penyebab hp lemot dan macet

8 Penyebab HP Lemot dan Macet, Pengguna Smartphone Wajib Tahu!

Penggunaan smartphone yang terus menerus, tentu saja akan menyebabkan memori perangkat menjadi penuh dan lemot. Beberapa pengguna mungkin memilih untuk segera mengatasinya dengan membeli kartu memori baru. Akan tetapi, apakah penyebab HP lemot dan macet hanya karena memori yang penuh saja?

Banyak fakta yang menarik ketika membicarakan mengenai HP yang lemot dan macet ternyata tidak karena memori saja. Lebih dari itu, HP yang lemot banyak dipengaruhi juga oleh aktivitas ilegal. Nah langsung saja simak apa saja penyebab HP lemot dan macet sebagai berikut:

1. Memori Internal yang Terlalu Penuh

Banyak disampaikan sebelumnya bahwa penyebab HP lemot dan macet adalah disebabkan karena penuhnya memori internal. Hal ini tidak sepenuhnya salah karena penyebab paling umum dan sering ditemui adalah memori internal yang terlalu penuh.

Seharusnya memori internal memiliki sisa sekitar 1/8 dari total kapasitas yang diberikan oleh perangkat. Ketika melebihi kapasitas tersebut, maka perangkat juga akan kesulitan untuk memproses perintah yang diberikan. Selain itu, beberapa aplikasi juga dapat tidak berfungsi optimal.

Penuhnya memori internal banyak dipengaruhi oleh berbagai hal seperti pengunduhan aplikasi, data dalam aplikasi, cache, dokumen, dan lainnya. Bahkan video yang diunduh dalam aplikasi lain atau riwayat pencarian juga masuk ke dalam penyimpanan memori internal.

Oleh karena itu, mungkin pengguna sangat sering menghapus foto hingga percakapan online yang dianggap penting tetapi kapasitas cepat penuh. Permasalahan umum yang terjadi misalnya aplikasi berhenti secara mendadak, layar tidak bisa disentuh atau menjadi hitam, dan sebagainya.

Cara menanganinya tentu saja dapat dikurangi dengan mengalihkan penyimpanan internal ke bagian eksternal. Pengguna juga bisa memindahkan video, foto, atau dokumen ke laptop sehingga penggunaan smartphone akan lebih ringan.

2. Aplikasi Tidak Sesuai dengan Spesifikasi Smartphone

Kemudian hal yang menjadi penyebab HP lemot dan macet adalah adanya aplikasi yang tidak dapat diterima atau tidak kompatibel dengan smartphone. Ibaratnya ketika perangkat tidak memenuhi syarat aplikasi tersebut, maka akan kesulitan merespon dan melakukan perintah yang ada.

Pasalnya memang kode yang diberikan tidak dapat dibaca atau sulit dipahami oleh perangkat. Hal seperti ini memang jarang terjadi dan umumnya tidak akan langsung parah ketika perangkat tidak merespon atau lemot. Namun secara perlahan-lahan dan dapat menyebabkan kerusakan.

Ada tanda-tanda tertentu ketika aplikasi tidak sesuai dengan perangkat seperti tiba-tiba berhenti atau keluar, tetapi hanya aplikasi itu saja yang seperti itu. Di sisi lain, penggunaan perangkat dan aplikasi lainnya berjalan dengan normal.

Meskipun tidak dipengaruhi secara langsung, namun pengguna wajib waspada karena nantinya bisa saja membuat aplikasi lain atau bahkan perangkat menjadi lemot. Cara aman untuk mengatasinya adalah mengecek spesifikasi minimal perangkat yang dapat mengunduh aplikasi tersebut.

Ketika dibandingkan dengan smartphone, kemudian disimpulkan tidak kompatibel maka dapat melakukan hapus aplikasi. Lalu meningkatkan atau memperbarui bagian sistem smartphone dan baru lah dapat diunduh kembali.

3. Banyak Aplikasi Di Layar Belakang

Apakah sudah tahu bahwa ada beberapa aplikasi yang meminta persetujuan untuk tetap bekerja di belakang layar pengguna ketika awal pengunduhan. Ketika pengguna tidak membaca dengan seksama, hal ini dapat menjadi penyebab HP lemot dan macet secara keseluruhan.

Akan tetapi, perlu diketahui juga ada aplikasi atau sistem yang penting untuk disetujui berjalan di belakang layar seperti CPU atau aplikasi pemutar musik. Maksud dari berjalan di belakang layar adalah aplikasi tetap berjalan meskipun sudah kembali ke layar utama.

Coba lakukan pemeriksaan dan penyesuaian pada aplikasi yang berjalan di belakang layar dengan membuka menu pengaturan. Kemudian atur untuk menonaktifkan aplikasi berjalan di belakang layar dan coba untuk menggunakan perangkat kembali.

