10 Game PSP Petualangan Ukuran Kecil, Cocok Buat Gaming di Jalan

Posted on

Adventure (petualangan) termasuk genre permainan yang menjadi favorit banyak orang, termasuk di PSP. Game PSP petualangan ukuran kecil semakin banyak dicari, karena seru dan tidak menghabiskan banyak memori. Genre petualangan memiliki banyak penggemar, karena menghadirkan tantangan baru.

Pemain akan dibuat penasaran kira-kira hal apa yang akan dihadapi pada tahap selanjutnya. Konsol PSP sendiri memiliki banyak game yang bertema petualangan. Meski termasuk game jadul, namun kualitasnya memang tidak diragukan.

Ingin kembali bernostalgia dan merasakan pengalaman baru? Sekarang pengguna Android juga dapat memainkan game PSP. Cukup menggunakan emulator PPSSPP, maka semua gamenya dapat dimainkan di smartphone. Mari simak rekomendasi terbaiknya di sini:

1. Silent Hill Origins

Rekomendasi pertama game PSP petualangan ukuran kecil ini bertema horor yang sudah diangkat menjadi film, yakni Silent Hill. Bukan sekadar horor, pemain akan dibawa menuju suasana mencekam dari sebuah kota yang tidak lagi dihuni manusia.

Permainan ini sangat atraktif karena banyak misi yang harus dihadapi. Pemain ditantang untuk menghabisi hantu yang bermunculan tanpa terduga di berbagai sudut kota. Dunia gelap di Silent Hill memiliki atmosfer yang membuat perasaan tidak nyaman, namun justru menambah keseruannya.

Tugas pemain yakni keluar dari tempat ini dengan selamat dan membunuh para hantu. Jadi bukan hanya horor, namun juga dipenuhi petualangan penuh aksi. Game ini ukurannya tidak sampai 1 GB, hanya 600 MB dan tersedia dalam Bahasa Inggris.

2. Harry Potter Order of the Phoenix

Game PSP petualangan ukuran kecil yang direkomendasikan berikutnya merupakan adaptasi dari serial novel dan film kenamaan dunia, Harry Potter. Hampir semua orang pernah mendengar tentang film petualangan fantasi bertema dunia sihir ini. Keseruan petualangannya kini juga bisa dirasakan langsung.

Melalui game, pemain bisa ikut terlibat serta dalam menghadapi berbagai misi dan petualangan baru yang mendebarkan. Game ini juga dapat dimainkan melalui Android dengan emulator PPSSPP. Ukurannya pun hanya 500 MB, terbilang kecil untuk game PSP.

3. Adventures to Go

Ingin memainkan game petualangan yang bertema kerajaan? Adventures to Go adalah pilihan yang tepat. Selain memiliki plot menarik, game ini juga berukuran lebih kecil dibandingkan permainan lainnya, hanya 94 MB. Dikisahkan seorang raja yang membutuhkan pertolongan pahlawan untuk menjaga kerajaannya.

Di sinilah akan ada karakter Finn Courtland, pemimpin pasukan yang akan menjalankan titah raja. Finn akan mencari pahlawan yang baru melalui kompetisi petualangan yang dinamakan To Go. Dalam ajang tersebut, pahlawan bukan saja mengandalkan kekuatannya.

Melainkan juga adu kepintaran seperti membuat strategi dan memanfaatkan ketersediaan sumber daya seperti senjata. Pemain akan berjuang dan melawan banyak pesaing untuk menjadi pahlawan terpilih.

4. Eragon

Bagi yang mencari game PSP petualangan ukuran kecil dengan tema naga, wajib memainkan Eragon. Game dengan ukuran 154 MB ini menghadirkan petualangan yang seru dengan naga setia.

Pemain akan menjadi Eragon, karakter yang membawa naga setianya untuk berpetualang mengalahkan para musuh. Sensasi menaiki naga, terbang bersama dan menyerang musuh menggunakan semburan api naga akan sangat seru.

Apalagi jika bermain dengan mode multiplayer bersama teman-teman. Tujuan akhir dari Eragon yakni memakai kekuatan terbesar yang tersimpan dalam tubuhnya.

5. Tomb Raider

Petualangan Tomb Raider termasuk permainan yang legendaris, bahkan diadaptasi menjadi bentuk film. Game PSP petualangan ukuran kecil ini juga dapat dimainkan di smartphone. Permainan fenomenal ini akan menempatkan pemain dalam misi khusus.

