game moba ringan buat pc

10 Rekomendasi Game Moba Ringan Buat PC Spek Low End

Artikel ini terakhir diperbarui pada 26 Januari 2023.

Moba merupakan salah satu genre permainan video yang sangat populer di dunia bersaing dengan genre FPS. Untuk pemula, genre game tersebut bukanlah pilihan yang tepat karena terbilang rumit. Perlu diketahui bahwa ternyata ada game moba ringan buat PC.

Oleh karenanya, banyak yang menginginkan game dengan pilihan genre mudah dan juga ringan. Lantas apa saja game MOBA yang ringan dan juga mudah yang dapat dimainkan di PC? Untuk lebih jelasnya, berikut ada deretan rekomendasi game moba ringan buat PC, diantaranya:

1. League Of Legends

Urutan pertama untuk game moba ringan buat PC adalah League of Legends. Permainan yang dibuat riot games ini sukses dikenal dunia berkat gameplay nya yang bisa dibilang lebih sederhana jika dibandingkan dengan dota 2 dari valve.

Bukan cuma mengandalkan hal itu saja, league of legends juga lebih ringan dan bisa cocok hampir di segala jenis spesifikasi termasuk untuk perangkat low end. Tak heran jika aplikasi ini mampu bertahan hingga sekarang.

Game ini kembali lagi ke tangan riot games usai sebelumnya dipegang garena di kawasan SEA. Sementara itu, untuk spesifikasi yang dibutuhkan perangkat juga terbilang ringan.

Hal ini karena dengan minimal spesifikasi yang rendah sudah mendukung untuk memainkan game ini. Misalkan spesifikasi minimum untuk memainkan game ini minimal adalah ram 2 Gb dengan prosesor 2 GHz.

2. Dota 2

Permainan sejuta umat ini menjadi pelopor permainan dengan genre MOBA. Awal dari popularitas genre permainan MOBA yang bermunculan sekarang ini berawal dari DOTA yang sudah hadir sejak satu dekade silam.

Permainan ini awalnya hanyalah sebuah map dari game real time strategy yang populer pada saat itu yakni warcraft III. Kemudian berubah menjadi Dota 2 saat diumumkan dan dirilis hingga sekarang yang menjadi game populer.

Tidak seperti permainan lain yang hanya populer beberapa saat saja, DOTA ini sangat menjaga keberlangsungan komunitasnya. Terbukti hingga sekarang komunitas dan fans dari permainan ini masih sangat loyal dengan pemainnya yang banyak hingga jutaan pemain.

Permainan ini tidak membosankan karena selalu membawakan sesuatu yang baru. Apalagi soal dunia esports yang tidak bisa dipisahkan dari Dota 2. Turnamen mereka yang bertajuk The International menjadi event yang selalu ditunggu jutaan gamers di seluruh dunia.

3. Smite

Jika tidak mau bermain moba seperti kebanyakan moba lainnya, permainan ini bisa jadi andalan. Smite membawa gaya baru di dunia genre permainan MOBA dengan sudut pandang sebagai Third Person.

Ada sebanyak 80 karakter berbeda yang bisa dimainkan disini dan gaya memainkannya juga sangat berbeda. Pemain bisa menjalankan karakternya sesuka hati dengan controller atau keyboard secara langsung.

Jadi jika pernah memainkan beberapa game action semacam dynasty warriors pemain akan mengalami hal yang serupa. Spesifikasi yang dibutuhkan agar menjalankan game ini dengan minimum cukup rendah dimana pemain bisa menggunakan Intel core 2 duo atau yang setara dikelasnya.

RAM minimal 2GB diperlukan untuk menjalankan game ini ditemani VGA card yang mendukung seperti NVIDIA 8800 GT atau yang setara. Tidak lupa juga untuk menyisakan slot sebesar 10GB untuk penyimpanan game tersebut.

5. Vainglory

Dikenal sebagai permainan MOBA untuk mobile, ternyata vainglory juga memiliki versi untuk PC. Sejak awal dibuat memang Vainglory ini ingin para pemainnya bisa memainkan game ini di cross platform alias bisa dimainkan di semua device tanpa ada batasan.

