cara bayar shopee dengan dana

Ketahui Cara Bayar Shopee dengan Dana Paling Mudah dan Praktis

Shopee adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk berbelanja berbagai kebutuhan. Biasanya untuk pembayarannya bisa menggunakan berbagai metode, seperti menggunakan aplikasi Dana. Di sini, akan diberikan cara bayar Shopee dengan Dana yang paling praktis.

Adanya sistem tersebut membuat transaksi di Shopee pun semakin mudah. Si pengguna tak perlu melakukan pembayaran secara tunai. Karena, sudah dibayar secara online melalui aplikasi Dana.

Hal tersebut tentunya menguntungan si pengguna Shopee tersebut. Untuk mengetahui caranya bisa memperhatikan tutorialnya yang akan dijabarkan di bawah ini.

Syarat Pembayaran Melalui Dana

Sebelum mengetahui cara bayar Shopee dengan Dana, sebagai pengguna juga harus mengetahui syarat apa saja agar dapat melakukan pembayaran dari Dana. Berikut akan disebutkan syarat yang harus dipenuhi oleh si pengguna Shopee:

1. Akun Sudah Upgrade

Untuk syarat yang pertama adalah pastikan aplikasi Dana sudah dalam versi yang terbaru. Karena, jika masih dalam versi yang lama biasanya tidak bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Jadi, pastikan akunnya sudah diperbarui dahulu.

Dalam memperbaruinya bisa langsung ke Play Store. Cari aplikasi tersebut dan langsung saja klik perbarui. Aplikasi pun akan langsung diperbarui ke versi terbaru. Setelah itu, baru bisa digunakan untuk pembayaran Shopee.

2. Mempunyai Dana yang Cukup

Syarat yang kedua adalah harus mempunyai dana yang cukup di aplikasi Dana. Pastikan jumlah uang yang ada di Dana cukup untuk melakukan pembayaran di Shopee. Jangan sampai sudah melakukan pesanan, uangnya malah tidak cukup.

Sebelum melakukan transaksi di Shopee, periksa dahulu apakah uangnya cukup atau tidak. Jadi, saat melakukan pembayaran akan dilakukan dengan mudah dan juga tidak gagal. Namun, biasanya akan terdapat biaya administrasi juga.

Cara Membayar Shopee Melalui Dana

Saat melakukan aktivitas belanja di Shopee, pengguna Shopee bisa melakukan pembayaran melalui aplikasi Dana. Hal tersebut bisa dilakukan bila tidak memiliki sebuah rekening untuk melakukan pembayaran. Untuk melakukan pembayaran melalui Dana, bisa dengan mengikuti tutorial berikut:

1. Akses Aplikasi Shopee

Untuk tahapan yang pertama adalah harus mengakses aplikasi Shopee. Untuk melakukan akses aplikasi Shopee bisa dengan cara yang akan dijabarkan di bawah ini:

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi Shopee.
  • Masuklah menggunakan akun yang akan digunakan untuk berbelanja.
  • Kemudian biasanya langsung akan tertera halaman utama Shopee.
  • Lalu pengguna bisa langsung mencari barang yang ingin dibeli.
  • Carilah dengan kata kunci yang paling sesuai.

2. Pilih Barang

Pengguna juga perlu memilih barang yang diinginkan. Pastikan untuk memilih barang dengan benar dan juga sesuai. Untuk memilih barang bisa menggunakan langkah di bawah ini:

  • Lakukan pencarian barang, dengan menuliskan nama barang atau bisa juga tokonya.
  • Setelah itu akan muncul beberapa barang yang diinginkan.
  • Lalu langsung saja klik barang yang sesuai.
  • Kemudian dapat dengan memilih opsi “Beli Sekarang” dan dilanjutkan memilih “Masukkan Ke Keranjang”.
  • Selanjutnya bisa langsung memilih metode pembayaran.

3. Pilih Metode Pembayaran

Cara bayar Shopee dengan Dana yang selanjutnya yaitu dengan memilih metode pembayaran. Untuk metode pembayarannya ada berbagai macam, si pengguna bisa memilih yang paling sesuai. Inilah langkah untuk memilihnya:

  • Setelah melakukan proses “Checkout”, pengguna juga harus memilih metode pembayarannya.
  • Sebelum memilih metode pembayarannya, pastikan barangnya sudah benar.
  • Pastikan juga alamat yang digunakan juga sudah sesuai.
  • Kemudian pilihlah “Metode Pembayaran” lalu pilih yang “Transfer Bank BRI”.
  • Selanjutnya klik menu “Buat Pesanan” dan akan muncul nomor virtual dan salinlah nomor tersebut.

