Cara Trading dengan Support dan Resistance

Artikel ini terakhir diperbarui pada 09 Juli 2023.

Trading merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga pasar. Namun, menjadi seorang trader bukanlah hal yang mudah. Dalam dunia trading, penting bagi trader untuk memahami konsep support dan resistance.

Support merupakan level harga di mana permintaan untuk membeli di pasar sangat kuat sehingga mencegah harga untuk turun lebih jauh lagi. Sedangkan, resistance merupakan level harga di mana penawaran untuk menjual di pasar sangat kuat sehingga mencegah harga untuk naik lebih jauh lagi. Ketika support dan resistance ditemukan, traders dapat menggunakan informasi tersebut untuk menentukan level entry atau exit mereka.

Pembahasan

Memahami Konsep Support dan Resistance: Membaca Chart dengan Support dan Resistance

Dalam trading, chart merupakan alat utama untuk membaca pergerakan harga pasar. Dalam chart, level support dan resistance biasanya ditandai sebagai garis horizontal yang menunjukkan level harga tertentu.

Traders dapat menggunakan level support dan resistance untuk menentukan level entry atau exit mereka. Ketika harga mendekati level support, trader dapat mempertimbangkan untuk membeli karena mereka mengharapkan harga akan mengalami rebound setelah mencapai level support. Sebaliknya, ketika harga mendekati level resistance, trader dapat mempertimbangkan untuk menjual karena mereka mengharapkan harga akan turun setelah mencapai level resistance.

Cara Trading dengan Support dan Resistance

Ada banyak cara untuk melakukan trading dengan support dan resistance. Salah satunya adalah dengan menggunakan breakout strategy. Breakout strategy merupakan strategi trading yang menggunakan level support dan resistance sebagai acuan untuk menentukan level entry atau exit.

Dalam breakout strategy, trader menunggu sampai harga menembus level support atau resistance dengan volume yang kuat. Setelah harga menembus level support atau resistance, trader dapat membuka posisi buy atau sell tergantung pada arah pergerakan harga.

Kelebihan Trading dengan Support dan Resistance

Salah satu kelebihan trading dengan support dan resistance adalah trader dapat memiliki level entry yang jelas. Dengan menggunakan level support dan resistance, trader dapat menentukan level entry yang tepat dan meningkatkan potensi profit mereka.

Kelebihan lainnya adalah trading dengan support dan resistance dapat membantu trader dalam menghindari kerugian yang tidak perlu. Dengan memiliki level support dan resistance yang jelas, trader dapat menempatkan stop loss di level yang tepat dan menghindari kerugian yang tidak perlu jika harga bergerak melawan mereka.

Kekurangan Trading dengan Support dan Resistance

Salah satu kekurangan trading dengan support dan resistance adalah bahwa level support dan resistance tidak selalu akurat. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi pergerakan harga pasar, sehingga level support dan resistance tidak selalu terkonfirmasi dengan baik.

Kekurangan lainnya adalah trading dengan support dan resistance dapat cenderung lambat. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa banyak trader menggunakan level support dan resistance sebagai acuan, sehingga volume trading di level tersebut dapat menjadi sangat besar.

Cara Praktis Trading dengan Support dan Resistance

Setelah memahami konsep support dan resistance dan membaca chart dengan baik, berikut adalah cara praktis untuk trading dengan support dan resistance:

1. Identifikasi Level Support dan Resistance

Langkah pertama adalah dengan mengidentifikasi level support dan resistance yang ada pada chart. Cari level-level yang terbentuk dari harga tertinggi dan terendah pada chart.

2. Tentukan Level Entry dan Exit

Setelah mengidentifikasi level support dan resistance, selanjutnya adalah menentukan level entry dan exit. Ketika harga mendekati level support, pertimbangkan untuk membeli. Sedangkan ketika harga mendekati level resistance, pertimbangkan untuk menjual.

3. Gunakan Stop Loss

Selalu gunakan stop loss ketika melakukan trading dengan support dan resistance. Hal ini penting untuk menghindari kerugian yang tidak perlu jika harga bergerak melawan kita.

4. Gunakan Risk Management

Gunakan risk management untuk menghindari kehilangan uang terlalu banyak dalam satu trading. Sebaiknya risiko yang diambil tidak lebih dari 1-2% dari modal yang dimiliki.

5. Praktikkan dengan Akun Demo

Jika baru mempelajari trading dengan support dan resistance, disarankan untuk mencoba trading dengan akun demo terlebih dahulu sebelum memulai trading dengan akun sungguhan.

6. Teruslah Belajar

Belajarlah terus menerus tentang trading dengan support dan resistance. Pelajari strategi-strategi baru dan teruslah mengasah kemampuan Anda dalam membaca chart.

7. Patuhi Trading Plan Anda

Setiap trader harus memiliki trading plan yang jelas dan patuhilah trading plan Anda. Jangan tergoda untuk mengambil keputusan yang tidak sesuai dengan trading plan Anda.

Cara Trading dengan Support dan Resistance – Tanya Jawab

1. Apakah trading dengan support dan resistance hanya cocok untuk trader pemula?

Tidak. Trading dengan support dan resistance dapat dilakukan oleh trader pemula hingga trader berpengalaman. Namun, trader perlu mempelajari konsep support dan resistance dan berlatih membaca chart dengan baik sebelum menerapkan strategi trading dengan support dan resistance.

