cara bayar pbb online bri
cara bayar pbb online bri

Simak Cara Bayar Pbb Online Bri Dengan Benar dan Mudah

Sebagai masyarakat Indonesia memang berkewajiban untuk membayar pajak pbb, cara bayar pbb online bri bisa jadi salah satu yang bisa dilakukan. Selain membantu untuk lebih praktis nyatanya membayar secara online akan lebih tepat sasaran ketimbang secara offline.

Pembayaran secara online akan lebih efektif dilakukan karena masyarakat tidak perlu lagi mengantri dalam membayar pajak pbb ini. Bank BRI sendiri juga memudahkan bagi nasabah atau masyarakat untuk melakukan pembayaran pbb lewat online atau aplikasi BRIMO.

Malah dalam hal ini apabila memanfaatkan M banking ini pembayaran bisa dilakukan sesuai keinginan nasabah baik waktu dan tempat. Oleh sebab itu akan meminimalkan dari keterlambatan pembayaran yang nantinya menimbulkan denda yang harus ditanggung.

Apa Itu Aplikasi BRIMO?

Mungkin bagi nasabah bank BRI yang telah memiliki buku tabungan dan terdaftar sebagai pemilik rekening dan kartu atm akan paham dengan brimo. Aplikasi brimo ini merupakan salah satu sarana yang disediakan oleh bank BRI untuk mendapatkan layanan banking terkhusus nasabah BRI.

Beberapa fitur dan layanan seperti transfer dan aktivitas pembayaran kebutuhan sehari – hari bisa dilakukan melalui aplikasi BRIMO ini. Tentunya akan memberikan kemudahan bagi nasabah dalam proses transaksi keuangan.

Bagi nasabah yang telah selesai dalam membuat rekening tentu aka ditawari oleh customer service untuk menginstall BRIMO. Cara instalasinya juga akan dibantu oleh CS tersebut sampai berhasil, bisa juga nanti akan diarahkan untuk dibantu bagian satpam.

Keunggulan Aplikasi Brimo

Cara bayar pbb online bri ini bisa dinikmati dengan fitur briva pada aplikasi brimo, serta merupakan salah satu keunggulan brimo. Fitur briva atau account virtual ini akan membantu dalam melakukan transaksi sehari – hari.

Beberapa user interface yang disediakan oleh aplikasi brimo ini diantaranya login menggunakan deteksi wajah. Keamanan kunci aplikasi lewat fingerprint, pembayaran lewat scan kode QR serta beberapa fitur menarik lainnya. Tentunya nasabah akan lebih cepat bertransaksi tanpa harus datang ke kantor unit kerja BRI.

Beberapa keunggulan serta fitur menarik tersebut akan mengubah pola transaksi nasabah menuju internet banking atau mobile banking. Namun dengan serba online ini maka juga harus waspada pada resiko yang menyertainya.

Bagaimana Cara Bayar PBB Online BRI?

Modal untuk membayar lewat online ini hanya aplikasi Brimo dan juga perangkat yang digunakan, selain itu juga pastikan saldo mencukupi dalam rekening. Oleh sebab itu pengguna juga harus memastikan perangkat terhubung dengan layanan internet untuk penggunaan aplikasi brimo ini.

1. Melakukan Instalasi Aplikasi Brimo

Nasabah atau pengguna yang ingin membayar pbb online lewat bri ini harus memiliki dan mendaftar aplikasi Brimo. Sebelum itu bisa lakukan instalasi dengan mengunjungi unit kerja BRI, kemudian bisa lakukan instalasi dengan bantuan customer service.

Pendaftar aplikasi brimo ini akan diberikan beberapa lembaran kertas untuk mengisi identitas yang dibutuhkan. Selain itu jangan lupa untuk membawa ktp dan juga buku rekening yang dimiliki sebelum mendaftar Brimo.

Selanjutnya bisa selesaikan proses pendaftaran dengan mengakhiri membuat username aplikasi serta password yang digunakan. Setelah itu akan dilakukan verifikasi yang dikirimkan lewat email aktif yang didaftarkan.

2. Membuka Dengan Username Dan Password Yang Sesuai

Selanjutnya setelah memiliki akun dan juga terdaftar aplikasi ini bisa buka terlebih dahulu aplikasi brimo menggunakan username dan password. Kemudian bisa klik login untuk masuk dan menggunakan aplikasi ini.