Sejak awal kemunculannya permainan ini menawarkan sesuatu yang menarik dimana pemain akan dihadapkan pada arena bertarung 3v3. Namun karena ingin mengikuti perkembangan, vainglory juga menghadirkan pertarungan 5v5 yang lebih menantang untuk pemainnya.

Karena sejak awal memang dibuat untuk mobile, grafis yang diberikan juga cukup ringan namun tetap memukau. Jadi untuk sebagian besar PC ini, bukanlah tantangan besar memainkan permainan ini.

6. Heroes of Newerth

Permainan dengan genre MOBA ringan buat PC selanjutnya ini bisa dimainkan secara gratis. Berbeda dengan dua game sebelumnya, permainan ini masih mengadopsi MOBA gaya lama yang bisa dimainkan secara normal MOBA pada umumnya.

Gaya bermain yang tidak jauh berbeda dengan Dota 2 dan LoL membuat pemain bisa terbiasa tanpa harus banyak beradaptasi lagi. Grafis yang disuguhkan juga menarik bahkan tak kalah bagus dengan dua game  yang lebih populer tadi.

Uniknya permainan ini bisa dimainkan di banyak platform. Sebut saja sistem operasi lain seperti Linux dan Mac OS bisa memainkan game ini dengan lancar. Bagi yang menggunakan linux pasti akan senang mendengar ini karena tidak banyak game yang bisa berjalan pada sistem operasi tersebut.

Untuk memainkan game ini, pemain harus memiliki device dengan GPU minimal NVDIA FX 5000 series atau setara. Minimal spesifikasi lain yang harus dipenuhi seperti prosesor pentium 4 serta ditemani RAM minimal 1GB saja.

7. Heroes of The Storm

Tidak ingin kalah dari valve dan riot games, studio game besar yang melahirkan banyak game ternama seperti Overwatch, yakni Blizzard juga mengeluarkan game dengan genre moba. Heroes of the storm menjadi game yang dibanggakan blizzard karena gameplay yang menarik.

Permainan ini adalah perpaduan dari beberapa game yang pernah hadir dari Blizzard terlebih dahulu seperti Overwatch dan Warcraft. Jadi buat pemain yang sudah hafal dengan game dari blizzard heroes of the storm ini, akan menjadi game yang sangat menarik.

Permainan ini bisa didapatkan dengan gratis lewat platform permainan Blizzard yakni Battle.net. Meski gratis didalamnya ada berbagai jenis micro payment yang bisa dilakukan untuk mempercantik permainan seperti skin dan semacamnya jika diperlukan.

8. Strife

Bisa dibilang ini menjadi game moba yang paling ringan saat ini, karena hanya membutuhkan sedikit penyimpanan saja. Bahkan permainan ini bisa dijalankan di OS jadul sekalipun macam Windows XP. GeForce 8600 saja sudah lebih dari cukup untuk menjalankan permainan ini.

9. Gigantic

Permainan ini mengembangkan gaya bermain third person yang sempat diusung beberapa game Moba lain. Visualnya keren dan juga ringan membuat permainan ini enak, untuk dimainkan dan juga tidak buruk untuk dilihat.

Untuk memainkan permainan ini cukup diperlukan sebuah GPU GTX 590 atau yang setara dengan RAM 6 GB minimal. Processor 2.6 GHz juga sudah cukup untuk memainkan game ini ditambah ukurannya yang tidak terlalu berat untuk PC.

10. Paragon

Game Moba ringan buat PC ini baru saja hadir di Steam dan sudah dimainkan oleh publik setelah sebelumnya masih berbentuk beta. Untuk memainkan game ini perangkat yang dibutuhkan minimal memiliki GPU dengan GTX 460 atau yang setara.

Memori minimal yang diperlukan untuk game ini sebesar 4 GB sudah bisa menjalankannya dengan cukup lancar jika ditemani core i5 2.5 GHz. Untuk game baru di tahun 2022 rasanya spesifikasi yang diminta tidak terlalu berlebihan dan tergolong ringan jika dibandingkan dengan permainan lain yang sekelas.

Demikian beberapa rekomendasi untuk game Moba ringan buat PC yang bisa dimainkan dengan spesifikasi rendah. Game PC dikenal membutuhkan spesifikasi tinggi untuk beberapa game terkenal, namun untuk Moba spesifikasi yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi.