cara bayar pajak mobil online bekasi

Cara Bayar Pajak Mobil Online Bekasi dengan Berbagai Metode

Jika dulu proses pembayaran pajak mobil Bekasi harus dilakukan secara langsung di Samsat, maka sekarang sudah bisa dilakukan dengan jalur online. Cara bayar pajak mobil online Bekasi termasuk proses yang dibuat dengan simpel dan tidak menyulitkan.

Agar lebih mudah dipahami, maka pada uraian kali ini akan dijabarkan mengenai cara-caranya secara menyeluruh. Setiap cara akan diinformasikan beserta dengan mendalam agar langkah-langkahnya bisa diketahui.

Selain itu, akan diuraikan pula mengenai syarat yang diperlukan untuk melakukan pembayaran online ini. Penasaran dengan semua penjelasan tersebut? Untuk mengetahuinya, simak simak rincian detail dan menyeluruhnya sebagai berikut:

Syarat Membayar Pajak Mobil Online Bekasi

Sebelum mengaplikasikan cara bayar pajak mobil online Bekasi, maka informasi tentang syaratnya harus diketahui terlebih dahulu. Jadi siapa saja yang bisa membayar lewat online ini, sudah diatur dengan jelas dan tidak bisa dilanggar.

Setidaknya ada enam syarat utama yang harus dipahami sejak awal. Agar bisa dipahami dengan baik, maka setiap poinnya akan diuraikan secara menyeluruh. Lihat daftar yang ada di bawah ini untuk mengetahui segala syaratnya:

  • Pihak wajib pajak harus perorangan.
  • Setiap wajib pajak harus sudah memiliki buku tabungan, rekening, dan kartu ATM (BJB, BCA, atau BNI).
  • Kendaraan yang pajaknya akan dibayar tidak boleh dalam kondisi sedang diblokir.
  • Proses pembayaran online hanya untuk pajak tahunan da bukan untuk ganti STNK 5 tahunan.
  • Setiap wajib pajak harus memiliki nomor ponsel aktif.
  • Bayar yang akan dibayarkan paling tidak memiliki basa berlaku setidaknya kurang dari 6 bulan jatuh tempo.

Setiap syarat tersebut tentu wajib untuk dijalankan, diperhatikan, dan disiapkan sejak awal. Jika salah satunya tidak disesuaikan, maka proses pembayarannya juga tidak akan bisa dijalankan. Oleh karenanya, setiap poin harus dipahami dengan baik.

Metode Bayar Pajak Mobil Online Bekasi

Setelah mengetahui apa saja syaratnya dan sudah disiapkan, maka cara bayar pajak mobil online Bekasi bisa segera dijalankan. Sebenarnya, proses pembayaran online ini tidaklah sulit. Asal dijalankan sesuai dengan arahan, maka prosesnya akan selesai.

Ada tiga metode berbeda yang bisa dijalankan secara online. Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi, layanan SMS, atau situs khusus. Meski media pembayarannya berbeda-beda, namun tujuannya masih sama yaitu membayar pajak secara online.

Agar lebih mudah dipahami dan ditelaah, maka prosesnya akan dijabarkan secara menyeluruh. Setiap poinnya juga akan diuraikan satu per satu, tanpa ada yang tersisa. Untuk mengetahuinya, pahami penjabaran berikut:

1. Memanfaatkan Aplikasi Sambara

Proses pembayaran pertama bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Sambara. Pilihan pertama ini banyak dimanfaatkan karena termasuk simpel dan tidak terlalu membingungkan. Menu-menu yang tersedia juga sudah jelas dan terstruktur.

Jika akan melakukan pembayaran secara online untuk jangka panjang, maka metode ini adalah opsi yang paling tepat. Caranya juga mudah dan tidak membingungkan. Inilah rincian langkah dan poin cara yang bisa diikuti atau dijalankan:

  • Sebagai langkah awal, melakukan proses pengunduhan aplikasi Sambara di tempat pengunduhan aplikasi resmi.
  • Jika proses pengunduhan selesai, tunggu sistem melakukan proses pemasangannya.
  • Saat sudah selesai terpasang, maka segera masuk ke aplikasi Sambara.
  • Nantinya akan terlihat banyak menu yang bisa difungsikan dan langsung saja pencet menu “Info PKB”.
  • Lalu masukkan struktur nomor polisi kendaraan yang tertera di mobil dan pencet tombol “Cari”.
  • Sistem akan melakukan pencarian dan akan memperlihatkan hasil berupa mobil dan nominal yang harus dibayarkan pajaknya.
  • Kemudian, pencet tombol “Lanjut Daftar Online” untuk melanjutkan prosesnya.
  • Masukkan data pribadi berupa nomor KTP dan nomor rangka kendaraan 5 digit paling belakang.
  • Setelah itu, pencet tombol “Proses” agar pembayarannya bisa segera dilakukan.
  • Terakhir, segera lakukan proses pembayaran di jaringan BCA, BJB, atau BNI dengan kode pembayaran yang sudah diberikan.

