cara bayar bpjs kesehatan lewat m banking bca

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat M Banking BCA Terlengkap

Peserta BPJS Kesehatan harus membayar iuran secara rutin. Untungnya, sekarang proses pembayaran ini bisa dilakukan dengan mudah dengan m-banking BCA sebagai salah satu opsi pilihan. Cara bayar BPJS Kesehatan lewat M Banking BCA juga mudah dan tidak membingungkan.

Jika masih belum tahu bagaimana cara membayarnya, maka pada uraian ini akan dijabarkan secara menyeluruh. Mulai dari apa yang harus disiapkan, bagaimana prosesnya, sampai keuntungan melakukannya akan dijabarkan per poin secara mendalam.

Segala informasi tersebut memang sangat penting atau krusial untuk dipahami agar bisa dijalankan dan diikuti. Penasaran bagaimana pemaparan dari semua aspek? Untuk mengetahuinya, simak detail yang terkonsep sebagai berikut:

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Membayar 

Sebelum memfungsikan cara bayar BPJS Kesehatan lewat M Banking BCA, maka ada beberapa aspek yang harus dipersiapkan. Hal-hal yang harus disiapkan ini, tentunya berkaitan dengan proses yang akan dijalankan sampai selesai.

Jika ada yang tidak siap, maka prosesnya juga tidak akan bisa dijalankan. Setidaknya ada empat hal yang harus dipersiapkan sejak awal. Jika penasaran apa saja yang harus siap, maka pahami uraian yang tergambar sebagai berikut:

1. Internet Lancar

Hal pertama yang harus tersedia dengan baik adalah kelancaran internet. Karena prosesnya mengandalkan aplikasi, maka internet harus ada sebagai jalan utama. Jika tidak ada internet, maka prosesnya tidak akan bisa dijalankan sampai selesai.

Kemudian jika tersedia internet namun tidak stabil, maka prosesnya juga tidak akan bisa diselesaikan dengan mudah. Oleh karenanya, persoalan internet ini harus diperhatikan sejak awal agar semua prosesnya bisa berjalan sampai selesai.

2. Aplikasi yang Sudah Terpasang

Lalu pastikan juga sudah memiliki aplikasi BCA Mobile yang terpasang di perangkat. Jika belum memilikinya, pastikan untuk melakukan pengunduhan dan melakukan proses pendaftaran akun. Cara pendaftarannya sendiri mudah, dan tidak akan memakan waktu lama.

Mungkin bagi yang belum terbiasa akan kesulitan untuk melakukan pendaftaran akunnya. Namun jika dijalankan dengan mengikuti panduan dari sistem, maka prosesnya tidak akan menyulitkan. Oleh karenanya, ikuti saja perintah sistem aplikasi yang muncul.

3. Data BPJS Kesehatan Lengkap

Aspek ketiga yang harus dipersiapkan adalah data BPJS Kesehatan lengkap. Data ini berupa nomor bayar dan nomor pembayaran iuran BPJS. Pastinya setiap pemilik BPJS Kesehatan akan memiliki data tersebut yang selalu disimpan.

Nantinya, data tersebut akan dimasukkan ke dalam kolom yang tersedia agar bisa dideteksi oleh sistem. Jadi, pastikan datanya harus tersedia tanpa ada bagian yang hilang. Jika yang dimasukkan salah, maka sistem tidak bisa mendeteksi tagihan.

4. Uang yang Cukup

Uang yang ada di dalam BCA Mobile juga harus cukup dengan tagihan BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan. Jika uang yang ada di dalam BCA Mobile tidak cukup, maka proses pembayarannya tidak akan bisa dilakukan.

Cara Membayar BPJS Kesehatan

Setelah semua detail yang dijabarkan di atas siap, maka cara bayar BPJS Kesehatan lewat M Banking BCA terstruktur bisa langsung dijalankan. Sebenarnya, proses pembayaran dengan metode ini tidaklah sulit dan terkonsep sangat simpel.

