cara setting router lewat hp

Begini Cara Setting Router Lewat HP Anti Gagal

WiFi menjadi komponen yang sangat dibutuhkan, bahkan di rumah sekalipun. Ini karena hampir semua aktivitas keseharian masyarakat membutuhkan koneksi internet. Tidak heran jika pengguna WiFi pribadi semakin banyak dan tidak sedikit pula yang mencari tahu cara setting router lewat HP.

Biasanya, setting router sering dilakukan menggunakan alat bantu berupa media PC atau komputer yang disediakan oleh jasa pemasangan WiFi. Padahal sebenarnya, setting router dapat dilakukan melalui HP, yang mana caranya dapat dikatakan lebih sederhana dan hemat biaya.

Mengenal Pengertian dan Fungsi Dari Router

Sebelum membahas mengenai cara setting Router Lewat HP, ada baiknya jika mengetahui fungsi dari router itu sendiri. Router merupakan sebuah perangkat yang menjadi penghubung antara internet dan perangkat miliknya. Dengan router, pengguna bisa menikmati layanan jaringan internet.

Berdasarkan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa fungsi dari router adalah sebagai penghubung dari beberapa jaringan. Dimana proses koneksinya bekerja secara sederhana dengan cara mendistribusikan IP address kepada setiap perangkat yang tersambung dalam sebuah jaringan.

Cara Setting Router Dengan Mudah Lewat HP

Bagi yang menggunakan WiFi pribadi, tentu harus mengetahui cara setting router lewat HP. Dengan begitu, pengguna tidak perlu lagi menghubungi jasa pemasang WiFi hanya sekedar untuk setting router karena bisa melakukannya sendiri. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini pembahasan lengkapnya:

1. Pastikan Router Sudah Dalam Keadaan Menyala

Mempunyai router WiFi pribadi di rumah tentu menjadi kebanggaan tersendiri karena membuat pengguna mudah mendapatkan jaringan internet. Cara setting router lewat HP yang harus dilakukan pertama kali yaitu memastikan router sudah dalam keadaan menyala.

Jika belum menyala, pengguna bisa menekan bagian tombol tertentu hingga router yang telah terpasang dapat menyala. Pasalnya, seperti yang sudah diketahui jika router WiFi hanya bisa di setting apabila sudah dalam keadaan yang menyala saja.

Biasanya, lampu indikator akan menyala yang menandakan bahwa router tersebut telah menyala. Sehingga, untuk memastikan apakah router telah menyala atau belum. Pengguna bisa melakukan pengecekan terhadap lampu indikator pada router.

2. Sambungkan HP Dengan Router Yang Akan di Setting

Selanjutnya, pengguna harus menyambungkan HP dengan router yang akan di setting tersebut. Saat melakukan cara setting router lewat HP gunakan HP yang kondisinya masih baik dengan baterai yang masih banyak. Hal ini agar proses setting dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan.

Di HP android cara menyambungkannya sangat mudah, buka menu setting pada HP dan klik menu Connection. Lanjutkan dengan klik sub menu Hotspot and Tethering, setelah itu akan muncul beberapa opsi. Pada sub menu ini, klik opsi Portable Hotspot.

Untuk yang menggunakan iPhone cara menyambungkannya dengan router pun tidaklah sulit. Pengguna bisa langsung masuk ke menu Setting dan klik menu Personal Hotspot. Setelah itu, pastikan jaringan WiFi yang tersambung telah sesuai dengan router yang akan di setting.

3. Tentukan Nama Jaringan dan Login Melalui Browser

Jika HP sudah tersambung dengan router, cara yang harus dilakukan selanjutnya yaitu menentukan nama jaringan router. Caranya bisa dilakukan dengan mudah melalui HP android, klik menu lanjutan bernama Configure Hotspot.

Kemudian, ketik nama jaringan sesuai dengan keinginan.

Sedangkan di iPhone, pengguna harus memastikan terlebih dahulu koneksi Bluetooth sudah berada dalam keadaan mati. Jika sudah, lanjutkan dengan setting nama jaringan router sesuai dengan nama yang sudah ditentukan sebelumnya.

