8 Cara Agar Video Tiktok Muncul Di Beranda

Posted on

Bagi konten kreator Tiktok pasti ingin kalau video yang dibuat muncul di dalam beranda. Namun nyatanya untuk mendapatkan posisi tersebut butuh perjuangan yang ekstra. Nah, kali ini akan disebutkan beberapa  cara agar video tiktok muncul di beranda utama.

Namun perlu diingat bahwa beberapa tips yang akan disebutkan juga tak lantas akan langsung membuat Video muncul di beranda. Namun setidaknya ada bentuk usaha agar keinginan tersebut dapat tercapai. Simak uraian cara agar video tiktok muncul di beranda sebagai berikut:

1. Ikuti Tren Saat Itu

Cara pertama yang perlu pengguna lakukan agar video bisa muncul di beranda adalah dengan mengikuti tren yang sedang ada saat itu. Pada dasarnya Tiktok mengeluarkan challenge baru dalam tiap pekannya. Jadi pengguna bisa mencoba membuat video seperti itu.

Namun akan lebih baik jika tidak menjiplak seperti milik orang lain tapi kembangkan kreativitas yang dimiliki. Dengan begitu, video milik pengguna akan berbeda dari milik orang lain. Bila mengikuti challenge, maka kesempatan video muncul di beranda bisa saja tercapai.

Pengguna juga dapat mencontoh dengan apa yang dilakukan oleh orang lain. Namun tentu dengan kreativitas sendiri, jangan mencontoh secara keseluruhan pada video lain. Selain itu video yang berbeda juga akan membuat menarik penonton karena keunikannya.

2. Gunakan Hastag

Selain dengan mengikuti tren, agar bisa muncul di beranda juga bisa dengan menambahkan hastag atau tagar. Meski seperti tidak ada kaitannya, namun dengan menambahkan tagar, bisa membuat video terjangkau oleh banyak orang. Namun pastikan bahwa hastag sesuai dengan konten.

Dengan menggunakan hastag, nantinya video akan dapat menjangkau pengguna lain meski tidak mengikutinya. Hastag ini bisa serupa #Foryourpage atau bisa juga menggunakan hastag #FYP. Nanti video akan lebih mudah dijangkau dan kemungkinan masuk ke list beranda.

Atau bisa juga dengan menambahkan hastag yang sedang populer atau banyak dicari. Jadi saat orang menggunakan hastag tersebut sebagai kata kunci, ada kemungkinan video pengguna akan ikut muncul. Kemudian tinggal tambahkan hastag seperti yang di atas.

3. Pilih Waktu Yang Tepat

Pada urutan ketiga mengenai tips sebagai cara agar video tiktok muncul di beranda adalah dengan memilih waktu penayangan yang tepat. Nah pemilihan waktu ini adalah saat di jam-jam kosong. Jam-jam kosong ini adalah saat waktu istirahat.

Di jam-jam tersebut, orang akan sering bermain ponsel, salah satunya adalah dengan membuka aplikasi Tiktok. Dengan begitu, alangkah baiknya jika pengguna mengunggah video kreativitasnya pada jam-jam tersebut. Waktu kosong tersebut dibagi menjadi tiga bagian.

Saat siang hari, unggah video sekitar jam 12 hingga jam satu siang saat itu orang sedang istirahat dari pekerjaan. Upload juga Di waktu sore jam empat saat orang mulai pulang kantor. Juga jam tujuh malam di waktu orang sedang istirahat.

4. Perhatikan Kualitas Video

Hal penting lain perlu diperhatikan agar video muncul di bernada adalah memperhatikan kualitas video. Jika beberapa poin di atas sudah dijalankan namun kualitas video tidak diperhatikan maka rasanya akan percuma. Jadi perhatian dengan benar kualitas video yang akan diunggah.

Karena Durasi video di Tiktok termasuk sedikit, maka edit agar orang bisa melihat video secara penuh. Kebanyakan orang akan enggan menonton bila banyak kelanjutannya. Tentunya video harus orisinil dan tindak menjiplak milik orang lain.