Misinya adalah berperan menjadi penyelundup. Tugas penyelundup adalah membunuh musuh-musuhnya. Perjalanan yang harus dilalui akan penuh rintangan sehingga cukup sulit untuk dilewati.

Pemain akan tertantang dengan berbagai kesulitan seperti memanjat, memanah, menembak, dan banyak lainnya. Game dengan grafis menarik ini bisa diunduh dengan ukuran 900 MB.

6. Obscure The Aftermath

Bagi pecinta genre horor dengan petualangan dan aksi, permainan ini sangat cocok. Di sini pemain akan berperan menjadi pelajar yang tersesat di sekolahnya sendiri.

Walaupun karakternya adalah pelajar, namun keseruannya dijamin terus bertambah seiring bertambahnya tingkat kesulitan. Sekolah para siswa ini dikenal angker, ditambah banyak monster yang menghuninya.

Pemain bertugas untuk menemukan teman-teman lain di penjuru sekolah, kemudian keluar bersama dengan selamat. Game berukuran 700 MB ini sanggup menghadirkan atmosfer yang membuat bergidik.

7. Dead to Rights: Reckoning

Berikutnya ada Dead to Rights, game PSP petualangan ukuran kecil yang juga kental akan unsur aksi. Dengan ukuran hanya 100 MB, permainan ini menghadirkan petualangan yang mengasyikkan untuk dijalani.

Dead to Rights menandai kembalinya sosok Jack State, dengan tampilan lebih keren. Pemain akan merasakan nuansa petualangan yang dilengkapi aksi sinematik ala Hollywood, yang juga terinspirasi gaya Hong Kong.

Ada banyak pembaruan di versi Reckoning seperti alur cerita, senjata, fitur, gaya, unsur artistik, dan lain-lain. Meski begitu, ceritanya tetap sama yakni menyelamatkan informan penting yang diculik.

8. Monster Hunter

Petualangan memburu dan mengalahkan monster sangat terasa dalam permainan berukuran 700 MB ini. Pemain akan berperan menjadi seorang pemburu, dengan misi membasmi para monster jahat yang merusak.

Rasakan serunya petualangan di berbagai titik dimana monster-monster bersembunyi. Grafis permainan ini sangat jernih dengan kualitas HD. Tidak sampai di situ, keseruannya terbukti dengan banyaknya gamer yang mengunduh Monster Hunter.

Banyak karakter yang menarik dan memiliki skill persenjataan keren sehingga membuat jatuh hati. Hal lain yang membuat Monster Hunter semakin mendebarkan adalah durasi permainannya yang seperti dunia nyata.

Jadi ketika diberikan waktu satu jam untuk menghancurkan musuh, waktu akan berjalan tepat seperto dunia nyata. Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri.

9. Prince of Persia: Rival Swords

Game PSP petualangan ukuran kecil yang direkomendasikan berikutnya adalah Prince of Persia. Di sini pemain akan menjadi sosok pangeran yang dalam perjalanan untuk kembali menuju Babylon.

Sepanjang permainan, akan banyak aksi kejahatan brutal sehingga pemain harus berhadapan dengan pertempuran menegangkan. Alur permainan ini terinspirasi dari cerita versi terbaru dari Prince of Persia. Jika tertarik, pemain dapat mengunduhnya untuk dimainkan di Android dengan ukuran 900 MB.

10. Generation of Chaos: Aedis Eclipse

Rekomendasi berikutnya yang memiliki cerita menarik adalah Generation of Chaos. Sesuai dengan judulnya, permainan ini mengusung kisah kekacauan antara malaikat dan iblis. Pada awalnya mereka hidup berdampingan dan menjunjung kedamaian.

Namun kedamaian harus terhenti di sana karena terdapat kelompok malaikat garis keras membunuh raja iblis. Setelah peristiwa besar itu, terjadi peperangan besar di antara kedua pihak. Dalam pertempuran tersebut, dibutuhkan sosok pahlawan yang bisa menghentikan peperangan.

Di sinilah pemain akan berperan menjadi pahlawan dengan tugas menghentikan peperangan tersebut. Selamatkan kedua pihak yang bertarung ini sehingga tidak terjadi kekacauan lebih besar. Tidak hanya petualangan, kemampuan berstrategi juga diperlukan dalam game berukuran 500MB ini.

Itu tadi rekomendasi game PSP petualangan ukuran kecil yang sayang jika dilewatkan. Bernostalgia dengan game akan menghadirkan nuansa baru sehingga tidak jenuh dengan permainan yang ada saat ini. Dengan kecanggihan teknologi, sekarang sudah tersedia emulator sehingga gamenya bisa dimainkan di smartphone.