Setelah nama jaringan sesuai dengan keinginan, selanjutnya pengguna harus melakukan login melalui browser yang sering digunakan. Tulislah alamat Internet Protocol atau IP dengan benar, pastikan kembali tidak ada kesalahan dalam penulisan. Setelah itu, pengguna bisa langsung melakukan login.

4. Atur Username dan Password

Apabila telah berhasil melakukan login, cara setting router lewat HP yang berikutnya yaitu mengatur username dan password. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keamanan dari router WiFi pribadi agar tidak digunakan oleh orang secara sembarangan.

Ada baiknya jika menggunakan username dan password yang baru dan belum pernah digunakan untuk router WiFi sebelumnya. Jangan lupa untuk membuat password dengan kombinasi angka dan huruf yang sedikit rumit. Jangan lupa untuk mencatat passwordnya agar tidak lupa.

Dengan password yang kuat, jaringan router tidak akan mudah dibobol orang lain dan hanya bisa digunakan oleh orang tertentu saja. Sehingga, pengguna tetap bisa menikmati jaringan internet yang stabil dengan aman dan nyaman.

5. Melakukan Perubahan Pada Pengaturan – Pengaturan Lainnya

Cara setting router lewat HP tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan pembaruan username dan password router WiFi saja. Dengan cara ini, juga memungkinkan pengguna untuk melakukan setting pada pengaturan – pengaturan lainnya pada router yang dianggap penting.

Salah satunya, pengguna bisa melakukan pengaturan pembatasan pengguna jaringan WiFi yang sesuai dengan kehendaknya. Pengaturan ini tentu bisa dilakukan melalui browser yang sama dengan yang digunakan untuk login. Caranya, lakukan login terlebih dahulu dengan alamat IP yang sesuai.

Setelah berhasil login, pengguna bisa langsung masuk di menu Network, lalu klik sub menu Maximum Clients. Setelah itu, ketik batas maksimal pengguna WiFi sesuai keinginan. Dengan membatasi pengguna WiFi, kecepatan jaringan internetnya tentu saja akan dapat berjalan dengan optimal.

6. Menguji Koneksi Router

Jika semua rangkaian caranya telah berhasil dilakukan semua, lanjutkan dengan melakukan pengujian koneksi. Hal ini perlu dilakukan agar dapat mengetahui apakah jaringannya sudah bisa digunakan untuk menjelajah internet atau belum. Cara menguji koneksi ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah.

Hidupkan menu Hotspot pada HP terlebih dahulu. Silahkan cari nama SSID yang tersedia dalam daftar Hotspot pada HP yang hendak disambungkan dengan jaringan internet. Setelah menemukan nama SSID yang sesuai, klik nama tersebut dan masukkan password dengan benar agar dapat tersambung.

Setelah HP berhasil tersambung dengan jaringan internet, lanjutkan dengan membuka browser dan cobalah untuk mencari artikel dengan keyword apa pun. Apabila berhasil mendapatkan artikel dari Google, berarti jaringannya sudah bisa digunakan. Jika belum, pengguna bisa melakukan setting ulang router atau restart pada gadget hingga jaringannya bisa digunakan.

Itulah cara setting router lewat HP anti gagal yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan mengetahui cara tersebut, tentu akan sangat mempermudah pengguna dalam mengelola router WiFi pribadi miliknya di rumah. Proses ini tidak memerlukan perangkat komputer.

Hanya membutuhkan alat bantu HP, sehingga tentu bisa dilakukan oleh siapa saja. Pastikan selalu melakukan cara setting router dengan benar dan tidak terdapat langkah yang tidak dilakukan agar tidak gagal.

Agar jaringan router bisa mencakup seluruh bagian rumah, letakkan router di ruang tengah. Pada umumnya, router dipasang di dekat dinding dengan alas yang rata serta tinggi supaya aman dari jangkauan anak–anak.