cara bayar pajak mobil online

Ketahui Cara Bayar Pajak Mobil Online, Pilihan Mudah, Cepat dan Tepat

Kepemilikan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, memang mengharuskan pengguna untuk membayarkan pajaknya. Pada kendaraan mobil pun, ada beberapa cara bayar pajak mobil online yang dapat dilakukan oleh pengguna. Langkahnya juga cukup mudah.

Semakin berkembangnya zaman serta teknologi, memberikan dampak positif dalam berbagai hal di kehidupan masyarakat. Salah satunya terkait pembayaran pajak kendaraan tersebut. Jika di waktu lalu pengguna harus datang ke kantor samsat, sekarang ada cara lain.

Pembayaran pajak yang dapat dilakukan secara online tersebut tentu memberikan kemudahan bagi pengguna atau pemilik kendaraan. Penghematan waktu dan tenaga bisa dirasakan pengguna karena tidak perlu antre mendatangi kantor untuk membayar pajaknya.

Beberapa Cara Membayar Pajak Mobil Online

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk membayarkan pajaknya secara online. Mudah, praktis serta cepat menjadikan cara bayar pajak mobil online ini mulai dilirik pengguna untuk beralih dari pembayaran offline. Beberapa di antaranya adalah:

1. Membayar Pajak Kendaraan Melalui Aplikasi SIGNAL

Aplikasi SIGNAL atau Samsat Digital Nasional merupakan salah satu layanan dari samsat yang dilakukan secara online. Pengguna bisa menjadikan pilihan ini sebagai cara bayar pajak mobil online dengan langkah sebagai berikut:

  • Install aplikasi SIGNAL. Pengguna dapat melakukan penginstalan aplikasi SIGNAL pada ponselnya dan buka aplikasi tersebut, lalu lihat tampilan beranda.
  • Lakukan registrasi pengguna. Registrasi akun dilakukan dengan mengisi NIK, nama, email, nomor HP, verifikasi KTP serta wajah dan lain-lain.
  • Log in akun. Setelah melakukan registrasi dan memiliki akun, pengguna dapat masuk atau log in pada akun tersebut.
  • Klik pilihan “Tambah kendaraan bermotor”. Pilihan ini dapat diklik untuk memulai proses pembayaran pajak kendaraan tersebut.
  • Lakukan pengisian data. Data yang diisi berupa kepemilikan kendaraan, NRKB. Nomor rangka diisi lima digit terakhir. Bisa dilihat di STNK, lalu pilih “Lanjut”.
  • Klik menu “Pendaftaran & pengesahan STNK”. Ketika telah mengklik menu ini, pengguna dapat menuju pilihan NRKB dan tekan menu “Lanjut”.
  • Pilih pengiriman. Saat informasi total pembayaran terlihat, pengguna juga dapat memilih persetujuan pengiriman dokumen TBPKB.
  • Pilih samsat. Pilih samsat terdekat dan isikan alamat lengkap penerima.
  • Lanjut proses pembayaran. Tekan menu lanjut proses pembayaran dan lakukan pembayaran dengan menyalin kode pembayaran untuk melakukan transaksi serta pilihan metode pembayaran.
  • Selesai. Setelah selesai semua prosesnya hingga pembayaran, pengguna dapat menunggu dokumen TBPKB hingga sampai ke alamat yang telah diisikan sebelumnya. Semua riwayat transaksi dapat dilihat pada menu “transaksi”.

2. Membayar Pajak Kendaraan Melalui Aplikasi Tokopedia

Tokopedia tidak hanya bisa digunakan untuk menjual atau membeli produk pada aplikasi tersebut, tetapi juga dapat dijadikan akses pembayaran pajak kendaraan. Berikut cara bayar pajak mobil online melalui Tokopedia, yaitu:

  • Unduh Aplikasi Tokopedia. Pengunduhan aplikasi Tokopedia dapat dilakukan pada ponsel pengguna, lalu lakukan juga registrasi akun dengan mengikuti instruksi serta ketentuan yang ada.
  • Pilih menu “Lihat semua”. Setelah masuk ke beranda Tokopedia, pilih menu “Lihat semua”.
  • Tekan pilihan “Pajak”. Pengguna dapat menekan pilihan “Pajak” dan pilih juga menu “e-samsat” untuk melakukan proses pembayaran pajak kendaraannya.
  • Lakukan pengisian data. Pilih wilayah samsat dan lakukan pengisian data seperti: nomor polisi, nomor mesin, Nik dan lainnya.
  • Klik pilihan cek tagihan. Pada menu ini, akan terlihat total pembayaran dan pengguna bisa memilih menu “bayar”.
  • Pilih metode pembayaran. Pilih metode pembayaran dan lanjutkan, lau klik bayar.
  • Selesai. Saat semuanya telah selesai, pengguna dapat melihat riwayat transaksi di menu “Top Up & Tagihan”. SMS yang akan diterima pengguna dari samsat berisi link untuk melihat bukti pembayaran tersebut.

