cara bayar baf lewat atm bca

Cara Bayar BAF Lewat ATM BCA, Cepat dan Akses Mudah 

Artikel ini terakhir diperbarui pada 20 Februari 2023.

Membayar kredit dan cicilan kendaraan semakin mudah dengan adanya cara bayar BAF lewat ATM BCA. Terutama, bagi para nasabah BCA dengan alternatif pembayaran ini bisa melakukan pembayaran di manapun sesuai dengan tenggat waktu pembayaran. 

Karena seperti yang diketahui bahwa Bank BCA ini adalah salah satu bank dengan jaringan ATM terluas di Indonesia. ATM Bank BCA memang cenderung lebih mudah dijangkau dibandingkan dengan ATM dari bank lain. 

Mempermudah para nasabah yang memiliki cicilan untuk membayar. Selain itu, membayar melalui ATM juga lebih cepat. Dibandingkan metode pembayaran seperti membayar di loket atau di Minimarket. 

Tidak heran, jika banyak yang memilih layanan ini. Berikut adalah penjelasan yang lebih lengkap.

Mengenal Lembaga BAF 

Sebelum mengetahui, cara bayar BAF lewat ATM BCA ada baiknya untuk mengenal lembaga BAF itu sendiri. BAF sendiri merupakan singkatan dari Bussan Auto Finance, bagi para nasabah BCA yang mengambil kredit atau cicilan kendaraan. 

Terutama dengan merk Yamaha pasti sudah familiar dengan jasa keuangan satu ini. BAF memang merupakan lembaga keuangan yang bergerak di jasa pembayaran. 

Lembaga keuangan ini mulai dengan layanan pembiayaan kredit motor khusus Yamaha saja. Namun, seiring dengan kemajuannya banyak layanan yang disediakan. 

Mulai dari layanan pembiayaan kredit untuk kendaraan mobil, elektronik, fleet, bahkan sampai pembiayaan untuk dana syariah dan mesin pertanian. Karena kemajuan layanannya ini BAF sadar harus membuat akses pembayarannya semakin mudah. 

Terutama dalam hal jangkauan masyarakat. Karena itu, BAF pun bekerja sama dengan berbagai bank di Indonesia. Salah satunya adalah Bank BCA yang  nasabahnya terbilang banyak.

Dengan kerja sama ini, pemilik kredit BAF yang sekaligus nasabah BCA. Bisa melakukan pembayaran dengan lebih mudah. Dengan memanfaatkan fasilitas pembayaran dari Bank BCA. Misalnya saja e-Banking dan yang paling banyak digunakan adalah ATM BCA. 

Apakah Bisa Membayar Cicilan BAF di ATM ?

Walaupun BAF sudah memperluas jaringan dan akses pembayarannya, masih banyak pemilik cicilan yang merasa ragu. Apa memang bisa membayar cicilan BAF di ATM? jawabannya tentu saja bisa. 

Asal ATM yang digunakan merupakan ATM dari bank yang sudah bekerja sama dengan BAF. Para pemilik kredit bisa membayar cicilan dengan saldo yang ada di rekening bank dan melalui ATM saja. 

Bank yang sudah bekerja dengan BAF untuk layanan pembayaran ini sudah sangat banyak, antara lain : 

  • BRI  
  • BNI.  
  • BCA.  
  • Mandiri. 
  • Bank Bukopin. 

Jika pembayarannya menggunakan ATM yang banknya belum bekerja sama dengan BAF pastinya pembayaran tidak bisa dilakukan. Karena itu, sebelum melakukan pembayaran cicilan melalui ATM bisa diperiksa terlebih dahulu. 

Apakah bank yang digunakan sudah bekerja sama sebagai mitra pembayaran cicilan BAF? Lalu bagaimana jika para nasabah BAF tidak mempunyai rekening yang bekerja sama di salah satu bank?  Tidak perlu khawatir, karena BAF juga sudah menyediakan alternatif pembayaran lainnya. 

Misalnya, dengan pembayaran langsung di jaringan minimarket seperti Indomaret atau Alfamart bahkan Kantor POS.  Walaupun tanpa rekening tabungan di bank tertentu para pemilik cicilan tetap bisa membayar. Namun, perlu diakui lebih praktis menggunakan ATM. 

Syarat Bayar BAF Melalui ATM BCA 

Sebelum melakukan mengetahui cara bayar BAF lewat ATM BCA, para nasabah harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Karena ada syarat yang harus dipenuhi agar pembayaran yang dilakukan berhasil. 

