cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video

8 Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Memutar Video Di Ponsel

Tidak jarang juga yang mengalami video di YouTube tidak bisa diputar. Video jadi tak bisa diputar ini juga bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bila pengguna tengah mengalami, maka simak cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video ini.

Video tidak bisa diputar tentu karena adanya suatu penyebab, entah pada video atau pada aplikasi YouTube. Namun, apa pun alasannya, tentu hal itu akan sangat mengganggu bahkan menimbulkan was-was. Namun tenang, sebab kali ini akan diuraikan bagaimana cara mengatasinya.

1. Periksa Jaringan Atau Koneksi Internet

Cara pertama yang perlu pengguna terapkan adalah dengan memeriksa jaringan atau koneksi internet. YouTube sendiri merupakan aplikasi yang hanya bisa dijalankan secara online, kecuali apabila video sebelumnya sudah diunduh. Jika tidak, maka diperlukan sinyal yang stabil saat memutarnya.

Sinyal yang tidak stabil memang bisa menghambat pemutaran video tersebut. Sebab saat membuka suatu video, maka jaringan internet tersebut akan memproses pengunduhan data. Bila jaringan terganggu, maka proses tersebut akan terhambat, bila terhambat maka otomatis video juga tidak dapat diputar.

Untuk mengatasi hal ini, maka coba cek kualitas sinyal pada ponsel saat itu. Pastikan bahwa sinyal sudah stabil kemudian coba lagi memutar video. Namun bila ingin lancar, maka disarankan memutar video saat jaringan internet memiliki kecepatan minimal 1 Mbps.

2. Hapus Data Dan Cache YouTube

Berikutnya adalah dengan menghapus data dan cache dari aplikasi YouTube tersebut. Cache sendiri merupakan sebuah file yang tersimpan karena aktivitas saat membuka atau mengakses aplikasi tersebut. Semakin banyak mengakses youi maka file cache juga akan semakin banyak yang tersimpan.

Sedangkan file data berguna agar nanti YouTube tidak memuat data berlebihan saat hendak dibuka kembali. Untuk mengatasinya, maka hapus filenya. Namun dengan menghapus, data maka akan kehilangan semua file di dalamnya.

Untuk menghapus dua jenis file tersebut, pengguna hanya perlu masuk ke menu pengaturan, lalu pilih aplikasi terinstal. Jika sudah maka klik aplikasi YouTube dan buka menu penyimpanan, selanjutnya tinggal klik hapus data dan cache. Maka proses selesai.

3. Minta Akses Video Pada Pemiliknya

Urutan ketiga mengenai cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video adalah dengan meminta akses pada pemilik video. Hal ini perlu dilakukan apabila video diprivat. Jadi memang tak semua konten kreator mengunggah videonya untuk umum.

Video seperti ini biasanya ditandai dengan keterangan “this video is private”. Jika seperti itu, maka video memang telah diprivat oleh pemiliknya. Bila video tersebut tidak terlalu penting, maka bisa di skip dan tonton video lainnya.

Namun bila video tersebut sangat penting dan ingin sekali menontonnya, maka pengguna bisa meminta akses pada pemilik channel tersebut. Namun bila video tidak bisa ditonton karena sudah dihapus. Maka masalah ini tidak dapat diatasi.

4. Cek Memori RAM

Masih ada cara lain jika ketiga cara di atas bukanlah masalah yang tengah dihadapi, yakni dengan mengecek memori RAM. YouTube merupakan aplikasi yang paling besar dalam mengkonsumsi RAM. Sebab dalam YouTube akan Memuat file thumbnails secara bersamaan.

Bila RAM sudah hampir habis, maka YouTube ini akan kekurangan resource saat akan memuat suatu video. Jika sudah seperti itu, maka video di dalamnya juga akan sulit untuk dimuat. Selain itu aplikasi YouTube juga akan berjalan lambat atau lemot.

Untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengecek memori ram tersebut apakah masih banyak yang tersisa atau tidak. Bila memang tinggal sedikit, maka bisa tutup aplikasi yang juga tengah berjalan. Usahakan bahwa RAM minimal masih tersisa hingga 300 MB.

