cara bayar spaylater

Begini Cara Bayar SpayLater Agar Tidak Lewat Jatuh Tempo!

Artikel ini terakhir diperbarui pada 26 Januari 2023.

Bagi yang pertama kali menggunakan SpayLater, pasti bingung dengan cara bayar SpayLater. Bagaimana membayarnya, lewat apa sajakah SpayLater dapat dibayarkan, dan bagaimana membayar dengan cara tersebut. Biasanya pembayaran dengan SpayLater dilakukan dengan metode mengangsur, tergantung mengambil berapa bulannya.

SpayLater adalah layanan pinjaman yang diberikan oleh Shopee kepada konsumen untuk biaya membeli sebuah produk. Konsumen dapat memilih sendiri jumlah angsuran tiap bulannya yang tersedia, dan dapat dibayarkan secara bertahap maupun kontan.

Pembayaran angsuran SpayLater tersebut dapat dilakukan di aplikasi Shopee itu sendiri dengan melalui berbagai metode. Pengguna dapat membayarkannya lewat ATM atau toko penyedia layanan pembayaran. Sebelum itu pahami apakah yang dimaksud dengan SpayLater, simak berikut ini ulasan lengkapnya!

Apa Itu SpayLater

Shopee PayLater atau lebih dikenal dengan singkatan SpayLater merupakan suatu metode pembayaran di Shopee yang membawa konsep “Bayar Nanti.” Nantinya yang menggunakan metode ini akan mendapatkan pinjaman secara instan dengan bunga yang sangat kecil.

Namun, sebelum itu harus melakukan aktivasi agar dapat menggunakan layanan SpayLater tersebut. Apabila tidak ada cukup uang untuk membeli suatu produk, Shopee PayLater dapat menjadi pilihan, bahkan untuk kebutuhan mendesak sekali pun. Nantinya, konsumen dapat membayar cicilan hingga 6 kali.

Selain pembayaran dapat diangsur hingga 6 kali angsuran, pembayar pun dapat dilakukan sesuai tanggal jatuh tempo di tiap bulannya. Cara bayar SpayLater juga sangat mudah dan dapat dibayarkan dengan berbagai bank, sehingga sangat memudahkan para konsumennya.

Layanan SpayLater ini hanya bisa dinikmati oleh seorang pengguna aktif aplikasi Shopee tapi sebelum itu pengguna harus memenuhi syarat. Namun, dengan adanya layanan SpayLater ini semakin mempermudah dalam membeli sebuah produk. Orang dapat membeli barang dan membayarnya belakangan.

Tidak perlu khawatir karena SpayLater telah terjamin keamanannya dan telah diawasi oleh badan Otoritas Keuangan. Bagi yang masih meragukan pembayaran dengan SpayLater aman atau tidak, kini telah mendapat jawabannya. Semua data privasi pun sepenuhnya telah dilindungi pihak Shopee.

Cara Membayar Angsuran Spaylater

Setelah mengetahui apa itu Spaylater, selanjutnya pahami cara membayar tagihan SpayLater secara mengangsur ini. Seperti yang telah dijelaskan bahwa tagihan dapat dibayarkan secara berangsur atau langsung lunas. Adapun caranya sebagai berikut ini:

  • Pertama, buka aplikasi Shopee kemudian menuju ke menu “Saya” di beranda Shopee.
  • Selanjutnya, klik “SpayLater” kemudian pada menu “Jumlah yang Harus Dibayar.”
  • Setelah itu, pada bagian atas pilih opsi “Tagihan Bulan Depan.”
  • Klik kotak centang pada tagihan yang hendak dibayarkan.
  • Jika sudah benar, klik “Bayar Sekarang” lalu pilih metode yang hendak diinginkan.
  • Jika sudah, klik “konfirmasi” kemudian lanjut untuk melakukan pembayaran dengan metode yang dipilih.

Nantinya pembayar akan mendapatkan notifikasi keuangan bahwa pembayaran SpayLater telah diterima. Kemudian, limit SpayLater akan dikembalikan setelah pembayaran berhasil dilakukan. Pembayaran juga dapat dilakukan secara rangkap, tinggal mencentang sampai mana hendak dibayarkan.

Cara Membayar Lunas SpayLater

Membayar tagihan SpayLater selain dicicil, melunasi langsung angsuran SpayLater pun dapat dilakukan. Nantinya pengguna akan mendapatkan notifikasi tagihan sebelum 10 hari jatuh tempo angsuran. Rincian-rincian pembayaran SpayLater nantinya akan muncul di tiap bulannya sesuai jatuh tempo yang dipilih.

