cara bayar first media lewat atm bca

Cara Bayar First Media Lewat ATM BCA Paling Lengkap

Artikel ini terakhir diperbarui pada 20 Februari 2023.

Sebagai salah satu layanan berlangganan, First Media sudah memberikan banyak kemudahan kepada pelanggannya. Bahkan untuk metode pembayarannya juga bisa dilakukan di ATM BCA. Detail cara bayar First Media lewat ATM BCA sangatlah mudah untuk dijalankan.

Namun sebelum melakukan pembayaran via ATM BCA, maka ada beberapa opsi yang harus diperhatikan dengan baik. Oleh karenanya, pada artikel ini juga akan diberikan penjelasannya secara menyeluruh untuk dipersiapkan.

Jadi artikel ini akan memuat apa saja yang harus dipersiapkan beserta dengan detail caranya. Penasaran dengan semua penjelasan krusial tersebut? Jika ingin tahu jawabannya, maka simak rincian yang dipaparkan sebagai berikut:

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membayar First Media Via ATM BCA

Sebelum melakukan pembayaran via ATM BCA, maka harus diketahui dulu apa saja yang perlu dipersiapkan. Agar cara bayar First Media lewat ATM BCA bisa dijalankan sampai selesai, maka ada aspek-aspek yang tidak bisa dilupakan.

Ada empat aspek yang perlu diperhatikan dalam proses pembayarannya. Agar lebih mudah dipahami, maka pada artikel ini akan diuraikan satu per satu secara mendetail. Simak uraian lengkapnya sebagai berikut:

1. Kode Langganan

Aspek pertama yang harus diperhatikan dan dipersiapkan adalah kode langganan. Jadi sebelum berangkat ke ATM, pastikan untuk membawa rincian kode langganan dari First Media secara lengkap dan mendetail.

Pastikan kombinasinya tidak ada yang salah dan sudah sesuai dengan kode yang diberikan. Kodenya terdiri dari 8 kombinasi unik yang tidak akan dimiliki orang lain. Jika kode ini tidak dibawa, maka pembayarannya tidak bisa diselesaikan.

Agar lebih siap, pastikan untuk menuliskan kodenya di HP atau di kertas. Lakukan juga pengecekan sebelum berangkat ke ATM terdekat. Proses pengecekan ini penting untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.

2. Nominal Pembayaran

Selain kode langganan, pastikan juga untuk mencatat nominal pembayaran yang sesuai. Jika sudah lama berlangganan, pasti akan tahu berapa besaran yang harus dibayarkan. Jadi detail ini juga harus diperhatikan dan dicatat.

Nantinya, mesin ATM akan mengharuskan menulis keterangan nominalnya secara menyeluruh. Detail ini akan berguna agar sistem melakukan pembayaran yang sesuai. Oleh karenanya, detail ini tidak boleh ditinggalkan.

Jika sudah masuk ke ruang ATM dan nominal yang dimasukkan tidak sesuai, maka sistem tidak akan bisa menyelesaikan pembayaran. Hal ini hanya akan membuat proses pembayaran di mesin ATM akan lama.

3. Kartu ATM Harus Bebas dari Masalah

Kemudian pastikan juga bahwa ATM yang dipakai tidak memiliki masalah. Jika ATM yang dimiliki bermasalah, maka proses pembayarannya tidak akan bisa dijalankan. Daripada bingung dan membuang waktu, maka pastikan mengeceknya sejak awal.

Apabila ada kendala dengan kartu ATM, maka proses pembayaran bisa dialihkan dengan metode yang lainnya. Jika bermasalah dan ingin segera membayarnya dengan ATM, maka urus dulu ATM yang bermasalah tersebut di Bank BCA.

4. Pastikan Uang di ATM Mencukupi

Terakhir, pastikan juga uang yang ada di dalam ATM sudah benar-benar mencukupi. Akan percuma melakukan pembayaran di ATM jika nyatanya uang di dalamnya tidak cukup. Hal ini hanya akan membuat prosesnya gagal.

Jadi sebelum melakukan pembayaran di ATM, pastikan sudah ada uang yang cukup sesuai kebutuhan. Apabila sudah cukup, maka prosesnya bisa dilakukan dengan cepat dan tanpa adanya kegagalan pembayaran.

Metode Membayar First Media dengan ATM BCA

Saat semua hal-hal di atas terpenuhi, maka cara bayar First Media lewat ATM BCA bisa segera dijalankan. Rincian proses pembayaran ini sebenarnya mudah untuk dijalankan bahkan oleh orang yang masih belum familiar sekalipun.

