cara bayar shopeepay pakai dana
cara bayar shopeepay pakai dana

Rekomendasi Cara Bayar Shopeepay Pakai Dana, Praktis dan Anti Ribet!

Bagi pengguna Shopee harus mengetahui cara bayar shopeepay pakai DANA. Mungkin bagi sebagian orang membayar melalui DANA masih jarang digunakan. Namun, banyak juga yang memilih DANA untuk akses pembayaran di Shopee.

Berbelanja melalui Shopee pay tentu sangat menggiurkan bagi pengguna Shopee. Apalagi sekarang tidak hanya didukung membayar lewat transfer bank saja, alfamart atau yang lainnya. Mengisi top up shopeepay dengan Dana juga mudah dilakukan.

Hal yang wajar apabila masih banyak pengguna yang bingung cara menggunakan DANA untuk pembayaran di Shopee pay. Bahkan, untuk mengisi saldo lewat DANA juga masih banyak yang belum tahu. Berikut ulasan membayar Shopee lewat DANA:

Syarat Top Up Shopee

Sebelum membahas cara bayar shopeepay pakai DANA, pengguna juga harus mengetahui syarat top up shopeepay. Berikut syarat yang bisa dipenuhi oleh pengguna Shopee:

  • Status akun DANA pengguna harus premium.
  • Ada biaya admin dari pihak DANA sebesar 999 rupiah.
  • Adanya biaya admin saat menerima shopee pay 500 rupiah.
  • Pengguna isi saldo minimal sebesar 100.000 rupiah.

Persyaratan di atas harus dipenuhi oleh pengguna Shopee. Apabila salah satu persyaratan gagal maka tidak dapat dilakukan top up dan pembayaran shopee pay melalui DANA tidak bisa.

Cara Membayar Lewat Dana

Selanjutnya akan membahas cara bayar shopeepay pakai DANA yang bisa dilakukan dengan mudah. Pengguna bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan aplikasi DANA secara langsung seperti di bawah ini:

1. Mencari Produk di Shopee

Pertama pengguna bisa membuka aplikasi Shopee terlebih dahulu. Memilih produk yang akan dibeli. Bisa dengan cara mengetik nama produk atau mengklik di pilihan rekomendasi barang.

Hanya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Setelah menemukan barang yang diinginkan di Shopee bisa klik beli sekarang lalu melakukan proses checkout.

2. Memilih Metode Pembayaran

Saat proses checkout akan muncul informasi tambahan yang penting. Jangan lupa untuk memasukkan voucher apapun. Seperti gratis ongkir dan voucher dari toko kalau ada. Sebab tidak semua toko menyediakan gratis ongkir.

Pengguna bisa memilih metode pembayaran. Ada banyak pilihan yang bisa dipakai untuk akses pembayaran. Bisa memilih Bank Transfer lalu Bank Mandiri( misalkan saja Bank Mandiri).

3. Salin Virtual Account

Selanjutnya ada cara bayar shopeepay pakai DANA yakni dengan menyalin virtual account. Pengguna setelah memilih metode pembayaran tadi akan kembali ke menu pembayaran. Nomor virtual account akan terlihat sesuai dengan metode Bank Mandiri tadi.

Pengguna bisa klik pilihan salin yang tertera di samping nomor virtual account. Apabila sudah mengklik pilihan tersebut lalu lanjut proses pembayaran masuk ke aplikasi DANA.

4. Membuka Aplikasi DANA

Saat membuka aplikasi DANA akan terlihat banyak pilihan menu. Pengguna bisa memilih salah satu layanan sesuai kebutuhan pastikan kembali sudah benar-benar menyalin nomor virtual account yang ada di aplikasi Shopee tadi.

Pengguna bisa gulir ke bawah pada pilihan menu layanan transfer hingga menemukan pilihan menu E commerce. Banyak sekali pilihan e commerce yang bisa dibayar melalui DANA. Pengguna cukup memilih Shopee.

5. Menginput Nominal Pembayaran

Berikutnya yang harus dilakukan adalah menyalin nomor virtual account tersebut di halaman E commerce yang sudah tersedia. Jangan lupa juga memasukkan jumlah nominal pembayaran yang ada di aplikasi Shopee.

Perlu diperhatikan apabila pengguna Shopee membayar pesanan dengan minimal di atas 50 ribu rupiah maka akan terbebas dari biaya tambahan admin. Sebaliknya, apabila belanja kurang dari 50 ribu maka akan terkena biaya admin.

6. Mengkonfirmasi Pesanan

Terakhir adalah mengkonfirmasi pesanan yang dipesan di aplikasi shopee tersebut. Setelah menginput nominal jumlah pembayaran maka pengguna bisa klik lanjut. Maka akan terlihat seluruh detail pesanan.

Di halaman ini pastikan semua data sudah benar dan sesuai. Jangan sampai terjadi kesalahan pada data yang tertera. Oleh sebab itu, cek kembali semua data yang terlihat. Selanjutnya bisa klik konfirmasi. Jika sudah maka pengguna bisa memasukkan PIN DANA.

Apabila pembayaran berhasil dilakukan akan muncul pemberitahuan. Pengguna menunggu status pesanan berubah dan barang dalam proses pengiriman.

Biaya Admin Shopee Lewat Dana

Banyak yang ragu menggunakan aplikasi DANA untuk shopeepay karena mengira biaya admin mahal. Padahal perlu diketahui oleh pengguna kalau biaya admin ini gratis dengan syarat jumlah nominal pembayaran di atas 50 ribu rupiah.

Sebaliknya, apabila pengguna berbelanja dengan jumlah pembayaran di bawah 50 ribu rupiah maka akan dikenakan biaya admin. Ada penawaran yang menarik apabila pengguna melakukan transfer DANA ke semua bank sebanyak 10 kali tiap bulan maka gratis.

Cara Top Up ShopeePay lewat DANA

Selain syarat dan cara pembayaran lewat DANA. Tentunya, pengguna juga harus mengetahui cara top up saldo shopee pay lewat DANA. Simak ulasan mengisi top up Shopeepay di bawah ini:

  • Pengguna membuka aplikasi Shopee.
  • Klik pilihan menu saya lalu klik lagi pilihan Shopeepay.
  • Halaman shopeepay akan muncul lalu klik pilihan top up.
  • Pengguna pilih transfer Bank lalu pilih lagi bank yang dipakai pengguna. Misalkan saja Bank Mandiri.
  • Setelah memilih Bank lalu klik konfirmasi.
  • Pengguna salin nomor VA yang tertera tersebut.
  • Masuk ke aplikasi DANA milik pengguna lalu pilih menu kirim.
  • Lalu akan muncul pilihan menu lalu klik kirim ke akun bank.
  • Muncul nama Bank lalu pilih Bank Mandiri (Misalkan saja Bank Mandiri).
  • Pengguna mengisi kolom nomor akun dengan nomor VA yang disalin tadi.
  • Klik tambahkan bank baru lalu masukkan jumlah saldo yang ingin diisi ke Shopeepay.
  • Apabila sudah selesai maka klik kirim dana.
  • Pastikan kembali akun shopee sudah benar. Setelah semua sesuai lalu klik konfirmasi.
  • Langkah terakhir masukkan PIN DANA milik pengguna lalu tunggu hingga proses berhasil dilakukan.

Proses pengisian saldo shopee pay di atas harus benar dan sudah sesuai dengan akun shopee. Apabila proses berhasil maka akan muncul  pemberitahuan dari Shopee kalau pengisian saldo berhasil dilakukan.

Namun, apabila proses pengisian saldo tidak berhasil dilakukan maka tidak akan mendapat notifikasi pemberitahuan. Mungkin saja ada kesalahan saat menyalin nomor VA atau yang lainnya. Namun, jarang terjadi untuk pengguna Shopee sendiri.

Perlu diingat apabila pengguna Shopee menggunakan shopeepay harus selalu mengisi saldo terlebih dahulu. Salah satu cara bisa menggunakan fitur DANA ini. Pengguna bisa melihat cara top up saldo dan syarat pengisian saldo lewat DANA.

Pengguna tidak harus selalu menggunakan ATM untuk pembayaran saat berbelanja di Shopee. Dengan memanfaatkan aplikasi DANA ini tentu akan lebih mudah dan praktis sekali. Tidak perlu bingung lagi menggunakan DANA untuk pembayaran di Shopee pay.

Demikian penjelasan terkait cara bayar shopeepay pakai dana yang harus pengguna shopee tahu. Tidak hanya lewat ATM, indomaret atau alfamart saja. Membayar belanjaan lewat DANA juga sangat direkomendasikan. Apalagi proses dari pengisian sampai pembayaran mudah.