Adapun untuk cara bayar SpayLater langsung lunas, dapat dengan mengikuti langkah berikut ini:

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Shopee kemudian menuju menu “SpayLater.”
  • Selanjutnya menuju menu “Tagihan Bulan Depan” dan pilih semua jumlah cicilan yang harus dibayarkan.
  • Pastikan semua telah tercentang, lalu klik “Bayar Sekarang.”
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan untuk melunasi SpayLater.
  • Setelah memilih metode pembayaran, klik “Konfirmasi” nantinya akan muncul kode virtual account.
  • Virtual account yang tertera tersebut yang digunakan untuk membayar SpayLater dengan metode yang dipilih.
  • Lakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang dipilih.

Metode yang dapat dipilih sangat beragam, pengguna dapat memilih membayar dengan mobile banking bank BCA, Mandiri, BRI, BNI, dan lainnya. Pembayaran dapat pula dilakukan melalui ATM langsung, dan dapat pula melalui mitra Shopee. Jangan lupa untuk menyalin kode virtual account.

Sejumlah Fakta Dari SpayLater

Dengan adanya cara bayar SpayLater ini semakin memudahkan seseorang dalam berbelanja, sehingga mereka dapat membayarkan dengan pinjaman dari Shopee tersebut. Seorang pengguna SpayLater harus memenuhi syarat agar bisa digunakan. Inilah sejumlah fakta dari penggunaan SpayLater!

1. Keamanan Telah Terjamin

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pinjaman dengan SpayLater ini telah terjamin amannya. Hal ini karena semua aktivitas simpan pinjam SpayLater telah diawasi oleh badan otoritas keuangan. Semua data pemilik pun sudah dijamin terjaga privasinya, karena hanya digunakan sesuai undang-undang.

Jika masih ragu mengenai keamanan dari Shopee PayLater, pengguna dapat bertanya langsung dengan customer service Shopee. Pihak Shopee pasti akan membantu segala keluhan dari konsumen mereka.

2. Layanan CS yang Cepat

Shopee terkenal dengan layanan mereka yang sangat baik dan cepat. Apabila terdapat sebuah masalah saat menggunakan layan SpayLater, pengguna dapat menghubungi customer service. Layanan tersebut selalu tersedia selama 24 jam, dan sangat cepat balasannya.

Alternatif lainnya, apabila CS tidak segera membalas atau belum puas, pengguna dapat menghubungi melalui email atau telepon. Pihak Shopee pasti akan langsung memberikan performa yang terbaik untuk mengatasi permasalahan para konsumennya.

3. Aktivasi yang Mudah

Untuk bisa mengaktifkan layanan Shopee PayLater sangatlah mudah dan tidak memerlukan syarat yang sulit. Adapun syaratnya, sebagai berikut:

  • Pengguna harus telah terdaftar dan terverifikasi sebagai pengguna aktif Shopee.
  • Usia akun pengguna haruslah minimal 3 bulan.
  • Pengguna harus sering menggunakan Shopee untuk bertransaksi.
  • Aplikasi haruslah update pada versi terbaru.

Untuk aktivasi, pengguna hanya diperlukan data berupa kartu identitas atau KTP saja. Kemudian, nanti akan dilakukan verifikasi wajah. Sudah pasti data pribadi berupa KTP untuk aktivasi pinjaman PayLater ini terjamin aman. Shopee akan menyimpan semua data dengan membatasi akses penggunaanya.

4. Pembayaran Tagihan yang Sederhana

Menggunakan pinjaman SpayLater, artinya harus wajib untuk membayar tagihan pinjaman tersebut sesuai dengan angsuran yang dipilih. Terdapat 3 periode cicilan yang disediakan oleh Shopee, yakni dengan 1 kali hingga 12 kali cicilan.

Bunga yang ditawarkan oleh SpayLater ini pun sangat kecil, dan tiap penggunanya memiliki tenggat waktu yang berbeda. Proses transaksi pun transparan, semua informasi tentang perhitungan bunga akan otomatis muncul juga ketika melakukan check out dengan SpayLater.

5. Limit Bertambah Sesuai Jumlah Transaksi dengan Shopee

Sudah dijelaskan sebelumnya, SpayLater walau memiliki bunga kecil tetapi memiliki limit yang dapat berubah dengan menyesuaikan tingkat belanja dengan Shopee. Apabila sering berbelanja dengan menggunakan Shopee, maka limit kredit akan meningkat.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan pembayaran dengan SpayLater pada tiap pembelian barang di Shopee agar limit bisa meningkat. Serta, jangan lupa untuk selalu membayar cicilan SpayLater dengan tepat waktu tiap bulannya. SpayLater akan memudahkan dalam bertransaksi di Shopee.

Demikian pembahasan mengenai cara bayar SpayLater secara berangsur atau langsung dilunasi. Prosesnya tidaklah lama, dan informasi mengenai pembayaran bisa langsung diterima oleh penggunanya. Jangan sampai lupa untuk membayarnya secara tepat waktu tiap bulan.