Makna Hari Kesaktian Pancasila yang Diperingati Setiap 1 Oktober 2021

Posted on

Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober setiap tahun merupakan dorongan bagi bangsa Indonesia untuk mengingat sejarah bela negara.

Perjuangan panjang ini harus dikenang oleh setiap generasi agar dapat dijadikan cermin bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lantas apa penjelasan dari hari suci Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober? Berikut ulasannya:

#1. Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober tidak lepas dari gerakan PKI 30 September 1965, yang menewaskan 6 perwira senior dan satu perwira menengah TNI AD.

Enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat menjadi korban Gerakan 30 September, antara lain:

  1. Letnan Jenderal Ahmad Yani . yang Anumerta
  2. Mayor Jenderal R Suprapto
  3. Mayor Jenderal MT Haryno
  4. Mayor Jenderal Siswondo Parman
  5. Brigjen 5 D I Panjaitan
  6. Brigjen Sutoyo Siswomiharjo
  7. Letnan Satu Pierre Andreas Tendean

Pada masa pemerintahan Orde Baru tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang diatur dalam SK Menteri/Panglima Angkatan Darat tanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966).

Surat tersebut menyebutkan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober harus dilakukan oleh TNI dan harus diikuti dengan usulan dari menteri/polisi.

Berbekal surat tersebut, maka upacara Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat pada masa Orde Baru tanpa terkecuali dan diperingati hingga saat ini.

#2. Perbedaan Hari Lahir dan Hari Kesaktian Pancasila

Berbeda dengan hari raya Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober, hari lahir Pancasila bertepatan dengan rumusan ideologi bangsa Indonesia yaitu tanggal 1 Juni.

Hari lahir Pancasila merupakan rumusan dasar negara, yang diajukan Soekarno dalam persidangan melawan Badan Penyelidikan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Kemudian hari sakti Pancasila dikaitkan dengan tewasnya 7 perwira kombatan dalam gerakan 30 September 1965 oleh PKI.

Tanggal 1 Juni secara resmi dinyatakan sebagai hari lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Presiden Joko Widodo (Jokowi) 2016.

Sementara itu tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila dengan SK Menteri/Panglima Angkatan Darat tanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966).

#3. Pentingnya Hari Kesaktian Pancasila

Dikutip dari disnakertrans.banyuasinkab.go.id, makna hari suci Pancasila antara lain:

  1. Menghormati semua pahlawan yang terlibat dalam menyelesaikan tugas Pancasila. untuk melindungi, telah jatuh
  2. Mengenang perjuangan para pahlawan sebagai upaya memperkuat peran Pancasila sebagai dasar negara sekaligus ideologi bangsa
  3. Meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang cenderung luntur

Inilah pencanangan hari suci Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober.

Artikel Terkait Twibbon Hari Kesaktian Pancasila 2021: