cara bayar pajak mobil online di indomaret

Inilah Cara Bayar Pajak Mobil Online di Indomaret Paling Mudah

Artikel ini terakhir diperbarui pada 26 Januari 2023.

Pembayaran pajak kendaraan saat ini jauh lebih simple dan fleksibel, sebab sudah tersedia cara bayar pajak mobil online di Indomaret. Pemilik kendaraan tidak perlu berlama-lama mengantri hanya untuk membayar pajak kendaraan mobil miliknya di Samsat.

Pajak kendaraan terbagi menjadi dua jenis, yakni pajak tahunan dan lima tahunan. Pajak yang dibayarkan per tahun berguna untuk memperpanjang masa berlaku STNK. Sedangkan pembayaran pajak lima tahunan berguna untuk memperbarui plat motor dan STNK.

Pembayaran pajak kendaraan yang dilayani di Indomaret merupakan pajak tahunan. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari cara tersebut. Cara pembayaran mudah dan persyaratannya pun tidak banyak. Yuk simak pembahasan berikut!

Keuntungan Melakukan Pembayaran Pajak Mobil Secara Online di Indomaret

Setelah sebelumnya bertahan dengan sistem pembayaran konvensional, pemerintah dan Samsat bekerja sama meluncurkan inovasi baru. Kerja sama itu terwujud dalam bentuk e-SAMSAT.

Jika tidak memberikan banyak keuntungan pada penggunanya, sebuah layanan tidak mungkin diluncurkan begitu saja pada khalayak ramai. Hal ini pun berlaku pada layanan pembayaran pajak di Indomaret. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari cara ini.

Pembayaran pajak kendaraan di Indomaret bisa dilakukan melalui e-SAMSAT yang menggunakan sistem PPOB. Setidaknya terdapat beberapa aspek keuntungan yang didapat oleh pembayar pajak kendaraan mobil saat menggunakan layanan Indomaret.

Keuntungan dari cara bayar pajak mobil online di Indomaret terletak pada aspek waktu, tempat, kemudahan, serta keringkasan proses. Berikut rinciannya:

  • Dapat membantu pemilik kendaraan yang sibuk untuk menghindari denda karena keterlambatan pembayaran pajak. Sebab, waktu pembayarannya lebih fleksibel, tidak harus di waktu dan hari kerja yang sesuai dengan Samsat.
  • Waktu yang dibutuhkan lebih singkat, sebab pemrosesan pembayarannya jauh lebih cepat dan ringkas. Pembayaran di Samsat biasanya cukup menyita waktu pemilik kendaraan, karena mau tak mau harus antri.
  • Dapat dilakukan di Indomaret mana saja, selama berada di zona lokasi yang berlaku.
  • Proses pembayaran akan dipandu dan dibantu oleh kasir Indomaret, pemilik kendaraan tinggal menyediakan syaratnya dan uang pembayaran pajaknya saja.
  • Persyaratan yang dibutuhkan lebih sederhana, cukup membawa KTP dan STNK asli dan menyebutkan data yang diminta. Cara bayar pajak mobil online di Indomaret tidak membutuhkan fotokopi dari berkas-berkas yang diperlukan.
  • Tanda bukti pelunasan tidak perlu dicetak di Samsat, karena sudah ada tanda bukti dalam bentuk elektroniknya. Namun, memang pengesahannya harus dilakukan di Polsek/Polres terdekat.
  • Tidak harus melakukan pengesahan saat itu juga, karena ada tenggat waktu selama 30 hari. Pemilik kendaraan tidak perlu terburu-buru untuk mengurusnya.
  • Apabila sebelum melakukan pengesahan pemilik kendaraan terkena razia, barcode yang didapat dari SMS saat pembayaran bisa digunakan untuk verifikasi.

Cara Membayar Pajak Mobil Secara Online di Indomaret

Pemerintah telah menyediakan sejumlah cara agar masyarakatnya dapat membayar pajak kendaraan dengan mudah. Jika ingin menggunakan cara yang konvensional, bisa langsung membayar melalui Samsat.

Untuk masyarakat yang sudah digital savvy, bisa membayar melalui aplikasi SIGNAL. Pembayaran pajak mobil secara online yang bisa dilakukan Indomaret ini dapat terwujud berkat adanya layanan bernama e-Samsat.

Sayangnya cara bayar pajak mobil online di Indomaret ini hanya tersedia secara terbatas di sejumlah provinsi saja. Sejauh ini, layanan ini baru bisa dinikmati di Pulau Jawa saja, kecuali Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika persyaratan berupa KTP, STNK, serta nomor handphone aktif sudah siap, Pemilik kendaraan tinggal melakukan langkah-langkah berikut:

  • Pastikanlah dahulu Indomaret yang didatangi melayani pembayaran pajak kendaraan mobil secara online. Pastikan juga jaringan internet di Indomaret tersebut sedang tidak mengalami gangguan.
  • Temuilah kasir yang bertugas dan sampaikanlah tujuan pemilik kendaraan, yakni membayar pajak kendaraan mobil.
  • Nantinya, kasir akan meminta sejumlah informasi yang ada pada STNK. Data-data yang diminta biasanya nomor polisi, nomor dari mesin kendaraan, serta nomor handphone dari pemilik kendaraan yang saat ini membayar.
  • Setelah kasir menginput semua data pada sistem, akan muncul nominal pajak yang harus dibayarkan. Langsung bayarkan pajaknya melalui kasir Indomaret. Biaya yang dibayarkan biasanya sudah termasuk dengan biaya admin.
  • Biasanya akan ada SMS dari Polri ke nomor handphone setelah cara bayar pajak mobil online di Indomaret selesai. SMS tersebut merupakan link bit.ly yang isinya adalah ERI atau Electronic Registration and Identification.
  • Jika link tersebut diklik, akan muncul tanda bukti pelunasan (e-TBPKP) disertai dengan barcode-nya. Simpanlah tanda bukti tersebut.

Pengesahan di STNK dapat dicetak sendiri secara sah di kantor polisi seperti Polsek/Polres terdekat. Batas waktu penukaran struk pembayaran untuk pengesahan adalah 30 hari sejak pembayaran dilakukan.

Jika ingin membuat lembaran pajak dan STNK jadi satu, pemilik kendaraan tetap harus ke Samsat di hari dan waktu kerja.

Syarat-syarat yang Harus Disiapkan Sebelum Membayar Pajak di Indomaret

Jika hendak melakukan pembayaran pajak kendaraan di Samsat, biasanya persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan minimal ada 4. Dibutuhkan KTP, STNK, BPKB yang asli beserta fotokopiannya.

Jika pembayarannya diwakilkan, harus ada surat kuasa bermaterai. Dari segi persyaratan, apabila melakukan cara bayar pajak mobil online di Indomaret, syarat yang diperlukan lebih sedikit dibandingkan dengan Samsat.

Pemilik kendaraan tidak perlu melampirkan BPKB ataupun surat kuasa lagi jika terpaksa pembayarannya diwakilkan orang lain. Sebelum membayar pajak kendaraan mobil di Indomaret, jangan lupa untuk melengkapi syarat-syaratnya dahulu. Berikut rinciannya:

  • KTP atau Kartu Tanda Penduduk. KTP yang dilampirkan saat membayar haruslah KTP asli dari pemilik kendaraannya, alias sesuai dengan NIK yang terdaftar di STNK. Jika tidak sesuai, pembayaran tidak bisa dilanjutkan.
  • STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan. Sama seperti KTP, STNK asli yang dilampirkan harus sesuai dengan nama dan NIK pemilik KTP.
  • Nomor handphone yang aktif dan sedang digunakan. Sebab, setelah pembayaran akan ada notifikasi masuk dari Polri.
  • Indomaret tempat pemilik kendaraan membayar menyediakan layanan pembayaran pajak kendaraan online. Jika tersedia, pastikan sistem yang dimiliki oleh Indomaret tersebut sedang aktif untuk meminimalisir kegagalan pembayaran.
  • Uang tunai, ataupun kartu kredit dan debit yang cukup dan bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran pajak kendaraan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara bayar pajak mobil online di Indomaret supaya tidak perlu mengantri di Samsat lagi. Cara tersebut sengaja disediakan untuk pemilik kendaraan yang masih sibuk dengan pekerjaannya.

Meskipun pembayaran pajak kendaraan ini mudah, namun pemilik kendaraan tidak boleh terlena. Jika sudah melebihi 30 hari, pembayaran yang sudah dilakukan langsung dianggap hangus.

Sayang bukan jika sudah membayar sebelum tenggat waktu namun ternyata pembayarannya hangus? Pemilik kendaraan tidak boleh menggampangkan pengesahan pembayaran.

Jadilah pemilik kendaraan mobil atau motor yang taat membayar pajak. Selain tidak perlu khawatir terkena denda, pemilik kendaraan tidak perlu was-was jika ada razia kendaraan bermotor di jalanan.