS-R5

Review Canon EOS R5: Spesifikasi, Fitur dan Hasil Kamera

Artikel ini terakhir diperbarui pada 09 April 2023.

Canon EOS R5 kini hadir dan berhasil menyabet gelar sebagai kamera terbaik tahun 2020 lalu. Buat kamu yang penasaran seperti apa performa kamera super satu ini, silakan baca lebih lanjut. Artikel ini membahas review Canon EOS R5.

Canon sepertinya harus berbangga hati karena telah meluncurkan EOS R5 yang disebut-sebut sebagai “Best Camera 2020” oleh DP Review, sebuah website terkenal yang khusus mengulas aneka ragam kamera.

Mengapa Canon EOS R5 bisa dinobatkan sebagai kamera terbaik 2020? Mari kita bongkar bersama spesifikasi Canon EOS R5, lewat review lengkap di bawah ini.

Review Lengkap Canon EOS R5

canon-eos-r5
Bagian Depan Canon EOS R5 | via dpreview.com

EOS R5 merupakan kamera full frame dari Canon yang berhasil mencuri hati banyak orang berkat bodi dan spesifikasi profesional yang dimilikinya. Kamera ini cocok untuk semua tipe fotografi seperti outdoor, indoor, action hingga foto studio.

Canon bahkan memimpin penjualan kamera full-frame di Jepang, dan menjadi topik hangat di bidang fotografi sepanjang tahun 2020 berkat EOS R5 ini.

Sensor dan Prosesor

Sensor yang disematkan pada kamera EOS R5 ini adalah yang terbaru di tahun 2020 dan masih dilengkapi prosesor Digic X yang terhubung dengan sensor di EOS-1D X Mark III.

Apa istimewanya sensor ini? Sensor ini menawarkan resolusi 45 juta piksel, alias punya resolusi kamera 45 MP dengan autofocus yang luar biasa oke.

Perpaduan sensor dan prosesor tersebut menghasilkan kecepatan rana yang mencapai 12fps untuk mecanical shutter serta 20fps menggunakan electronic shutter dengan autoexposure dan autofocus.

Shutter-nya pun sudah teruji dapat melakukan hingga 500 ribu kali buka tutup, jauh lebih tinggi dari EOS R6. Kamu bahkan dapat menutup shutter saat kamera tidak digunakan untuk mencegah debu masuk ke sensor ketika hendak mengganti lensa.

Sistem dual pixel sensor pada EOS R5 dapat menangkap 5940 titik fokus yang 100% terbingkai secara vertikal dan horizontal.

Kamera ini juga punya kemampuan mendeteksi wajah, mata dan kepala manusia serta binatang dengan sangat baik. Meskipun mata objek terhalang kacamata, dan wajah tertutup oleh masker, auto focus EOS R5 tetap dapat bekerja maksimal.

Bisa dibilang, fitur autofocus milik Canon EOS R5 ini adalah salah satu yang terbaik.

In-body Stabilizer

Canon-EOS-R5-Inbody-Stabilizer
Canon EOS R5 Inbody Stabilizer | via dpreview.com

Sebuah teknologi terbaru dari Canon, yang pertama kali diaplikasikan kepada kamera Canon EOS R5 adalah, In-body Stabilizer System yang menawarkan shake correction hingga 8 stop atau 5 axis.

Teknologi di atas disebut juga dengan IBIS. Namun efektivitas IBIS ini bergantung kepada lensa yang digunakan, Canon menyebutkan bahwa lensa yang lebih besar dan tidak stabil akan menghasilkan gambar yang lebih menarik.

Hasil foto yang dihasilkan Canon EOS R5 sangat mengagumkan, minim noise. Ketajaman gambar yang sempurna tetap dapat dihasilkan meskipun menggunakan shutter 1 detik tanpa alat bantu seperti tripod membuktikan kinerja IBIS sistem-nya.

Desain

Canon-EOS-R5-top
Design Canon EOS R5 | via dpreview.com

Dibuat dengan sangat ergonomis, tombol-tombol ditempatkan dengan sangat baik sehingga muda untuk diakses seperti AF joystick, serta tombol AF-ON yang ditempatkan dengan baik. Tetapi kamu juga bisa menggunakan layar sentuh seperti touchpad untuk memindahkan AF point.

Dari segi penampilan, EOS R5 terlihat memiliki sentuhan DSLR kelas atas.

Canon EOS R5 juga sangat nyaman digenggam oleh profesional dan pemula. Lebih ringan dan kecil daripada kebanyakan kamera DSLR mahal sehingga mudah dibawa kemana-mana, outdoor maupun indoor. 

