cara bayar lazada paylater di indomaret

Begini Cara Bayar Lazada Paylater di Indomaret dengan Mudah

Artikel ini terakhir diperbarui pada 26 Januari 2023.

Lazada Paylater merupakan salah satu metode pembayaran di Lazada yang dapat dibayarkan di mana saja secara berangsur. Ada banyak cara membayarkan Lazada Paylater, salah satunya melalui Indomaret. Oleh karenanya cara bayar Lazada Paylater di Indomaret ini perlu diketahui.

Indomaret adalah salah satu minimarket yang banyak tersebar di Indonesia juga termasuk yang paling banyak dikunjungi. Di Indomaret, tidak hanya membeli barang keperluan sehari-hari, tetapi juga menyediakan jasa pembayaran untuk beragam perbelanjaan secara online.

Maka artikel ini cukup diperlukan untuk membantu konsumen atau pemakai Lazada, khususnya yang ingin menggunakan metode paylater. Simak beberapa penjelasan berikut ini agar pengguna Lazada tidak kesulitan saat melakukan pembayaran apapun.

Langkah-langkah Mendapatkan Nomor Pembayaran Lazada Paylater

Untuk melakukan pembayaran Lazada Paylater di Indomaret, tentunya perlu didapatkan terlebih dahulu digit angka yang disebut nomor pembayaran. Maka dari itu, pengguna perlu mengetahui langkah mendapatkan nomor pembayaran sebelum cara bayar Lazada Paylater di Indomaret.

Bukan hal yang sulit untuk mendapatkan nomor atau kode pembayaran Lazada paylater menggunakan aplikasi Lazada. Seperti halnya melakukan pemesanan barang atau jasa di Lazada, begitulah pula cara pengguna dapat melakukan pemesanan barang berupa pembayaran paylater.

1. Masuk Ke Layar Utama Lazada

Lazada begitu memudahkan pengguna untuk melakukan pemesanan barang dan jasa secara daring hanya dengan menggunakan ponsel genggam. Termasuk salah satunya, fitur melakukan pengecekan dan proses pembayaran limit paylater yang ada di akun Lazada milik pengguna.

Langkah pertama adalah masuk ke layar utama Lazada, banyak barang terkini dan deretan jasa pembayaran tersedia di menu utama tersebut. Kemudian, di layar tertera menu limit Lazada paylater yang dapat secara langsung diklik oleh pengguna.

2. Klik Menu Limit Paylater

Setelah menemukan menu limit paylater di Lazada, klik menu tersebut dan lihat informasi jumlah limit yang tertera di layar. Selain itu, di menu tersebut juga tertera jumlah nominal rupiah yang harus dibayarkan di bulan tersebut.

Untuk melakukan pembayaran, pengguna dapat langsung memilih opsi ‘Pelunasan dipercepat’ sebelum melakukan proses konfirmasi pembayaran. Jika pengguna memang akan melakukan pembayaran dalam waktu dekat, selanjutnya pengguna akan dibawa ke layar konfirmasi untuk memilih metode pembayaran.

3. Pilih Metode Pembayaran

Seperti halnya melakukan pemesanan di marketplace online, salah satunya Lazada, selalu ada opsi untuk memilih metode pembayaran. Di Lazada, beberapa metode pembayaran ini dapat dilakukan melalui Bank atau kartu debit sampai dengan mengunjungi minimarket terdekat.

Semua metode pembayaran tersebut dapat dipilih secara fleksibel, sesuai dengan keinginan pengguna agar memudahkan proses pembayaran. Dalam hal ini, pengguna dapat memilih Indomaret dengan mengklik menu ‘Counter’ dan pilih Indomaret sebagai tempat untuk membayarkan paylater.

4. Konfirmasi Pemesanan Paylater

Jika melakukan pemesanan di marketplace online, ini salah satu langkah terakhir sebelum melakukan proses pembayaran sesuai metode yang ditentukan. Ini dinamakan proses checkout di mana layar akan memunculkan pernyataan berupa nama pesanan dan metode pembayaran.

Jika sudah yakin, pengguna dapat mengklik ‘Buat Pesanan’ dan di layar akan muncul status berupa nama dan nomor pemesanan barang. Adapun total tagihan beserta biaya admin untuk memproses pembayaran tersebut juga disebutkan di status pesanan.

5. Dapatkan Kode Pembayaran

Ini adalah kunci pertama untuk cara bayar Lazada paylater di Indomaret yakni mendapatkan nomor alias kode pembayaran. Di status pesanan yang muncul pada layar menu Lazada setelah proses checkout, akan dimunculkan pula deretan kode pembayaran.