4. Jaringan Internet Lemah

Penyebab HP lemot dan macet yang sering disepelekan oleh beberapa orang adalah ketika memiliki jaringan internet yang lemah. Ternyata hal ini juga dapat memicu HP menjadi lemot dan macet. Terlebih lagi ketika menggunakan aplikasi yang memang membutuhkan jaringan internet.

Tanda umum yang paling sering muncul adalah layar seolah-olah tidak dapat disentuh atau perangkat memprosesnya dengan sangat lama. Akan tetapi, jangan terlalu khawatir sebab ketika perangkat memiliki jaringan internet yang lebih baik maka kondisi akan kembali ke seperti semula.

Usahakan jangan buka dahulu media sosial, games, atau aplikasi yang membutuhkan jaringan internet hingga benar-benar stabil. Lalu hapus riwayat aplikasi, matikan data atau Wifi, kemudian aktifkan kembali, dan coba untuk menggunakannya kembali.

5. Sampah Cache Terlalu Menumpuk

Lanjut ke penyebab HP lemot dan macet lainnya yaitu perangkat memiliki banyak sampah cache yang menumpuk atau tidak pernah dibersihkan. Terlihat sederhana, namun pembersihan sampah cache perlu dilakukan agar tidak memenuhi ruang memori internal.

Selain itu, sampah cache yang dihapus akan lebih membuat ruang aplikasi lebih luas sehingga mempercepat proses yang akan dilakukan. Cara membersihkannya cukup sederhana dengan berkunjung ke Pengaturan dan satu per satu klik aplikasi lalu pilih hapus cache. 

6. Smartphone Menggunakan Tema atau Live Background

Beralih ke penyebab HP lemot dan macet berikutnya yaitu perangkat menggunakan tema atau latar belakang yang berjalan. Sebenarnya hal ini sah saja dilakukan, namun ketika perangkat mulai macet dan lemot maka coba untuk menggantinya dengan gambar saja.

Pasalnya latar belakang yang hidup atau berjalan juga menguras RAM dan ROM sehingga membuat perangkat bekerja lebih keras. Bagaimana tidak? Ketika perangkat dalam keadaan tidak digunakan yang seharusnya dapat beristirahat, namun live background membuatnya tidak dapat beristirahat.

Melakukan penggantian latar belakang juga mudah karena pengguna hanya perlu untuk menekan layar utama selama 3 detik. Kemudian pilih foto yang akan digunakan menjadi latar belakang dan klik simpan.

7. Proses Pembaruan Sistem Mengalami Error

Pada beberapa smartphone memang memiliki pembaruan sistem secara berkala untuk meminimalisir perbedaan dengan produk yang baru. Akan tetapi, proses pengunduhan sistem ternyata tidak mudah karena pengguna harus memiliki internet stabil dan melihat kesesuaian perangkat.

Usahakan juga ketika sedang melakukan proses pembaruan sistem, jangan menonaktifkan perangkat secara paksa karena akan menimbulkan kecacatan pemasangan. Langkah terbaik untuk mencegah error ketika pembaruan adalah dengan sabar menunggu prosesnya.

8. Perangkat Memiliki Virus

Terakhir yang merupakan penyebab HP lemot dan macet yakni perangkat memiliki virus yang sangat rentan membuat sistem operasi menjadi rusak dan tidak dapat berproses. Banyak hal yang dapat membawa virus seperti flashdisk, file, dan aplikasi yang masuk secara tidak aman.

Tanda khusus lainnya adalah perangkat banyak memunculkan hal-hal yang tidak biasa terjadi atau muncul notifikasi yang aneh. Untuk mengatasinya, coba untuk berkonsultasi dengan ahli atau lakukan format ulang pada perangkat.

Namun harap berhati-hati ketika akan melakukan format ulang pada perangkat karena akan rentan dengan kehilangan data. Amankan dahulu data yang penting, kemudian baru lah bawa perangkat ke ahli atau melakukan format ulang.

Demikian berbagai penyebab HP lemot, macet, hingga sulit disentuh disertai beberapa penjelasan untuk menanganinya. Sedikit informasi juga bahwa penanganan terbaik dan teraman adalah yang dilakukan secara mandiri.

Pasalnya beberapa service smartphone seringkali mengganti rangkaian yang masih asli dengan yang palsu. Hal tersebut memang tidak seluruhnya terjadi pada service center, namun akan lebih baik melakukan pencegahan.

Itulah beberapa hal yang dapat disampaikan mengenai penyebab HP lemot dan macet dan mungkin saja dicari selama ini. Meskipun banyak orang yang mengira bahwa alasan HP lemot dan macet disebabkan oleh memori yang penuh, namun ternyata ada alasan lainnya juga.