cara bayar virtual account mandiri atm

Ini Cara Bayar Virtual Account Mandiri ATM dengan Mudah

Artikel ini terakhir diperbarui pada 26 Januari 2023.

Di zaman digital ini, Bank Mandiri menyediakan banyak pelayanan untuk memudahkan para nasabah, salah satunya virtual account. Berikut ini adalah cara bayar virtual account Mandiri ATM dengan cepat, mudah, serta dapat untuk diikuti para nasabah.

Meski fitur virtual account Mandiri ini sudah diterapkan sejak beberapa tahun sebelumnya, tetapi selalu ada perkembangan. Salah satu bentuk perkembangan itu ialah ketersediaan fitur layanan pembayaran, transfer, belanja via daring, dan masih banyak manfaat lainnya.

Virtual account sendiri merupakan sebuah alternatif melakukan pembayaran virtual yang dapat melakukan transaksi melalui ATM. Pengguna atau nasabah harus memiliki akun virtual juga tentunya kartu ATM DEBIT yang digunakan sehari-hari.

Cara Mendapat Mandiri Virtual Account Code

Untuk melakukan transaksi atau pembayaran menggunakan virtual account Mandiri, tentunya harus memiliki kode akses terlebih dahulu dari Bank Mandiri. Berikut cara mendapatkan kode akun virtual Bank Mandiri yang dapat dengan mudah dilakukan oleh nasabah sendiri.

1. Pilih Metode Pembayaran Virtual Account

Virtual account ini digunakan untuk transaksi daring, misalnya pembelian barang di e-commerce yang mungkin dilakukan di ponsel. Maka kode virtual account nanti akan diterima jika pengguna telah memastikan akan melakukan pembelian barang di toko tersebut.

Misalnya pengguna telah menyelesaikan pemesanan di sebuah toko penjual secara daring, maka pengguna harus memilih metode pembayaran. Untuk itu, pengguna dapat memilih metode pembayaran menggunakan virtual account untuk dibayarkan saat ini kemudian pilih “pay now”.

2. Pilih Bank Mandiri

Memilih nama bank ini dilakukan jika pengguna sudah melakukan pemesanan dan menentukan metode pembayaran dengan menggunakan virtual account. Ada banyak pilihan bank yang disediakan pihak marketplace ataupun perusahaan tempat pengguna melakukan pendaftaran virtual account tersebut.

Banyaknya nama bank yang tersedia dimaksudkan untuk memudahkan para konsumen agar lebih leluasa berbelanja dan membayar. Untuk para nasabah Mandiri, pengguna dapat memilih Bank Mandiri untuk pembayaran menggunakan kode akun virtual untuk menyelesaikan pembelian tersebut.

3. Dapatkan Kode atau Nomor ID Virtual Account

Usai memilih metode pembayaran dan memilih nama bank yang akan digunakan untuk pembelian, saatnya pengguna mendapat kode ID. Kode yang berupa nomor virtual account ini diterbitkan oleh bank, kode yang akan digunakan untuk proses transfer.

Kode ini didapatkan ketika pengguna sudah mengonfirmasi akan melakukan transaksi tersebut menggunakan bank yang dimaksud. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa kode ID ini memiliki batas kadaluarsa sehingga pengguna harus membayar sebelum tanggal batas pembayaran tersebut.

4. Lakukan Transfer

Setelah semua kesepakatan pembayaran sudah selesai dipilih, termasuk melihat konfirmasi jumlah dan harga yang harus dibayarkan. Nasabah dapat langsung membayar jumlah transfer tersebut dengan melakukan pembayaran yang dapat melalui ATM atau mobile dan internet banking.

Jika pengguna memilih untuk membayar menggunakan Mobile Banking, pengguna harus memiliki aplikasi dan akunnya terlebih dahulu. Jika tidak, pengguna dapat pergi ke mesin ATM untuk menuntaskan pembayaran sebelum batas yang telah ditetapkan pada konfirmasi sebelumnya.

Cara Bayar Virtual Account Mandiri ATM

Berbagai metode dapat dilakukan untuk membayarkan transfer virtual account Mandiri, tetapi artikel ini hanya fokus pada pembayaran ATM. Membayarkan transfer melalui virtual account dapat dilakukan baik untuk pengguna yang telah memiliki mobile banking ataupun belum.

