cara bayar lazada paylater lewat alfamart

Begini Cara Bayar Lazada Paylater di Alfamart dengan Mudah

Paylater di Lazada merupakan salah satu metode pembayaran yang ditujukan untuk memudahkan konsumen untuk membeli barang dan membayar kemudian. Perlu diketahui cara bayar Lazada paylater di Alfamart agar konsumen tidak merasa kesulitan untuk mengangsur per bulan.

Seperti yang diketahui, Lazada kini menjadi salah satu platform belanja online yang sudah dapat paylater alias beli sekarang bayar nanti. Membayar angsuran per bulan dapat dilakukan melalui berbagai metode pula, salah satunya di minimarket Alfamart.

Lazada paylater memberikan limit pinjaman atau kredit paylater sebesar sekitar Rp2.500.000,- dengan jumlah cicilan dapat dipilih. Beberapa cara diperlukan pengguna untuk mendapatkan rincian kode pembayaran agar bisa membayarkannya di Alfamart.

Cara Mendapatkan Kode Pembayaran Lazada Paylater

Sebelum mengetahui cara bayar Lazada Paylater di Alfamart, konsumen harus terlebih dahulu tahu bagaimana mendapatkan kode pembayaran. Kode yang berjumlah belasan digit ini merupakan deretan kode yang nantinya akan diserahkan kepada kasir untuk memasukkan pembayaran.

Kode ini selalu memiliki waktu kadaluarsa alias batas akhir pembayaran sebelum kode tersebut hangus dan tidak bisa membayar. Sebetulnya, jika terjadi hal tersebut pengguna hanya tinggal mengulangi proses mendapatkan kode untuk memperoleh kode pembayaran baru.

Buka Aplikasi Lazada

Untuk mendapatkan kode pembayaran, tentunya konsumen harus membuka aplikasi Lazada terlebih dahulu sebab semua fitur ada di sana. Segala menu pembayaran mulai dari pembayaran aplikasi digital, asuransi, dan limit paylater tertera di layar utama aplikasi.

1. Pilih Menu Limit Paylater

Dalam menu ini, layar aplikasi akan menunjukkan berapa jumlah nominal paylater yang harus dibayarkan pada bulan tersebut. Jumlah nominal ini harus segera dibayarkan sedemikian rupa terutama jika waktu sudah mendekati batas akhir pembayaran bulan ini.

2. Pilih Opsi Pelunasan Dipercepat

Konsumen telah mendapatkan informasi berupa nominal tagihan, nilai yang belum ditagih hingga nilai total untuk dilunasi, pilih lanjutkan. Pelunasan dipercepat ini artinya konsumen dapat membayarkan cicilan paylater tersebut dengan waktu yang belum memasuki masa penagihan.

3. Pilih Opsi Metode Pembayaran di Alfamart

Ini adalah cara bayar Lazada Paylater di Alfamart yang utama, yakni memilih metode pembayaran untuk melunasi tagihan bulan tersebut. Berbagai metode terdapat di menu metode pembayaran ini, yakni Lazada Credit, Counter, Instant Debit, hingga KlikBCA.

Untuk membayarkan paylater via Alfamart, konsumen dapat memilih Bayar di Counter yang artinya beberapa pembayaran minimarket Indonesia. Alfamart, salah satu yang dapat melakukan pembayaran Lazada Paylater selain beberapa minimarket lainnya yang juga bekerjasama dengan Lazada.

4. Checkout Pembayaran Paylater

Ini seperti checkout pemesanan barang secara online pada umumnya, hampir tidak ada beda dengan platform marketplace lain. Hanya berbeda di nama barang yang akan dipesan atau dibeli, sedangkan beberapa informasi lain tertera lengkap di sana.

Setelah memastikan jumlah nominal pembayaran serta metode yang dilakukan, konsumen dapat melakukan konfirmasi atau checkout pembayaran. Di layar, konsumen dapat memilih opsi ‘Buat Pesanan’ dengan jumlah tagihan yang disebutkan serta keterangan penting seperti total tagihan.

5. Salin Kode Pembayaran dan Simpan

Setelah melakukan checkout, Lazada akan menampilkan status transaksi berupa nama barang pesanan, nomor pelanggan, jumlah nominal hingga nomor pembayaran. Nomor ini adalah kode acak yang digunakan untuk membayar kepada kasir Alfamart senilai nominal yang tertera.

Baca dan cermati apabila ditemukan beberapa keterangan tambahan di layar status transaksi pemesanan barang Lazada. Keterangan tambahan itu dapat berupa tata cara pembayaran di Alfamart lengkap dengan tips yang dapat dilakukan pengguna agar tidak kesulitan.