5. Buat Video Berdurasi Pendek

Urutan keenam mengenai tips berupa cara agar video tiktok muncul di beranda yakni bisa membuat video berdurasi pendek. Tidak bisa dipungkiri bahwa orang akan lebih suka dengan durasi video yang pendek. Namun secara keseluruhan masuk ke dalam video.

Dengan membuat video dengan durasi pendek, akan membuat video tersebut padat. Durasi yang pendek nantinya akan dapat menarik perhatian sebagian pengguna lain. Bila seperti itu, maka mungkin saja nanti video akan masuk beranda Tiktok.

Buat video pendek, namun tetap menyampaikan semua maksudnya ke dalam video tersebut. Jadi penonton juga tidak akan merasa nanggung karena ternyata video yang ditonton tidak lengkap. Edit juga video hingga terlihat baik dan bagus.

6. Pakai Lagu Yang Sedang Booming

Selain durasi video yang pendek, kebanyakan video di Tiktok disertai a dengan lagu atau musik. Agar bisa masuk ke beranda, maka gunakan atau pakai lagu yang sedang tren saat itu. Hal ini nantinya bisa berpengaruh pada trafik video.

Bila trafik video naik, kemungkinan video juga akan muncul di beranda. Namun lagi yang dipakai juga akan lebih baik jika sesuai dengan video yang dibuat. Bila lagu yang digunakan tengah populer, maka video pengguna juga akan lebih cepat ditemukan.

Dengan menggunakan lagu yang tengah populer, istilah kasarnya adalah ikut numpang tenar. Sebab nantinya orang akan lebih familier saat mendengar lagu tersebut. Kalau video banyak ditonton kemungkinan besar, video bisa masuk dalam video yang muncul di beranda Tiktok.

7. Perhatikan Caption

Penggunaan Caption dalam mengunggah video di aplikasi Tiktok juga sangat berperan penting dalam mempopulerkan video. Selain itu, Caption yang menarik juga tepat maka nantinya akan membuat orang tertarik untuk menonton. Intinya jangan gunakan caption yang terlalu panjang.

Buat Caption yang pendek saja namun dapat menggambarkan secara keseluruhan tentang video tersebut. Jangan buat Caption yang njlimet apalagi susah untuk dipahami. Namun pergunakan caption video yang sederhana namun mengena.

Biasanya caption seperti ini juga bukan hanya untuk aplikasi Tiktok saja. Namun juga bisa digunakan saat memposting video di YouTube, atau di Instagram. Buat sesederhana mungkin dan senatural mungkin namun mampu menjelaskan detail video.

8. Lakukan Interaksi Dengan Followers

Meski cara ini sederhana, namun cara agar video tiktok muncul di beranda dengan berinteraksi dengan followers dapat membuat algoritma naik. Interaksi yang dimaksud bisa dengan membalas komentar para followernya. Tak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut dapat membuat senang para followers.

Dengan melakukan trik ini, followers akan merasa sangat dihargai karena komentar yang telah ditinggalkan ternyata mendapat balasan dari sang pembuat video. Dengan membalas komentar juga, nantinya hitungan komentarnya juga akan bertambah.

Orang akan lebih tertarik dan penasaran kenapa dalam video tersebut memiliki banyak sekali komentar. Interaksi yang dilakukan juga tidak perlu muluk-muluk namun lakukan dengan sederhana saja. Dengan begitu, akun pengguna akan dianggap sebagai yang aktif dan interaktif dengan followersnya.

Demikian adalah beberapa tips dan cara agar video tiktok muncul di beranda yang bisa pengguna coba praktekkan di rumah. Namun hal tersebut jangan hanya dipraktekkan salah satunya saja. Tapi gabungkan semua cara di atas agar unggahan video semakin maksimal.

Perlu diingat juga, bahwa meski semua cara tersebut sudah dilakukan tidak berarti video akan langsung masuk beranda. Jadi cara-cara tersebut harus pengguna terapkan setiap akan mengunggah video. Lakukan hingga benar-benar masuk beranda tik tok dan menjadi salah satu video FYP.