Namun tetap saja, langkah-langkahnya harus dijalankan dengan teliti tanpa ada yang terlewat. Karena jika ada langkah yang terlewat, maka prosesnya tidak akan bisa diselesaikan. Berikut rincian proses pembayarannya sampai selesai:

  • Pada tahapan pertama, pergi dulu ke ATM yang paling dekat dengan domisili.
  • Setelah itu, masuk ke ruang mesin ATM dan masukkan kartunya.
  • Tambahkan PIN yang sesuai agar bisa masuk ke sistem.
  • Kemudian pilih “Transaksi Lainnya” yang ada di jajaran menunya.
  • Lalu pada halaman selanjutnya, pilih opsi “Pembayaran”.
  • Nantinya akan ada keterangan tambahan, dan lanjutkan dengan “Layar Berikutnya”.
  • Selanjutnya, pastikan untuk memilih “Televisi Berlangganan”.
  • Karena ingin membayar First Media, maka pilih tombol dengan tulisan “First Media”.
  • Tambahkan nomor berlangganan dengan kombinasi 8 digit di kotak yang tersedia.
  • Pastikan juga untuk menuliskan jumlah pembayarannya yang sesuai.
  • Apabila semua sudah dimasukkan, cek datanya dan pencet tombol “Benar”.

Rincian proses di atas sudah sangat detail. Setiap menunya jelas dan bisa mendeskripsikan langkahnya secara akurat. Oleh karenanya, cara tersebut bisa langsung dijadikan panduan sampai proses pembayaran selesai.

Proses di atas juga sudah memungkinkan kesalahan sangat minim. Hampir semua proses pembayaran dengan ATM tidak akan menemukan kesalahan asal dijalankan dengan tepat. Agar ini bisa terjadi, maka jangan sepelekan susunan prosesnya.

Keuntungan Membayar dengan ATM BCA

Tentu proses pembayaran langganan First Media dengan ATM BCA ini akan sangat menguntungkan. Ada beberapa poin keuntungan utama yang akan diraih oleh pelanggan saat proses pembayarannya dijalankan.

Setidaknya ada empat keuntungan utama yang bisa diraih dengan pembayaran melalui metode ini. Penasaran apa saja keuntungan yang bisa diraih? Untuk mengetahui jawaban dan detailnya, maka simak daftar berikut ini:

  • Prosesnya cepat dan mudah karena ada sistem yang bisa membantu menyelesaikan prosesnya.
  • Biayanya ringan karena tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor First Media.
  • ATM BCA sangat mudah ditemukan sehingga tidak akan membuang waktu.
  • Ada struk pembayaran yang nantinya bisa dijadikan bukti sah.

Empat keuntungan tersebut akan langsung dirasakan oleh pelanggan yang mengaplikasikan caranya. Dengan banyaknya keuntungan ini, maka tidak diperlukan lagi keraguan. Langsung saja manfaatkan langkahnya untuk memudahkan pembayaran.

Apakah Membayar First Media Via ATM BCA Dikenakan Biaya?

Mungkin banyak yang berpikir jika cara bayar First Media lewat ATM BCA diaplikasikan, maka akan ada biaya yang harus dibayarkan. Padahal sebenarnya, proses pembayaran dengan ATM BCA ini tidak membebani dengan biaya administrasi.

Jadi nominal yang akan berkurang dari ATM hanyalah besaran biaya berlangganan saja. Sedangkan untuk biaya administrasi dan yang lainnya tidak pernah ada. Jadi tidak heran jika penggunaan metode ini sangat direkomendasikan.

Itulah penjelasan tentang cara bayar First Media lewat ATM BCA secara mendetail. Setiap langkahnya sudah dirincikan dengan baik sehingga bisa langsung diikuti. Pastikan susunannya sesuai agar tidak ada hambatan.

Kemudian sudah dijelaskan pula apa saja yang harus dipersiapkan. Informasi ini akan sangat penting sebelum proses pembayaran dilakukan. Jika semuanya sudah siap, maka pembayarannya juga bisa diselesaikan dengan cepat.

Proses pembayaran dengan ATM BCA ini juga tidak dikenai biaya. Informasi mengenai pembebasan biaya administrasi ini juga sudah dijelaskan dalam artikel tersebut. Jadi nominal biaya yang harus dikeluarkan tidak terlalu banyak.