8 Kamera Digital yang Cocok Untuk Pemula yang Ingin Belajar Fotografi

Posted on

Mengambil foto menggunakan kamera digital, akan menghasilkan gambar yang lebih bagus dibandingkan kamera HP. Menariknya lagi, ada beberapa jenis kamera digital yang cocok untuk pemula. Jenis kamera tersebut, akan sangat membantu bagi pengguna yang baru belajar mengambil foto.

Kualitas kamera digital ditentukan oleh 3 hal utama yaitu ukuran, layar kamera serta lensa yang digunakan. Alangkah lebih baik jika mempertimbangkan ketiga hal tersebut sebelum memilih seri kamera tertentu. Pemula juga dianjurkan memilih kamera berlensa umum, terlebih dahulu.

Kamera digital memiliki beberapa fitur-fitur yang akan mendukung proses pengambilan gambar. Dengan menggunakan kamera digital, gambar yang dihasilkan sangat memuaskan karena beresolusi tinggi. Berikut beberapa merk dan seri dari kamera digital yang cocok digunakan oleh pemula, diantaranya:

1. Canon EOS Rebel SL3

Salah satu seri kamera digital yang cocok untuk pemula yaitu Canon EOS Rebel SL3. Kamera digital DSLR yang dikeluarkan oleh Cannon ini termasuk ramah untuk pemula yang baru belajar fotografi.

Fitur-fitur yang ada dalam kamera Canon EOS Rebel SL3 juga sangat mudah untuk dipahami. Canon EOS Rebel SL3 sebenarnya merupakan pembaharuan dari Rebel SL2 dengan tambahan fitur dan desain yang lebih menarik.

Dibandingkan dengan merk kamera lainnya, Canon EOS Rebel SL3 yang paling direkomendasikan. Sedangkan untuk kisaran harganya yaitu sekitar 10 jutaan untuk barang baru.

2. Canon EOS M50

Canon juga mengeluarkan kamera seri lain yang spesifikasinya lebih bagus dibandingkan seri sebelumnya. Kamera Canon EOS M50 juga termasuk kamera digital yang cocok untuk pemula. Harga dari kamera Canon seri ini yaitu sekitar 11 jutaan untuk produk baru.

Kelebihan dari Canon EOS M50 yaitu ukurannya yang cocok untuk vlogger pemula dan dibawa bepergian. Kamera Canon seri ini juga sudah memiliki koneksi terhadap Wifi. Sayang sekali baterainya kurang tahan lama dan kurang bagus digunakan di tempat bercahaya rendah.

3. Panasonic Lumix G100

Dibandingkan untuk mengambil gambar berupa foto, Panasonic Lumix G 100 lebih cocok untuk membuat video. Kamera ini juga sangat direkomendasikan untuk para vlogger yang suka membuat video. Belum lagi cara pengoperasiannya juga cukup sederhana, sehingga sangat cocok untuk pemula.

Panasonic Lumix G100 ini sangat mudah digunakan jika ingin merekam video atau menangkap gambar dengan kualitas yang tinggi. Bahkan untuk pemula yang tidak memiliki kemampuan dalam fotografi, maupun sinematografi bisa membuat gambar yang bagus. Kisaran harga untuk kamera Panasonic Lumix G 100 yang baru yaitu sekitar 10 jutaan.

4. Nikon D3500

Kamera digital Nikon D3500 yang kameranya bertipe DLSR ini memiliki layar sebesar 3 inci, 921k. Menggunakan lensa Nikon DX, Nikon D3500 memiliki resolusi kamera sebesar 24,2 MP. Sedangkan untuk resolusi video maksimalnya sebesar 1080p dengan burst, sebesar 5fps.

Kelebihan dari kamera ini yaitu mudah dioperasikan bahkan untuk pemula yang belum terbiasa dengan DSLR. Kualitas gambar yang yang dihasilkan dari kamera Nikon D3500 juga sangat bagus. Harganya sendiri sekitar 5 hingga 6 jutaan saja.

Kekurangan dari kamera Nikon D3500 yaitu masih belum menyediakan layar sentuh sehingga pengoperasiannya menggunakan tombol. Selain itu, kamera Nikon D3500 juga tidak bisa terhubung dengan wifi. Namun masih bisa dihubungkan lewat Bluetooth, sehingga tidak perlu khawatir.