Namun, tenang saja karena syarat yang perlu disiapkan tidak berat dan mudah untuk dipenuhi. Berikut adalah persyaratan sebelum melakukan pembayaran BAF melalui ATM BCA. 

  • Memiliki rekening BCA yang aktif dan bisa digunakan kartu ATMnya. 
  • Memiliki nomor kontrak atau nomor perjanjian BAF yang masih aktif. 
  • Saldo di dalam rekening BCA cukup untuk melakukan pembayaran. 
  • Sudah mendapatkan pemberitahuan dari pihak BAF bahwa sudah waktunya untuk melakukan pembayaran. 

Para nasabah yang ingin melakukan pembayaran tidak harus menyamakan nama pemilik rekening dan pemilik kredit. Jadi, bisa menggunakan rekening atas nama orang lain untuk melakukan pembayaran. 

Asalkan nama yang tertera pada nomor kontrak BAF sudah benar. Jika sudah memenuhi syarat di atas para nasabah bisa segera mendatangi ATM BCA terdekat. Kemudian, melakukan langkah pembayaran yang dibutuhkan. 

Cara Bayar BAF Lewat ATM BCA 

Setelah membahas pengertian sampai dengan syaratnya, berikut akan dibahas bagaimana cara melakukan pembayarannya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pembayaran melalui ATM BCA ini dijamin akan mempermudah akses pembayaran. 

Walaupun begitu, terdapat banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara melakukan pembayaran dengan ATM BCA ini. Berikut adalah langkah yang bisa dilakukan: 

  • Datangi ATM BCA terdekat yang ada di lokasi. 
  • Masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM BCA. 
  • Kemudian, buka akses layanan dengan memasukkan pin yang benar. 
  • Lanjutkan dengan memiliki TRANSAKSI LAINNYA di tampilan menu utama. 
  • Pada tampilan selanjutnya, pilih PEMBAYARAN
  • Cari pada pilihan ‘LAIN-LAIN’ pada tampilan. 
  • Jika pilihan itu belum muncul terus klik ‘LAYAR BERIKUTNYA’. 
  • Setelah itu, masukkan kode perusahaan dari BAF pada kolom yang disediakan. Kode perusahaannya adalah 720021
  • Masukkan nomor perjanjian atau kontrak BAF pada kolom yang disediakan. 
  • Masukkan nominal cicilan yang perlu dibayarkan. 
  • Sistem akan mengkonfirmasi lagi dengan memunculkan INFO PEMBAYARAN di layar. 
  • Jika sudah benar, nasabah bisa memiliki BENAR/BAYAR pada layar. 
  • Pembayaran akan segera diproses. 
  • Jika berhasil maka akan ada struk bukti transaksi dari ATM. 

Struk ATM tersebut bisa menjadi bukti pembayaran yang resmi. Jadi, ada baiknya para nasabah untuk menyimpan struk tersebut untuk sementara waktu. Jangan langsung membuangnya. 

Karena struk tersebut bisa menjadi bukti yang kuat jika ada suatu hal tidak diinginkan terjadi. Misalnya, pada sistem BAF ada kesalahan dan cicilan nasabah pada status tidak dibayarkan dan kendala lainnya. 

Biaya Admin Membayar BAF Lewat ATM 

Jika para nasabah melakukan cara bayar BAF lewat ATM BCA, maka ada biaya administrasi yang akan dikenakan pada setiap transaksi yang dilakukan. Para nasabah tidak perlu khawatir karena biaya administrasinya termasuk murah. 

Untuk biaya administrasi yang paling standar biasanya adalah Rp5.000 per transaksi yang dilakukan. Ketentuan biaya administrasi ini sangat tergantung oleh kebijakan Bank BCA sendiri. 

Alternatif Pembayaran BAF yang Lainnya 

Selain melalui ATM BCA, para pemilik kredit di BAF juga bisa menggunakan metode pembayaran lainnya. Misalnya, e-banking, pembayaran langsung di teller bank, pembayaran di jaringan minimarket, sampai dengan di kantor pos. 

Sesuaikan saja dengan akses yang memang dimiliki oleh para nasabah. Karena memang itu tujuan BAF memperluas akses pembayarannya. Jadi, para nasabah bisa memiliki lebih banyak alternatif untuk membayar dan bisa melunasi pembayaran lebih tepat waktu. 

Itulah cara bayar BAF lewat ATM BCA, dengan alternatif cara ini para nasabah memiliki lebih banyak alternatif cara untuk melakukan pembayaran. Tidak perlu antri, bahkan tidak perlu menyiapkan uang tunai. Pembayaran bisa selesai dengan lebih cepat.