Cara Bayar Cicilan Pegadaian Lewat M Banking BCA dengan Metode Ini

Posted on

Bagi yang memiliki pegadaian, maka harus tahu cara bayar cicilan pegadaian lewat M banking BCA dan juga dengan beberapa metode lainnya. Karenanya tentu saat melakukan penggadaian maka harus mencicilnya. Tentu agar barang yang digadaikan dapat diambil kembali. 

Untuk mencicil pegadaian ini pun ada beberapa metode yang dapat dilakukan jika menggunakan bank BCA, salah satunya adalah menggunakan m banking. Kali ini juga akan disebutkan beberapa metode sekaligus. Sehingga mudah mempraktekkannya. 

Jadi bukan hanya dengan menggunakan dari bank BCA saja, namun juga beberapa bank lain. Karena itu, simak setiap poin yang akan diuraikan. Sehingga tidak akan ketinggalan setiap informasi yang diberikan. 

Beberapa Metode Pembayaran Cicilan Lewat BCA 

Jadi pembahasan kali ini mengenai metode pembayaran cicilan yang bisa dilakukan melalui bank BCA. Jadi kali ini pun ada beberapa metode sekali yang dapat dilakukan. Oleh sebab itu perhatian dengan baik setiap langkahnya.

1. Cara Bayar Cicilan Lewat M Banking BCA

Pertama yang akan diuraikan kali ini tentu adalah cara bayar cicilan pegadaian lewat m banking bca yang bisa dilakukan. Terpenting dalam hal ini adalah harus sudah memiliki aplikasi BCA mobile terlebih dahulu. Pastikan juga bahwa sudah terverifikasi sebelumnya. 

  • Pertama adalah dengan masuk pada aplikasi BCA mobile dan login menggunakan user dan pin password yang sesuai.
  • Setelah itu nantinya akan sampai pada halaman utama, pengguna bisa coba memilih menu m-transfer.
  • Jika sudah, maka langkah berikutnya bisa dengan memilih menu BCA virtual account lalu bisa sesuaikan dengan transaksi yang akan dilakukan.
  • Bila ingin memperpanjang gadai, maka bisa ketik 22555 + nomor kredit yang tertera pada SBG atau surat bukti gadai. 
  • Namun jika ingin menebus gadai maka bisa ketik 22111 + nomor kredit seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  • Setelah Itu bisa masukkan nominal tagihan yang akan dibayarkan setelah itu tinggal klik ok.
  • Agar transaksi bisa berlangsung, maka jangan lupa untuk memasukkan PIN BCA yang digunakan dan tunggu hingga mendapatkan notifikasi pembayaran berhasil. 

2. Cara Bayar Cicilan Pegadaian Memakai Internet Banking Dari BCA

Setelah tahu tentang cara bayar cicilan pegadaian lewat M banking BCA kali ini akan diulas juga mengenai cara bayar melalui internet banking. Jadi internet banking inindalat diakses melalui Browser. Berikut adalah langkah-langkahnya. 

  • Pertama yang harus dilakukan adalah dengan masuk pada situs resmi dari bank BCA dengan menggunakan kata kunci KlikBCA.com.
  • Jika sudah sampai pada halaman situs, maka bisa lanjutkan dengan memikirkan opsi klik login individual.
  • Jika sudah, maka berikutnya adalah dengan memasukkan username dan juga pin password agar bisa masuk ke akun.
  • Bila data yang dibutuhkan sudah dimasukkan maka bisa tinggal klik login untuk masuk pada halaman internet banking.
  • Pada halaman akun yang muncul maka bisa klik menu transfer dana dan lanjutkan dengan pilih transfer ke BCA VA atau virtual account.
  • lalu pengguna bisa langsung masukkan kode VA tersebut dengan menggunakan format khusus.
  • Contohnya: kode bayar + lalu masukkan nomor kredit pegadaian yang ada di SBG, jika sudah maka tinggal klik lanjutkan.
  • Bila benar, maka nanti sistem akan menampilkan halaman konfirmasi dan nantinya bisa berikan respon berupa KEYBCA APPLI 1.
  • Jika sudah, maka bisa langkah klik kirim, dengan begini proses pembayaran cicilan pegadaian sudah selesai. 

3. Cara Bayar Cicilan Melalui ATM Bank BCA 

Bukan hanya cara bayar cicilan pegadaian lewat M banking BCA dan menggunakan internet banking saja, namun juga bisa menggunakan ATM. Jadi cara ini pun dapat dilakukan saat tidak memiliki jaringan internet yang stabil. Atau gagap teknologi. 