Cara Membayar Lazada Paylater di Alfamart

Selain beberapa poin di atas, adapun cara bayar Lazada Paylater di Alfamart haruslah mengunjungi minimarket tersebut untuk membayar. Beberapa tips penting dan berguna akan dipaparkan artikel ini untuk mempermudah konsumen berbelanja dengan metode bayar nanti.

Membayar Lazada Paylater di Alfamart dapat dilakukan dengan amat mudah, tidak perlu banyak melakukan prosedur. Asalkan pengguna atau konsumen sudah mendapatkan kode pembayaran, proses sudah bisa dilakukan dengan cara yang dapat dilakukan seperti berikut ini.

1. Kunjungi Alfamart

Konsumen dapat langsung mengunjungi Alfamart terdekat dengan membawa beberapa persyaratan yang digunakan untuk pembayaran. Sebelum pergi ke Alfamart, pengguna dapat menyiapkan nomor pembayaran yang harus diberikan sesuai dengan cara-cara di atas kemudian menyerahkannya ke kasir.

Pastikan, belasan digit kode pembayaran tidak ada kesalahan sehingga pembayaran dapat diproses dalam waktu yang singkat saja. Jangan lupa juga untuk memperhatikan batas kadaluarsa kode pembayaran tersebut, jika sudah terlambat pembayaran tidak akan dapat diproses.

2. Berikan Kode Pembayaran kepada Kasir

Konsumen dapat langsung menemui kasir dan menyerahkan kode pembayaran sesuai dengan yang tertera di info transaksi. Kemudian membayar sejumlah nominal tersebut pada waktu yang tepat sehingga proses transaksi pembayaran dapat berjalan dengan normal dan cepat.

Catatan penting bahwa batasan waktu pembayaran biasanya berlangsung hingga 1×24 jam masa aktif kode pembayaran. Setelah itu, pengguna atau konsumen tidak dapat menggunakan kode tersebut dan harus mendaftarkan kode yang baru untuk pembayaran Lazada Paylater.

3. Berikan Uang Sejumlah Nominal yang Diperlukan

Kasir akan memastikan kepada konsumen tentang atas nama pembelian serta jumlah nominal tagihan yang akan dibayar. Setelah nominal dipaparkan, konsumen Lazada Paylater dapat langsung membayarkan uang sesuai dengan jumlah yang disebutkan oleh kasir Alfamart tersebut.

Perlu diingat pula, beberapa pembayaran yang dilakukan di Alfamart kebanyakan akan dikenakan biaya admin. Maka dari itu, pengguna harus melebihkan sedikit uang yang dibawa agar tidak kesulitan saat kasir menyebutkan total pembayaran disertai biaya administrasi.

4. Proses Pembayaran dan Dapatkan Bukti

Setelah melakukan pembayaran, sistem akan memproses terkirimnya uang tersebut kepada pihak Lazada dan dipastikan berhasil. Jika proses sistem sudah selesai, kasir akan memberikan struk atau bukti pembayaran serta informasi bahwa pembayaran tagihan Paylater sudah berhasil.

5. Biaya Admin

Salah satu kebijakan yang terdapat di minimarket bernama Alfamart ini adanya biaya admin yang ditetapkan di beberapa jenis pembayaran. Namun, meski begitu hal ini bukanlah merupakan hal yang besar karena biaya yang dikeluarkan tidaklah banyak.

Biaya administrasi untuk membayar Lazada Paylater di Alfamart serta biaya administrasi oleh beberapa minimarket lain hanya ditetapkan sebesar Rp2.500,-. Konsumen Lazada tidak akan terlalu merasa keberatan untuk membayarkan biaya administrasi sebesar nominal yang disebutkan itu.

Itulah tahapan atau cara bayar Lazada Paylater di Alfamart dan berbagai ketentuannya sebelum mendapatkan kode pembayaran. Sekarang, konsumen Lazada tidak perlu lagi merasa bingung dan ragu jika untuk menggunakan metode paylater agar dapat belanja sepuasnya.

Namun, perlu diingat bahwa paylater ini merupakan pembayaran sistem kredit dan perlu dibayarkan secara tepat waktu. Ada beberapa konsekuensi seperti yang dijelaskan sebelumnya akan dihadapi apabila konsumen tidak membayar tepat pada waktu sesuai deadline.

Adakalanya bukti pembayaran dapat disimpan, tetapi tidak pun tidak mengapa karena riwayat pembayaran otomatis tersimpan di akun Lazada. Hanya, konsumen wajib memperhatikan setiap tanggal dan jumlah angsuran di Lazada Paylater.