Berikut ini adalah cara bayar virtual account Mandiri ATM sekaligus penjelasan agar nasabah tidak kesulitan untuk bertransaksi. Terdapat tujuh hal penting yang perlu diperhatikan nasabah sebelum melakukan pembayaran pada virtual account ini dengan melalui ATM.

1. Persiapkan Alat Pembayaran

Mempersiapkan alat pembayaran virtual account seperti kartu ATM yang memiliki saldo cukup, serta mengetahui lokasi ATM Mandiri. Saldo yang terdapat di ATM tersebut seharusnya cukup, catat minimum saldo Mandiri sehingga nasabah tidak perlu takut kurang.

2. Pilih Menu

Setiap nasabah melakukan transaksi ATM tentu tersedia menu-menu yang harus dipahami oleh pemilik kartu ATM itu sendiri. Pengguna dapat memilih layanan ATM dengan bahasa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan pemilik kartu.

Pengguna akan melakukan pemilihan menu yang cukup panjang, maka harus dibaca dan diperhatikan selama memilih opsi. Mulai dari memasukkan PIN ATM, pilih menu ‘Bayar atau Beli’, kemudian pilih pembayaran yang akan digunakan untuk virtual account.

3. Kode Perusahaan

Kode perusahaan adalah kode yang disediakan oleh perusahaan pemiliki virtual account tempat pengguna melakukan transaksi. Kode ini diinput pada menu yang tertera dan harus diisi pengguna di mesin ATM sebelum memasukkan kode dari virtual account.

4. Masukkan Nomor Virtual Account

Untuk cara bayar virtual account Mandiri ATM selanjutnya adalah memasukkan kode ID virtual account pada kolom yang tertera. Ini adalah kode yang diterima setelah konfirmasi di salah satu perusahaan, misalnya sebuah marketplace tempat pengguna berbelanja.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kode virtual ini merupakan sebuah kode ID virtual yang memiliki waktu kadaluarsa. Maka dari itu, pengguna harus memastikan bahwa ketika melakukan pembayaran ini masih dalam batas waktu yang masih berjalan.

5. Masukkan Nominal Pembayaran

Pada konfirmasi virtual account sebelumnya pengguna sudah mengetahui jumlah nominal uang yang seharusnya ditransfer melalui ATM Mandiri. Selanjutnya mengisi pada kolom yang sudah tertera untuk memastikan bahwa nominal sudah benar dan saldo mencukupi untuk pembayaran.

Perlu diperhatikan bahwa pengguna tidak akan dapat melakukan pembayaran virtual account jika saldo rekening tidak mencukupi. Begitu juga jika kode virtual sudah kadaluarsa, meski saldo tercukupi tetap tidak dapat membayar dan harus mendapatkan kode ulang.

6. Pastikan Informasi Layanan Sudah Benar

Setiap kali melakukan transaksi, pengguna wajib melalui konfirmasi terakhir untuk memastikan bahwa pembayaran memang akan dilakukan. Informasi yang tertera pada konfirmasi terakhir ini biasanya nomor ID virtual account dan nominal yang dibayarkan menggunakan saldo rekening.

Pada saat melakukan konfirmasi tersebut, pengguna harus memeriksa seluruh informasi serta nominal tagihan sudah benar baru kemudian pilih “ya” atau “benar”. Kemudian nantikan mesin ATM melakukan tugasnya untuk mentransfer uang tersebut kepada perusahaan yang bersangkutan.

7. Ambil Bukti Pembayaran Berupa Struk

Tidak sama dengan bentuk pembayaran melalui mobile banking, pembayaran melalui ATM ini akan selalu mendapatkan bukti berupa struk. Pengguna dapat menyimpannya sampai transaksi benar-benar selesai sebagai bukti atau berjaga-jaga, menghindari risiko buruk yang mungkin terjadi.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan kode ID serta bagaimana cara bayar virtual account Mandiri ATM dengan mudah. Virtual account ini memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran apa pun di perusahaan mana pun termasuk secara daring.

Misalnya berbelanja, saat ini banyak e-commerce yang menyediakan barang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Maka virtual account ini begitu dapat diandalkan untuk melakukan pendaftaran selain melalui metode cash on delivery.

Namun, pengguna tetap harus selalu cermat setiap kali melakukan perbelanjaan menggunakan virtual account di marketplace mana pun. Mengingat di zaman sekarang, penipuan akan selalu datang dari jalan mana saja baik itu secara daring maupun luring.