cara bayar pajak mobil online surabaya

Cara Bayar Pajak Mobil Online Surabaya Dengan dan Tanpa Aplikasi

Artikel ini terakhir diperbarui pada 02 Februari 2023.

Bagi orang Surabaya yang memiliki kendaraan mobil, maka tentu harus tahu bagaimana cara bayar pajak mobil online surabaya yang menjadi kewajiban per tahunnya. Karena setiap yang memiliki kendaraan diwajibkan untuk membayar pajak, termasuk pajak mobil.

Untuk besaran harga pajak sendiri tergantung dari harga atau brand mobil yang digunakan. Namun yang terpenting dalam pembahasan kali ini, adalah mengenai bagaimana cara bayar pajak secara online. Entah melalui situs atau aplikasi.

Jika pembayaran pajak secara offline mungkin sudah sangat biasa, karena bisa dilakukan melalui beberapa tempat. Namun untuk pembayaran pajak secara online, masih banyak yang tidak mengetahui. Jadi, mari simak ulasannya.

Cara Bayar Pajak di Surabaya Secara Online

Pembahasan utama sekali ini adalah mengenai cara bayar pajak mobil online surabaya yang dapat pengguna lakukan. Cara yang akan diurai kali ini pun ada dua macam metode yang dapat dilakukan. Jadi tetap simak ulasannya, berikut:

1. Gunakan Situs Resmi E-samsat

Cara pertama yang akan diuraikan pada artikel kali ini adalah dengan menggunakan situs resmi yang susah disediakan oleh Samsat. Pada cara ini tentunya akan mudah dilakukan, sebab pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama yang harus pengguna lakukan dalam hal ini adalah dengan mengakses laman Samsat.
  • Bagi yang tidak tahu maka bisa coba untuk mencarinya di google, tapi bisa juga langsung gunakan link ini https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/.
  • Jika sudah, maka pengguna bisa melihat daftar kota-kota yang ada di Jawa timur, tinggal pilih salah satu kota dimana mobil terdaftar.
  • Jika sudah, maka langkah berikutnya pengguna bisa coba pilih Samsat awal saat kendaraan mobil yang digunakan terdaftar.
  • Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan memasukkan nomor polisi kendaraan yang terdaftar pada kolom yang memang telah disediakan.
  • Jika nomor polisi berhasil diverifikasi, maka pada halaman yang muncul berikut adalah akan menampilkan identitas kendaraan.
  • akan terlihat juga besaran PKB yang harus dikeluarkan dan asuransi bila terjadi kecelakaan lalu lintas atau SWDKLLJ.
  • Ada juga informasi mengenai sanksi dan juga parkir berlangganan jika memang ada, lalu website akan menampilkan identitas kendaraan.
  • Sehingga dalam hal ini WP harus memasukkan nomor rangka dan juga nomor BPKB agar bisa melakukan pencocokan data.
  • Lalu pilihlah Samsat agar STNK dapat disahkan, selanjutnya pilih bank untuk melakukan pembayaran.
  • Apabila proses verifikasi telah berhasil dan cocok, maka laman akan memberikan alamat lokasi kota dan Samsat, dimana bisa mengambil notice pajak.
  • Setelah itu website juga akan menampilkan bank-bank dan tempat yang bisa dipilih untuk melakukan pembayaran.
  • Jika semua telah diisi, maka nanti akan mendapatkan kode bayar, kode bayar ini yang nantinya digunakan untuk membayar di bank.
  • lalu untuk pengesahan surat STNK tahunan maka bisa bawa bukti pembayaran ke alamat yang tadi diberikan juga untuk mencetakkan surat notice PKB.
  • Jangan lupa untuk membawa berkas berupa KTP, BPKB, beserta surat STNK, dan pastikan datang dengan kurun waktu maksimal satu Minggu setelah pembayaran.

2. Pakai Aplikasi Samsat Digital Nasional – SIGNAL

Lalu ada cara bayar pajak mobil online surabaya kedua yakni dengan menggunakan aplikasi Samsat Digital Nasional atau SIGNAL. Tentunya cara yang akan dilakukan sedikit berbeda dengan sebelumnya. Namun tak ada salahnya juga untuk dicoba.

  • Langkah pertama yang dapat pengguna lakukan untuk melakukan pembayaran pajak melalui aplikasi adalah dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.
  • Pengguna dapat mengunduh melalui play store yang ada di ponsel, jika sudah maka bisa dengan lanjutkan dengan pasang aplikasinya.
  • Karena sebelumnya belum memiliki akun, maka pada halaman utama yang muncul di aplikasi bisa klik daftar untuk melakukan pendaftaran.
  • Setelah itu pengguna dapat melakukan pengisian data yang diperlukan oleh pihak aplikasi Samsat Digital Nasional.
  • Data yang dibutuhkan dalam pendaftaran ini antara lain adalah nomor polisi kendaraan, KTP juga nomor nik.
  • Pada pendaftaran kali ini juga akan membutuhkan nomor rangka, nomor hp dan yang terakhir adalah alamat email.
  • Bila semua data yang dibutuhkan oleh aplikasi telah diisi, maka langkah berikutnya adalah dengan klik lanjutkan.
  • Selanjutnya pengguna bisa pilih kendaraan mobil yang akan dibayar, jika sudah maka aplikasi akan memperlihatkan informasi mengenai PKB dan SWDKLLJ.
  • Setelah itu pengguna akan mendapatkan pilihan opsi pengiriman atau tidak, setelah itu pengguna akan mendapatkan bukti pengesahan.
  • Bukti pengesahan yang dimaksud di sini adalah e-TBPKP dan e-KD yang akan ditampilkan di aplikasi.
  • Jika tadi pengguna memilih menu pengiriman, maka nanti pengguna akan mendapatkan tbpkb fisik akan dikirimkan pada alamat yang tadi dimasukkan.
  • Setelahnya itu, yang perlu pengguna lakukan adalah melakukan pembayaran pajak sesuai dengan jumlah pajak yang diharuskan.
  • Proses pembayaran ini bisa melalui beberapa bank yang sudah ditentukan pihak aplikasi. Yakni bank BTN, Mandiri, BNI dan Bank terakhir adalah bank BRI, pengguna bisa pilih salah satunya. Selesai.

Apa Saja Keuntungan Bayar Pajak Secara Online

Setelah mengetahui bagaimana cara bayar pajak mobil online surabaya yang dapat dilakukan, maka kali ini akan diuraikan apa saja keunggulannya. Sebab tentu orang akan tertarik melapor pajak secara online karena beberapa keunggulan. Seperti yang akan diuraikan berikut:

1. Hemat Waktu Dan Biaya

Keuntungan dan keunggulan pertama yang akan didapatkan adalah hemat waktu dan biaya. Tentu karena dengan membayar pajak, wajib pajak tidak harus pergi ke Samsat. Tentunya, karena hanya dengan ponsel sudah bisa melakukan pembayaran pajak.

Meski jika tidak memiliki m-banking pengguna harus melakukan pembayaran di teller bank. Namun setidaknya dengan begini, proses pembayaran pajak lebih mudah dilakukan. Juga lebih hemat biaya pengurusan.

2. Perhitungan Pajak yang Lebih Mudah

Kemudian keunggulan berikutnya adalah perhitungan pajak yang lebih mudah dipahami. Hal ini dikatakan demikian sebab pelaporan pajak ini disediakan beberapa panel sekaligus. Sehingga, akan membedakan antara panel pajak satu dan pajak lainnya.

Selain itu cara yang dilakukan pun mudah dipahami, karena situs atau aplikasi yang digunakan sudah memberi arahan khusus. Bahkan saat ini juga ada video atau ilustrasi gambar yang akan memandu, sehingga tidak akan membingungkan.

3. Berkas Tersimpan Rapi Dan Aman

Lalu keunggulan terakhir adalah bahwa dokumen atau berkas lapor pajak ini akan tersimpan rapi dan aman. Sebab ada jejak digital yang akan membantu pengguna dalam menyimpan berkasnya. Karena menggunakan layanan cloudstore.

Dengan begini, data atau berkas perpajakan ini dapat diakses kapan pun. Juga transaksi pembayaran pun tergolong aman. Tentunya karena pembayaran pun dilakukan melalui bank legal.

Demikian adalah ulasan mengenai cara bayar pajak mobil online surabaya yang bisa pengguna praktekkan. Tinggal pilih salah satu cara yang sekiranya mudah untuk dilakukan antara menggunakan situs atau aplikasi. Jadi nanti pengguna juga bisa menyesuaikan.

Sudah dijelaskan juga mengenai beberapa keunggulan yang akan didapatkan jika melakukan pajak secara online. Sehingga pengguna pun dapat melakukan pembayarannya dengan begitu mudah. Namun yang terpenting adalah pengguna memiliki kuota dan jaringan internet yang kuat.