cara bayar angsuran kur bri

Ketahui Cara Bayar Angsuran KUR BRI dan Resiko Jika Telat Membayar 

Artikel ini terakhir diperbarui pada 07 Februari 2023.

Setelah berhasil mengajukan pinjaman, maka nasabah juga harus tahu bagaimana cara bayar angsuran kur BRI agar mudah saat akan membayar. Sebab memang setelah mengajukan pinjaman, maka harus membayarnya. Sehingga, nasabah pun harus tahu bagaimana caranya.

Jadi bagi yang belum tahu bagaimana cara bayar KUR BRI, maka kali ini akan diulas mengenai cara yang dapat dilakukan. Untuk cara yang akan diuraikan pun ada beberapa metode sekaligus, sehingga nasabah pun dapat menyesuaikan. 

Tak hanya soal bagaimana cara membayar, namun akan diuraikan pula mengenai apa itu KUR BRI. Hal ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi yang masih belum begitu paham mengenai pinjaman ini. Jadi, terus simak ulasannya.

Sekilas Tentang Kur BRI

Mengenai apa yang dimaksud dengan KUR BRI, maka calon nasabah harus mengetahuinya terlebih dahulu. Jadi, KUR sendiri merupakan kependekan dari kalimat kredit usaha mikro. Produk pinjaman satu ini pun ditawarkan oleh bank BRI. 

Jadi pinjaman ini dikhususkan bagi pelaku usaha mikro kecil yang produktif, sehingga usaha ini pun nanti akan mendapatkan jaminan dari perusahaan penjamin. Untuk plafon yang ditawarkan pun cukup besar. Sebab untuk satu nasabah mencapai 50 juta. 

Namun tentunya untuk mengajukan pinjaman ini nasabah atau calon debitur harus memenuhi beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Untuk persyaratannya sendiri ada dua tipe, yakni persyaratan dokumen dan juga persyaratan umum. Keduanya pun harus terpenuhi. 

Cara Bayar KUR BRI

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan KUR BRI, maka yang akan diuraikan kali ini adalah mengenai cara bayar angsuran kur BRI untuk dipraktekkan. Seperti yang dikatakan tadi, bahwa cara yang dapat dilakukan ada beberapa metode. Berikut diantaranya:

1. Lewat ATM BRI 

Cara pertama yang dapat pengguna lakukan untuk membayar angsuran adalah lewat ATM BRI. Tentunya saat ini ATM BRI banyak ditemui bahkan di pelosok sekalipun. Sehingga cara ini pun relatif mudah untuk dilakukan, berikut langkahnya:

  • Langkah awal yang perlu dilakukan untuk membayar angsuran menggunakan metode kali ini adalah dengan datang ke ATM BRI.
  • Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memasukkan kartu ATM setelah itu pilih bahasa dan tinggal masukkan pin.
  • Jadi pada proses kali ini nasabah atau debitur harus memiliki ATM BRI dengan saldo yang mencukupi untuk membayar angsuran.
  • Pada halaman yang muncul, maka pengguna bisa klik pada tombol yang mengarah pada menu transaksi lainnya.
  • Kemudian akan muncul halaman baru, dan pada menu yang ada maka pengguna bisa klik pembayaran.
  • Setelahnya bisa lanjutkan dengan klik menu angsuran pinjaman, jika sudah maka nasabah bisa coba untuk memasukkan nomor rekening yang dimiliki.
  • Setelah itu tinggal masukkan nominal pembayaran yang akan dilakukan, jika sudah maka tinggal klik ya, selesai. 

2. Gunakan Aplikasi BRIMo

Lalu untuk cara bayar angsuran kur BRI kedua adalah dengan menggunakan aplikasi BRIMo. Jadi BRIMo ini sendiri merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh bank BRI. Sehingga fitur di dalamnya pun mendukung untuk pembayaran angsuran.

  • Pertama yang harus dilakukan jika menggunakan metode kali ini, adalah dengan masuk pada aplikasi yang telah terdaftar.
  • Pastikan bahwa sinyal internet saat ini tengah stabil agar proses tidak akan mengalami kendala atau terhambat.
  • Pada halaman utama, maka bisa coba klik menu beli dan bayar, kemudian setelah itu bisa pilih pembayaran.
  • Lalu proses berikutnya adalah dengan klik menu briva, setelah itu pilih sumber dana yang akan digunakan setelah itu klik lanjut.
  • Setelah iru cek lagi nomor pembayaran dan juga jumlah nominal yang ditulis, jika dirasa sudah benar, maka bisa masukkan token atau pin, selesai.

