cara pembayaran tiket kereta api via atm bri

Cara Pembayaran Tiket Kereta Api Via ATM BRI dan Keuntungannya!

Artikel ini terakhir diperbarui pada 06 Februari 2023.

Cara pembayaran tiket kereta api via atm BRI menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan saat tidak membawa uang cash. Selain itu, pembayaran yang menggunakan ATM juga menawarkan beberapa keuntungan. Sehingga sangat cocok digunakan.

Penggunaan ATM untuk mode pembayaran menjadi salah satu yang paling mudah saat ini. Karena pengguna juga tidak harus membawa uang cash, yang mungkin akan sedikit kesulitan. Cara yang akan diuraikan kali ini pun dengan dua tipe.

Yakni dengan kartu ATM dan juga menggunakan internet banking. Keduanya sama-sama menggunakan ATM hanya saja dalam bentuk fisik dan juga internet banking. Jadi, langsung simak saja ulasannya.

Cara Membayar Tiket Kereta Api

Pertama yang akan dibahas kali ini yakni mengenai pembayaran kereta api dengan menggunakan ATM BRI. Namun akan diuraikan juga bagaimana cara bayar pakai internet banking dari BRI. Jadi simak setiap poin yang harus dijalankan:

1. Menggunakan ATM

Pada urutan pertama cara yang akan diuraikan adalah menggunakan kartu ATM. Jadi ATM bri sendiri memang sudah bisa digunakan untuk membayar layanan dari kai. Untuk lebih jelasnya, maka bisa simak langkah caranya di bawah berikut.

  • Mencari mesin ATM yang paling dekat dengan tempat saat ini menjadi langkah awal untuk cara kali ini.
  • Lalu tinggal masukkan ATM ke mesin dan masukkan password yang dimiliki dari ATM tersebut.
  • Pada halaman utama dari mesin ATM yang muncul, maka bisa pilih menu transaksi lainnya untuk melakukan pembayaran.
  • Setelah itu pengguna bisa lanjutkan dengan memilih menu pembayaran laku dilanjutkan dengan pilih menu lainnya.
  • Pada halaman berikutnya yang muncul maka bisa coba untuk pilih menu ticketing dan menu kereta api.
  • Jika sudah, maka nanti pengguna akan diminta untuk memasukkan kode yang berjumlah 13 digit dimana didapatkan setelah memesan tiket.
  • Setelah itu mesin atm akan menampilkan layar dengan beberapa informasi mengenai pembayaran tiket, cek dengan teliti.
  • Jika dirasa telah benar dan sesuai, maka bisa lanjutkan dengan klik menu benar.
  • Tunggu hingga proses tersebut berhasil diproses, dan tunggu hingga struk pembayaran keluar dari mesin ATM.
  • Jangan lupa untuk menyimpan struk bilamana suatu saat akan dibutuhkan sebagainya bukti pembayaran.

2. Memakai Internet Banking

Lalu cara pembayaran tiket kereta api via atm BRI yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan internet banking. Ini juga bisa menjadi solusi saat tidak membawa ATM saat perjalanan tersebut. Pun dapat dilakukan menggunakan ponsel.

  • Pertama adalah dengan masuk atau akses ke situs website resmi dari internet banking menggunakan perangkat yang dimiliki.
  • Setelah itu maka pengguna bisa login menggunakan ide yang sebelumnya telah didaftarkan.
  • Kemudian pada halaman yang muncul maka pengguna bisa pilih menu pembayaran.
  • Jika sudah, maka bisa lanjutkan dengan memilih menu BRIVIA kemudian masukkan kode pembayaran tiket atau VA.
  • Setelah itu tinggal masukkan kode ataupun internet banking BRI yang pengguna miliki.
  • Setelah itu akan ada notifikasi dimana transaksi tersebut berhasil, Usaha untuk screenshot untuk dijadikan bukti saat dibutuhkan.

Keuntungan Membayar Kereta Api Menggunakan ATM

Setelah mengetahui bagaimana cara pembayaran tiket kereta api via atm BRI, maka harus tahu mengenai beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan metode ini. Dengan begini nanti pengguna juga akan merasakan keuntungan tersebut. Berikut adalah beberapa keuntungannya:

1. Pembayaran Mudah Dilakukan

Salah satu keuntungan yang akan didapatkan adalah bahwa pembayaran menggunakan ATM ini mudah dilakukan. Apalagi mesin ATM sendiri mudah ditemukan di manapun. Tentunya juga dapat digunakan selama 24 jam penuh.

Begitu pula saat menggunakan internet banking. Selama ada saldo yang dimiliki, maka pembayaran dalam dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun tentunya, kemungkinan besar akan diminta biaya untuk transaksi tersebut.

2. Dilakukan Melalui Agen BRILink

Jika saja tidak menemukan ATM terdekat atau tidak memiliki internet banking, maka pengguna juga bisa memanfaatkan agen BRIlink. Agen BRIlink sendiri saat ini mudah untuk ditemukan. Namun mungkin nanti akan ada biaya admin yang dibutuhkan.

3. Bebas Biaya

Jika pembayaran dilakukan langsung melalui mesin ATM maka pengguna tidak akan dikenakan biaya transaksi. Hal ini memang sudah umum terjadi, jika menggunakan mesin ATM. Sehingga pengguna pun dapat menghemat biaya.

4. Proses Pembayaran Cepat

Kemudian kelebihan yang juga akan didapat dari pembayaran yang menggunakan ATM adalah proses yang cepat. Bahkan pembayaran menggunakan ATM ini hanya memerlukan beberapa menit saja. Tentunya jika tidak mengantri atau semacamnya.

Cara Beli Tiket Kereta Api

Setelah mengetahui keuntungan dan juga cara pembayaran tiket kereta api via atm BRI maka juga harus tahu bagaimana membelinya. Untuk membeli tiketnya sendiri ada dua opsi yang dapat dilakukan. Yakni secara offline dan online, berikut uraiannya:

1. Beli Tiket Secara Offline

Pertama yang akan dibahas tentang bagaimana membeli tiket adalah dengan pembelian secara offline. Cara ini yang paling banyak digunakan karena kemudahannya. Juga bagi yang gagap teknologi dimasa sekarang ini.

  • Langkah pertama adalah dengan datang ke stasiun kereta api dan tinggal datang ke bagian loket.
  • Jika sudah, maka tinggal sebutkan mengenai stasiun tujuan, Stasiun keberangkatan dan sebutkan juga jumlah penumpang atau tiket yang akan dibeli.
  • Jika sudah, maka nanti petugas akan memberikan informasi mengenai tujuan tersebut.
  • Jika telah sesuai, maka yang perlu dilakukan adalah dEngan melakukan pembayaran sesuai dengan yang diinginkan.
  • Namun pada proses pembelian dibutuhkan yang namanya KTP untuk mengkonfirmasi pembelian.
  • Nanti pengguna akan mendapatkan tiket dengan kode booking yang kemudian dapat dicetak saat hari keberangkatan telah tiba.

2. Beli Tiket Secara Online

Lalu yang kedua adalah cara saat akan membeli tiket secara online. Untuk pemesanan sendiri dapat dilakukan melalui website resmi dari KAI. Baru setelahnya tinggal ikuti langkah cara berikut ini:

  • Pertama yang harus pengguna lakukan adalah dengan masuk ke situs website booking.kai.id menggunakan browser pada perangkat yang digunakan.
  • Setelah itu tinggal masukkan stasiun tujuan dan jangan lupa menyebutkan stasiun asal.
  • Jika sudah maka masukkan juga keterangan keberangkatan akan melakukan perjalanan dan juga jumlah tiket yang akan dibeli.
  • kemudian bisa lanjutkan dengan klik cari dan pesan tiket, lalu tinggal pilih kereta setelah itu klik pesan.
  • pilih kursi yang akan digunakan pada.perjalanan tersebut dan pilih metode pembayaran.
  • Jika menggunakan metode ATM maka gunakan cara yang telah diuraikan sebelumnya.
  • Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembelian tiket tersebut sehingga tidak akan ada kendala berarti saat akan melakukan perjalanan.

Itu tadi adalah ulasan mengenai cara pembayaran tiket kereta api via atm BRI yang bisa coba untuk dilakukan. Sudah dijelaskan juga mengenai langkah cara yang perlu dilakukan untuk pembayaran tersebut. Sehingga pengguna akan mudah mempraktekkannya.

Sudah dibahas juga mengenai beberapa keuntungan yang akan dirasakan saat menggunakan metode pembayaran melalui ATM. Bagi yang tidak tahu bagaimana cara beli tiket juga sudah dijelaskan langkah caranya, sehingga akan lebih mudah melakukan perjalanan.