Pengguna akan berhadapan dengan 10 poin langkah berbeda yang bisa diikuti. Penasaran apa saja langkah yang bisa dijadikan panduan? Untuk mengetahui susunan lengkapnya, simak dan perhatikan pemaparannya sebagai berikut:

  • Untuk memulai prosesnya, bukan dulu aplikasi BCA Mobile yang sudah terpasang di perangkat.
  • Kemudian masuk ke akun yang dimiliki dengan username serta PIN pribadi.
  • Lalu masuk ke menu “m-Payment” yang sudah tersedia di jajaran menunya.
  • Jika sudah masuk, maka pencet opsi “BPJS” karena akan melakukan pembayaran BPJS Kesehatan.
  • Saat sudah, pencet opsi “Kesehatan” untuk melanjutkannya.
  • Proses selanjutnya adalah memasukkan nomor bayar dan nomor pembayaran iuran BPJS. Pastikan informasi ini dimasukkan dengan benar tanpa ada kombinasi yang kurang.
  • Kemudian pencet tombol “Ok” dan “Send” untuk melanjutkan prosesnya.
  • Saat muncul detail tagihan yang harus dibayar, maka pastikan untuk menelitinya dan pencet tombol “Ok” untuk lanjut ke menu selanjutnya.
  • Lalu masukkan PIN ke kotak yang sudah tersedia.
  • Tunggu ada notifikasi keberhasilan proses, dan proses pembayaran bisa dikatakan selesai.

Rincian proses ini tentunya, sudah bisa dijadikan panduan untuk mulai menjalankan prosesnya. Detail langkah yang diberikan sudah tersusun dengan rapi sehingga bisa langsung diikuti. Agar tidak ada kendala, pastikan semua prosesnya tidak disepelekan.

Jika ada satu poin saja yang dilewatkan, maka nantinya akan memberikan hasil yang kurang maksimal. Oleh karenanya, panduan di ata wajib untuk diikuti karena nantinya akan mengarahkan pengguna kepada proses yang cepat serta akurat.

Keuntungan Membayar dengan Opsi M-Banking

Metode atau cara bayar BPJS Kesehatan lewat M Banking BCA ini, memang akan terdengar asing bagi yang terbiasa melakukan pembayaran langsung. Padahal, proses pembayaran dengan m-banking akan jauh lebih mudah dengan beberapa keuntungan.

Ada tiga keuntungan yang akan didapat pengguna jika melakukan pembayaran dengan m-banking ini. Penasaran apa saja opsi keuntungan yang akan didapatkan? Untuk mengetahuinya, simak rincian penjelasannya sebagai berikut:

1. Prosesnya Cepat

Keuntungan pertama yang akan didapatkan adalah prosesnya yang cepat. Hal ini tentu akan langsung didapatkan, karena pengguna tidak perlu pergi ke kantor. Proses pembayarannya bisa dilakukan sambil duduk di rumah atau di lingkup tempat lain.

Jadi penggunaan aplikasi ini, akan memberikan efisiensi waktu kepada pengguna. Apalagi jika sudah terbiasa melakukan pembayaran dengan aplikasi BCA Mobile, maka waktu yang dibutuhkan akan lebih cepat karena sudah beradaptasi.

2. Lebih Hemat Biaya

Pembayaran yang dilakukan dengan m-banking juga jauh lebih hemat biaya. Jika membayar langsung ke kantor BPJS Kesehatan, maka akan dibutuhkan biaya transportasi untuk mendatangi kantor. Hal ini, tentunya akan menambah biaya yang dibutuhkan.

Namun jika melakukan pembayaran dengan m-banking, maka biaya yang dibutuhkan semakin sedikit. Pengguna hanya perlu menyediakan uang untuk tagihan dan kuota internet. Apalagi proses pembayaran di m-banking tidak ada biaya admin, sehingga tidak memberatkan.

3. Prosesnya Mudah

Aspek keuntungan terakhir yang akan didapatkan adalah prosesnya yang mudah. Sesuai dengan pemaparan cara di atas, maka sudah bisa disimpulkan bahwa caranya tidak akan membingungkan dan bisa dijalankan dengan simpel atau mudah.

Itulah penjelasan lengkap tentang metode atau cara bayar BPJS Kesehatan lewat M Banking BCA secara menyeluruh. Karena sudah ada uraian lengkapnya, maka proses pemahamannya akan lebih mudah dan bisa diikuti secara langsung.

Selain itu, sudah dijelaskan pula mengenai opsi apa yang harus terkonsep siap dan diperhatikan sebelum proses atau caranya dimulai. Informasi ini juga tidak kalah penting dan tentunya harus dipahami sejak awal.

Tentu proses pembayaran dengan m-banking ini jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan cara lain. Semua informasi mengenai keuntungan tersebut juga sudah dipaparkan sehingga bisa langsung dijadikan sumber keyakinan untuk memakai metode ini.