Pengguna bisa melakukan penyetingan dengan fingerprint untuk perangkat yang bisa mendukung fingerprint. Apabila perangkat belum mendukung maka bisa lakukan pengetikan manual. Pastikan untuk memasukkan dengan benar.

3. Memilih Menu Briva

Selanjutnya cara bayar pbb online bri ini dilakukan melalui fitur virtual account atau biasa disebut dengan briva. Fitur ini menggunakan virtual account yang nantinya digunakan sebagai alat transaksi semisal pembayaran pbb.

Oleh sebab itu buka melalui fitur transfer biasa dengan menggunakan nomor rekening seperti biasanya. Nasabah tidak perlu bingung dan khawatir karena pembayaran menggunakan nomor objek pajak.

Nomor tersebut tertera pada struk tagihan pajak yang biasanya ada dan ditagihkan, bisa langsung masukan nomor tersebut sebagai nomor virtual account. Singkatan untuk nomor pajak ini yakni NOP yang bisa dipahami dengan mudah.

4. Melanjutkan Proses Pembayaran Pbb

Setelah memasukkan nomor briva maka bisa klik lanjutkan untuk proses selanjutnya. Rincian pembayaran pajak akan tertera secara rinci dan jelas pada aplikasi brimo. Nasabah bisa melakukan pengecekan nama dan nominal yang tertera.

Hal tersebut agar tidak ada kesalahan teknis yang terjadi sebelum melakukan pembayaran harap untuk melakukan pengecekan. Bisa mulai dengan mengecek nama pelanggan, nominal bayar, nomor pembayaran dan juga institusi terkait, apa sudah sesuai atau belum.

Kemudian apabila dirasa telah sesuai dengan kepemilikan pajak maka bisa klik lanjutkan. Setelah itu aplikasi akan memunculkan menu konfirmasi untuk mengkonfirmasi pembayaran yang dilakukan.

5. Memasukkan PIN Atm Yang Dimiliki

Selanjutnya setelah mengkonfirmasi beberapa rincian pembayaran yang dibutuhkan bisa langsung konfirmasi dan masukkan nomor pin. Nomor pin ini bukan password aplikasi tetapi nomor pin kartu atm yang dimiliki.

Kebanyakan pengguna aplikasi yang menggunakan brimo ini salah mengira dengan memasukkan password aplikasi bukan pin atm. Oleh sebab itu jangan salah lagi dalam memasukkan nomor pin yang digunakan saat akan bertransaksi.

Bagi pengguna aplikasi yang salah memasukkan pin sebanyak 3 kali maka akan dilakukan pemblokiran pada aplikasi tersebut. Hal ini dikarenakan sistem mengira aplikasi digunakan bukan pemilik asli dan dicurigai disalahgunakan.

6. Mengakhiri Proses Pembayaran

Setelah memasukkan nomor pin atm dengan benar pembayaran akan langsung dikonfirmasi. Biasanya akan ada notifikasi pada bagian atas hp yang digunakan untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Status pembayaran juga akan muncul, berhasil, dan pembayaran berarti telah berhasil dilakukan. Kemudian akan muncul slip atau bukti transfer yang bisa disimpan, atau bisa lakukan screenshot pada layar perangkat.

Nasabah atau pengguna aplikasi brimo yang telah melakukan pembayaran diharapkan untuk menyimpan semua bukti pembayaran yang pernah dilakukan. Hal ini tentu sebagai bukti apabila ada hal yang terjadi kedepannya.

7. Pembayaran Berhasil Diproses

Beberapa step atau cara diatas tentu dilakukan dengan teliti dan juga tidak perlu tergesa – gesa. Hal tersebut untuk meminimalkan kesalahan pembayaran yang berakibat saldo terpotong. Bisa juga menyebabkan status transaksi gagal.

Simpan segala bukti pembayaran yang bisa disimpan untuk berjaga – jaga sebagai bukti telah melakukan pembayaran. Oleh sebab itu tidak akan bisa dibohongi oleh oknum pajak yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa uraian diatas tentunya bisa jadi pemahaman bagaimana cara bayar pbb online bri yang bisa dilakukan dengan aplikasi brimo. Penggunaan aplikasi ini juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja yang diinginkan.

Tentunya akan mempersimple pekerjaan untuk tidak perlu lagi mengantri pada unit kerja atau outlet pembayaran pajak lagi. Pengguna bisa dengan mudah melakukan pembayaran lewat aplikasi brimo ini.