3. Pakai Internet Banking 

Selain ada BriMo, BRI juga menyediakan aplikasi lain yang sedikit berbeda yakni BRI mobile atau yang juga disebut dengan internet banking. Untuk internet banking sendiri juga dapat diakses melalui browser. Langkahnya, akan diuraikan di bawah, berikut:

  • Langkah awal yang perlu dilakukan pada cara ketiga kali ini adalah dengan membuka aplikasi BRI mobile.
  • Pastikan bahwa aplikasi yang digunakan sudah didaftarkan sebelumnya dan pastikan juga bahwa internet saat itu tengah stabil.
  • Jika sudah maka tinggal login menggunakan akun yang dimiliki, dan pada halaman yang muncul nanti pengguna dapat memasukkan nomor rekening yang dimiliki.
  • Setelah itu tinggal masukkan nominal angsuran yang harus dibayarkan dan jangan lupa untuk memasukkan token pembayaran, selesai. 

4. Lewat Rekening Pinjaman Atau Manual 

Kemudian cara terakhir yang akan diuraikan kali ini adalah dengan melalui rekening pinjaman BRI atau dilakukan secara manual. Atau istilah yang lebih mudah dipahami adalah dengan membayar melalui teller bank. Cara inipun tergolong paling gampang. 

Untuk cara yang dapat dilakukan pun tentu sangat mudah, yang terpenting adalah dengan menyiapkan dana yang sesuai dengan jumlah angsuran. Lalu persiapkan juga dana sebesar 2.500 sebagai biaya admin. Ini berlaku per setiap kali angsuran.

Jika sudah menyiapkan dana yang dibutuhkan, maka tinggal pergi ke cabang bank BRI terdekat dari tempat tersebut. Atau bisa juga datang ke bank BRI dimana dulu mengajukan pinjaman kur agar proses semakin mudah. Prosesnya pun tidak memerlukan persyaratan. 

Jadi nasabah hanya perlu datang ke bank, lalu antri sesuai dengan urutan. Kemudian tinggal katakan pada teller bank untuk membayar angsuran tersebut. Jika sudah, maka tinggal ikuti sesuai arahan yang diberikan lalu terima tanda bukti pembayaran. 

Apa Saja Resiko Saat Telat Bayar Angsuran?

Setelah bagaimana cara bayar angsuran kur BRI yang dapat dilakukan, maka kali ini akan diulas mengenai resiko saat telat bayar. Karena setiap tindakan tentu mengandung resiko yang harus dihadapi. Salah satunya adalah telat membayar angsuran. 

1. Terkena Denda

Salah satu resiko yang harus ditanggung oleh nasabah atau debitur saat telat membayar adalah akan dikenakan denda. Denda yang akan diminta pun tidak sedikit, karena mencapai 2%. Jadi semakin lama menunggak, denda akan semakin besar. 

Sebab setiap hari dari masa keterlambatan tersebut, maka akan didenda sebanyak 2% dari jumlah plafon yang diambil. Bayangkan jika telat 5 hari, maka denda yang harus dibayarkan adalah sebesar 10%. Jadi, usahakan agar tidak telat. 

2. Bisa di Blacklist

Kemudian resiko berikutnya adalah bisa saja data nasabah akan Diblacklist. Sehingga nantinya tidak akan bisa mengajukan pinjaman kur atau jenis pinjaman lain ke bank BRI. Bahkan bukan hanya di bank bri saja namun semua bank di Indonesia.

Demikian adalah penjelasan sekilas mengenai apa yang dimaksud dengan KUR BRI yang bisa diketahui. Jika berhasil mengajukan pinjaman, maka sudah dijelaskan juga bagaimana cara bayar angsuran kur BRI yang dapat dilakukan. Bahkan sudah disebutkan dengan empat metode sekaligus. 

Agar selalu membayar sesuai dengan tempo yang ditentukan, sudah dijelaskan juga mengenai resiko yang akan diterima. Apalagi jika sampai di blacklist atau dimasukkan ke daftar hitam. Maka di waktu mendatang nasabah tidak bisa mengajukan pinjaman lagi di bank manapun.