5. Update Aplikasi

Selanjutnya pengguna bisa mempraktekkan cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video yakni dengan memperbarui aplikasi YouTube. Bila aplikasi jarang diperbarui, maka bisa saja aplikasinya masih versi lama. Jika benar, maka bukan tidak mungkin jika aplikasi jadi lemot.

Dengan memperbarui Aplikasi, tentunya juga akan meningkat performa YouTube. Pembaruan ini juga alangkah baiknya sering-sering dilakukan. Yakni bertujuan agar setiap YouTube memiliki versi terbaru, pengguna akan langsung mendapatkan pembaruan.

Untuk melakukan pembaruan, pengguna bisa masuk ke aplikasi Play store. Kemudian masuk pada menu akun google, lalu pilih kelola aplikasi dan perangkat. Selanjutnya tinggal cari aplikasi YouTube dan klik update, selesai.

6. Unduh Ulang Aplikasi

Jika pengguna menggunakan aplikasi YouTube unduhan dan bukan aplikasi yang berasal dari ponsel maka bisa coba hapus terlebih dahulu aplikasinya. Hal ini bisa dilakukan apabila cara sebelumnya tidak berhasil. Maka coba langsung hapus aplikasinya.

Sebab bila aplikasi sudah lawas, maka performa aplikasi juga akan menurun termasuk saat akan memutar video. Pengguna bisa hapus aplikasi YouTube. Jika sudah bisa unduh kembali aplikasi melalui play store atau tempat lainnya.

Bila sudah, maka tinggal pasang aplikasi dan mulai gunakan. Tinggal daftarkan lagi YouTube Menggunakan akun yang sebelumnya digunakan. Jika sudah, coba cek apakah video sebelumnya sudah bisa diputar.

7. Ubah Dan Nonaktifkan Pengaturan WiFi Saja

Nomor tujuh untuk cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video adalah dengan mengubah pengaturan. Bila pengguna baru pertama kali menggunakan YouTube, maka pengaturan di dalamnya juga masih ori. Di pengaturan tersebut biasanya pengunduhan atau pemutaran hanya melalui WiFi saja.

Maka saat akan memutar atau mengunduh menggunakan internet data, video tidak akan dapat dibuka atau diunduh. Maka pengguna hanya cukup mengubah pengaturan agar dapat diakses menggunakan WiFi maupun data. Untuk ini, pengguna hanya perlu masuk pengaturan.

Selanjutnya, pengguna bisa geser toggle yang mengatakan download melalui WiFi saja. Kemudian non aktifkan semua pengaturan yang hanya mengarah pada penggunaan WiFi saja. Setelah tinggal cek apakah video sudah dapat diputar.

8. Gunakan Browser

Rasanya tak mungkin jika semua sudah dilakukan namun masih belum bisa memutar video. Namun bila memang itu yang terjadi pada pengguna, maka tinggal buka video lewat browser. Memang saat ini video di YouTube sudah bisa diakses melalui browser tanpa aplikasi.

Caranya juga mudah, pengguna hanya perlu masuk pada browser jika tidak ada, maka bisa gunakan Chrome atau peramban dan semacamnya. Jika sudah maka tinggal gunakan kata kunci YouTube dan masuk pada situs. Jika sudah tinggal cari video yang ingin ditonton.

Selain itu dengan menggunakan Browser, pengguna jadi tidak perlu mengunduh video dan menghemat penyimpanan. Selain itu bagi yang tidak memiliki aplikasi YouTube, cara ini juga akan sangat berguna. Sebab bisa menonton video di dalamnya tanpa harus mengunduh aplikasi.

Demikian delapan cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video yang bisa pengguna terapkan dan coba praktekkan. Namun bila ponsel yang mengalami kerusakan atau error atau kehabisan memori maka bisa coba melakukan reset. Namun semua data akan hilang jika melakukan reset.

Bila melakukan reset, maka tak hanya data di YouTube saja yang hilang, namun semua data dalam ponsel. Cara ini perlu dilakukan apabila masalah tersebut ada pada ponsel. Dengan ini, nantinya akan meningkatkan performa yang dimiliki.