Aplikasi Kamera Android Terbaik di Dunia

15 Aplikasi Kamera Terbaik Di Dunia Untuk Android, Hasilnya Profesional

Artikel ini terakhir diperbarui pada 08 April 2023.

Setidaknya, ada 15 aplikasi kamera terbaik di dunia untuk smarpthone Android. Jangan salah, hasil aplikasi kamera ini tampak profesional. Foto dari aplikasi kamera ini memberikan hasil terbaik yang bisa kamu unggah ke media sosial.

Sedang hobi mobile photography tapi tak pernah puas dengan hasil fotomu? Coba pasang aplikasi kamera terbaik di dunia berikut yang bisa buat hasil foto kamu jadi luar biasa memuaskan.

Jaman dulu, fotografi menjadi hobi yang sangat mahal dan tidak bisa dinikmati oleh sembarangan orang. Kamera harga puluhan juta dan skill yang mumpuni menjadi hal wajib untuk dimiliki untuk mendapatkan hasil foto yang indah.

Tapi sekarang, cukup pakai kamera HP ditambah dengan menggunakan aplikasi kamera, smartphone satu jutaan pun bisa loh menghasilkan foto dengan kualitas yang oke.

Baca Juga: Cara Save Video TikTok Tanpa Watermark

Aplikasi Kamera Terbaik di Dunia: Hasil Fotonya Profesional

Saat ini, sudah tersedia ratusan aplikasi kamera mobile di Google PlayStore yang tak cuma bisa ambil foto dengan kualitas yang lebih baik tapi juga menyediakan fitur editing untuk mempercantik hasil fotomu.

Aplikasi kamera mulai dari yang gratis hingga yang berbayar, dari yang sederhana untuk pemula hingga yang rumit untuk yang sudah expert. Semua tersedia untuk kamu.

Baca Juga: CloudX Untuk Apa? Ini Jawaban dan Cara Pakainya Menurut Telkomsel

Jangan bingung, pilih saja satu dari 25 rekomendasi aplikasi kamera android terbaik di bawah ini :

#1. Snapseed

aplikasi-kamera-terbaik-snapseed
Snapseed, aplikasi kamera terbaik untuk Android | via: Tirto.id

Ini adalah aplikasi paling cocok untuk kamu yang tidak suka iklan dalam aplikasi sekaligus tidak mau pakai aplikasi berbayar.

Punya 29 filter dan fitur yang lumayan lengkap untuk kelas aplikasi gratis, sudah diunduh oleh 100.000.000 orang dan punya rating 4.5/5.

Baca Juga: 5 HP Kamera Terbaik Harga 2 Jutaan di Tahun 2021

#2. PicsKit

picskit-app-online-pc
Picskit, aplikasi kamera Android terbaik. | via techforpc.com

Aplikasi ini gratis tapi berisi iklan dan menawarkan beberapa pembelian di dalamnya. Kalau kamu suka edit-edit foto wajahmu jadi kartun, pakai font gemas atau editan lucu lainnya, aplikasi ini cocok untuk kamu.

Aplikasi ini dilengkapi oleh 200+ filter yang bisa memuaskan kamu. Segala macam jenis editing dan filter tersedia untuk kamu eksplorasi.

Sudah diunduh oleh lebih dari 5.000.000 orang dengan rating 4.5/5. Berukuran 25MB dan cocok untuk android 5.0 ke atas.

#3. Camera FV-5

Camera Fv5
Camera Fv5 juga menyediakan hasil foto kamera terbaik. | via: dulunakal.com

Aplikasi ini punya dua versi, yang satu adalah Camera FV-5 berbayar, sedangkan satu lagi adalah Camera FV-5 Lite yang gratis.

Kata siapa kamera android tidak bisa di setting seperti kamera DSLR? Coba pakai aplikasi ini kalau kamu ingin punya pengalaman mengatur kamera seperti seorang profesional.

Mulai dari ISO, White Balance, Shutter Speed dan semua settingan kamera DSLR ada di aplikasi ini.

Camera FV-5 Lite punya rating 3.8/5, dengan ukuran 5.6MB, cocok untuk android 4 keatas. Sedangkan Camera FV-5 punya rating 3/5, dengan ukuran yang bervariasi berdasarkan perangkat.

#4. Cymera

cymera
Aplikasi kamera Android Cymera cocok untuk kamu yang suka unggah foto. | via: PlayStore

Diunduh oleh 330.000.000 orang di seluruh dunia, aplikasi ini gratis dengan iklan  serta penawaran pembelian di dalamnya. Salah satu aplikasi kamera wajib untuk para pengguna Instagram.

