Game PSP Petualangan Terbaik

7 Game PSP Petualangan Terbaik, Bisa di Smartphone Juga

Artikel ini terakhir diperbarui pada 25 Januari 2023.

PlayStation Portable atau dikenal dengan PSP tetap menjadi favorit di tengah banyaknya macam permainan, terlebih genre petualangan. Game PSP petualangan terbaik umumnya dipilih lantaran memiliki gameplay seru dengan desain grafis mumpuni. 

Dimana gameplay yang ditawarkan tidak hanya sekedar berkonsep petualangan namun mampu menantang para pemain. Sementara desain grafis turut melengkapi game dalam menyajikan permainan yang menarik.

Game PSP petualangan dapat dimainkan melalui perangkat pribadi seperti smartphone, tidak terbatas pada console. Tentunya ini membuat game semakin mudah diakses oleh siapapun.

Berikut akan dijabarkan apa saja game PSP petualangan yang mendapat dukungan sistem perangkat smartphone. Silahkan simak dengan baik baru kemudian dicoba.

List Game PSP Petualangan Terbaik

Ada sejumlah permainan yang masuk dalam daftar terbaik dan bisa diakses lewat smartphone. Masing-masing game memiliki tantangan berbeda yang harus dilalui pemain, inilah daftarnya:

1. Silent Hill Origins

Bagi pecinta misteri, game petualangan PSP bernama Silent Hill Origins dapat menjadi salah satu pilihan. Gameplay memberikan tugas yang mewajibkan setiap pemain membunuh hantu.

Keseruan dan ketegangan akan dirasakan saat memasuki dunia gelap yang dikelilingi para hantu. Agar selamat, strategi membunuh hantu yang benar perlu diperhatikan dengan baik.

Kalau tidak berhasil membunuh, maka hantu dapat melukai yang artinya kemenangan sulit didapatkan. Oleh karenanya sebisa mungkin fokuslah pada tugas yang diberikan.

Untuk dapat memainkan game diperlukan ruang penyimpanan sebesar 600 MB. Lalu konsol yang bisa dipakai PSP emulator khusus Android.

2. Obscure The Aftermath

Apabila sebelumnya game petualangan gameplay mengharuskan membunuh hantu lain halnya dengan permainan berikut. Obscure The Aftermath menyajikan gameplay dengan keangkeran sekolah bersama monster pembunuh.

Terdiri dari 8 pelajar yang nantinya membantu melawan monster dan mengeluarkan teman-teman secara selamat. Keseruan muncul dengan level bertingkat yang dilewati sampai berhasil menyelesaikan game.

Untuk yang ingin bermain sebaiknya menyediakan ruang penyimpanan smartphone sekitar 700 MB. Kalau tidak berani memainkannya sendirian, ajak teman agar dapat menemani.

3. Grand Theft Auto

Mungkin game bernama Grand Theft Auto (GTA) sudah sangat familiar di kalangan para Gamers. Pasalnya GTA sendiri cukup lama menemani khususnya seri yang berjudul San Andreas pada PS2.

Sayangnya hingga saat ini versi San Andreas belum juga tersedia pada PSP. Meskipun demikian penggemar tetap dapat menikmati melalui seri Liberty City dan Vice City.

Pada seri Vice City gameplay yang ditawarkan mulai dari menyelesaikan tugas, jalan-jalan, hingga membajak kendaraan. Akses open world yang dimiliki menambah GTA seri Vice City menjadi tidak membosankan.

Sementara seri Liberty City perbedaan terletak pada karakter yang diberikan. Bagi yang tertarik memainkannya di smartphone, GTA mendukung sistem operasi Android dan iOS. 

4. God of War Chains of Olympus

Game petualangan milik PSP yang dirilis empat belas tahun silam ini mengusung konsep pertarungan brutal. Desain grafis yang ditampilkan tidak kalah mumpuni dalam memberikan kesan permainan.

Pemain akan dibekali senjata yang mutakhir untuk melengkapi perlawanan terhadap musuh. Tidak terbatas pada senjata saja, gameplay juga memuat banyak kombo yang membantu dalam memenangkan pertarungan. 

Sementara dari karakter yang digunakan terbilang kuat sehingga tidak menyulitkan pemain. Walaupun begitu, agar bisa menyelesaikan gameplay dengan baik tentu perlu fokus selama bertarung. 

5. Naruto Shippuden Ninja Impact

Penggemar anime sepertinya bisa mencoba Naruto Shippuden Ninja Impact sebagai pilihan game PSP genre petualangan. Game Naruto dirilis sekitar tahun 2011 dengan konsep pertarungan yang tak kalah menantang.

