cara menghapus family link

Bagaimana Cara Menghapus Family Link Di Ponsel Anak Dan Orang Tua 

Jika sudah tahu bagaimana menggunakan maka harus tahu juga cara menghapus family link jika memang diperlukan. Mungkin orang tua memiliki alasan tersendiri saat memasak family link. Namun tentu juga punya alasan saat ingin menghapusnya. 

Masalahnya sebagian orang hanya tahu bagaimana cara memasang family link, namun tidak Tahu bagaimana cara menghapusnya. Karet itu, kali ini pun akan diuraikan bagaimana cara untuk menghapusnya. Sehingga akan memudahkan saat akan melakukan. 

Tak hanya itu saja, di bawah ini juga akan disebutkan beberapa hal lain yang tentunya saling berhubungan. Seperti pengeringan dari family link dan sebagainya. Jadi terus simak ulasannya hingga tuntas. 

Sekilas Tentang Family Link 

Jadi sebelum membahas tentang cara menghapusnya, maka kali ini akan diulas terlebih dahulu tentang pengertiannya. Jadi family ini merupakan layanan kontrol yang diberikan oleh google untuk orang tua. Sehingga memungkinkan untuk mengatur perangkat anak. 

Jadi family link merupakan sebuah layanan yang diberikan dalam bentuk aplikasi. Dimana aplikasi ini memiliki logo bergambar layang-layang dengan ekor di bagian bawahnya. Untuk warnanya adalah biru, hijau dan yang paling bawah adalah kuning.

Sehingga setiap gerak gerik yang dilakukan oleh anak pada perangkat bisa dikendalikan. Karena nanti orang tua pun dapat membatasi konten yang bisa ditonton. Atau bisa juga menyetujui atau menolak pengunduhan aplikasi. 

Bukan hanya sampai disitu, sebab ada banyak lagi fitur lain yang juga tersedia di dalamnya. Antara lain adalah adanya banyak pilihan bahasa di dalamnya bahkan hingga 38 bahasa. Untuk OS yang disarankan adalah android 10 ke atas atau IOS. 

Cara Hapus Family Link 

Lalu pada pembahasan berikutnya adalah mengenai bagaimana cara menghapus family link yang dapat dilakukan. Untuk caranya sendiri sangat mudah untuk dilakukan. Hanya saja ada beberapa langkah yang harus dibereskan terlebih dahulu. 

1. Hapus Aplikasi Di Ponsel Anak 

Pertama yakni dengan menghapus akun pada hp anak yang harus dilakukan pengguna sebagai orang tua. Karena untuk mengontrol harus terhubung dengan aplikasi di hp masing-masing. Untuk menghapusnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama bisa masuk pada aplikasi Family Link yang ada di ponsel anak, jika sudah maka bisa klik pada samping menu.
  • Setelah itu maka pengguna bisa pilih menu hapus akun remove account lalu di bagian selanjutnya bisa pilih remove account lagi.
  • Lalu setelahnya bisa pilih akun Gmail yang digunakan sebagai pihak yang akan menghapus aplikasi ini atau sebagai pihak orang tua.
  • Untuk mengotorisasi hal ini, maka nanti akan diminta untuk memasukkan password email untuk akun Gmail tadi.
  • Jika sudah, maka nanti akan mendapatkan notifikasi yang mengkonfirmasi bahwa aplikasi tersebut telah berhasil dihapus. 

2. Hapus Aplikasi Di Ponsel Orang Tua

Lalu untuk cara menghapus family link kedua adalah dengan menghapus aplikasi di ponsel anak. Jadi memang untuk menghapus aplikasi ini harus melakukan tahapan ini dan tahapan sebelumnya. Di bawah ini adalah langkah caranya:

