cara bayar cicilan pegadaian lewat m banking

Cara Bayar Cicilan Pegadaian Lewat M Banking Terlengkap

Artikel ini terakhir diperbarui pada 06 Februari 2023.

Saat ini, pembayaran setoran Pegadaian sudah sangat mudah karena ada banyak platform bantuannya. Salah satu opsi layanan online yang bisa dimanfaatkan adalah m banking. Cara bayar cicilan Pegadaian lewat M Banking juga tidak terlalu rumit.

Dengan memanfaatkan cara ini, maka tidak perlu datang secara langsung ke kantor. Proses penyelesaian tahapan juga bisa ringkas karena ada sistem bantuan dan menu yang jelas. Hal ini akan sangat menguntungkan nasabah Pegadaian.

Namun jika belum tahu bagaimana cara serta informasi pendukung lainnya, maka pada artikel ini akan diperjelas lebih dalam. Pastikan semua aspeknya dipahami dengan baik agar apa yang diinginkan segera selesai. Berikut penjelasan lengkapnya:

Proses Pembayaran Pegadaian dengan M Banking

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara bayar cicilan Pegadaian lewat M Banking sebenarnya mudah. Proses pembayarannya hanya perlu mengikuti urutan langkah dari prosedur yang sudah diberikan dan dijelaskan.

Agar mudah dipahami, maka pada artikel ini akan dijelaskan cara pembayarannya dengan BCA Mobile serta BRImo. Sebenarnya penggunaan m banking untuk semua jenis bank hampir sama. Namun agar lebih mudah, ikuti dua rekomendasi cara ini:

1. Melalui BCA Mobile

Nyatanya, pengguna BCA sangatlah banyak. Bagi pengguna BCA yang akan membayar setoran Pegadaian, maka prosesnya bisa dilakukan dengan m banking. Proses pemanfaatan BCA Mobile sangatlah simpel.

Menu yang ada di BCA Mobile memang tersedia dengan susunan yang jelas. Hal ini memungkinkan proses pemanfaatannya lebih terarah. Jika penasaran bagaimana proses pemanfaatannya, maka simak rincian proses yang dipaparkan sebagai berikut:

  • Pertama, masuk dulu ke aplikasi BCA Mobile yang terpasang di perangkat.
  • Kemudian, login ke akun yang dimiliki dengan kode akses dan user ID. Pastikan data yang dimasukkan benar agar bisa langsung masuk.
  • Jika sudah masuk ke halaman utamanya, pencet tombol “m-Transfer”.
  • Proses selanjutnya adalah memilih opsi “BCA Virtual Account”.
  • Masukkan kode tebus gadai dengan kombinasi angka “22111” + “nomor kredit”. Atau bisa juga memakai kode perpanjang gadai dengan angka “22555”.
  • Saat kodenya sudah dimasukkan, kemudian isi nominal tagihan sesuai dengan yang harus dibayarkan”.
  • Pencet tombol “Ok” untuk melanjutkannya.
  • Lalu isi PIN BCA dengan benar dan akhiri proses dengan memencet tombol “Ok”.

Jika ingin proses pembayaran dengan m banking ini selesai cepat, maka pastikan semua tahapannya diselesaikan tanpa ada yang terlewat. Karena jika ada satu bagian saja yang tidak dijalankan, maka hasilnya tidak sesuai keinginan.

2. Melalui BRImo

Selain dengan BCA Mobile, akan dijelaskan juga cara pembayaran dengan BRImo. Nasabah BRI yang juga menyelesaikan pembayaran Pegadaian juga banyak. Agar proses pembayarannya mudah, maka manfaatkan BRImo dalam penyelesaiannya.

Fitur pembayaran yang diberikan oleh BRImo juga sangat jelas dan tidak akan membingungkan. Penasaran bagaimana proses pembayarannya dengan BRImo ini? Jika ingin tahu penjelasannya lebih dalam, maka simak rincian ini:

  • Pada tahapan pertama, buka dulu aplikasi BRImo yang ada di perangkat.
  • Lalu masuk dengan akun dan sandi yang dimiliki.
  • Tahap selanjutnya adalah memencet tombol “Pembayaran” yang ada di jajaran menunya.
  • Nantinya, akan tampil jajaran layanan yang bisa dilakukan pembayaran dengan m banking. Pilih saja “Pegadaian” untuk melakukannya.
  • Lanjutkan proses dengan memencet tombol “Transaksi”.
  • Kemudian masukkan nomor kontrak gadai yang didapat dari Pegadaian.
  • Saat sudah dimasukkan dengan benar, pencet tombol “Lanjut”.
  • Masukkan jumlah tagihan yang sesuai dan pencet tombol “Ok”.
  • Masukkan PIN BRImo dan akhiri proses dengan tombol “Kirim”.