Aplikasi ini menawarkan begitu banyak filter mulai dari yang cantik, estetik, unik hingga menggemaskan. Malu selfie karena berjerawat? Pakai aplikasi ini, maka wajah kamu akan selalu flawless dan glowing di setiap foto.

Punya rating 4.6/5 dan cocok untuk android versi 4.1 ke atas, ukurannya bervariasi berdasarkan perangkat.

Baca Juga: 3 Cara Menyalakan Kamera Laptop di Windows 10

#5. Open Camera

open-camera
Aplikasi Android Open Camera memberi banyak pilihan efek untuk hasil foto kamera terbaik. | via ApkPure.com

Aplikasi gratis berisi iklan ini sangat ringan dan mudah digunakan. Sudah diunduh oleh 50.000.000+ orang, hanya berukuran 2.7M dan kompatibel dengan android versi 4.0 ke atas.

Punya cukup banyak filter dan mode sederhana, cocok untuk yang masih pemula dan tidak mau terlalu repot.

#6. Camera 51

Aplikasi-Kamera-Terbaik-Android-2
Tak mau kalah, Camera 51 masuk dalam jajaran aplikasi kamera terbaik untuk Android | via PlayStore

Aplikasi kamera yang satu ini menjadi hits karena kemampuannya menganalisa wajah, benda, hingga adegan secraa otomatis. Aplikasi ini juga dilengkapi berbagai fitur menarik sebut saja auto selfie, auto framing, manual object selection dll.

Camera 51 berukuran 18M dan bisa digunakan untuk android versi 4.3 ke atas, dengan rating 4.1/5.

Baca Juga: 5 Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Meeting Online

#7. Picai – Smart AI Camera

PicAi
PicAi, Aplikasi Kamera Android dengan AI. | via PlayStore

Punya beberapa filter seru seperti scene recognition, Filter recommendation, easy selection serta beberapa fitur lainnya.

Aplikasi akan menganalisis hasil foto kamu dan dengan sempurna merekomendasikan filter yang cocok sehingga membuat foto kami jadi tampak lebih cantik.

Sudah diunduh oleh lebih dari 100.000 pengguna, dan cocok untuk android versi 6.0 ke atas. Aplikasi ini juga punya rating 3.9/5.

#8. Footej Camera 2

footej camera 2
Footej Camera 2, aplikasi Android untuk hasil foto keren. | via PlayStore

Punya rating 4.3/5, dengan ukuran 37M yang kompatibel untuk android versi 5.0 ke atas. Sudah di undun oleh lebih dari 1.000.000 orang.

Footej Camera 2, punya hasil jepretan yang tajam dengan warna yang tajam pula. Aplikasi ini juga punya banyak fitur gratis. Adapula fitur manual control yang membuat kamu serasa menggunakan kamera DSLR.

#9. Bacon Camera

bacon camera
Bacon Camera termasuk aplikasi kamera terbaik di dunia untuk Android. | via TheAndroidPortal.com

Meski ukurannya kecil, yaitu hanya 9.8M saja, tapi bacon camera punya banyak fitur menggoda loh.

Kalau smartphone kamu tidak bisa support Google Camera, kamu mungkin bisa coba pakai aplikasi ini karena keduanya punya fitur dan setting yang mirip.

Asa pengaturan manual focus, white balance, dan juga ISO untuk menghasilkan foto yang sesuai keinginan kamu. Ada juga beberapa filter menarik lain yang wajib kamu coba

Punya rating 3.8/5 dan sudah diunduh oleh 1.000.000 pengguna.

Baca Juga: 5 Kamera DSLR Terbaik bagi Pemula & Prosumers (2021)

#10. Z Camera

z-camera-aplikasi-android
Aplikasi Kamera Z Camera masuk dalam pertimbangan sebagai aplikasi kamera untuk Android. | via PlayStore

Aplikasi yang satu ini cuma boleh diunduh oleh kamu yang sudah berusia 17 tahun ke atas. Ukurannya 51M dan bisa digunakan untuk android versi 4.4 ke atas. Sudah diunduh oleh 100.000.000+ pengguna.

Dengan pakai aplikasi ini, kamu bisa ambil foto lalu langsung edit sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa fitur dewasa seperti sexy shape, six-pack abs, dan juga 3D tattoo. 

Aplikasi ini boleh dibilang paling cocok untuk kamu yang hobi ambil foto selfie. Selain punya banyak filter dan efek yang bagus, aplikasi ini juga menyediakan stiker AR yang lucu, jadi kamu tidak perlu mengunduh aplikasi emoji lagi.

