cara bayar indihome lewat internet banking bca

Cara Bayar IndiHome Lewat Internet Banking BCA dan Informasi Lainnya

Artikel ini terakhir diperbarui pada 26 Januari 2023.

Ingin menggunakan layanan internet IndiHome namun bingung bagaimana caranya membayar? Terdapat sejumlah opsi yang bisa dipilih, cara bayar IndiHome lewat Internet Banking BCA adalah salah satunya.

Metode pembayaran ini termasuk cukup fleksibel. Nah, untuk metode Internet Banking, BCA memiliki sebuah website sendiri yang bernama KlikBCA.

Tampilannya sudah dirancang agar dapat semirip mungkin dengan ATM BCA, sehingga penggunaannya tidaklah sulit. Fitur-fiturnya pun tidak kalah menarik dengan layanan lainnya di Bank BCA.

Ada fitur untuk memblokir kartu ATM jika hilang, membuka rekening Tahaka, pembelian produk investasi online, dan transfer. Bahkan pengguna bisa mengunduh e-statement. Membayar tagihan internet pun bisa dilakukan di sini.

Berbagai Metode Pembayaran untuk Membayar Tagihan IndiHome

Sudah banyak penduduk Indonesia yang memilih IndiHome sebagai penyedia layanan internetnya. Untuk memudahkan penggunanya, sudah kewajiban IndiHome menyediakan banyak cara membayar.

Pembayaran tagihan IndiHome sendiri bisa dilakukan secara langsung e-commerce, e-wallet, aplikasi, layanan bank, dan minimarket. Masing-masing layanan ini tentunya menawarkan kelebihan dan kekurangan.

Karena itu, pengguna harus pandai memilih dan memilah layanan pembayaran yang akan digunakan. Dengan tersedianya banyak pilihan cara untuk membayar, IndiHome akhirnya bisa dinikmati oleh banyak kalangan di seluruh wilayah Indonesia.

Selain cara bayar IndiHome lewat internet banking BCA, kira-kira apa sajakah metode yang bisa dimanfaatkan untuk pembayaran? Berikut pembahasannya!

  • Melalui MyIndiHome. Tagihan bisa langsung dibayarkan di aplikasi ini, namun untuk pembayarannya pengguna tetap harus terkoneksi dengan cara pembayaran lain.
  • Melalui Plasa Telkom atau Kantor Pos. Untuk pembayaran langsung, pengguna bisa langsung membayar tagihan melalui cara ini. Tentu cara ini lebih aman jika orang yang melakukan pembayaran tagihan bukan dari kalangan yang sudah digital.
  • Melalui e-commerce besar yang ada di Indonesia. Penggunaan e-commerce ini bisa lebih praktis lagi jika bisa memanfaatkan layanan di dalamnya, contohnya ShopeePay.
  • Melalui e-wallet. Pengguna bisa memanfaatkan layanan seperti GoPay dan OVO. Jadi, pengguna tidak perlu mengeluarkan uang tunai ataupun mengakses aplikasi perbankan lainnya.
  • Melalui minimarket. Tentu minimarket yang bisa didatangi untuk membayar tagihan IndiHome adalah Indomaret dan Alfamart. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai ataupun cashless, seperti menggunakan kartu debit, kredit, ataupun e-wallet.
  • Melalui Bank. Pengguna pun bisa memilih menggunakan jaringan ATM dari Bank Mandiri, BNI, BRI, atau BCA untuk metode pembayaran melalui bank. Tentunya tidak harus ke bank, pembayaran bisa melalui ATM, aplikasi Android/iOS, atau internet banking.

Keenam jenis pembayaran tersebut bisa digunakan secara bergantian menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Pengguna tidak harus terpaku pada satu jenis metode pembayaran tagihan IndiHome saja.

Pilihan ada di tangan pengguna. Yang terpenting setiap melakukan transaksi apapun saldo/uang yang dibawa harus mencukupi.

Cara Melakukan Pembayaran Tagihan IndiHome Melalui Layanan Internet Banking BCA

Setiap bulannya, IndiHome memiliki waktu jatuh tempo setiap tanggal 20. Apabila pembayaran dilakukan lebih dari tanggal jatuh tempo, selain biaya layanan akan ada biaya denda.

Semakin lama menunggak, semakin besar juga tagihan yang harus dibayarkan. Denda yang akan dikenakan pada pengguna setelah tanggal 21 hingga akhir bulan adalah sekitar 5% dari total biaya tagihan layanan.

Namun jika menggunakan layanan Internet Banking dari Bank BCA, tidak ada alasan untuk menunggak pembayaran. Tersedianya cara bayar IndiHome lewat internet banking BCA merupakan angin segar untuk nasabah BCA bermobilitas tinggi.

