aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto

Rekomendasi Pilihan Aplikasi Untuk Menjawab Soal Pelajaran Dengan Cara Difoto

Artikel ini terakhir diperbarui pada 15 Maret 2023.

Semakin majunya zaman maka semakin berkembang dalam bidang teknologi salah satunya. Teknologi kini tidak hanya untuk bidang pekerjaan, tetapi juga untuk anak sekolahan. Ada aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto diperuntukkan anak sekolahan.

Tidak ada alasan untuk malas belajar atau tidak memiliki uang untuk les bimbingan belajar sebagai tambahan. Dengan menggunakan aplikasi, bermodal android sudah bisa mendapatkan ilmu tambahan. Bahkan bisa belajar dari rumah tanpa harus ke tempat les bimbingan belajar.

Aplikasi belajar mampu memudahkan anak murid dalam belajar jika ada soal yang tidak dipahami. Bahkan untuk mereka yang kurang mampu untuk biaya les bimbingan belajar. Bisa digunakan setiap waktu, bahkan ketika mengerjakan soal ditengah malam hari.

1. Brainly

Siapa yang tidak kenal pada aplikasi satu ini. Sangat familiar diketahui masyarakat umum. Aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto ada brainly. Sangat membantu para siswa dalam menyelesaikan soal yang sulit.

Brainly memiliki fitur yang sederhana sehingga mudah dipahami dan mudah digunakan. Jika memiliki pertanyaan yang ingin ditanyakan bisa diajukan dalam bentuk soal tertulis maupun bentuk foto. Brainly sendiri merupakan sebuah komunitas terbuka untuk belajar.

Brainly mencakup untuk berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari tingkatan dasar seperti SD sampai kepada tingkatan teratas yaitu SMA. Bahkan brainly memiliki latar belakang pendidikan yang memiliki beragam macam pelajaran, cukup efisien menggunakan satu aplikasi.

2. Ruang Guru

Aplikasi yang menjadi rekomendasi berikutnya adalah ruang guru. Ruang guru sama terkenalnya juga dengan aplikasi brainly. Kedua aplikasi ini sudah sangat familiar bagi masyarakat, karena cukup banyak juga yang menggunakan aplikasi ini untuk belajar.

Aplikasi ini menjadi alternatif kedua atau ketiga untuk para siswa belajar. Jika masih kurang dari bimbingan belajar, ruang guru menjadi alternatif ketiga untuk menambah pemahaman dalam belajar.

Ruang guru memiliki fitur yang cukup simpel sama seperti aplikasi brainly, maka dari itu banyak yang menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi ini juga memiliki berbagai macam pelajaran sehingga cukup efisien juga menggunakan ruang guru sebagai alternatif belajar tambahan.

Tidak perlu khawatir mengenai tutor, karena ruang guru memiliki banyak tutor yang akan menuntun setiap murid dalam belajar. Mengajari setiap siswa hingga paham dengan pelajaran tersebut. Memiliki fitur forum diskusi sehingga bisa membahas suatu soal bersama-sama.

3. Zenius

Berikutnya pilihan aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto adalah zenius. Aplikasi berikut ini cukup mampu bersaing ketat dengan kedua aplikasi diatas, yaitu brainly dan juga ruang guru.

Aplikasi ini juga cukup familiar diketahui masyarakat umum. Zenius cukup membantu para siswa dalam belajar, menjawab setiap soal yang dirasa kurang paham. Aplikasi diperuntukkan untuk siswa yang sedang mempersiapkan PTS dan juga PAS.

Zenius ini memiliki banyak tutor yang akan menuntun dan membantu dalam belajar. Hampir semua pelajaran tersedia dalam aplikasi tersebut. Bisa mengajukan pertanyaan berbentuk foto dan bisa juga tertulis, langsung diajukan.

4. Socratic

Aplikasi berikutnya yang menjadi rekomendasi untuk alternatif belajar adalah socratic. Cukup asing terdengarnya, namun ternyata aplikasi ini sama seperti brainly maupun ruang guru. Socratic merupakan aplikasi yang menjadi wadah untuk belajar para siswa layaknya bimbingan belajar secara offline.

Ada banyak macam cara yang bisa digunakan ketika mengajukan pertanyaan, bisa foto soal langsung. Lalu mengambil foto dari galeri, dan bisa menggunakan fitur suara. Berbagai macam pelajaran yang bisa dibahas melalui socratic seperti sastra, sejarah, dan lain sebagainya.

Tidak hanya untuk siswa tetapi ini bisa juga digunakan mahasiswa. Untuk mengunduh aplikasi ini tidak memerlukan memori yang besar, hanya menggunakan sekitar 9,6 MB. Developer dari aplikasi ini adalah dari Google LLC. Sudah ada 10 juta yang telah mengunduh aplikasi.

