cara bayar shopee pakai dana

Cara Bayar Shopee Pakai Dana dan Persyaratannya

Artikel ini terakhir diperbarui pada 26 Januari 2023.

Shopee menyediakan berbagai metode pembayaran aman yang dapat dipilih oleh para penggunanya, satu diantaranya yaitu DANA. Pengguna tentu harus tahu cara bayar Shopee pakai DANA agar dapat menggunakan metode yang praktis dan aman ini.

DANA merupakan sebuah dompet modern atau biasa disebut dengan dompet digital yang bisa digunakan untuk transaksi keuangan. Segala transaksi yaitu mulai dari transfer hingga pembayaran tagihan dan belanja bisa dilakukan dengan DANA.

Untuk dapat memanfaatkan dompet modern ini para pengguna harus memiliki akun dan aplikasinya terlebih dahulu. Akun DANA dapat didapatkan dengan cara mendaftarkan identitas diri melalui aplikasi DANA yang dipasang di dalam perangkat pengguna.

Syarat dan Ketentuan Bayar Shopee Pakai DANA

Setelah memiliki akun DANA maka para pengguna langsung dapat melakukan transaksi keuangan dengan dompet tersebut. Karena seluruh transaksinya melalui aplikasi, maka akan selalu memerlukan jaringan internet untuk dapat mengakses dan bertransaksi.

Sampai saat ini dompet digital DANA hanya memungkinkan pembayaran dari virtual account Bank Permata,  BNI, dan Mandiri. Jadi, dalam penggunaannya nanti, transaksi dengan selain bank yang terdaftar di atas otomatis akan dibatalkan sistem.

Untuk cara bayar Shopee pakai DANA tidaklah rumit. Namun sebelumnya para pengguna harus mengetahui beberapa hal yang disyaratkan oleh DANA terlebih dahulu, antara lain yaitu.

  • Akun dompet digital tersebut harus sudah berhasil di upgrade menjadi akun premium dan juga telah melakukan langkah verifikasi.
  • Pendaftaran dan juga verifikasi pada akun DANA ini hanya boleh menggunakan identitas sendiri yang asli tanpa ada yang dipalsukan sedikitpun.
  • Satu orang individu hanya diizinkan untuk memiliki satu buah akun dompet digital di DANA.
  • Saldo yang ada di dalam akun DANA harus cukup untuk membayar tagihan yang ada di pasar online tersebut.
  • Jumlah yang akan dibayar paling sedikitnya adalah 50 ribu rupiah. Meskipun hanya kurang 1 rupiah transaksi tetap tidak akan dapat dilakukan, dan secara otomatis akan tertolak sistem.
  • Memiliki koneksi dengan internet yang cukup lancar dan stabil, jika tidak stabil transaksi akan mengalami loading dan bahkan gagal.
  • Virtual account yang memungkinkan untuk ditransaksikan di DANA adalah dari Bank yang terdaftar dan juga dari marketplace tertentu.

Cara Bayar Belanjaan di Shopee dengan Menggunakan DANA 

Shopee memang telah bekerjasama dengan DANA untuk menjadi sebuah alat pembayaran dalam transaksi perbelanjaan online. Meskipun di aplikasi marketplace tersebut belum tersedia opsi untuk membayar dengan DANA namun transaksi ini tetap dapat dilakukan.

1. Bayar Shopee dengan Saldo DANA Melalui Aplikasi Shopee

Cara bayar Shopee pakai DANA yang pertama yaitu dengan melalui aplikasi Shopee itu sendiri. Apabila syarat yang dijelaskan di atas telah terpenuhi maka langkah-langkah pembayaran belanja melalui DANA telah dijelaskan di bawah ini.

  • Pada aplikasi Shopee pilih saja opsi “Metode Pembayaran“ lalu pakai “Bank Transfer” kemudian lanjutkan klik “Bank Mandiri.
  • Setelah itu tekan “Konfirmasi” lalu klik juga “Buat Pesanan”.
  • Salinlah virtual accountnya kemudian pindah ke aplikasi DANA klik opsi “Lihat Semua” lalu pilihlah layanan “Transfer” kemudian klik opsi “E-commerce” lalu pilih “Shopee”.
  • Masukkan nomor VA Bank Mandiri yang tadi disalin dari Shopee lalu masukkan jumlah transfernya. lalu klik tombol “Lanjut”.
  • Pastikan data-datanya telah sesuai lalu klik saja “Konfirmasi” dan masukkan PIN DANA maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi pembayaran sukses.