Apabila tidak sempat membuka aplikasi handphone, pembayaran bisa dilakukan melalui browser laptop/PC atau handphone yang tengah digunakan. Beginilah langkah-langkahnya:

  • Bukalah browser yang tersedia pada perangkat laptop, PC, atau handphone yang saat ini sedang digunakan. Browser apapun bisa digunakan untuk mengakses layanan ini selama terdapat jaringan internet.
  • Jika sudah membukanya, cara bayar IndiHome lewat internet banking BCA bisa dimulai dengan mengetik URL klikbca.com. Atau ketik KlikBCA pada kolom pencarian browser.
  • Tunggulah sampai laman browser beralih ke laman website KlikBCA secara sempurna.
  • Akan muncul laman yang akan meminta penggunanya untuk mengisi ‘User ID’ serta ‘PIN’. Masukkanlah ‘User ID’ dan ‘PIN’ sesuai dengan data yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Pastikan data-data yang dimasukkan ke dalam website sudah benar.
  • Jika sudah masuk ke tampilan menu, pergilah menuju menu ‘Pembayaran’ dan pilihlah opsi menu ‘Telephone’.
  • Nantinya, pengguna akan diperintahkan untuk mengisi kode area dari daerah tempat tinggalnya serta mengisi nomor telepon yang digunakan untuk berlangganan.
  • Jangan khawatir salah memasukkan nomor, karena pengguna bisa memeriksa dan mengonfirmasi dulu pembayarannya.
  • Cek dan konfirmasi tagihan IndiHome-nya terlebih dahulu. Akan tertera informasi mengenai nama pengguna IndiHome, jumlah biaya tagihan dan admin, serta total keseluruhan biaya yang harus dibayarkan.
  • Jika ingin melanjutkan cara bayar IndiHome lewat internet banking BCA, Klik ‘OK’. Masukkanlah pin token, kemudian klik tombol ‘Kirim’. Keberhasilan transaksi bisa dilihat melalui email.

Jenis-jenis Pembayaran yang Tersedia di Bank BCA untuk Layanan IndiHome

Bank Central Asia alias BCA termasuk dalam jajaran bank yang menjadi mitra IndiHome. Pengguna bisa langsung menghubungi cabang Bank BCA terdekat jika terjadi gangguan saat membayar.

Metode pembayarannya yang disediakan Bank BCA bisa dibilang cukup lengkap. Hal ini sangat membantu, apalagi Bank BCA termasuk bank yang banyak dipilih oleh orang-orang Indonesia. Cabangnya juga tersebar di banyak tempat.

Setidaknya terdapat 3 cara pembayaran IndiHome yang disediakan Bank BCA untuk nasabahnya, termasuk Internet Banking. Tidak perlu khawatir apabila telah memilih satu metode pembayaran di Bank BCA. Berikut jenis-jenis pembayarannya:

  • Melalui ATM BCA. Cara ini cocok untuk orang-orang yang terbiasa bertransaksi di ATM dan memiliki waktu luang. Pembayaran via ATM ini tidak hanya bisa dilakukan di ATM BCA, melainkan bisa melalui jaringan Prima dan Cirrus.
  • Melalui Internet Banking. Cara bayar IndiHome lewat internet banking BCA bisa dipilih jika tidak ingin kemana-mana namun membutuhkan transaksi dengan keamanan berlapis.
  • Layanan Internet Banking ini fleksibel, sebab bisa diakses baik melalui perangkat PC ataupun smartphone.
  • Melalui Mobile Banking. Bank BCA mempunyai aplikasi yang bernama BCA Mobile. Transaksi bisa dilakukan dengan nyaman dengan hanya menggunakan perangkat smartphone.
  • Dengan aplikasi BCA Mobile, pengguna tidak perlu mengganti kartu SIM dan daftar transfernya dapat disimpan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara bayar IndiHome lewat internet banking BCA, serta sekilas informasi mengenai cara-cara pembayaran lainnya. Pengguna juga bisa langsung menyadari jika lupa membayar tagihan internet bulanannya dengan cara ini.

Sebab, di Internet Banking transaksi bisa dipantau secara rutin dalam bentuk rekapitulasi melalui email yang masuk setiap bulannya. Cara yang disediakan oleh Internet Banking BCA ini menambah kepraktisan yang memang sebelumnya telah disediakan IndiHome.

Jika telah berlangganan IndiHome, jadilah pelanggan yang bertanggung jawab. Bayarlah tagihan pada waktu yang telah ditentukan dan sebisa mungkin hindarilah denda. Jangan sampai menunggak berbulan-bulan, sebab layanan akan dicabut oleh pihak IndiHome.