Simak 7 Rekomendasi Mikrofon Hp untuk Vlog Terbaik Beserta Tipsnya!

Posted on

Mikrofon HP untuk vlog, tersedia dengan beberapa jenis di pasaran. Dimulai dari harga dibawah 500 ribu sampai diatas 1 jutaan semua tersedia di pasaran. Saat ini vlog sudah tidak asing lagi. Biasanya, orang membuat vlog bertujuan untuk memperlihatkan aktivitas sehari-hari.

Salah satu alat tambahan yang wajib dimiliki oleh vlogger atau youtuber adalah mikrofon. Kenapa? Karena hanya mengandalkan mikrofon bawaan dari HP atau kamera saja tidak cukup, dan hasil audionya kurang bagus.

Maka dari itu, diperlukannya tambahan mikrofon untuk membantu menjernihkan dan memperjelas suara saat merekam video maupun audio. Ada beberapa rekomendasi dan juga tips memilih mikrofon, yang dapat membantu pengguna untuk memilih mikrofon yang tepat.

Rekomendasi Mikrofon HP untuk Vlog Terbaik

Saat ini, mikrofon cukup bervariasi entah dari segi kualitas dan juga harga. Tidak jarang banyaknya variasi membuat orang bingung untuk membeli salah satunya. Untuk itu, berikut beberapa rekomendasi mikrofon HP untuk vlog, diantaranya:

1. Mikrofon Jenis Wireless Bosstron BS-708A

Mikrofon yang pertama adalah mikrofon wireless dengan tipe Bosstron BS-708A. Harga mikrofon ini terbilang murah di pasaran. Dengan harga hanya Rp 100.000-an saja, pengguna bisa mendapatkan mikrofon wireless. Selain digunakan di HP, mikrofon ini juga bisa digunakan di kamera DSLR.

Frekuensi range yang dihasilkan mikrofon ini yaitu VHF/FM dengan frekuensi responnya yang mencapai 80-12.500 Hz. Mikrofon ini, memiliki Operating Voltage Transmitter (OVT) yaitu DC9v dan menjadi salah satu mikrofon tanpa kabel yang mudah untuk digunakan.

2. Mikrofon Takstar TCM-370

Mikrofon ini memiliki kualitas suara yang jernih dibandingkan merk yang lain. Oleh sebab itu, banyak Vlogger atau Youtuber memilih untuk menggunakan mikrofon ini.

Mikrofon Takstar TCM-370 memiliki port type 3,5 mm sehingga dapat digunakan ke berbagai perangkat seperti, laptop, HP, dan lainnya. Harga dari mikrofon ini sekitar Rp 245.000.

3. Mikrofon Boya Mini BY-VM01

Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 460.000-an pengguna dapat memiliki mikrofon yang berkualitas cukup tinggi. Tidak kalah dengan yang lain, mikrofon BY-VM01 ini memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya yaitu mudah dibawa kemana saja sehingga memudahkan penggunanya.

Mikrofon ini diproduksi oleh perusahaan terkenal yang bernama Boya. Dimana, perusahaan tersebut banyak memproduksi barang berkualitas bagus. Jadi sudah tidak diragukan lagi bukan kualitasnya?

4. Mikrofon Jenis Clip on ATR3350IS

Sama seperti Boya Mini, Clip on ATR3350IS ini juga bisa dibawa kemana saja dan dapat diletakkan dimana saja karena ukurannya yang kecil. Mikrofon ini sangat cocok untuk merekam video maupun suara karena memiliki kemampuan menangkap suara secara jelas dan akurat.

Karena itulah mikrofon ini direkomendasikan bagi instruktur, ataupun Youtuber yang menginginkan suara video yang dihasilkan jelas. Pengguna dapat membeli dengan harga sekitar Rp 495.000.

5. Mikrofon Takstar SGC-598

Mikrofon selanjutnya yang berkualitas cukup bagus tapi terjangkau yang diproduksi oleh Takstar. Harga beli yang ada di pasaran sekitar Rp 475.000. Kenapa dikatakan terjangkau? Karena untuk harga 400 ribuan pengguna dapat mikrofon yang audionya tetap jernih meskipun digunakan di outdoor.

6. Mikrofon Rode VideoMicro

Sama seperti mikrofon Takstar SGC-598, mikrofon Rode ini dapat digunakan di outdoor. Namun harga yang ditawarkan oleh Rode VideoMicro sedikit diatas Takstar SGC-598 yaitu kisaran Rp 797.000-an.

Mikrofon ini memiliki keunggulan yaitu bobot mikrofon ini yang seberat 42 gram membuat mikrofon ini ringan. Ditambah lagi dengan fitur WindShield (WS9) serta busa didalamnya akan membuat suara semakin jernih meskipun ada angin kencang.

7. Mikrofon Rode Smartlav+

Mikrofon ini juga memiliki bentuk seperti clip on. Kualitas suara yang dihasilkan oleh Rode Smartlav+ cukup bagus sehingga banyak yang menggunakan mikrofon ini. Bahkan merupakan mikrofon yang populer di kalangannya.

Mikrofon ini sudah diatur sesuai dengan keperluan penyiaran professional. Jadi pasti sudah tau dong kualitasnya seperti apa? Tentunya bagus dan berkualitas cukup tinggi. Harga yang ditawarkan adalah sekitar 600 ribu – 700 ribuan.

Tips Memilih Mikrofon HP untuk Vlog yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk membeli mikrofon, maka sebaiknya perhatikan hal apa yang menjadi pertimbangan. Apakah mikrofonnya cocok dengan kebutuhannya, atau apakah harganya sesuai budget maka hal itu harus diperhatikan. Agar tidak salah saat memilih mikrofon sebaiknya untuk mengikuti tips sebagai berikut:

1. Pilih Mikrofon Sesuai HP

Karena nantinya akan dipakai di HP maka perlu untuk memilih mikrofon sesuai dengan HP-nya. Ada mikrofon yang tanpa kabel, ada juga yang bentuknya seperti clip on semua tergantung kebutuhan masing-masing pengguna.

Seperti shotgun microphone yang dapat menghasilkan suara jernih tanpa kabel, dan juga ada lavalier microphone yang dapat mengambil suara dari dekat. Pengguna tinggal memilih jenis mikrofon yang sesuai dengan kebutuhan dan HP-nya.

2. Harus Memiliki Audio Jack Type TRRS Ukuran 3,5 mm

Selanjutnya pengguna harus memperhatikan tipe audio jack yang pas di HP. Jika asal pilih, bisa saja ketika ingin dihubungkan ke HPnya malah tidak bisa terhubung. Jadinya malah uang terbuang sia-sia akibat salah memilih audio jack.

Namun jika bingung memilih kabel audio jack yang tepat, maka pengguna bisa mencari solusinya yaitu dengan membeli mikrofon wireless. Dengan memilih mikrofon wireless, pengguna tidak perlu pusing mencari audio jack yang sesuai.

3. Mempertimbangkan Filter Suara

Agar rekaman suaranya jelas, maka diperlukan filter suara untuk meredam kebisingan di luar audio mikrofon. Biasanya filter dipasang di kepala mikrofonnya. Fungsinya selain untuk meredam kebisingan, sebagai pelindung kepala mikrofon dari debu. Jenisnya yaitu Windshield dan Wind muff.

4. Menyesuaikan Panjang Kabel Mikrofon dengan Kebutuhan

Sebagai user mikrofon lavalier maka harus membeli mikrofon dengan Panjang kabel yang sesuai. Hal itu, dilakukan untuk kenyamanan pengguna saat membuat video. Sangat disarankan untuk menggunakan mikrofon dengan memilih kabel yang lebih pendek, agar suara terdengar.

Namun beda kasus ketika ingin merekam video yang berisi banyak orang, maka harus memilih kabel yang panjang. Sekali lagi tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan pengguna.

Sekian pembahasan mengenai rekomendasi mikrofon HP untuk vlog beserta tipsnya. Pengguna dapat memilih mikrofon sesuai dengan kebutuhannya. Perlu diingat untuk menjaga dan merawat mikrofon agar tidak cepat rusak. Pastikan sebelum membeli mikrofon, budget yang dimiliki cukup.

Terdapat beragam fitur pada mikrofon yang ditawarkan untuk menarik minat pembeli. Seperti fitur windshield dimana fitur tersebut untuk meredam bunyi angin yang ada di sekitar agar suara video yang dihasilkan jernih. Banyak orang mengira mikrofon dengan kualitas bagus harganya mahal.

Memang ada mikrofon yang kualitasnya bagus dan harganya super mahal. Namun bukan berarti tidak ada kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau. Contohnya adalah produk yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pengguna juga dapat mengikuti tips yang diberikan agar tidak salah beli.