3. Membayar Pajak Kendaraan Melalui Aplikasi LinkAja

Seperti fungsi e-wallet pada umumnya yang digunakan sebagai media transaksi digital, LinkAja juga memiliki fungsi lain terkait pembayaran pajak kendaraan. Adapun langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

  • Download LinkAja. Aplikasi LinkAja dapat didownload pengguna pada ponselnya. Kemudian, lakukan registrasi akun usai aplikasi tersebut berhasil didownload.
  • Pilih menu “Lainnya”. Setelah tampilan beranda terlihat, pilih menu “Lainnya” atau titik tiga. Pastikan saldo LinkAja pengguna mencukupi untuk pembayaran pajak kendaraan tersebut.
  • Klik pilihan Pajak & retribusi. Kemudian, klik pilihan pajak & retribusi, lalu pilih menu “e-samsat”.
  • Lakukan pengisian data. Saat selesai memilih wilayah samsat, pengisian data dapat dilakukan pengguna, Di antaranya seperti mengisi nomor polisi, nomor mesin, NIK dan lainnya.
  • Cek detail informasi. Informasi lebih detail terkait pengisian data tersebut beserta total biaya pajak yang harus dibayarkan, bisa dilihat serta dicek kembali oleh pengguna.
  • Pilih konfirmasi. Pilih konfirmasi pembayaran dan bayar. Dalam tahap ini, saldo LinkAja pengguna akan digunakan sebagai metode pembayaran. Oleh karena itu, saldo tersebut harus dipastikan mencukupi.
  • Selesai. Secara otomatis, pembayaran akan diproses dan pengguna hanya perlu menunggunya hingga selesai dan mendapat SMS dari samsat terkait bukti pembayaran pajak.

Menilik Keunggulan Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

Berbagai pilihan media pembayaran pajak kendaraan secara online tentu memiliki keunggulan yang dapat bermanfaat bagi para penggunanya. Berikut keunggulan terkait cara bayar pajak mobil online dari beberapa pilihan media pembayaran yang ada:

  • Aman. Meskipun pembayaran pajak dilakukan secara online, tetapi aplikasi yang telah terintegrasi dengan lembaga samsat tentu akan memberikan jaminan keamanan. Terutama aplikasi SIGNAL sendiri yang dinaungi oleh POLRI.
  • Mudah dan praktis. Aplikasi pembayaran secara online ini tergolong mudah dan praktis. Pengguna hanya perlu melakukan pengunduhan aplikasi tersebut pada ponselnya. Caranya pun mudah dipahami serta dilakukan sendiri oleh yang bersangkutan.
  • Cepat. Dengan bantuan koneksi internet yang baik sejak pengunduhan aplikasi pembayaran pajak online tersebut, pengguna akan mendapatkan kemudahan kecepatan akses dan prosesnya. Hal ini juga dapat terkait dengan beberapa keunggulan lainnya.
  • Menghemat waktu. Keunggulan ini tentu yang paling dirasakan pengguna jika memanfaatkan aplikasi pembayaran online. Apalagi jika pengguna tersebut memiliki kesibukan. Jadi cara ini dapat membantu menghemat waktu untuk membayar pajak.
  • Menghemat tenaga. Jika pembayaran pajak dilakukan secara offline yang terkadang menemui antrean dalam pelaksanaannya, maka dengan cara online ini dapat dilakukan dengan cepat. Serta dapat menghemat tenaganya juga.
  • Meminimalisir potensi pungli. Dengan sistem data yang terintegrasi secara online, dapat meminimalisir potensi pungli dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Pengguna dapat melakukan pengisian data oleh dirinya sendiri terkait pembayaran.

Dengan mengetahui cara bayar pajak mobil online, pengguna bisa menentukan pilihan mana yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhannya. Tentu hal tersebut berkaitan dengan pembayaran pajak kendaraannya. Anggaran biayanya pun perlu dipersiapkan dengan baik.

Selain itu, pengguna juga harus memperhatikan tanggal jatuh tempo dari pembayaran pajak tersebut. Jangan sampai pembayaran yang terlambat akan menyebabkan pengeluaran keuangannya menjadi membengkak akibat tagihan yang disertai denda keterlambatan.

Di lain sisi, hal yang perlu diperhatikan pengguna adalah wilayah jangkauan samsat pada akses aplikasi online. Pastikan aplikasi yang digunakan mencakup wilayah samsat pembayaran pajak kendaraannya.