Cara Mengatasi Penangguhan Pembayaran Bpjs: Penyebab dan Solusinya

Posted on

Cara mengatasi penangguhan pembayaran bpjs tentu memang ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika telah mengalami penangguhan ini. Namun, sebelum adanya penangguhan ini tentu saja ini disebabkan oleh hal yang mungkin banyak yang belum tahu.

Di antara beberapa penyebabnya tentu saja akan dikupas secara tuntas nantinya sehingga banyak yang tahu apa penyebab pastinya. Kalau sudah tahu penyebabnya tentu saja nanti pun tidak akan mengulangi apa yang telah menjadi penyebab semua itu.

Dari semua penyebab yang membuat penangguhan pembayaran bpjs tentu saja harus tahu juga solusinya. Namun, jangan khawatir terkait hal itu karena memang pada kesempatan kali ini akan membahas terkait penyebab dan solusi penangguhan bpjs.

Apa yang Dimaksud dengan Penangguhan Bpjs?

Terkait masalah kartu bpjs tentu saja seseorang baru bisa menggunakannya kalau memang sudah melakukan pembayaran premi pertama. Karena kalau memang belum sama sekali melakukan pembayaran pertama belum bisa digunakan.

Barulah kalau memang premi yang ada di awal telah dilakukan tentu saja nasabah akan bisa mengaktifkan status bpjs. Namun, justru akhir-akhir ini memang sering muncul masalah yang dihadapi oleh para nasabah.

Mungkin ada banyak para nasabah yang sering mengeluh terkait penangguhan pembayaran premi yang pertama. Dari hal tersebut tentu saja ini yang mengakibatkan status kepesertaan justru malah tidak bisa atau belum aktif.

Kalau memang status peserta bpjs masih belum aktif tentu saja peserta memang di sini belum dapat menggunakan layanan bpjs kepesertaan. Hal seperti ini yang justru malah membuat para nasabah akan semakin sulit.

Padahal di samping itu, banyak sekali orang yang bergabung dengan bpjs untuk bisa melakukan pengobatan saat sakit. Namun, sayang sekali karena dengan adanya penangguhan ini tentu malah membuat banyak nasabah yang mengeluh.

Bahkan tak jarang banyak juga para nasabah yang protes karena ini tidak sesuai dengan perjanjian awal. Di mana bahwa perjanjian awalnya adalah memang kalau sudah membayar premi di awal akan langsung aktif.

Namun, tentu saja para peserta ini tidak boleh putus asa karena yang paling penting adalah ketahui dulu penyebabnya sebelum protes. Dengan tahu apa saja penyebabnya tentu saja akan tahu juga apa solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Hal yang Menjadi Penyebab Penangguhan Pembayaran Bpjs

Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa memang penangguhan pembayaran bpjs yang terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Bagi peserta yang baru ikut program bpjs mungkin belum tahu apa saja faktor penyebabnya.

Namun, tidak bisa dipungkiri kalau mungkin saja ada juga nasabah bpjs yang sudah lama pun tentu belum tahu. Kalau memang belum tahu, tidak perlu khawatir dan langsung saja untuk simak apa saja penyebab berikut ini:

1. Waktu Pembayaran yang Belum Tiba Saatnya

Ada penyebab pertama yang memuat terjadinya penangguhan bpjs karena memang peserta sudah menerima email virtual akun, belum bisa melakukan pembayaran. Karena memang pembayaran ini hanya dapat dilakukan setelah 14 hari menerima email.

Adapun batasnya adalah 14 hari hingga 30 hari setelah email yang mengirimkan virtual akun diterima. Kalau memang sebelum 14 hari tentu saja belum bisa dilakukan dan kalau melakukannya pembayaran akan ditangguhkan.

Jadi, karena sudah tahu penyebab utamanya karena masalah waktu pembayaran tentu jangan melakukan kesalahan yang sama. Ada baiknya untuk ikuti saja peraturannya sehingga pembayaran tidak akan ditangguhkan.

2. Terdapat Gangguan Sistem

Selain karena waktu pembayaran di sini pun ada penyebab kedua yaitu karena adanya gangguan sistem. Biasanya ini terjadi karena memang adanya bug atau gangguan di dalam website bpjs itu sendiri.

