Cara Bayar Pajak Motor Online

Cara Bayar Pajak Motor Online, Perhatikan Juga Syaratnya

Memiliki motor berarti juga harus siap membayar pajak motor sesuai tepat waktu sesuai peraturan. Jika tidak mau repot cara bayar pajak motor online bisa dipilih. Dengan demikian, pemilik bermotor tidak perlu bayar ke kantor Samsat.

Bayar pajak motor dengan langsung pergi ke kantor Samsat membutuhkan waktu yang lebih lama. Belum lagi jika kantor Samsat berada tidak dekat dari domisili pemilik motor, akan sedikit merepotkan karena harus melakukan perjalanan jauh.

Sekarang para pemilik motor bisa melakukan pembayaran pajak motor dengan cepat dan tidak harus pergi ke kantor Samsat sama sekali. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dipilih untuk membayar pajak kendaraan bermotor secara online antara lain:

Syarat Ketika Bayar Online Pajak Motor 

Pajak kendaraan bermotor yang pembayarannya dilakukan secara online memang sangat mudah bagi pemilik motor. Akan tetapi, pemilik kendaraan bermotor juga harus memperhatikan syarat dan ketentuan suatu kendaraan bermotor bisa dibayar pajaknya secara online atau tidak.

Bayar pajak motor secara online tidak bisa sembarangan karena tidak semua motor bisa dibayar pajaknya secara online. Jika motor sudah menunggak pajak lebih dari dua tahun maka pembayaran harus dilakukan secara langsung.

Saat akan melakukan pembayaran pajak motor online, pemilik motor juga perlu menyiapkan berkas agar pembayaran tidak akan menemui berbagai kendala. Berikut ini merupakan syarat yang harus disiapkan untuk bayar pajak online antara lain:

  • Bukti kepemilikan kendaraan atau BPKB surat aslinya juga disertakan foto kopiannya 1 lembar.
  • Surat STNK aslinya dan juga 1 lembar kopiannya.
  • Kartu tanda kependudukan atau KTP juga sertakan 1 lembar kopiannya.
  • Sertakan juga berbagai data pendukung yang diperlukan, data pendukung yang disiapkan berdasarkan pada aplikasi yang akan digunakan untuk bayar pajak motor online.

Cara Untuk Bayar Pajak Motor Online

Pajak kendaraan yang bisa dibayar online merupakan salah satu bentuk penerapan kemajuan teknologi yang dipakai pemerintah. Dengan demikian, para masyarakat juga akan terlatih dalam mengikuti berkembangnya teknologi.

Masyarakat yang memiliki banyak kesibukan yang sulit ditinggal akan sangat terbantu dengan berkembangnya cara pembayaran dalam membayar pajak. Terlebih lagi jika lokasi kantor samsat ternyata jauh dari domisili pemilik motor.

Pajak motor yang dibayarkan online ternyata tidak hanya bisa dilakukan dengan satu aplikasi saja. Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk bayar pajak online. Beberapa cara bayar pajak motor online adalah sebagai berikut antara lain:

1. Bayar Dari Aplikasi Samsat Online

Selain berkembangnya jenis metode pembayaran pajak motor, pemerintah sepertinya tidak mau dianggap bahwa programnya dilakukan setengah-setengah sehingga pemerintah juga mengeluarkan aplikasi Samsat online. Cara bayar pajak motor pakai samsat online ini antara lain:

  • Pastikan bahwa berkas persyaratan bayar pajak untuk aplikasi ini sudah disiapkan.
  • Download Samolnas atau ketikkan saja “aplikasi samsat Online” pada kolom pencarian Play Store, setelah itu mendaftarkan data diri pemilik motor di aplikasi ini.
  • Selain data diri pemilik motor, masukkan juga data motor yang diperlukan untuk membaca jumlah pajak yang harus dibayarkan pemilik motor.
  • Informasi motor yang akan dibayar pajaknya kemudian akan muncul di aplikasi apabila data-data yang diisi tadi sudah benar dan akurat.
  • Lalu muncul juga kode pembayaran dan lakukan pembayaran selama kurang dari 2 jam setelah kode diberikan.
  • Jika setelah dua jam pajak belum dibayarkan maka kode akan hangus dan tidak bisa dipakai.
  • Setelah pembayaran berhasil, pemilik akan diberikan BPKB dan STNK online yang memiliki masa berlaku 30 hari.