5. Nikon D5600

Pengguna yang masih kurang puas dengan fitur di Nikon D3500, bisa mencoba seri lain dari Nikon ini. Dibandingkan seri sebelumnya, Nikon D5600 memiliki layar sebesar 3,2 inci, 1.040k dan dilengkapi dengan layar penuh. Sedangkan untuk spesifikasi lainnya sama dengan Nikon D3600.

Nikon D5600 juga dilengkapi dengan fitur autofocus gambar 39-point yang cepat, serta tajam. Baterai yang digunakan juga lebih tahan lama dibandingkan seri sebelumnya. Namun harga yang dibandrol untuk Nikon D5600 yaitu sebesar 7 hingga 9 jutaan untuk barang baru.

Dibalik kelebihannya, kamera Nikon D5600 memiliki kekurangan yaitu tidak bisa mengontrol aperture. Selain itu, fitur autofocus yang dimiliki oleh Nikon D5600 tidak terlalu tajam jika untuk merekam video. Namun untuk pengambilan foto, seri ini tidak perlu diragukan.

6. Fujifilm X-T200

Sejak dulu, Fujifilm memiliki reputasi yang cukup bagus bahkan untuk kamera digital yang cocok untuk pemula. Hal tersebut yang menyebabkan seri Fujifilm X-T200 sangat direkomendasikan untuk pengguna yang baru belajar. Kisaran harganya juga cukup terjangkau yaitu sekitar 10 jutaan.

Kamera Fujifilm X-T200 juga sangat ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana dan dilengkapi dengan layar besar. Sayang sekali kualitas baterai cukup buruk dan tidak tahan lama. Selain itu, kamera Fujifilm X-T200 juga tidak memiliki sensor shift image stabilization yang bisa mengikuti pergerakan gambar.

7. Olympus OM-D E-M10 Mark IV

Bagi sebagian besar fotografer, kamera digital yang dikeluarkan oleh Olympus termasuk yang paling digemari. Begitu juga dengan Olympus OM-D E-M10 Mark IV yang sangat cocok digunakan pemula.

Desain kamera digital ini sangat kokoh, ditambah dengan dimensinya yang simpel. Olympus OM-D E-M10 Mark IV sangat cocok bagi fotografer yang suka mengambil gambar outdoor.

Dilengkapi dengan sensor micro four third serta mount lensa MFT, gambar outdoor yang dihasilkan berkualitas tinggi. Pengguna yang ingin memiliki kamera seri ini harus mengeluarkan biaya sebesar 10 jutaan untuk barang baru.

8. Sony A6000

Sony juga mengeluarkan seri kamera yang cocok digunakan bagi fotografer pemula. Kamera Sony A6000 ini memiliki kamera bertipe Mirrorless dengan resolusi sebesar 24,3 Mp dan menggunakan lensa Sony E. Memiliki layar sebesar 3 inci, kamera tersebut juga dilengkapi sensor APS-C.

Kelebihan dari kamera Sony A6000 yaitu harganya relatif murah dengan fitur yang cukup lengkap. Hanya membutuhkan biaya sebesar 6 hingga 7 jutaan, untuk bisa membeli Sony A6000 yang baru. Baterai Sony A6000 juga tahan lama sehingga cocok dibawa traveling.

Sayang sekali fitur yang sangat lengkap dari kamera Sony A6000 belum dilengkapi dengan layar sentuh. Selain itu, Sony A6000 juga belum mendukung pembuatan video 4K. Padahal kamera tersebut memiliki resolusi video sebesar 1920p.

Beberapa merk kamera diatas merupakan kamera digital yang cocok untuk pemula. Setiap merk kamera digital diatas, memiliki spesifikasi tersendiri dan kelebihan serta kekurangannya. Namun setiap kelebihan dari masing-masing kamera digital, juga disertai dengan harganya yang semakin mahal.

Sebelum memutuskan membeli kamera digital, alangkah lebih baiknya pengguna melihat dulu dari segi kebutuhan. Pasalnya beberapa merk kamera berharga murah sudah memiliki fitur yang mencukupi meskipun kurang lengkap untuk profesional. Selain itu, pengguna juga harus melihat budget yang dimiliki sebelum memutuskan membeli kamera.

Bagi fotografer yang terbiasa mengambil gambar di lokasi tertentu, sebaiknya mempertimbangkan kamera yang ringan. Pasalnya kamera yang cukup berat sangat tidak efektif dibawa kemana-mana. Selain itu, daya tahan baterai juga harus menjadi pertimbangan agar proses pengambilan gambar tidak terganggu.