Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Kamera Fujifilm
Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Kamera Fujifilm

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Kamera Fujifilm

Artikel ini terakhir diperbarui pada 16 Februari 2023.

Memiliki foto yang terhapus di kamera Fujifilm bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan, terutama jika foto tersebut sangat berarti bagi kita.

Namun, tidak perlu khawatir karena saat ini ada beberapa cara yang dapat membantu kita mengembalikan foto yang terhapus. Berikut adalah cara mengembalikan foto yang terhapus di kamera Fujifilm.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Kamera Fujifilm dengan Mac

Jika kamu menggunakan Mac, maka kamu dapat menggunakan Fujifilm Photo Recovery Tool untuk mengembalikan foto yang terhapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Operasikan Fujifilm Photo Recovery Tool pada Mac

Unduh dan instal Fujifilm Photo Recovery Tool pada Mac-mu. Setelah instalasi selesai, buka program tersebut.

Langkah 2: Pilih penyimpanan media penghapus atau drive kartu SD

Pilih penyimpanan media penghapus atau drive kartu SD dari daftar opsi yang tersedia. Setelah itu, klik “Mulai Pemindaian” untuk memulai proses pemindaian data.

Langkah 3: Pilih video yang ingin dipulihkan

Setelah pemindaian selesai, kamu bisa melihat hasil pemindaiannya terlebih dahulu. Kemudian pilih foto atau video yang ingin kamu pulihkan.

Caranya adalah dengan klik opsi “Pulihkan”, maka semua data yang hilang akan kembali hanya dengan satu klik. Setelah itu, pindahkan foto atau videomu ke lokasi penyimpanan yang aman.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Kamera Fujifilm dengan FUJI Recovery Tool

Jika kamu ingin mengembalikan foto yang terhapus menggunakan FUJI Recovery Tool, maka berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Hubungkan kamera ke komputer

Hubungkan kamera ke komputer dan pastikan kalau kamera dapat dideteksi oleh komputer atau laptopmu.

Langkah 2: Pindai semua data yang ada

Buka FUJI Recovery Tool pada komputermu dan pindai semua data yang ada di kamera. Setelah itu, tunggu hingga proses pemindaian selesai.

Langkah 3: Pulihkan foto dan video

Setelah semua foto dan video muncul, pilihlah data yang akan dipulihkan dengan cara klik “Sembuh” atau “Pulihkan”. Kemudian jangan simpan data yang sudah pulih ke kamera lagi, simpanlah ke komputer atau penyimpanan eksternal lainnya.

Kesimpulan

Mengembalikan foto yang terhapus di kamera Fujifilm bisa menjadi proses yang mudah dan cepat. Kamu dapat menggunakan Fujifilm Photo Recovery Tool pada Mac atau FUJI Recovery Tool untuk mengembalikan foto yang terhapus.

Namun, pastikan untuk tidak menyimpan data yang sudah dipulihkan kembali ke kamera, melainkan simpan ke komputer atau penyimpanan eksternal yang aman. Selalu ingat untuk mengambil backup foto secara teratur agar tidak kehilangan foto yang penting.