cara bayar pbb online mandiri

Inilah Cara Bayar PBB Online Mandiri dan Kelebihannya

Secara umum, pembayaran PBB dapat dilakukan melalui offline maupun online dengan efisien. Wajib pajak bisa bertransaksi lewat e-commerce, Kantor Pos serta bank, terutama Mandiri. Cara bayar PBB online Mandiri juga terkenal simple dan prosesnya cepat.

Wajib pajak cukup mengunduh dan install aplikasi perbankan di ponsel. Kemudian, lakukan login ke akun terdaftar dan tinggal mengikuti prosedur selanjutnya. Biasanya wajib pajak diminta mengisi tahun pembayaran, NOP, domisili, dan lainnya.

Setelah itu, informasi mengenai tagihan PBB akan muncul secara otomatis di aplikasi. Wajib pajak dapat segera membayar pajak sesuai nominal tertera. Berikut ini pembahasan selengkapnya mengenai cara bayar PBB di bank Mandiri online:

Apa PBB?

Pajak ini merupakan pungutan bagi pemilik objek pajak bumi dan bangunan yang wajib dibayarkan agar bisa memberikan manfaat bagi pemilik. Pajak ini sifatnya material dengan besaran tarif berdasarkan luas dan kondisinya.

Bangunan dan tanah yang masuk ketentuan disebut sebagai objek PBB. Objek bisa berupa bangunan serta bumi antara lain rumah tinggal, tanah, kebun, gedung, sawah, pekarangan, dan lainnya. Nantinya pembayaran tagihan wajib dilakukan oleh subjek pajak.

Selanjutnya, proses pembayaran pajak harus tepat waktu setelah subjek menerima SKP, SPPT, dan STP dari kantor pelayanan pajak daerah. Subjek pajak bisa membayar tagihan melalui Kantor Pos atau giro dan bank.

Bisakah Membayar PBB Secara Online?

Wajib pajak kini semakin dimudahkan dengan pembayaran tagihan PBB secara online. Pelayanannya tentu dilakukan secara mandiri melalui aplikasi seperti e-wallet, e-commerce serta m-banking. Jadi, wajib pajak tidak harus mengantri di kantor pelayanan terdekat.

Pembayaran online ini sudah terintegrasi, sehingga proses transaksi bisa dilakukan di seluruh Indonesia. Bahkan wajib pajak tidak terikat pada jam operasional dan lebih fleksibel. Selain itu, proses validasinya cepat tanpa harus menunggu petugas untuk melayani.

Wajib pajak bisa langsung bertransaksi melalui Kantor Pos maupun bank pilihan, misalnya Mandiri. Cara bayar PBB online Mandiri dan bank lain pada dasarnya tidak terlalu berbeda. Meski begitu, wajib pajak harus memperhatikan prosedurnya dengan baik.

Wajib pajak cukup membuka aplikasi perbankan, lalu login ke akun yang dimiliki. Kemudian, pergi ke menu tagihan atau pajak untuk melakukan transaksi. Cantumkan tahun pembayaran serta NOP (Nomor Objek Pajak) yang sesuai.

Selanjutnya, masukkan nama dan jumlah pajak yang tertera di SPPT. Wajib pajak bisa segera membayarnya berdasarkan nominal tagihan yang ditentukan. Jika berhasil, ambil screenshot dan simpan sebagai bukti telah membayar pajak PBB.

Cara Bayar PBB Online Mandiri

Pembayaran PBB kini semakin praktis karena sudah terintegrasi secara online dengan sejumlah bank, terutama Mandiri. Cara bayar PBB online Mandiri juga dikenal gampang dan prosesnya cepat. Berikut ini beberapa cara pembayaran online yang ditawarkan Mandiri:

1. Menggunakan M-Banking Mandiri

M-banking menjadi pilihan tepat untuk melakukan transaksi online dengan beragam fitur di dalamnya. Nasabah bahkan bisa melakukan pembayaran pajak hanya dengan sekali klik lewat aplikasi. Inilah langkah membayar PBB online via m-banking Mandiri sebagai berikut:

  • Langkah pertama, pastikan telah menginstall aplikasi m-banking Mandiri di ponsel.
  • Jalankan aplikasi dan login ke akun yang sudah terdaftar m-banking.
  • Selanjutnya, pergi ke menu “Pembayaran” serta klik opsi “PBB”.
  • Barulah masukkan informasi seperti Nomor Objek Pajak (NOP) dan tahun.
  • Setelah itu, informasi tagihan pajak akan muncul secara otomatis.
  • Terakhir, tinggal selesaikan pembayaran sesuai nominal pajak yang tertera.