5. PhotoMath

Rekomendasi selanjutnya aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto adalah photomath. Tertera jelas dari nama aplikasi diperuntukkan untuk membahas soal seputar matematika.

Jika menemukan soal matematika yang sulit, photomath menjadi alternatif untuk mendapatkan jawaban. Soal yang rumit bisa langsung di potret, kirim langsung. Tidak perlu menunggu lama karena akan langsung mendapatkan jawaban dengan langkah-langkah yang digunakan.

6. QandA

Aplikasi yang cukup populer di kalangan pelajar Indonesia selanjutnya untuk membahas pelajaran adalah QandA. Sejajar terkenalnya dengan brainly, ruang guru dan quipper. Aplikasi ini tidak hanya membahas soal pertanyaan IPA, tetapi juga IPS.

Aplikasi QandA ini tidak hanya melakukan diskusi terbuka melalui forum tetapi bisa juga dengan melakukan live chat. Dengan menggunakan live chat, bisa membahas soal yang rumit atau tidak dipahami bersama dengan tutor sesuai ahli bidangnya tersebut.

7. Quipper

Aplikasi untuk menjawab soal pertanyaan dengan cara difoto adalah quipper. Aplikasi ini juga sudah sangat familiar untuk kalangan pelajar Indonesia. Quipper sama terkenalnya dengan brainly serta ruang guru.

Soal yang ada pada aplikasi ini memiliki lebih dari 20 ribu soal pertanyaan tentunya dengan berbagai macam topik. Ada berbagai macam pelajaran juga yang bisa dibahas dalam aplikasi ini. Jika masih kurang paham dengan materi, bisa didiskusikan melalui kelas live.

Kelas live disini menghadirkan para pembimbing yang profesional, yang nantinya akan menuntun dan membantu menyelesaikan masalah. Pembimbing professional ini bisa ditemukan dengan menggunakan fitur masterclass.

8. Robo Guru

Aplikasi yang masuk list rekomendasi jawab pertanyaan dengan cara difoto adalah robo guru. Aplikasi ini bisa digunakan 24 jam namun hanya untuk pelajaran tertentu. Pelajaran tertentu yang dimaksud yaitu menggunakan Master Teacher.

Tanya-jawab disini bisa melalui via WhatsApp. Bisa juga melakukan diskusi secara langsung, dan juga mendapatkan penjelasan dalam bentuk video. Aplikasi robo guru ini merupakan salah satu yang ditawarkan oleh ruang guru.

Siswa bisa mendapatkan jawaban terbaik dari aplikasi ini dan tentu saja itu gratis. Sama seperti aplikasi ruang guru, aplikasi robo guru terdapat berbagai macam pelajaran yang dibahas mulai dari SD sampai pada tingkat SMA.

9. MathWay

Selanjutnya aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto adalah mathway. Dari nama aplikasinya saja sudah diketahui bahwa ini untuk membantu murid dalam menyelesaikan soal matematika.

Aplikasi satu ini banyak juga digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Tidak hanya membahas kumpulan soal untuk kalkulus dan algoritma, tetapi bisa juga dalam persoalan seputar kimia. Soal kimia yang sulit untuk dijawab, bisa diselesaikan menggunakan

10. Pahamify

Aplikasi terakhir yang menjadi rekomendasi untuk belajar adalah aplikasi pahamify. Aplikasi ini berfokus kepada penyelesaian soal UTBK. Sehingga jika ingin mengikuti tes UTBK, aplikasi ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk dicoba.

Tidak hanya kumpulan soal dan rumusan untuk menjawab pertanyaan, melainkan ada kelas live. Kelas live disini berguna untuk membahas soal bersama-sama para mentor atau dengan para murid lainnya.

Kelas live disini berdiskusi secara terbuka melalui forum sehingga semakin senang menikmati belajarnya. Aplikasi pahamify ini membuat semakin paham macam-macam soal dari UTBK. Memberikan gambaran mengenai soal UTBK tiap tahunnya.

Itulah, tadi rekomendasi pilihan aplikasi untuk menjawab soal pelajaran dengan cara difoto. Ada banyak berbagai cara untuk menimba ilmu pengetahuan dan mendapatkan ilmu pengetahuan baru. Tidak hanya di sekolah, di luar sekolah, bahkan untuk teknologi telah menyediakan fasilitas untuk belajar.

Dengan menggunakan aplikasi, belajar akan semakin menyenangkan dan tidak perlu bingung mencari jawaban. Tidak harus mengikuti bimbingan belajar secara offline, bisa belajar tambahan lewat online dari rumah.