2. Bayar Shopee Langsung Melalui Aplikasi DANA

Jika sebelumnya telah dijelaskan bayar melalui DANA dengan menggunakan aplikasi marketplacenya. Berikutnya tentu saja dengan menggunakan aplikasi dompet digitalnya, pertama pengguna harus membuka aplikasi yang telah terpasang lalu ikuti tutorial berikut.

  • Pada tampilan awal tekanlah Lihat Semua agar semua fitur atau layanan DANA terlihat.
  • Selanjutnya gulirkan layar lalu pilih opsi transfer ke “E-commerce”.
  • Kemudian pilihlah menu Shopee yang merupakan E-commerce yang belanjaannya akan dibayar melalui DANA.
  • Setelah itu pengguna akan diarahkan ke tampilan kolom untuk mengisi virtual account. Nomor tersebut dapat dilihat di halaman konfirmasi pembayaran pada marketplace.
  • Selanjutnya masukkanlah nominal pembayaran yang sama persis dengan total pembayaran yang ada di detail Shopee.
  • Setelah itu DANA akan memberikan detail pembayaran untuk dicek. Apabila sesuai maka setujui dengan cara klik tombol khusus konfirmasi.

Cara Transfer Saldo dari DANA ke Akun ShopeePay

Perlu diperhatikan bahwa cara bayar Shopee pakai DANA yang dijelaskan di atas hanya berlaku pada nominal pesanan Rp50 ribu lebih. Apabila belanjaan kurang dari nominal yang ditentukan maka tetap dapat pakai DANA tetapi dengan cara berbeda.

Metode yang dimaksud yaitu dengan mentransfer saldo dari DANA ke akun Shopeepay atau dengan kata lain top up Shopeepay. Untuk dapat melakukan transaksi top up ini pengguna harus melakukan update akun DANA ke premium.

  • Download dan pasanglah aplikasi dompet digital yang bernama DANA di perangkat telepon pintar yang digunakan.
  • Kemudian buka aplikasinya dan pilih opsi semua menu untuk menampilkan semua layanan DANA.
  • Jika semua opsi yang ada ini telah ditampilkan maka ulurkanlah layar hingga ke bawah sampai pengguna dapat melihat ikon top up saldo.
  • Selanjutnya pilih opsi yang bersama top up, kemudian pilihlah salah satu opsi yaitu Shopeepay.
  • Setelah itu tampilan akan berubah menjadi sebuah halaman yang menampilkan sebuah kolom untuk memasukkan nomor Shopeepay.
  • Nominal yang bisa di transfer DANA ke Shopeepay paling sedikit setidaknya adalah sepuluh ribu rupiah, ketiklah nomina transfer yang dikehendaki.
  • Pada tampilan berikutnya pengguna akan diminta untuk klik tombol Bayar sebagai langkah untuk konfirmasi.
  • Setelah itu masukkan PIN DANA maka transfer akan diproses.

Perbedaan Virtual Account dengan Transfer Biasa

Pada dasarnya transaksi dengan virtual account dan transfer biasa tujuannya sama, tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa poin. Perbedaan yang pertama yaitu nomor tujuan pada transfer biasa akan selalu sama sementara VA bisa berubah.

  • Proses verifikasi transaksi VA umumnya akan lebih cepat karena telah dikembangan untuk melakukan pencatatan realtime.
  • Pada transfer yang biasa umumnya memerlukan lebih banyak waktu terutama jika dilakukan usai jam kerja.

Apabila dibandingkan tentu saja transfer dengan VA lebih unggul karena memiliki pencatatan yang realtime. Namun sampai saat ini metode transfer biasa masih tetap menjadi pilihan masyarakat misalnya untuk mengisi saldo marketplace.

Mengisi saldo untuk akun pembayaran Shopeepay melalui  DANA sebenarnya justru akan memberikan keuntungan tersendiri. Keuntungannya adalah transaksi yang lebih hemat karena memungkinkan untuk memperoleh berbagai promo, cashback dan gratis ongkir.

Selain itu metode top up ini bagi sebagian pengguna masih dianggap lebih praktis jika dibanding cara bayar Shopee pakai DANA. Baik melalui perantara top up di minimarket maupun mengisi saldo dengan melalui ATM.

Meskipun demikian cara bayar Shopee pakai DANA tentu saja bisa menjadi tambahan informasi yang berguna. Cara bayar tersebut juga bisa menjadi alternatif pilihan yang dapat dilakukan pada saat berada di kondisi tertentu.