Karakter yang ditampilkan dalam permainan menggunakan karakter asli layaknya di anime asli. Artinya pemain dapat merasakan kesan seru yang tidak berbeda dari seri anime.

Mode permainan dilengkapi dengan jurus-jurus yang tidak sedikit jumlahnya untuk melawan musuh. Misalnya jurus kagebunshin no kursi yang merupakan jurus jitu dari karakter Naruto Sennin Mode.

Apabila tertarik mencoba game PSP petualangan terbaik ini maka siapkan ruang kurang lebih 1 GB. Alasannya karena permainan memiliki spesifikasi ukuran file sebesar 900 MB yang dikhawatirkan kalau tidak mencukupi, game tidak dapat dimainkan.

6. Harvest Moon

Berlanjut ke game yang memadukan petualangan dengan simulasi, Harvest Moon yang terdiri atas dua seri. Pertama, Hero of Leaf Valley yang menyajikan mode permainan berkebun dan berternak.

Kedua, seri Boy & Girl yang terdapat karakter perempuan di dalamnya. Meskipun petualangan tidak sebanyak game PSP genre petualangan sebelumnya, Harvest Moon bisa dicoba.

Dimana keseruan petualangan yang diperoleh bukan dengan menjelajah atau bertarung. Namun cenderung bagaimana rasanya mengelola kebun dan ternak sendiri dengan cukup baik.

7. Harry Potter

Untuk game petualangan selanjutnya datang dari permainan yang kental akan dunia sihir menyihir. Salah satu serial Harry Potter, The Order of The Phoenix diangkat ke dalam sebuah game bertajuk petualangan fantasi sihir.

Tidak perlu khawatir dengan gameplay yang ditawarkan, karena developer mengembangkan game sesuai alur aslinya. Disini pemain dapat menjelajah dan harus mampu mengendalikan karakter dalam mengalahkan musuh (penyihir jahat).

Apabila di awal-awal permainan masih sedikit kesulitan tidak mengapa. Asalkan kedepannya lebih berusaha lagi memahami game agar dapat menjelajah dan memenangkan pertarungan antar penyihir.

Spesifikasi yang diberikan developer cukup ringan untuk sekelas game PSP, hanya sekitar 500 MB. Cara memainkannya pada perangkat smartphone bisa melalui emulator PPSSPP yang berdasarkan sistem operasi.

Persiapan Sebelum Memainkan Game PSP Petualangan Terbaik 

Meskipun list game petualangan versi PSP yang dapat diakses lewat smartphone sudah dijabarkan. Tetapi persiapan untuk memainkannya cukup penting diketahui oleh para pemain. Setidaknya ada 3 poin persiapan yang perlu diketahui:

  • Siapkan ruang penyimpanan pada smartphone. Persiapan pertama, dengan menyiapkan memori pada smartphone agar bisa menginstal game PSP dan tidak mengganggu kinerja sistem operasi perangkat.
  • Siapkan emulator PPSSPP. Selanjutnya cari emulator PPSSPP yang mendukung smartphone sehingga dapat memainkan kemudian lakukan pemasangan dengan mengikuti instruksi yang diberikan.
  • dan Pahami tema yang diusung game PSP. Persiapan terakhir adalah mengenal lalu memahami tema dalam game PSP petualangan yang ditawarkan oleh masing-masing developer untuk bisa memenangkan game.

Sedikit tambahan terkait emulator, disarankan mencari penyedia emulator terpercaya. Ini bertujuan supaya tidak menimbulkan dampak buruk pada smartphone yang digunakan sebagai akses game.

Itulah 7 game PSP petualangan terbaik yang bisa dimainkan melalui perangkat smartphone pribadi. Mengenai desain grafis pun developer game cukup serius dalam memanjakan para pemain.

Silahkan tentukan ingin mengambil tema atau konsep yang mana, apakah itu horor, misteri, pertarungan, atau fantasi sihir. Karakter yang ditampilkan memiliki keunggulan sesuai jalannya gameplay.

Bagi yang ingin memainkannya dalam smartphone pribadi, perlu memperhatikan ketersediaan ruang penyimpanan, emulator, dan pemahaman tema game. Ini karena sangat berpengaruh pada keberhasilan bermain.

Di samping mendukung game, sistem operasi dalam perangkat tidak akan terganggu apalagi rusak. Sebisa mungkin, jangan gara-gara game malah merusak sistem bawaan yang ada di smartphone