Kode ini nantinya akan dibawa ke Indomaret sebagai syarat untuk melakukan proses pembayaran Lazada paylater. Maka dari itu, pengguna harus menyimpan seperti melakukan screenshot atau menyalin kode pembayaran tersebut agar tidak terjadi kesulitan saat membayar.

Langkah-langkah Membayar Lazada Paylater di Indomaret

Setelah mengetahui langkah mendapatkan kode pembayaran dari aplikasi Lazada, pengguna akan segera menuju tahapan selanjutnya. Ini adalah cara bayar Lazada Paylater di Indomaret dengan membawa nomor atau kode pembayaran yang sudah didapatkan dan disimpan sebelumnya.

Di status pemesanan setelah checkout juga disebutkan nominal dan batas akhir pembayaran Lazada paylater di Indomaret. Maka dari itu, jika pengguna melakukan pembayaran setelah batas tersebut terlewat maka pemesanan batal dan harus melakukan checkout ulang.

1. Kunjungi Indomaret Terdekat

Saat ini, semua Indomaret yang tersebar di Indonesia sudah dapat melakukan banyak pembayaran secara online. Oleh karena itu, pengguna Lazada paylater dapat melakukan proses pembayaran di Indomaret manapun yang paling dekat dengan lokasi pengguna sekarang.

Setelah mendatangi Indomaret, pengguna dapat langsung mengantri untuk menghubungi kasir untuk melakukan pembayaran Lazada paylater. Pastikan pengguna sudah membawa digit angka kode pembayaran yang akan digunakan dan diserahkan ke kasir untuk memproses pembayaran Lazada paylater.

2. Sampaikan ke Kasir untuk Membayar Lazada Paylater

Sebetulnya cara bayar Lazada Paylater di Indomaret ini terbilang sangat mudah, hanya dengan menyampaikan pada kasir untuk membantu proses pembayaran. Berikan kode pembayaran Lazada Paylater yang didapatkan sebelumnya jika kasir meminta dan akan melakukan pengecekan.

Jika kode pembayaran masih di dalam batas akhir, maka kasir akan langsung dapat melakukan proses pembayaran Lazada paylater. Namun, jika melewati batas, kasir akan mengkonfirmasi dan menyarankan untuk melakukan pemesanan atau checkout ulang dan kembali.

3. Konfirmasikan Nominal Pembayaran dengan Kasir

Selanjutnya, kasir akan mengkonfirmasi dengan memastikan nama pemesan, barang, serta nominal rupiah yang harus dibayarkan saat itu. Jika semua dipastikan benar, pengguna Lazada dapat segera membayarkan secara langsung sejumlah nominal yang telah disebutkan oleh kasir.

Perhatikan, kasir akan menyebutkan jumlah total nominal beserta biaya admin yang juga harus dibayarkan sesuai dengan kebijakan Indomaret. Biaya admin yang ditetapkan oleh perusahaan Indomaret sebesar Rp2.500,- saja dan dibayarkan langsung, sekaligus pembayaran Lazada paylater.

4. Proses Pembayaran

Setelah konfirmasi serta kasir menerima uang dengan jumlah yang pas, maka proses pembayaran dilakukan saat itu juga. Proses ini tidak membutuhkan waktu lama. Setelah menunggu beberapa menit proses pembayaran akan selesai.

5. Pembayaran Berhasil dan Pengguna Diberi Struk Pembayaran

Jika proses pembayaran selesai, kasir akan memberitahukannya sekaligus memberikan struk sebagai bukti pembayaran Lazada Paylater. Pengguna dapat menyimpannya, bahkan disarankan hal tersebut dilakukan untuk berjaga-jaga jika nantinya bukti pembayaran tersebut diperlukan jika telah terjadi kesalahan.

Itulah kedua cara bayar Lazada Paylater di Indomaret mulai dari mendapatkan kode sampai membayarkannya langsung di Indomaret. Bukan hal yang sulit, khususnya bagi pengguna yang sudah terbiasa melakukan pembayaran aplikasi digital melalui minimarket.

Namun, pengguna baru biasanya akan merasa kesulitan untuk melakukan pembayaran tersebut pertama kali, apalagi jika tidak ada tutorial. Artikel ini menjelaskan secara lengkap bagaimana cara yang mudah dilakukan untuk membayarkan iuran bulanan Lazada paylater.

Sekarang, hanya dengan bermodalkan ponsel genggam, pengguna sudah dapat berbelanja dengan mudah menggunakan aplikasi Lazada. Menggunakan metode paylater alias beli sekarang bayar nanti, membayarkannya di Indomaret dapat semakin meringankan dan memudahkan pelanggan setia.