2. Apakah perlu menggunakan indicator lain selain support dan resistance?

Tidak perlu. Support dan resistance sudah cukup kuat sebagai dasar analisis teknikal. Namun, penggunaan indicator lain dapat membantu trader dalam membaca pergerakan harga pasar dengan lebih baik.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari trading dengan support dan resistance?

Tidak ada patokan waktu yang pasti. Waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari trading dengan support dan resistance tergantung pada kemampuan dan waktu yang tersedia dari masing-masing trader.

4. Apakah trading dengan support dan resistance selalu menghasilkan profit?

Tidak. Tidak ada strategi trading yang selalu menghasilkan profit. Namun, dengan mengikuti aturan-aturan trading yang benar dan disiplin dalam mematuhi trading plan, peluang untuk menghasilkan profit dapat meningkat.

5. Apa yang harus dilakukan jika level support atau resistance yang digunakan tidak terkonfirmasi dengan baik?

Jika level support atau resistance yang digunakan tidak terkonfirmasi dengan baik, trader dapat mencari level-level lain yang sesuai dengan pergerakan harga pasar. Jangan tergoda untuk memaksakan level support atau resistance yang tidak terkonfirmasi dengan baik.

6. Apakah breakout strategy selalu menghasilkan profit?

Tidak. Seperti strategi trading lainnya, breakout strategy tidak selalu menghasilkan profit. Namun, dengan penggunaan stop loss dan risk management yang tepat, peluang untuk menghasilkan profit dapat meningkat.

7. Apa yang harus dilakukan jika harga tidak menembus level support atau resistance?

Jika harga tidak menembus level support atau resistance, trader dapat menunggu sampai harga mendekati level tersebut kembali atau mencari level-level lain yang terkonfirmasi dengan baik untuk melakukan trading.

8. Apa yang harus dilakukan jika harga menembus level support atau resistance namun tidak diikuti dengan volume yang kuat?

Jika harga menembus level support atau resistance namun tidak diikuti dengan volume yang kuat, trader perlu berhati-hati dalam membuka posisi. Harga yang menembus level support atau resistance tanpa volume yang kuat dapat menunjukkan false breakout atau sinyal palsu.

9. Apa yang harus dilakukan jika harga menembus level support atau resistance namun kembali ke level tersebut lagi?

Jika harga menembus level support atau resistance namun kembali ke level tersebut lagi, trader dapat menempatkan stop loss di bawah atau di atas level tersebut untuk menghindari kerugian yang tidak perlu jika harga bergerak melawan mereka.

10. Apa yang harus dilakukan jika harga tidak rebound setelah mencapai level support atau resistance?

Jika harga tidak rebound setelah mencapai level support atau resistance, trader perlu berhati-hati dan mempertimbangkan untuk menutup posisi mereka jika harga terus bergerak melawan mereka.

11. Apa pengaruh news terhadap level support dan resistance?

News dapat mempengaruhi pergerakan harga pasar dan dapat mengubah level support dan resistance yang sudah terbentuk sebelumnya. Oleh karena itu, trader perlu memperhatikan berita-berita yang dapat mempengaruhi pasar.

12. Bisakah level support dan resistance digunakan untuk trading di timeframe yang lebih pendek?

Ya. Level support dan resistance dapat digunakan untuk trading di timeframe yang lebih pendek seperti 5 menit atau 15 menit. Namun, trader perlu memperhatikan time frame yang digunakan sebelum memutuskan untuk membuka posisi.

13. Apa yang harus dilakukan jika harga melampaui level resistance tetapi tidak mengalami breakout yang kuat?

Jika harga melampaui level resistance tetapi tidak mengalami breakout yang kuat, trader perlu berhati-hati dan dapat menempatkan stop loss di bawah level resistance untuk menghindari kerugian yang tidak perlu jika harga bergerak melawan mereka.

Kesimpulan

Trading dengan support dan resistance merupakan salah satu strategi trading yang populer di kalangan trader. Dengan memahami konsep support dan resistance dan membaca chart dengan baik, trader dapat meningkatkan peluang mereka untuk menghasilkan profit. Namun, trader juga perlu memperhatikan kelemahan dari strategi trading dengan support dan resistance dan selalu memperhatikan risk management serta trading plan mereka.

Action Plan

Setelah membaca artikel ini, penulis mengajak pembaca untuk mengembangkan pengetahuan mereka tentang trading dengan support dan resistance. Cobalah untuk memahami konsep support dan resistance dan teruslah belajar tentang strategi trading dengan support dan resistance. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan risk management dan trading plan Anda.

Disclaimer

Artikel ini dibuat untuk tujuan informasi saja dan bukan merupakan saran investasi atau perdagangan. Penulis tidak bertanggung jawab atas keputusan trading yang dibuat oleh pembaca berdasarkan informasi yang terdapat dalam artikel ini.

Support Resistance
1.2000 1.2500
1.1500 1.3000
1.1000 1.3500

Related video of Cara Trading dengan Support dan Resistance