  • Pertama adalah dengan membuka aplikasi Family Link yang ada di hp orang tua atau pengguna itu sendiri.
  • Jika sudah sampai halaman utama dari aplikasi ini, maka bisa langsung ketik nama anak yang ingin dihapus dari pengawasan.
  • Jadi bisa klik titik tiga yang ada di bagai di atas sebelah kanan, lalu lanjutkan dengan klik info akun.
  • Pada halaman yang muncul maka bisa gulir ke bawah hingga sampai pada halaman akun anak.
  • Pilih akun yang ingin dihapus, jika semua ingin dihapus maka bisa lakukan cara ini secara berulang atau lakukan bersamaan.
  • Lalu baca data informasi yang akan dihapus tadi, sehingga nanti tidak akan menyesal atau keliru. 
  • Setelah itu tinggal gulir ke bagian paling bawah dan pada tiga kotak centang bisa diklik dan lanjutkan dengan ketik menu hapus akun.
  • Jika hal ini sudah dilakukan, maka otomatis namun Family Link ini telah terhapus.
  • Dengan begitu, bila ingin menghapus aplikasinya maka bisa lakukan dengan cara yang sama seperti menghapus aplikasi pada umumnya.
  • Yakni dengan mengetuk dan menahan sedikit lebih lama pada aplikasi Family Link, lalu tinggal klik ikon tong sampah.
  • Pada pop up yang muncul bisa klik uninstall atau bisa klik hapus, selesai. 

Memang Apa Saja Manfaat Family Link?

Setelah mengetahui bagaimana cara menghapus family link maka kali ini akan dibahas apa saja manfaatnya. Mungkin beberapa ibu masih kurang paham dengan fungsi di dalamnya. Sehingga berniat untuk menghapus aplikasi ini.

1. Alarm Untuk Istirahat

Salah satu manfaat atau fitur yang tersedia di dalamnya adalah alarm untuk tidur. Jadi nanti orang tua pun dapat menentukan waktu untuk istirahat. Sehingga kegiatan anak dalam bermain ponsel pun lebih terkontrol. 

Karena saat sudah mencapai waktu istirahat yang ditentukan maka nanti sistem akan langsung bekerja dan memberikan peringatan. Bahkan semua aplikasi juga akan menutup semua aktivitas online pada ponsel anak. Lalu akan aktif pada jam yang telah ditentukan. 

2. Pengaturan Jadwal

Jadi dalam aplikasi ini ada yang namanya fitur bernama lock device now. Jadi saat fitur ini diaktifkan oleh orang tua, maka anak tidak bisa online dan mengakses situs semacamnya. Dengan begitu diharapkan anak akan ingat dengan apa yang harus dilakukan saat itu. 

Dengan menggunakan family link, orang tua juga akan tahu waktu lamanya anak bermain ponsel. Sehingga saat dirasa sudah terlalu lama bermain ponsel, orang tua dapat mengaktifkan fitur ini. Sehingga anak pun tidak mengalami ketergantungan.

3. Mengatur Konten Private

Lalu untuk manfaat berikutnya yang juga akan didapat dengan menggunakan aplikasi Family Link maka konten private dapat disaring. Seperti yang diketahui, bahwa di dunia online banyak konten berbagai macam. Tentu tidak semua sesuai dengan umurnya.

Karena itu, sebagai orang tua dapat mengatur privasi akan hal ini. Sehingga dapat menyaring konten mana yang bisa diakses oleh anak-anak. Bahkan dikatakan bahwa orang tua juga dapat mengakses aktivitas online sekalipun area privasinya. 

4. Penyaringan Aplikasi

Masalahnya meski dinamakan game anak-anak namun konten di dalamnya tidak sepenuhnya untuk anak-anak. Karena itu, fitur penyaringan aplikasi ini sangat diperlukan oleh orang tua. Sehingga segala sesuatunya harus dengan izin orang tua. 

Jadi bukan hanya postingan saja yang dapat diatur, namun juga mengenai aplikasi yang diunduh. Jadi orang tua dapat menggunakan fitur otorisasi. Jadi saat anak akan mengunduh aplikasi, harus melalui persetujuan dari orang tua dan terhubung dengan aplikasi.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan Family Link yang bisa dipelajari. Bagi yang ingin tahu cara menghapus family link maka sudah diuraikan juga langkah caranya. Sehingga pengguna pun tinggal mempraktekkannya. 

Lalu bagi yang belum begitu paham dengan aplikasi ini, maka sudah dijelaskan juga beberapa manfaat atau fitur yang ditawarkan. Bahkan ada banyak juga fitur lain di dalamnya. Sehingga akan sangat membantu mama dalam mengontrol aktivitas online anak.