2. Bayar Pajak Motor Dengan Klik BCA

Pemilik ATM BCA mendapatkan kemudahan yang agak lebih banyak dibandingkan ATM lainnya. Hal ini karena pembayaran pajak bisa dilakukan dengan ATM BCA ataupun bisa jug secara online dengan Klik BCA. Tahapan pembayarannya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pembayaran dimulai dengan membuka situs Klik BCA di Browser atau bisa juga dibuka dengan m banking BCA.
  • Lakukan login dengan memasukkan ID dan PIN e-banking BCA.
  • Setelah masuk, bukalah menu “Pajak”, kemudian pada menu tersebut pilih “Penerimaan Negara”.
  • Input kode e-Billing dan juga PIN.
  • Setelah pembayaran berhasil, bukti pembayaran pun akan diterima oleh pemilik kendaraan. Pemilik motor dianjurkan untuk langsung menyimpan bukti pembayaran tersebut.

3. Bayar Pajak Motor Online Di Indomaret

Cara bayar pajak motor online yang satu ini memang tidak dilakukan sendiri dengan ponsel pemilik motor, namun pembayaran ini dilakukan dengan bantuan petugas Indomaret. Langkah cara membayar pajak di Indomaret antara lain:

  • Siapkan terlebih dahulu dokumen yang dibutuhkan, jika masih pertama kali bayar di Indomaret maka tanyakan terlebih dahulu kepada petugas Indomaret. Pada umumnya berkas yang diperlukan adalah KTP,STNK, juga nomor telepon yang aktif.
  • Setelah berkas siap, datanglah ke Indomaret yang ada di sekitar tempat tinggal. Setelah itu, bilang ke petugas kasir bahwa pemilik akan melakukan pembayaran pajak motor.
  • Berikan data motor dan juga berkas yang disiapkan tadi.
  • Kemudian petugas Indomaret akan menyebutkan biaya yang harus dibayarkan.
  • Bayar biaya tersebut kepada petugas Indomaret. Setelah selesai, petugas tersebut kemudian akan memberikan bukti pembayaran pajak motor yang baru saja dilakukan.
  • Pembayaran pajak selesai dan pemilik bisa langsung pulang dan bersantai lagi di rumah.

4. Bayar Pajak Motor Online Pakai LinkAja

Aplikasi LinkAja adalah sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk melakukan berbagai jenis transaksi, mulai dari transfer, beli pulsa, bayar listrik, sampai bayar pajak. Berikut tahapan pembayaran pajak pakai aplikasi LinkAja antara lain:

  • Pastikan LinkAja sudah terinstal di perangkat pemilik motor dan sudah memiliki akun agar bisa diakses.
  • Langkah selanjutnya yaitu mengisi saldo paling sedikit sesuai dengan jumlah pajak yang akan dibayarkan.
  • Buka LinkAja, kemudian masuk ke menu Pajak.
  • Pada menu Pajak, pilihlah pembayaran pajak motor yang sesuai domisili pemilik kendaraan bermotor atau disesuaikan dengan tempat terdaftarnya nomor kendaraan tersebut.
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pemilik, juga jangan lupa masukkan nomor plat kendaraan serta nomor mesin kendaraan.
  • Pastikan kendaraan yang muncul pada aplikasi sudah benar dan lihat berapa nominal yang harus dibayar.
  • Klik bayar, dan masukkan PIN akun LinkAja yang dimiliki pemilik.
  • Ketika pembayaran sudah berhasil, pemilik kendaraan akan mendapatkan pemberitahuan dari SMS.

Demikian ulasan tentang cara bayar pajak motor online. Dengan banyaknya cara bayar pajak motor yang bisa dikerjakan secara online tentu akan membuat pemilik motor terutama yang memiliki banyak kesibukan menjadi lebih dimudahkan ketika membayar pajak.

Proses bayar pajak motor yang bisa dilakukan secara online ini juga merupakan bagian dari penerapan perkembangan teknologi dalam pemerintahan. Dengan hal ini, masyarakat juga akan terlatih untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Meskipun cara membayar pajak motor online itu sangat mudah, namun pemilik juga tidak boleh melupakan syarat dari pembayaran pajak online. Hal ini karena pembayaran pajak motor secara online hanya bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor yang memenuhi syarat pembayaran online.