Agar proses di atas berhasil, maka jalankan saja sesuai dengan prosedur dan arahan yang diberikan. Setiap kali prosesnya dilakukan sesuai langkahnya, maka tidak akan ada hambatan atau penghalang yang ditemui.

Apakah Membayar Pegadaian dengan M Banking Aman?

Nasabah Pegadaian yang belum familiar dengan m banking kebanyakan akan meragukan proses ini. Hal ini dikarenakan munculnya rasa takut akan prosesnya yang dianggap tidak aman. Akhirnya, cara bayar cicilan Pegadaian lewat M Banking tidak dijalankan.

Padahal sebenarnya, proses ini bisa dijalankan dengan tingkat keamanan yang tinggi. Pembayaran dengan m banking akan diselesaikan sendiri sendiri sehingga tidak akan ada data yang diketahui oleh orang lain.

Jika dibandingkan dengan membayarnya di Alfamart, proses membayar dengan m banking ini akan jauh lebih private. Selain itu,hasil pembayaran akan langsung terkam secara real time baik di pihak BRI maupun di Pegadaian.

Dengan adanya perekaman secara real time ini, maka segala proses pembayaran termasuk dengan m banking akan langsung didata. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk memanfaatkan proses ini karena sudah disertai dengan keamanan tinggi.

Keuntungan Membayar Pegadaian dengan M Banking

Selain aspek keamanannya yang baik, pengaplikasian cara bayar cicilan Pegadaian lewat M Banking ini akan memberikan beberapa poin keuntungan lainnya. Informasi ini penting untuk diketahui nasabah Pegadaian yang masih ragu.

Setidaknya ada tiga keuntungan utama yang akan diraih. Agar lebih mudah dipahami, maka setiap poinnya akan diberikan penjabarannya secara detail. Simak rincian berikut ini untuk mengetahui struktur penjelasannya:

1. Tidak Perlu Waktu Lama

Poin keuntungan yang pertama adalah bisa menyelesaikan proses tanpa memerlukan waktu lama. Jika membayar di Pegadaian langsung, maka dibutuhkan waktu untuk berangkat serta antre. Kisaran waktunya sendiri tidak bisa diprediksi dengan mudah.

Sedangkan jika membayar dengan m banking, maka nasabah tidak harus pergi keluar dan hanya perlu membuka m banking saja. Efisiensi waktu akan sangat terlihat dalam proses ini sehingga akan lebih baik dilakukan untuk orang yang sibuk.

2. Tidak Ada Biaya Tambahan

Proses pembayaran dengan m banking juga tidak dikenai biaya tambahan. Nominal pembayarannya akan tetap sesuai dengan jumlah yang ditentukan dalam angsuran Pegadaian. Hal ini tentu akan sangat meringankan.

Jika nasabah membayarnya di Alfamart atau tempat bantuan lain, maka biaya administrasi akan dikenakan. Apabila dilakukan berkali-kali, maka akan sangat sayang untuk menggelontorkan uangnya. Oleh karenanya, lebih baik memanfaatkan m banking.

3. Prosesnya Mudah

Keuntungan terakhir yang akan selalu didapatkan adalah kemudahan proses. Pembayaran dengan m banking memang tidak dibantu oleh pegawai Pegadaian. Namun menu yang ada sudah sangat jelas dan terarah untuk diikuti.

Jika diperhatikan cara-cara di atas, maka urutannya mudah dipahami dan tidak membingungkan. Hal ini tentunya bisa membuat proses pembayaran tidak menyusahkan. Tahapannya juga tidak terlalu banyak dan rumit.

Itulah runtutan cara bayar cicilan Pegadaian lewat m banking yang bisa diikuti. Agar prosesnya tidak menimbulkan kesalahan baru, maka pastikan untuk mendalami setiap detail langkahnya. Dengan demikian, hasilnya akan baik tanpa hambatan.

Selain muatan cara membayar lewat m banking, sudah dijelaskan pula mengenai aspek lain. Informasi tambahan yang sudah diberikan tentu akan sangat berguna bagi nasabah yang belum yakin untuk melakukannya. Padahal, keuntungannya ada banyak.

Kemudian dari aspek keamanan, nasabah tidak perlu bingung. Proses pembayaran dengan m banking ini sudah dinyatakan aman dan legal. Jadi rincian pembayarannya tetap akan terekam dan sesuai dengan jumlah setoran yang dilakukan.