4. Buka Aplikasi Dana

Jika sudah melakukan transaksi di aplikasi Shopee, maka saatnya untuk melakukan pembayaran di aplikasi Dana. Proses pembayaran tersebut harus dengan membuka aplikasinya dahulu. Untuk membukanya, bisa dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi Dana, pastikan aplikasi tersebut sudah ada di ponsel pengguna.
  • Pastikan juga sudah terdapat dana yang cukup untuk membayar transaksi belanja di Shopee.
  • Lalu masuklah dengan menggunakan akun yang akan digunakan untuk membayar.
  • Biasanya bisa masuk dengan menggunakan nomor ponsel.
  • Kemudian masukkan pin yang sesuai juga agar bisa masuk.

5. Lakukan Pembayaran

Apabila sudah masuk dalam akun dari aplikasi Dana, maka bisa langsung melakukan pembayaran dengan mudah. Untuk melakukan proses pembayaran tersebut, pengguna bisa menggunakan tutorial mudahnya di bawah ini:

  • Pada halaman utama aplikasi Dana, pengguna bisa langsung memilih opsi “Kirim”.
  • Berikutnya pengguna juga bisa memilih opsi “Kirim Ke Rekening Bank”.
  • Lalu pilihlah lagi opsi “Bank BRI” dan tempelkan nomor virtual yang sudah disalin sebelumnya.
  • Selanjutnya isi menu “Isi Alias” dengan nama si pengguna atau bisa juga dengan nama tokonya.
  • Setelah itu bisa langsung pilih lagi menu “Tambah Bank Baru”.
  • Lalu isilah nominal yang sesuai dengan nominal atau total belanja yang dilakukan di Shopee.
  • Kemudian akan muncul sebuah riwayat atau ringkasan transfernya, bila sudah benar maka langsung saja klik menu “Konfirmasi”.
  • Jangan lupa juga untuk memasukkan pin Dana yang sesuai dan benar.
  • Biasanya aplikasi Dana akan memunculkan notifikasi pembayaran sudah selesai dilakukan.
  • Pembayaran pun sudah berhasil dan barang yang sudah dibeli tadi akan segera dikirim.

Kelebihan Menggunakan Dana

Ada beberapa kelebihan dalam melakukan pembayaran Shopee melalui aplikasi Dana. Setelah mengetahui cara bayar Shopee dengan Dana di atas, perlu juga untuk tahu beberapa kelebihannya. Berikut akan dijelaskan dengan jelas dan ringkas:

1. Aman

Kelebihan pertama yaitu sudah dipastikan aman. Pembayaran yang dilakukan tidak mungkin akan terkirim ke akun lainnya. Namun, dengan catatan akun yang digunakan benar dan dana yang ada cukup untuk melakukan pembayaran.

Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk membayar transaksi belanja, yang jumlahnya cukup banyak. Uang pun akan terkirim dengan aman, dan tak perlu membawa uang banyak untuk melakukan pembayaran dengan tunai.

2. Tidak Perlu Rekening Bank

Pembayaran melalui Dana bisa dimanfaatkan bagi pengguna yang tidak mempunyai rekening bank. Pasalnya, pembayaran dari Dana ini memang tidak perlu menggunakan sebuah rekening bank dari si pengguna. Cukup menggunakan nomor Dana saja.

Tentunya hal tersebut akan menguntungkan si pengguna tersebut. Selain melalui Dana, bisa juga melakukan pembayaran tanpa rekening bank melalui metode lain. Seperti melalui gerai-gerai Alfamart. Bisa juga dengan menggunakan sistem COD.

Jadi, itulah cara bayar Shopee dengan Dana paling mudah dan praktis. Sehingga, si pengguna dapat melakukan pembayaran di Shopee dengan cepat. Tak perlu sampai keluar dari rumah, sudah bisa melakukan transaksi belanja dengan praktis dan tidak ribet.

Apabila ingin melakukan pembayaran melalui Dana, maka bisa menggunakan cara di atas. Adapun beberapa syarat agar dapat melakukan pembayaran Shopee dari Dana. Selain itu, ada berbagai kelebihan dalam melakukan pembayaran Shopee dari aplikasi Dana.

Pengguna pun sudah tidak perlu bingung lagi jika ingin belanja di Shopee, namun tidak mempunyai rekening bank. Karena, sekarang ini sudah terdapat banyak metode pembayaran tanpa harus menggunakan rekening bank. Bisa dengan Dana, COD, atau bisa juga melalui gerai retail.