#11. Koda Camera

koda-camera
Koda Kamera bisa kamu pilih kalau kamu suka hasil foto retro terbaik dengan aplikasi Android.| PlayStore

Nah, kalau kamu pecinta foto-foto estetik dengan vibe retro yang jadul, aplikasi ini mungkin akan menjadi soulmate kamu

Efek vintage-nya pas, tidak berlebihan. Foto yang dihasilkan natural seolah-olah diambil oleh kamera lama. Ada lebih dari 30 filter dan berbagai efek serta fitur lainnya.

Aplikasi ini berukuran 17M dan kompatibel untuk android versi 4.4 ke atas, sudah diunduh oleh lebih dari 5.000.000 pengguna dengan rating 4.5/5. Sayangnya aplikasi ini berisi iklan, tapi tidak masalah daripada harus bayar kan?

Baca Juga: Kamera Pertama di Bumi Seperti Apa? Ini Fakta Lengkapnya

#12. Kamera HD

Aplikasi Android Kamera HD memiliki fitur lengkap untuk hasil foto terbaik. | PlayStore

Meskipun gratis, tapi aplikasi Kamera HD ini punya fitur yang sangat lengkap loh. Lengkap dengan efek dan filter yang keren.

Sudah diunduh oleh lebih dari 50.000.000 pengguna, punya rating 4.3/5, bisa digunakan pada android versi 4.3 ke atas.

Kamera HD ini punya fitur utama seperti deteksi wajah, HDR, Filter Real-Time, dll.

Baca Juga: Cara Mengganti Nama di Google Meet Lewat PC atau HP

#13. Camera 2

Aplikasi Camera 2 hadir di Android dengan hasil foto seperti lukisan. | PlayStore

Aplikasi kamera yang menghasilkan foto paling aesthetic. Punya ukuran 9.8M dengan rating 4.2/5 meski baru diunduh oleh sekitar 100.000 orang lebih. Tapi aplikasi ini mungkin cocok untuk kamu yang suka edit foto menjadi seperti lukisan.

Punya beberapa efek seperti old time, Lomos and Vintage, Comic and Sketch, Art dan Sci-fi cocok sekali untuk seru-seruan.

#14. PhotoRoom

Tak mau repot dengan photoshop? Gunakan aplikasi PhotoRoom Camera. | PlayStore

Apakah kamu sedang berjualan online dan mencari aplikasi kamera yang bisa membuat hasil foto produkmu jadi lebih menarik? Kalau begitu, ayo coba pakai PhotoRoom.

Tidak perlu lagi studio atau fotografer profesional untuk dapatkan hasil foto produk yang sempurna, cukup unduh PhotoRoom di smartphone kamu.

Aplikasi ini punya lebih dari 1000 template, bisa menciptakan hasil foto seperti foto studio, menghapus background, kolase, stiker dan yang lainnya.

Tak cuma foto produk dan foto profil, story instagram hingga foto identitas pun bisa jadi lebih berkualitas. Aplikasi ini cocok untuk pengguna android versi 8.0 ke atas ukurannya pun kecil hanya 9.6M dengan rating 4.7/5.

Baca Juga: 5 Kamera DSLR Terbaik bagi Pemula & Prosumers (2021)

#15. PicsArt

PicsArt masuk dalam jajaran aplikasi kamera terbaik di dunia. | PlayStore

Meski PicsArt sudah sangat terkenal, tapi rasanya ada yang kurang jika tidak mengikutsertakan aplikasi yang satu ini ke dalam daftar aplikasi kamera android terbaik.

Sudah diunduh oleh lebih dari 500.000.000 orang di dunia, dengan rating 4.2/5 PicsArt memang adalah aplikasi kamera yang paling lengkap.

Mulai dari nuansa vintage, trendy,modern, cute, hingga makeover semua mode filter dan efek untuk foto maupun video semua ada di sini. Dan yang lebih menyenangkan lagi adalah, aplikasi ini gratis.

Aplikasi Kamera Terbaik di Dunia, Tergantung Selera

Pilihan aplikasi kamera favorit kamu di Android mungkin berbeda dengan orang lain. Pasalnya, setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Penggunaan aplikasi kamera Android tersebut pun bergantung pada kebutuhan. Kalau kamu memerlukan aplikasi foto estetik, PicsArt dan Camera 2 bisa jadi pilihan.

Kalau kamu perlu menghapus background alias latar belakang foto, gunakan PhotoRoom.

So, sudah tahu aplikasi kamera mana yang ingin kamu pilih?

Baca Juga: Kamera Digital Murah Tapi Tokcer Harga Mulai Rp 1 Jutaan