2. Melalui Livin’ by Mandiri

Selain m-banking, wajib pajak bisa membayar tagihan dengan praktis lewat Livin’ by Mandiri. Aplikasi perbankan ini dilengkapi berbagai fitur yang mempermudah proses transaksi serta mengatur rekening. Berikut ini langkah yang perlu diikuti untuk bayar PBB:

  • Unduh dan install aplikasi Livin’ by Mandiri di ponsel terlebih dahulu. Lalu, lakukan sign up atau login ke akun yang terdaftar.
  • Buka menu “Pembayaran” dan pilih opsi “Penerimaan Negara”.
  • Kemudian, klik kolom “Penyedia Jasa” untuk memilih opsi pembayaran PBB online.
  • Lanjutkan dengan mengisi kolom NOP, Tahun Pajak serta Deskripsi.
  • Jika selesai, detail tagihan pembayaran PBB akan otomatis muncul di layar.
  • Setelah melakukan konfirmasi, segara lakukan proses pembayarannya dengan mencantum PIN Mandiri.

3. Membayar Lewat ATM

Cara pembayaran PBB ini bisa diterapkan untuk transaksi lewat e-commerce atau website. Wajib pajak diberi kebebasan untuk memilih metode pembayaran, terutama via ATM. Berikut ini langkah-langkah membayar PBB di ATM Mandiri, antara lain:

  • Pertama, datangi lokasi ATM Mandiri terdekat untuk melakukan transaksi.
  • Kemudian, masukkan kartu debit dan nomor PIN dengan hati-hati.
  • Cari menu “Pembayaran” di layar dan klik opsi “Pajak”.
  • Lanjutkan dengan mengisi data seperti Tahun Pembayaran PBB serta NOP yang dimiliki.
  • Jika selesai, laman konfirmasi akan menampilkan detail informasi berupa Nama Wajib Pajak, Tagihan, serta Objek Pajak. Pastikan informasi tersebut sudah benar agar bisa melanjutkan ke proses pembayaran.
  • Terakhir, lakukan pembayaran sesuai nominal pajak dan simpan struk jika transaksi selesai. Struk tersebut nantinya diperlukan untuk proses konfirmasi kepada pihak Dispenda.

Keuntungan Membayar PBB Online di Bank Mandiri

Setelah mengetahui cara bayar PBB online Mandiri, tentu wajib pajak akan merasakan sejumlah keuntungan. Wajib pajak bisa lebih leluasa membayar tagihan tanpa terikat waktu dengan memanfaatkan aplikasi. Berikut ini keuntungan bayar PBB online via Mandiri:

1. Lebih Fleksibel

Layanan pembayaran online PBB kini tersedia melalui m-banking maupun Livin’ by Mandiri. Wajib pajak memiliki waktu lebih fleksibel tanpa harus pergi ke ATM atau bank langsung. Jadi, cukup membuka aplikasi serta memanfaatkan fitur yang tersedia.

Pastikan wajib pajak telah memenuhi syarat dan ketentuan jika ingin melakukan pembayaran via online. Selain itu, ikuti prosedur yang ada di aplikasi untuk menghindari kesalahan selama prosesnya.

2. Layanan Terintegrasi

Pembayaran pajak umumnya dapat dilakukan secara offline maupun online. Wajib pajak dapat membayarnya lewat kantor pos maupun bank persepsi. Mandiri menjadi salah satu bank yang bisa dipilih untuk membayar tagihan PBB.

Bank Mandiri telah memiliki sistem yang terintegrasi, sehingga memudahkan wajib pajak untuk bertransaksi secara online di seluruh Indonesia. Wajib pajak bisa mengakses layanannya melalui aplikasi Livin’ by Mandiri serta m-banking.

3. Efektif dan Efisien

Membayar secara online berarti mempersingkat waktu dan tenaga. Wajib pajak tidak perlu mendatangi kantor pelayanan setempat, mengantri maupun menunggu petugas untuk melayani. Semua bisa dilakukan dari mana saja dengan memanfaatkan aplikasi di ponsel.

Cara ini tentu lebih efisien dan efektif dibandingkan membayar pajak via offline. Wajib pajak dapat membayarnya melalui m-banking, e-commerce hingga e-wallet dengan gampang. Tentunya terdapat syarat serta ketentuan yang perlu diperhatikan untuk proses transaksi.

Demikian pembahasan tentang cara bayar PBB online Mandiri. Wajib pajak dapat memanfaatkan aplikasi perbankan seperti m-banking serta Livin’ by Mandiri untuk bertransaksi.

Prosesnya pun cukup cepat dan aman, sehingga tidak perlu repot membayar pajak via offline. Tentunya wajib pajak harus terdaftar atau memiliki akun di aplikasi perbankan tersebut.

Jika belum memilikinya, wajib pajak disarankan untuk mengurusnya secara online atau mendatangi langsung bank Mandiri terdekat. Aplikasi tersebut juga tersedia gratis dan bisa diakses lewat iOS maupun Android.

Selain itu, tersedia beragam fitur yang memudahkan proses transaksi. Layanan ini sudah terintegrasi dengan baik, sehingga bisa diakses di mana saja di seluruh Indonesia.