Hal seperti ini sangat rawan saat para peserta melakukan transaksi atau pembayaran yang sesuai tanggal, tetapi status masih ditangguhkan. Maka dari itu, tentu saja tak jarang hal seperti ini sering membuat para nasabah mengeluh.

Namun, kalau memang iya terjadi hal seperti tadi tentu saja bisa langsung hubungi pihak yang ada di bpjs. Setelah diberitahukan apa penyebab dan masalahnya tentu saja semuanya akan diatasi sehingga pembayaran tidak akan ditangguhkan lagi.

Demikian tadi terkait hal yang membuat terjadinya pembayaran bpjs masih saja ditangguhkan yang membuat banyak peserta mengeluh. Kalau memang sudah tahu penyebabnya tentu jangan lakukan hal itu lagi karena jelas akan membuat pembayaran ditangguhkan.

Cara Mengatasi Penangguhan Pembayaran Bpjs dengan Mudah

Karena tadi memang sudah tahu apa saja penyebabnya tentu saja sekarang ini adalah saatnya tahu bagaimana cara mengatasi penangguhan pembayaran bpjs. Ada banyak nasabah yang belum tahu apa saja cara untuk mengatasinya.

Mungkin banyak juga nasabah lama yang justru sama juga masih belum tahu apa saja cara untuk mengatasinya. Kalau memang ingin tahu untuk bisa mengatasinya langsung saja untuk simak selengkapnya berikut ini:

  • Langkah pertama silahkan tunggu dulu hingga waktu pembayaran tiba.
  • Di sini para nasabah bisa menunggu sampai tiba saatnya pembayaran supaya status penangguhan akan berubah menjadi terima.
  • Dengan begitu, tentu saja status kepesertaan bpjs akan segera bisa diaktifkan.
  • Jika memang pembayaran sudah dilakukan sesuai waktu dan masih ditangguhkan silahkan untuk hubungi langsung call center bpjs.
  • Selain menghubungi call center bpjs tentu saja disini pun nasabah bisa mengirim pesan yang berisi pengaduan kepada WhatsApp pandawa.
  • Silakan kirim pesan yang sesuai dengan domisili.
  • Setelah itu, tinggal tunggu saja balasan dari petugas.
  • Tak lama kemudian tentu saja petugas juga akan segera membantu memproses aktivasi status pembayaran.
  • Sebelum itu, tentu di sini nasabah perlu menyiapkan data-data yang diperlukan dulu.
  • Adapun data yang diperlukan seperti bukti pembayaran, nomor bpjs kesehatan beserta screenshot bukti penangguhan pembayaran.
  • Setelah melakukan prosesnya tentu disini nasabah hanya perlu menunggu waktunya saja.
  • Biasanya petugas akan memproses yang memakan waktu kurang lebih sekitar tiga atau lima hari kerja.
  • Jadi, silahkan saja tunggu hingga petugas selesai melakukan validasi datanya.

Cara mengatasi penangguhan pembayaran bpjs diatas tadi tentu saja bisa dilakukan kalau sewaktu-waktu sudah membayar, tetapi statusnya masih ditangguhkan. Kalau sampai hal itu terjadi tentu bisa lakukan cara tadi di atas.

Demikian tadi terkait informasi terkait penangguhan bpjs mulai dari faktor yang menjadi penyebabnya sehingga bagaimana cara mengatasi penangguhan pembayaran bpjs. Dengan informasi di atas tadi tentu saja sudah tahu tentang penangguhan bpjs.

Bukan hanya itu, karena tentu saja membuat para nasabah bpjs sehingga sekarang lebih tahu hal apa saja yang telah menjad penyebabnya. Sehingga setelah itu bisa menghindari supaya tidak melakukan hal-hal yang menjadi penyebab tersebut.

Barulah setelah tahu apa saja penyebabnya bisa langsung untuk menggunakan bagaimana cara atasi penangguhan pembayaran bpjs. Barulah setelah mengatasinya tentu masalah penangguhan pembayaran bpjs akan selesai sehingga tidak akan ada lagi masalah tentang penangguhan.