Untuk menjalankan cara online dengan aplikasi ini, maka pengguna harus menyediakan jaringan internet yang stabil. Jika jaringan internetnya sering terputus, maka prosesnya tidak akan bisa berjalan dengan baik sampai selesai.

2. Memanfaatkan Layanan SMS

Selain dengan aplikasi, cara bayar pajak mobil online Bekasi juga bisa dijalankan dengan layanan SMS. Berbeda dengan penggunaan aplikasi yang wajib ada jaringan internet, maka untuk proses ini tidak perlu dengan internet.

Namun, pengguna harus menyediakan pulsa yang cukup untuk mengirim satu pesan SMS. Jika tidak ada, maka prosesnya tidak akan bisa dijalankan. Jika penasaran bagaimana prosesnya, simak rincian yang tergambar sebagai berikut:

  • Pengguna bisa langsung mengirimkan pesan ke pihak Samsat dengan kode: ESamsat(spasi)nomor rangka kendaraan(spasi)NIK.
  • Setelah itu, kirim kode yang sudah dituliskan ke nomor 08112119211. Pastikan nomor ini dimasukkan dengan benar tanpa ada kesalahan.
  • Tunggu sampai ada SMS balasan dari pihak Samsat.
  • Nantinya, pihak Samsat akan memberikan kode bayar kepada pengguna.
  • Kemudian, segera lakukan proses pembayaran di jaringan Bank BNI, BJB, atau BCA yang bisa dipilih untuk mengakhiri proses pembayaran.

Jika ingin memanfaatkan metode ini, maka pastikan setiap kodenya tidak ada yang salah. Jika ada yang terkonsep salah, maka kode bayar tidak akan diserahkan oleh pihak Samsat. Oleh karenanya, pastikan untuk selalu teliti dalam proses ini.

3. Memanfaatkan Situs Bapenda

Metode terakhir yang direkomendasikan adalah dengan memanfaatkan situs Bapenda. Jika tidak ingin mengunduh aplikasi, maka situs ini bisa dijadikan pilihan utama. Proses dan menunya sendiri tidak jauh berbeda dengan penggunaan aplikasi.

Namun untuk menjalankannya, pastikan untuk memiliki jaringan internet. Tanpa internet, maka proses pemanfaatan situsnya tidak akan bisa dijalankan. Untuk mengetahui prosesnya, simak detailnya sebagai berikut:

  • Proses awal yang harus dilakukan pengguna adalah masuk ke situs Bapenda dengan alamat https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/.
  • Jika sudah masuk ke halaman utama, maka pengguna bisa langsung memasukkan nomor polisi kendaraan dan pencet tombol “Cari”.
  • Nantinya akan muncul nominal yang harus dibayarkan.
  • Untuk melanjutkan proses pembayaran, maka pencet tombol “Lanjut Daftar Online”.
  • Masukkan data KTP dan nomor rangka kendaraan. Pastikan nomor rangka kendaraan ini hanya 5 digit paling akhir saja. Jika semua nomor rangka dimasukkan, maka sistem tidak akan bisa mendeteksinya.
  • Lanjutkan proses dengan memencet tombol “Proses”.
  • Terakhir, lakukan pembayaran di Bank BJB, BCA, atau BNI dengan m-banking, ATM atau langsung ke bank.

Demikianlah penjelasan tentang 3 cara bayar pajak mobil online Bekasi yang harus dipahami. Karena sudah ada 3 metode yang diuraikan, maka proses pemanfaatannya sudah bisa disesuaikan dengan metode yang paling diinginkan.

Kemudian, sudah ada juga syarat yang harus dipenuhi atau dilengkapi sejak awal. Detail syarat ini, tentunya tidak bisa disepelekan dan harus disiapkan sejak awal. Apabila tidak dipenuhi, maka proses pembayarannya juga tidak akan bisa diselesaikan.

Semua rincian pembahasan ini tentunya harus dijadikan acuan dan dasar pemahaman sejak awal. Jika ingin prosesnya berhasil, maka sesuaikan saja apa yang sudah dipaparkan. Dengan demikian, prosesnya tidak akan terhambat.