Viewfinder dan LCD

Viewfinder and LCD Canon EOS R5
Viewfinder and LCD Canon EOS R5 | via dpreview.com

Viewfinder atau jendela bidik EOS R5 sangat besar dengan panel OLED elektronik 5.76 M dan pembesaran 0.76x serta refresh rate hingga 120fps. Dengan spesifikasi seperti itu, R5 bisa membuat kamu puas membidik objek.

Tak cuma viewfinder yang memuaskan, R5 juga memiliki layar sentuh 3.2 inci dengan resolusi 2.1 MP yang bisa di flip ke samping, diputar ke depan, serta dilipat ke bagian belakang kamera untuk melindungi layar.

R5 juga dilengkapi opsi menu untuk menjalankan kedua layar ini pada fps yang lebih rendah (60 fps) untuk menghemat daya baterai atau mengatur ke fps yang lebih tinggi (120fps) jika kamu ingin.

ISO

Rentang sensitivitas ISO R5 adalah mulai dari ISO 160 hingga ISO 51.200 yang dapat diperluas ke ISO 50 hingga ISO 102.400.

Kamu bisa mengatur nilai ISO secara manual ataupun otomatis dalam berbagai mode pencahayaan.

Eye Control

Dengan menggunakan EOS R5 kamu bisa fokus pada objek hanya melalui jendela bidik saja, kamera ini juga punya eye controlled autofocus system yang artinya kamu bisa mengkalibrasi kamera ke mata kamu, kemudian memilih titik AF tertentu hanya dengan melihatnya di viewfinder.

Durabilitas

Tak cuma punya spesifikasi yang bagus, kamera EOS R5 juga punya durabilitas atau daya tahan terhadap cuaca yang baik, panas ataupun hujan rintik tidak jadi masalah.

Kalau kamu suka melakukan pemotretan di luar ruangan terutama di alam bebas, percikan air serta debu, tentu tidak dapat dihindari. Canon EOS R5, cocok untuk seorang fotografer seperti ini karena memiliki daya tahan yang baik terhadap percikan air dan juga debu.

Video

Salah satu yang paling dibanggakan dan menjadi daya tarik utama EOS R5 adalah mode video 8K.

Canon EOS R5 menawarkan perekaman video internal 8K hingga 30p (tidak dipotong) dalam 4:2:2 Canon Log 10-bit (H.265) atau 4:2:2 10-bit HDR PQ (H.265), selain video 4K hingga 120p.

Saat memotret 8K/30p dan 4K/60p, EOS R5 dapat merekam hingga 20 menit sebelum mengalami overheat. 

Memory dan Battery

Namanya juga kamera profesional, EOS R5 sudah dipastikan memiliki slot kartu memori ganda, tetapi R5 juga memiliki satu slot untuk kartu SD tipe UHS-II berkecepatan tinggi dan slot lainnya untuk CFexpress ultrafast.

Sedangkan untuk baterai, EOS R5 dilengkapi oleh baterai LP-E6NH, yang menawarkan 470 bidikan saat menggunakan EVF (electronic viewfinder) dan 490 bidikan saat menggunakan LCD. Cukup tahan lama, bukan?

Hasil Kamera Canon EOS R5

Berikut adalah beberapa hasil foto dari kamera Canon EOS R5.

Hasil Foto Luar Ruangan Kamera Canon Eos R5 | via dpreview.com
Hasil Foto Autofocus Kamera Canon Eos R5 | via dpreview.com
Hasil Foto Dengan Detail yang Sangat Jelas dari Kamera Canon Eos R5
Hasil Foto Dengan Detail yang Sangat Jelas dari Kamera Canon Eos R5 | via dpreview.com
Hasil Foto Lukisan Canon Eos R5 Menggunakan Iso 6400
Hasil Foto Lukisan Canon Eos R5 Menggunakan Iso 6400 | via dpreview.com
Hasil Foto HDR Canon Eos R5
Hasil Foto HDR Canon Eos R5 | via dpreview.com

Harga Canon EOS R5

Meski memiliki beberapa kekurangan seperti mudah terjadi overheat ketika melakukan perekaman video kualitas tinggi, tetapi secara keseluruhan kamera ini layak disebut kamera terbaik di tahun 2020 seperti yang disebutkan banyak orang.

Kekurangannya bukan lah sesuatu yang vital, namun kelebihannya sangat menonjol untuk para fotografer pemula dan profesional.

Canon EOS R5 juga termasuk “terjangkau” di kelasnya jika dibandingkan dengan beberapa kamera pesaing yang juga punya spesifikasi serupa seperti Sony Alpha 1 yang dibanderol dengan harga $6,499. EOS R5 “cuma” dijual seharga $3,899 .