  • Karena pembayaran cicilan dilakukan melalui ATM, maka yang pertama harus dilakukan adalah dengan datang ke mesin ATM langsung.
  • Jika sudah, maka tinggal masukkan kartu ATM dan pastikan sudah terdapat dana yang dibutuhkan dalam transaksi ini. 
  • Kemudian masukkan pin atm yang dimiliki agar diberikan akses masuk. 
  • Jika sudah, maka bisa langsung klik menu transaksi lainnya yang ada di halaman tersebut kemudian klik menu transfer.
  • Untuk tujuan pengiriman maka bisa klik ke rek BCA VA atau virtual account dan jangan lupa untuk memasukkan kode bayar dan nomor kredit pegadaian.
  • Nanti akan ada halaman konfirmasi mengenai transaksi tersebut dan klik ya atau benar, maka transaksi selesai. 

Tipe-tipe Cicilan Dalam Pegadaian

Tadi sudah dijelaskan mengenai cara bayar cicilan pegadaian lewat M banking BCA dan juga dua metode lainnya. Maka kali ini akan dibahas tentang tipe-tipe Cicilan yang ada di pegadaian. Karena cicilan disana sedikit berbeda dengan angsuran. 

1. Cicilan Suka-suka

Tipe cicilan pertama yang akan ditemukan dalam pegadaian adalah cicilan Suka-suka. Di mana pada tipe cicilan Suka-suka ini nantinya nasabah bisa mencicil kapan saja namun tetap sesuai dengan waktu yang ditentukan. Bahkan jika melunasi sekalipun. 

Besaran cicilan yang harus dibayarkan ini nantinya dapat disesuaikan dengan kemampuan nasabah. Sedang untuk pegadaian yang menerapkan cicilan Suka-suka ini ada dua macam. Yakni pegadaian RAHN dan gadai KCA.

Jika masih tak tahu apa itu RAHN, maka nama tersebut dapat dikatakan sebagai gadai syariah. Barang jaminan yang bisa digunakan untuk pegadaian ini pun cukup bermacam. Antara lain adalah emas, laptop, berlian, mobil dan sebagainya. 

Kemudian jenis pegadaian kedua adalah KCA adalah sistem gadai Untuk berbagai macam kebutuhan. Jaminan yang dapat digunakan dalam hal ini adalah seperti emas atau barang berharga lainnya. Dengan jumlah pinjaman mulai 50.000 hingga 500.000. 

2. Cicilan Tetap Per bulan

Kemudian tipe kedua adalah cicilan tetap per bulan yang sudah disetujui antara pihak pegadaian dan nasabah. Jadi besaran cicilan yang harus dibayarkan ini kudu sesuai dengan apa yang disepakati. Dengan rincian produk yang lebih beragam. 

Jika sebelumnya hanya ada dua tipe pegadaian yang menerapkan sistem cicilan Suka-suka, maka untuk cicilan tetap per bulan lebih banyak lagi yang menerapkan. Salah satunya adalah produk KRASIDA. Dimana pinjaman untuk konsumtif. 

Lalu ada lagi produk KREASI yang juga menetapkan cicilan per bulan. Untuk jenis cicilan kreasi ini adalah diperuntukkan untuk membangun usaha. Jaminan yang bisa digunakan adalah BPKB kendaraan dan kendaraan tersebut masih bisa digunakan. 

Ada lagi produk lainnya, yakni Arrum BPKB yang merupakan pegadaian pembiayaan syariah. Produk ini pun diperuntukkan bagi pengusaha mikro kecil dan juga menengah. Untuk jenis jaminan yang dapat digunakan adalah ke BPKB kendaraan. 

Terakhir adalah produk pegadaian AMANAH yang merupakan pinjaman berbasis syariah. Produk ini pun dapat digunakan bagi seseorang yang berprofesi sebagai karyawan tetap atau usaha mikro. Yakni untuk membeli kendaraan bermotor. 

Demikian adalah ulasan mengenai cara bayar cicilan pegadaian lewat m banking bca dan juga dari dua metode lainnya. Sehingga pengguna bisa menggunakan alternatif lain saat tidak bisa menggunakan cara pertama. Pun sudah diuraikan langkah caranya. 

Sudah dijelaskan juga mengenai tipe-tipe cicilan yang dapat ditemukan dalam pegadaian Sehingga akan memberikan pemahaman baru bagi yang berniat mengajukan pegadaian. Beserta jenis jaminan yang dapat digunakan di dalamnya.